silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar lagu tersebut melalui tape recorder.
Rusdianto
–
–
Buat couple singing (menyanyi berpasang) untuk mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bernyanyi masing-masing.
Arfan Santoso, S.S.
NAMA: SARAH AZIZAH LUBIS
NIM: 859882832
POKJAR: ASAHAN
Setelah menonton video ini ternyata dengan menggunakan Media Audio Tape Recorder sangat membatu guru untuk menyampaikan pembelajaran teknik bernyanyi apabila guru kurang menguasai materi sehingga siswa kesulitan dalam mempelajari sebuah lagu maka guru bisa mengajarkan lagu tersebut dengan menggunakan alat bantu Media Audio Tape Recorder sebagai alat pemecahan masalah.
NAMA : Nurjannah Harahap
NIM : 860127633
UPBJJ : UT MEDAN
Setelah melihat video diatas, tentang Pembelajaran Teknik menyanyi dengan mudah yang menggunakan tape recorder.
guru menggunakan pembelajaran secara langsung, artinya tidak menggunakan pembukaan dan apersepsi terlebih dahulu, seketika guru langsung ke inti pembelajaran. Dalam video tersebut guru tidak menjelaskan teknik bernyanyi terlebih dahulu, guru meminta siswanya untuk menyanyikan sebuah lagu yang sudah ditulis dipapan tulis, kemudian guru meminta 2 siswa untuk maju kedepan dan menyanyikannya.
akan tetapi dengan menggunakan tape recorder, guru dapat merekam dan memutar ulang lagu atau melodi dengan mudah. Ini memungkinkan siswa mendengarkan dan berlatih bernyanyi kapan pun mereka mau, bahkan di luar jam pelajaran. Hal ini meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang-ulang materi secara mandiri.
Nama : Mei Indah Wati Halawa
NIM : 859869596
Pokjar : Idanogawo
Sebelumnya terimakasih buat video pembelajaran diatas yang di buat untuk kami pahami sebagai mahasiswa Universitas Terbuka, untuk itu kami telah di beri kebebasan untuk berkomentar di laman GPO tersebut.
Nah sebagai tanggapan saya dalam video tentang “Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder” ada beberapa poin yang perlu kita sadari untuk di benahi atau di perbaiki dan ada beberapa hal yang perlu kita tiru dan kira kembangkan lagi yaitu :
Yang perlu kita sadari untuk di benahi atau di perbaiki :
1. Seorang guru sebelum memulai yang namanya pembelajaran,seharusnya ada yang di maksud dengan pembukaan, nah yang saya lihat atau saya telaah dalam video tersebut,guru pas masuk memberikan sapaan dan langsung pada topik pembahasan bahkan langsung bernyanyi tanpa memberitahukan dengan baik tentang bagaiman pembawaan lagu tersebut.Seharusnya kita sebagai guru sebelum memulai pembelajaran itu sapaan, refleksi sedikit atau bisa di sebut pemanasan terlebih dahulu jika dalam olah raga, nah ini dalam pembelajaran seni, apabila mata pelajaran seni tersebut mata pelajaran yang baru di mulai pagi hari atau bisa di sebut mata pelajaran pembukaan pertama,maka kita sebagai guru,tentunya mengajak mereka berdoa, mengabsen anak-anak, dan lanjut membuat yel yel sebentar, kemudian masuk pada topik pembahasan atau juga bisa di tanyakan apa pembelajaran sebelumnya sehingga bisa di lanjut dengan judul baru tersebut yaitu “Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder” nah siswa dengan spontan lebih relaks dalam belajar.
2. Poin terpenting dalam mengajar menurut saya bukan hanya sekedar membawa alat,kemudian memutarkan musik, nunjuk atau memilih siswa untuk bernyanyi di depan dan setelah itu selesai, tanpa mengetahui hal apa yang harus mereka ambil dalam pembelajaran tersebut.Menurut saya setidaknya kita seorang guru yang memberikan pembelajaran terhadap siswanya,setidaknya kita menjelaskan apa tujuan pembelajaran kita tersebut karna yang saya simak di video tersebut ibu guru “anak-anak kita belajar menyanyikan sebuah lagu, menggunakan Tape Recorder ya di dengar ya”. Lalu mereka bernyanyi dan setelah itu memilih siswa untuk bernyanyi, menurut saya cara tersebut perlu kita benahi atau perbaiki, kita beritahu mereka kenapa kita harus mempelajari hal tersebut,kenapa kita bawa alat tape recorder apa manfaatnya,sehingga mereka paham dan tidak hanya fokus dengan nyanyian yang mereka nyanyikan, alakadarnya kita menumbuhkan minat siswa untuk lebih kreatif dalam bernyanyi menggunakan tape recorder, sehingga mereka juga sadar bahwa seni dalam bernyanyi itu ada,bukan hanya sekedar bernyanyi saja.
Hal yang perlu kita tiru dan kita kembangkan dalam video tersebut yaitu,menyediakan alat yang di butuhkan untuk mendukung pembelajaran di sekolah sesuai pembelajaran yang di ajarkan seperti yang ibu guru tersebut lakukan, untuk mengembangkan atau mendukung hal tersebut alangkah baiknya kita memperlihatkan video teknik bernyanyi lagu tersebut kepada siswa,supaya siswanya tidak hanya mendengar tapi bisa melihat dan melakukan teknik bernyanyi yang benar kepada siswa, memang judulnya “Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder” tapi untuk mendukung saja, biar mereka lebih paham bagaimana teknik bernyanyi yang baik dan benar.
Nama : VIVI SUMANTI BR SIREGAR | NIM : 859888833 | Prodi : PGSD-S1 | Semester/Kelas | 6/D | Pokjar : ASAHAN
>>>Izin menganalisis video tersebut, menurut saya Pembelajaran teknik belajar bernyanyi melalui tape recorder sangatlah bagus karena dapat melatih auditori peserta didik, namun alangkah lebih baik terlebih dahulu guru memberikan beberapa teknik-teknik dalam bernyanyi kepada peserta didik seperti lirik lagu, intonasi nada, dan artikulasi yang jelas. Dengan menyuruh peserta didik secara bergantian kedepan untuk menyanyikan lagu Bintang Kejora sudah sangat efektif untuk memicu semangat peserta didik dalam bernyanyi.
>>> Demikian analisis saya, terima kasih…
Nama: ELGIVE KARYA TEGUH ZEBUA
Nim 859870379
Menurut saya setelah melihat video di atas saya merasa siswa sangat terbantu yang dimana di maksud siswa bisa mudah menghafal lagu dengan mendengarkan bagaimana bentuk nya suatu nyanyian dengan musik jadi siswa tidak pusing lagi menghafal nya…
Demikian terima kasih….!!!
Nama : Murniwati Waruwu
Nim : 859886435
Prodi : S-1 PGSD
Upbjj : Medan
Setelah saya menyimak video pembelajaran diatas, menurut Saya
1. Ibu guru belum menguasai bahan lagu yang baru diajarkan kepada anak-anak.
2. Guru lebih dahulu mengajarkan lagu secara bertahap dan alangkah bagusnya lagi jika di ajarkan menggunakan gerakan tangan, sehingga siswa mudah untuk meniru dan mengingat jangan langsung siswanya diminta bernyanyi di depan kelas sebelum siswanya menguasai lirik lagu.
3. Siswa sangat bersemangat dalam menerima lagu yang baru diajarkan oleh gurunya dan suasana yang cukup tenang membuat konsentrasi mereka tidak terganggu dan dengan menggunakan tape rek order memudahkan siswa untuk mengikuti lagu yang baru.
4. Pengulangan : sebaiknya Guru meminta siswa untuk mengulang-ulang lagu baru secara berkala untuk membantu mereka mengingatnya dengan lebih baik.
Demikian saja tanggapan saya pada video diatas
Nama : Fatimah Dinda Sakinah
Nim : 859546442
izin kan saya menyampaikan analisis terkait vidio diatas, diawal guru menyapa dan mengajak siswa berinteraksi dan mengajak siswa menyanyi. saya suka dengan metode yang ibu ini bawakan, dipenutup guru langsung memberikan tugas rumah kepada siswa dan menutup pembelajaran.
NAMA : Ribka Krisnawati Simanungkalit
NIM : 877529072
UT Pokjar : Medan
MatKul : PKM
1. Judul Video : Teknik Bernyanyi dengan Mudah melalui Media Audio Tape Recorder. Alamat sumber video : gurupintar.ut.ac.id
2. Ringkasan isi Video
* Nama Tokoh : Guru, siswa (Fatir, Ica), nama penulis : Rusdianto, Sutradara : Arfan Santoso, S.S. Ringkasan Video adalah Ilustrasi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru terhadap siswa dengan media tape rekorder, guru mengajak siswa untuk mendengarkan lagu, mempelajari lagu, dan menyanyikan bersama2 lagu yang diputar melalui tape rekorder.
4. Kelebihan video : singkat, padat dan mudah dipahami.
5. Kelemahan video : guru kurang berinteraksi dengan siswa, dan tidak mengajak siswa utk bersemangat, sehingga siswa seperti asal bernyanyi.
6. Hal unik dalam video : lagu yang diperdengarkan baru sekali dan siswa sudah dapat menyanyikan lagu, tetapi guru masih menyuruh siswa utk menghafalkan lagu.
7. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan adalah * memperkenalkan lagu kepada siswa
** Guru mengulang memutar lagu
*** Siswa dapat melafalkan lagu
**** Guru mengajarkan dengan memakai gerakan
Nama : widya lestari
Nim : 859875339
Semester : 6 ( enan)
Pokjar : tebing tinggi
UPBJJ : Medan
Vidio tentang Pembelajaran Teknik menyanyi dengan mudah yang menggunakan tape recorder.
guru menggunakan metode ceramah pembelajaran secara langsung, artinya tidak menggunakan pembukaan dan apersepsi terlebih dahulu, seketika guru langsung ke inti pembelajaran. Guru juga menyuruh siswa nya aktif untuk maju satu persatu di depan kelas. semua siswa sangat antusias dan tidak jenuh dengan pelajaran yang disampaikan, mereka juga sangat senang di pelajaran seni budaya ini sehingga semua siswa ikut bernyanyi bersama-sama dengan
riang. Sekian pendapat saya trimakasih
Nama : Jenny Putri Lestari Zebua
NIM : 855858861
UPBJJ : Medan
Setelah melihat video tersebut menurut saya langkah yang dipilih guru menggunakan media tape recorder untuk mengajarkan teknik bernyanyi kepada siswa sangat baik, penggunaan media sangat efektif untuk dipahami oleh siswa. Hanya saja dalam bernyanyi perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar siswa rileks sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, guru dapat menyanyikan terlebih dahulu untuk memberikan contoh kepada siswa.