silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.
Agus Tatang
Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.
Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.
Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Chofnia Saidah
Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.
Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.
Harimurti
Nama : Nurbaiti
Nim : 855770817
Judul Tebak Pantomim
Menurut saya video Tebak pantomim adalah sebuah permainan yang seru dan interaktif, di mana peserta harus menebak apa yang dilakukan oleh pemain utama hanya dengan melihat gerakan tubuh dan ekspresi wajah, tanpa menggunakan kata-kata. Guru memberikan Interaktif dan Menarik Permainan ini sangat menarik karena melibatkan gerakan fisik dan ekspresi wajah, yang membuatnya lebih hidup dan dinamis dibandingkan dengan permainan tebak-tebakan biasa. Mengasah Kemampuan Observasi, Tebak pantomim mengasah kemampuan observasi dan interpretasi peserta, karena mereka harus menebak maksud dari gerakan dan ekspresi yang dilihat. Kreatif dan Menghibur Pemain dapat menunjukkan kreativitas mereka dengan membuat gerakan dan ekspresi yang unik dan lucu, sehingga membuat permainan lebih menghibur.
Kolaboratif Permainan ini biasanya melibatkan beberapa orang, baik sebagai pemain utama maupun penonton yang menebak, sehingga mempromosikan kerja sama dan interaksi sosial. Variasi dan Inovasi variasi dalam tebak pantomim, mulai dari tema-tema sederhana seperti sehari-hari, hingga tema yang lebih kompleks atau kreatif. Secara keseluruhan, tebak pantomim adalah permainan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan observasi dan interpretasi. Video tebak pantomim yang baik biasanya memiliki kombinasi gerakan yang lucu, ekspresi wajah yang jelas, dan suasana yang ceria, sehingga membuatnya menjadi hiburan yang tidak terlupakan.
Nama : Ani Nurhidayati
Nim : 858539215
UPJJ : Kota Semarang
Tebak pantomin memberikan inspirasi, sangat membantu dalam menemukan ide permainan bagi guru. Tebak pantomin ini bagi anak membantu menstimulasi kemampuan motorik anak. Perkembangan lain yang dapat terstimulasi adalah perkembangan bahasa yaitu kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif, perkembangan daya pikir pun juga terstimulasi. bagi anak menemukan ide adalah hal yang sangat luar biasa. Mereka harus berpikir bagaimana menirukan gerakan, Seni dan kreatifitaas juga dapat tutur terbangun.
Nama : Idam Masrin Harefa
NIM : 855843592
Tanggapan terhadap video tebak pantomim adalah bahwa video tersebut bermanfaat dan bagus karena menunjukkan cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim.
Pantomim adalah seni pertunjukan yang tidak menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh. Seni pantomim pertama kali muncul di Italia pada abad ke-16, bermula dari teater jalanan bernama Commedia dell’arte.
Nama : Kolis Setyani
NIM : 857725856
Judul : Tebak Pantomim
Menurut Saya Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Metode Tebak Pantomim adalah termasuk kegiatan pembelajaran edukasi yang sangat efektif untuk mengembangkan beberapa aspek perkembangan anak terutama motorik kasar , kreaktivitas , imajinasi dan percaya diri. Anak Lebih aktif dan kreaktif dalam pembelajaran dan lebih berani tampil di depan umum. Dengan demikian, pantomim merupakan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk anak usia dini, yang tidak hanya mengembangkan aspek motorik dan seni, tetapi juga karakter dan kepercayaan diri anak secara menyeluruh.
Nama : Siti Ulfah Nurhamidah
NIM : 857428705
Prodi : PGPAUD
Menurut saya video permainan tebak pantomim atau tebak ekspresi memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak PAUD. Permainan ini membantu meningkatkan kemampuan kognitif, komunikasi dan kreativitas anak. Permainan tebak pantomim melatih empati untuk memahami perasaan dan ekpresi orang lain melalui aksi yang diperagakan. Dalam pemecahan masalah anak belajar untuk menemukan solusi dari tantangan yang diberikan seperti menebak apa yang sedang diperagakan dapat juga mengasah imajinasi anak untuk menciptakan dan menginterpretasikan berbagai aksi dan ekpresi. Selain itu melalui permainan tebak pantomim dapat menstimulasi kemampuan motorik kasar anak yakni melatih gerakan tubuh. Tebak pantomim bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghibur bagi anak yang terlihat melalui ekspresi wajah dan dari gerakan anak yang lucu.
Nama : Dwi Haryati
NIM : 858528989
Pantomim adalah salah satu dari cabang ilmu akting. Pantomim merupakan pertunjukan teater yang menyajikan isyarat. Dimana dialognya disampaikan dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh.
Menurut saya kegiatan ini bagus untuk melatih daya imajinatif pada AUD. Permainan yang asyik bisa menjadi sarana belajar sesuai dengan kebutuhan, minat, bakat dan karakteristik AUD.
Pembentukan karakter pada anak bisa dilakukan dengan kegiatan seni ini. Anak-anak bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mudah belajar mengingat. Seperti halnya yang dicontohkan pada guru di video tersebut, saya juga seringkali menerapkanya di kelas. Misalnya untuk menenangkan kondisi ramai saat dikelas, yaitu dengan ice breaking tebak gerak binatang. Memang betul permainan gerak pantomim merupakan permainan yang menyenangkan bagi anak-anak karena melibatkan gerakan-gerakan dan mimik wajah yang lucu yang mana membantu anak dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik, bahasa maupun kognitifnya). Seketika mereka dapat berkosentrasi dan unjuk pengetahuan dengan percaya diri (pengembangan sosial-emosional).
Nama : Tita Lisyani
NIM : 857586616
Judul video: Tebak pantomim
Menurut saya kegiatan ini sangat mengasyikan anak-anak diajak untuk bergerak, berimajinasi,dan mengekspresikan diri dengan berbagai gerakan yang dilakukan. Selain itu juga kemampuan bahasa anak dapat terasah dengan mendapatkan kosa kata baru ketika bermain. Setelah saya melihat video ini saya akan coba mempraktekannya di TK tempat saya mengajar. Terimakasih.
Nama: Imas Nunik
NIM: 859673595
Video ini sangat inspiratif sekali, dan menjadi rekomendasi bagi saya untuk menciptakan permainan-permainan baru agar anak tidak mudah bosan. Kegiatan dalam video ini akan coba saya terapkaan di lembaga tempat saya mengajar. Tebak pantomim dapat mengembakan motorik, bahasa, sosial-emosional dan kognitif anak. Selain itu dapat mengembangkan rasa percaya diri anak dan menjalin hubungan yang interaktif baik antar anak maupun antar anak dengan guru. Sebenarnya tebak pantomim merupakan istilah yang baru saya dengar, setelah saya menonton video ini ternyata tebak pantomim itu semacam tebak gambar lalu menirukan gerakannya. Istilah ini cukup unik untuk menarik minat anak dalam kegiatannya.
Nama : Melani Rosita Rasid
NIM : 857985694
UPBJJ : YOGYAKARTA
Pada video berjudul Tebak Pantomim beberapa anak kurang semangat mengikuti kegiatan senam bersama kemudian guru memberikan permainan tebak pantomim dengan menirukan gerakan hewan seperti harimau, burung, katak dan pohon tertiup angin. Tebak pantomim dapat membantu anak dalam menstimulasi kemampuan motorik, gerak anak, keseimbangan, kelenturan dan meningkatkan kemampuan bahasa anak, menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik. Anak juga belajar percaya diri ketika berekspresi menirukan gerakan hewan. Melalui tebak pantomim anak-anak mengenal berbagai macam binatang dan gerakannya. Terimakasih Video ini sangat bagus dan membantu saya sebagai guru.
Nama : Ate Kamaliah
NIM: 859679256
UPBJJ : Bandung
dari video, tebak pantomim ini merupakan salah satu cara/ ide kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru selain kegiatan senam untuk mengembangkan motorik kasar anak dan bahasa anak agar anak tidak merasa bosan
permainan ini sangat menarik anak dan sesuai dengan usia/ kebutuhan anak AUD karena permainananya menggunakan gambar-gambar yang menarik sehingga anak terlihat semangat, dan tampa ragu untuk menjawab apa yang ada di gambar dan mempraktekan apa yang biasanya dilakukan hewan yang ada di gambar.
video ini sangat membantu saya dalam mendapatkan ide permainan baru yang akan saya lakukan di sekolah saya agar pebelajaran yang saya lakukan tidak membosankan bagi anak.