silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

106 Comments

  1. Nama: RAHMA
    Nim : 857118113
    Upbjj : Jakarta
    Berdasarkan tayangan video yang saya lihat menurut saya guru sudah cukup bagus karena
    Memberikan Saran Pemecahan Masalah: Siswa bebas memberikan saran-saran untuk memecahkan masalah yang ada dalam bacaan.
    Apresiasi Karya Siswa
    Setelah proses membaca, siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil pemikiran mereka di depan kelas.
    Diskusi tentang penyebab masalah dan solusi yang diusulkan dapat meningkatkan pemahaman siswa.
    Video ini memberikan wawasan tentang pentingnya pendekatan yang kreatif dan relevan dalam pengajaran bahasa Indonesia, serta bagaimana cara-cara tersebut dapat membantu siswa dalam memahami bacaan dengan lebih baik. Ini adalah langkah positif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.

  2. Nama : REIS FADHILA
    NIM : 855717101
    POKJAR : Sidomulyo

    Mohon izin mengomentari video tersebut. Setelah saya menonton video tersebut adapun kelebihan dan kekurang yang terdapat dalam video tersebut.
    – Kelebihan dari video tersebut menurut saya, secara keseluruhan pembelajaran berlangsung dengan cukup baik, bacaan yang diberikan kepada siswa pun sudah sesuai.

    – sedangkan kekurangan dari video tersebut, ada baiknya menurut saya sebelum pembelajaran dimulai guru sebaiknya mengabsen siswa terlebih dahulu, sebelum pembelajaran dimulai ada baiknya guru menjelaskan serta memberikan petunjuk terlebih dahulu agar para siswa antusias dalam pembelajaran tersebut.

  3. Nama : REIS FADHILA
    NIM : 855717101
    POKJAR : Sidomulyo

    Mohon izin mengomentari video tersebut. Setelah saya menonton video tersebut adapun kelebihan dan kekurang yang terdapat dalam video tersebut.

    – Kelebihan dari video tersebut menurut saya, secara keseluruhan pembelajaran berlangsung dengan cukup baik, bacaan yang diberikan kepada siswa pun sudah sesuai.

    – sedangkan kekurangan dari video tersebut, ada baiknya menurut saya sebelum pembelajaran dimulai guru sebaiknya mengabsen siswa terlebih dahulu, sebelum pembelajaran dimulai ada baiknya guru menjelaskan serta memberikan petunjuk terlebih dahulu agar para siswa antusias dalam pembelajaran tersebut.

  4. Nama : Wan Safitri
    NIM : 856084415
    Masih banyak siswa yang kurang minat baca/literasi.Guru tidak mengarahkan siswa untuk melakukan literasi segingga siswa tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah membaca buku cerita.Esai yang diberikan oleh guru tidak berkaitan dengan lingkungan sekolah siswa.
    Namun dibalik itu semua guru telah menguasai kelas dan membentuk kursi siswa dalam kelompok belajar. Setelah itu, guru mencari solusi dengan mengubah karangan dengan membuat karangan yang ceritanya dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.Memberikan instruksi tentang apa yang harus dilakukan siswa setelah membaca karangan yang dibuat oleh guru dan menceritakannya didepan kelas.
    Saran sebaiknya guru mengarahkan siswa untuk membuat cerita sendiri berdasarkan pengalamannya.Guru menanamkan rasa percaya diri pada siswa agar berani menampilkan hasil cerita yang telah dibuat .Guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang telah tampil berani didepan teman seperti pujian, tepuk tangan, atau tambahan poin.
    Rumusan masalah: Apakah dengan membuat bahan bacaan sendiri oleh guru akan berpengaruh dengan minat baca siswa?

  5. Nama : Sri Irawati
    NIM : 814615497

    Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi atau cerita yang diberikan, sehingga mereka tidak mampu mengingat ataupun menceritakan kembali isi cerita atau materi tersebut. Hambatan ini biasanya disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap kosakata atau alur cerita, sehingga mereka kehilangan gambaran tentang poin-poin penting dalam cerita. Selain itu, siswa juga mungkin merasa kesulitan membedakan antara ide utama dan rincian tambahan dalam teks, yang membuat mereka kesulitan menyusun kembali informasi dengan benar. Akibatnya, siswa cenderung hanya mengingat bagian-bagian kecil dari cerita tanpa memahami hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya, dan hal ini menghambat kemampuan mereka untuk menceritakan kembali isi cerita atau materi dengan lancar dan lengkap.

  6. Saida titdoy
    Nim 858577738

    Analisis video pembelajaran “yuk bercerita kepada teman”
    Pada video tersebut terlihat guru hanya memberikan bahan bacaan tanpa pengarahan pada siswa.
    Karena tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang cepat untuk dapat memaknai bacaan tersebut.

  7. Nama: Latifah Tur Rodiah
    NIM: 855860273
    Pokjar : Asahan

    Saya ingin menanggapi video pembelajaran “yuk bercerita kepada teman” yang baru saja ditampilkan. Menurut pengamatan saya, video tersebut langsung masuk ke materi tanpa ada bagian pendahuluan yang jelas.
    Dalam video, guru hanya membagikan bahan bacaan tanpa menjelaskan cara mempelajarinya. Ini bisa menyulitkan siswa karena tidak semua siswa bisa langsung mengerti isi bacaan. Akibatnya, banyak siswa kesulitan memahami materi dan tidak bisa menceritakan kembali apa yang mereka baca.
    Masalah ini biasanya terjadi karena siswa tidak mengerti kata-kata tertentu atau alur ceritanya. Siswa juga sering bingung membedakan mana ide pokok dan mana keterangan tambahan. Hal ini membuat mereka hanya ingat bagian-bagian kecil dari cerita tanpa bisa menghubungkannya, sehingga sulit untuk menceritakan kembali dengan lengkap.

    Meski demikian, guru sudah cukup baik dalam mengatur kelas dengan membentuk kelompok belajar. Guru juga mencoba mencari solusi dengan membuat karangan yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa dan memberikan petunjuk yang jelas tentang tugas yang harus dilakukan.
    Saran saya, sebaiknya guru mengajak siswa membuat cerita sendiri berdasarkan pengalaman mereka. Guru juga perlu membangun rasa percaya diri siswa agar berani tampil di depan kelas. Jangan lupa memberikan pujian atau tepuk tangan bagi siswa yang sudah berani tampil.

    Rumusan masalah : Apakah bahan bacaan yang dibuat sendiri oleh guru bisa meningkatkan minat baca siswa?

  8. perkenalkan nama saya Darius Waruwu Nim 859876244
    menurut saya tentang video diatas
    pada saat memulai pembelajaran guru langsung pada materi alangkah baiknya jika memulai nya dengan pendahuluan
    baru masuk pada materi pembelajaran

    untuk materi nya cukup baik dan jelas dan mudah dipahami oleh siswa.

  9. Nama: Ranti Permata Sari
    Nim: 856791118
    1. siswa mengalami kesulitan dalam memahami atau cerita yang di berikan sehingga sehingga mereka tidak mampu mengingat atau pun tersebut hambatan ini biasanya disebabkan atau alur cerita anak materi oleh kekurangan nya pemahaman terhadap kosakata atau alur cerita.

  10. Assalamu’alaikum perkenalkan nama saya
    Nama : Nurdini
    NIM : 857533806
    UPBJJ : Bandung
    Kelas : PDGK4209.240

    Saya izin menjawab , menurut saya video “Yuk Bercerita, Kepada Teman” ini sudah bagi, dan menginspirasi saya yang masih guru baru, terimakasih .

    Dijaman modern seperti sekarang ini, anak-anak kebanyakan malas untuk membaca buku apalagi buku cerita, dikarenakan anak sekarang sudah mulai mengenal adanya gadget dan kurangnya dorongan di lingkungan rumah untuk membaca buku.

    Ada sedikit masukan , untuk video tersebut harusnya di contohkan dulu oleh guru menjelaskan terlebih dahulu tujuannya secara sederhana agar membantu mereka meringankan rasa takut untuk maju, bimbing dalam menyusun presentasinya seperti (Judulnya apa? , Siapa pengarangnya? Apa isi cerita tersebut secara singkat?, Beri pesan moralnya!), cerita yang diberikan pada siswa harus mengenai lingkungan sekitar agar cepat dicerna lalu sisipkan gambar agar lebih menarik, buat suasana kelas yang mendukung ajak siswa agar tidak mentertawakan teman dan siap mendukung, lalu beri apresiasi siswa.

    Lalu untuk di rumah diberi tugas untuk membuat cerita sendiri dan menceritakannya di depan kelas agar memupuk rasa percaya diri nya.

    Terimakasih

Leave a Reply