silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. nama : luluk idnawati
    NIM : 858965205
    menurut pendapat saya permainan pantomim sangat bagus untuk melatih motorik kasar anak melalui menirukan gerakan pada gambar, serta menambah informasi bagi anak untuk mencari tahu apa gambar tersebut serta bagaimana cara untuk menirukan gambar tersebut. selain itu melalui permainan ini anak akan bekerjasama dengan teman lain. sehingga menimbulkan kerjasama yang baik dengan sesama teman. anak menjadi senang dalam melakukan kagiatan dan tidak mudah bosan.

  2. Menurut saya video tersebut sangat bagus untuk menginspirasi guru dalam kegiatan permainan anak,permainan ini pada dasarnya bagus untuk melatih motorik kasar anak dan daya imajinasi anak untuk menirukan gerakan-gerakan yg terdapat dalam gambar tersebut.

  3. Menurut pendapat saya bahwa dalam vidio tesebut sedah baik karena didalam nya telah menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

  4. Nama: Wayan Manis
    Nim: 859031033

    Menurut pendapat saya, video ini sudah bagus, dan dapat menambah wawasan saya mengenai cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak dengan tebak pantomim, kegiatan ini dapat juga menstimulasi kemampuan gerak, kelenturan, keseimbangan, dan melatih anak dalam menyimak, mengenal kosa kata, serta mengekspresikan diri.
    Terima kasih 🙏😇

  5. Ilustrasi dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

  6. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama :Arfah Sahara Nst
    Mata kuliah: profesionalitas guru PAUD
    Izin menanggapi video tersebut
    Judul video: “Pantomim”
    Menurut saya dari video tersebut sangat bermanfaat untuk guru PAUD, karena di video tersebut guru menstimulasi kemampuan perkembangan motorik kasar anak, kemampuan berbahasa anak dan kemampuan mengepresikan diri
    Permainan pantomim ini juga dapat mengembangkan komunikasi anak dengan cara mencari gambar yang di tunjukkan oleh guru.

  7. Tebak pantonim merupakan salah satu alternatif untuk melatih motorik anak selain melakukan senam. Tampak pada video tersebut bahwa anak-anak lebih asyik mengobrol daripada melakukan senam. Hal ini juga bisa disiasati dengan mengganti lagu-lagu senam yang menarik setiap bulan/minggu ataupun disesuaikan dengan tema sehingga anak-anak tidak bosan dan mau mengikuti senam.

  8. Assalamualaikum izin menangapi video
    Nama : Wesna Neli
    Nim : 856280512
    Tebak Pantomim adalah cara kreatif untuk melatih motorik anak dengan cara yang menyenangkan. Mengamati bahwa anak-anak lebih tertarik mengobrol daripada melakukan senam menunjukkan pentingnya menarik minat mereka. Mengganti lagu senam secara berkala atau menyesuaikan dengan tema dapat membuat aktivitas senam menjadi lebih menarik dan menghibur bagi anak-anak, sehingga mereka lebih termotivasi untuk berpartisipasi. Variasi ini membantu mengatasi potensi kebosanan dan meningkatkan partisipasi anak-anak dalam kegiatan fisik, yang pada akhirnya mendukung perkembangan motorik mereka secara menyeluruh.

  9. nama : ANIK TRIS WAHYUNI
    NIM ; 857757164
    JUDUL VIDEO: PANTONIM

    Vedio diatas sangat bermanfaat bagi guru paud, karena video diatas mengajarkan bagaimana mengembangkan motorik anak, mengembangkan bahasa anak.mengajarkan untuk mengekspresikan diri lewat pantonim. dengan pantonim anak diajarkan untuk melatih kecerdasan menggunakan anggota tubuh untuk mengekspresikan ide.

  10. Nama : EVA UMAYANI
    Nim : 858317043

    Video diatas sangat bermanfaat dan memberikan informasi kepada saya selaku guru paud tentang bagaimana memberikan Kegiatan Fisik motorik kepada anak dengan Tebak PANTONIM.

Leave a Reply