Similar Posts
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Berikut adalah identifikasi dan analisis penyebab masalah, alternatif pemecahan masalah, dan tujuan perbaikan berdasarkan video:
1. Mengidentifikasi Masalah
Beberapa siswa tidak fokus saat membaca bahan bacaan yang diberikan dan siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dapat mengganggu teman-temannya.
2. Menganalisis Penyebab Masalah
Siswa mungkin merasa bosan atau tidak tertarik dengan bahan bacaan dan siswa dengan kecepatan membaca tinggi mungkin merasa tidak tertantang dengan bahan bacaan yang ada.
3. Menentukan Alternatif Pemecahan Masalah
Guru dapat menegur siswa yang tidak fokus dan menanyakan penyebabnya kemudian memberikan bahan bacaan tambahan untuk siswa yang lebih cepat serta mendorong siswa untuk menceritakan apa yang mereka baca di depan kelas.
4. Menentukan Tujuan Perbaikan dengan cara meningkatkan fokus siswa saat membaca,
memastikan semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan membaca, dan memotivasi siswa untuk membaca dan berbagi pengalaman mereka.
Nama : Srinayanti Telaumbanua
NIM : 855853665
Berikut adalah identifikasi dan analisis penyebab masalah, alternatif pemecahan masalah, dan tujuan perbaikan berdasarkan video:
1. Mengidentifikasi Masalah
Beberapa siswa tidak fokus saat membaca bahan bacaan yang diberikan dan siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dapat mengganggu teman-temannya.
2. Menganalisis Penyebab Masalah
Siswa mungkin merasa bosan atau tidak tertarik dengan bahan bacaan dan siswa dengan kecepatan membaca tinggi mungkin merasa tidak tertantang dengan bahan bacaan yang ada.
3. Menentukan Alternatif Pemecahan Masalah
Guru dapat menegur siswa yang tidak fokus dan menanyakan penyebabnya kemudian memberikan bahan bacaan tambahan untuk siswa yang lebih cepat serta mendorong siswa untuk menceritakan apa yang mereka baca di depan kelas.
4. Menentukan Tujuan Perbaikan dengan cara meningkatkan fokus siswa saat membaca,
memastikan semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan membaca, dan memotivasi siswa untuk membaca dan berbagi pengalaman mereka.
Nama : Ekky Krystyna Dewi
Nim : 878201223
Pokjar : Salut Kota Kediri
Ringkasan :
video tampak guru koperaktif dalam proses meningkatkan siswa untuk belajar membaca. Dapat dilihat bahwa guru berkeliling dan bertanya kepada siswa terkait apakah sudah selesai membacanya dan memberikan tambahan bahan bacaan kepada siswa yang sudah selesai membaca. Setelah siswa membaca kedepan, guru juga memberikan penghargaan tepuk tangan.
Kelemahan :
a. Kegiatan guru yang belum dilakukan dengan membuat kaitan atau melakukan apersepsi, terlihat siswa masih belum fokus tujuan pembelaaran. Hal ini guru dapat melakukan apersepsi dengan menghubungkan materi- materi pembelajaran yang akan dipelajari.
b. Guru belum melakukan evalusi peninjauan terhadap apa yang dipelajari, hal ini guru memberikan rangkuman (menyimulkan hasil) dengan menyempurnakan yang dibuat oleh siswa.
Kelebihan :
Guru dapat mengendalikan suasana kelas dengan cara menunjuk siswa yang rame dan
memberikan tugas tambahan
Nama : evi risnawati
Nim :857038173
Salut :simpang pematang mesuji
Upbjj : bandarlampung
Prodi :PGSD
Didalam video tersebut seorang guru mengajak anak muridnya untuk gemar membaca.
1.Reaksi anak /siswa dalam kegiatan belajar tersebut tidak menguasai dalam bacaan buku yang mereka pegang karena teman sekelasnya pun ada yang berisik juga tidak membaca dengan baik
2.kelemahannya didalam video tersebut ada siswa yang kurang membaca
3.kelebihanya didalam video ruang kelas tersebut
Hasil dari siswa yang membaca tersebut diapresiasi oleh guru dikelas.
4 hal unik..
Guru memberikan siswa yang kurang membaca untuk gemar membaca
5.
Upaya didalam kelemahan dan kelebihan didalam ruang kelas atau didalam. Video guru meningkatkan lembar kerja untuk hasil terhadap siswa yang gemar membaca untuk menjadikan contoh yang baik untuk teman-temannya yang lain yang belom membaca dengan baik.
Nama: Riswandi
NIM : 859543802
POKJAR : Salut Pesawaran Indah
Video ini memberikan gambaran bahwa dengan mengganti bacaan bisa menumbuhkan minat dan fokus siswa dalam membaca. Kemudian, guru perlu memberikan apresiasi dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan hasil bacaan secara lisan dengan menggunakan bahasa mereka sendiri, hal ini tentu bisa menjadi acuan pada para siswa dalam menambah wawasan dan kosakata mereka melalui bacaan tanpa menyimpang dari isi bacaan.
1. Pembelajaran dini
Guru dalam video meminta semua siswa membaca. Pada awalnya, beberapa siswa tidak fokus pada pelajarannya dan membuat keributan sehingga mengganggu teman-temannya. Yang perlu dilakukan guru adalah mengkritik dan menangani siswa yang tidak berkonsentrasi dalam membaca dan meminta mereka untuk mengubah cara membaca.
2. Guru harus menilai hasil membaca dengan meminta siswa mengomunikasikan hasil bacaannya secara lisan. Dengan meminta beberapa siswa menceritakan kembali bacaan tersebut, maka wawasan penyampaian bacaan berdasarkan gagasan siswa dapat ditingkatkan, namun tanpa mengubah makna bacaan.
3. Ringkasan konten video
Video pembelajaran ini diberi judul “Ayo Baca Lagi” dan guru menyapa anak-anak di kelas lalu langsung masuk ke materi inti yang akan diajarkan, lalu di akhir pelajaran guru memberikan tugas kepada anak-anak untuk maju dan menceritakan apa yang mereka baca dengan kata-kata mereka sendiri.
4. Kelemahan pembelajaran video
satu. Pada awal kegiatan pembelajaran, guru tidak mengajak anak membaca doa sebelum belajar.
B. Guru tidak melakukan absensi pada saat pelajaran
C. Terlalu monoton. Saya berharap guru dapat melakukan kegiatan ice breaking untuk membuat suasana kelas lebih aktif.
Misalnya, guru tidak menghargai anak yang berani melangkah maju.
F. KBM tidak diakhiri dengan doa penutup di akhir kajian.
5. Keuntungan pembelajaran video
satu. Guru menjelaskan mata pelajaran dengan penuh semangat.
B. Anak-anak penuh energi dan antusiasme.
c.Guru menggunakan buku teks sebagai media pembelajaran.
Misalnya, untuk siswa dengan tingkat pemahaman yang lebih tinggi, guru menyediakan bahan bacaan lainnya.
6. Hal-hal unik yang ditemukan dalam pembelajaran video
satu. Ketika seorang anak berani maju ke depan kelas, guru tidak memberikan pujian.
B. Beberapa anak tidak memperhatikan dan berisik di kelas.
C. Guru tidak melakukan kegiatan ice breaking pada saat kegiatan pembelajaran.
Nama : Anindia Putri Hardini
NIM : 857138147
Berdasarkan pembelajaran dari video tersebut, guru harus melakukan beberapa hal penting untuk menciptakan suasana belajar yang efektif.
Guru harus memperhatikan kondisi siswa secara individual, terutama mereka yang terlihat tidak fokus, dengan cara mendatangi langsung dan mencari tahu penyebabnya.
Guru perlu memberi teguran dengan pendekatan yang bijak dan membangun, agar siswa bisa kembali fokus tanpa merasa tertekan.
Guru bisa melibatkan siswa yang sudah memahami bacaan untuk membantu temannya, sehingga tercipta kerja sama antar siswa.
Guru perlu memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali isi bacaan sebagai bentuk apresiasi dan untuk melatih kemampuan berbicara mereka.
Terakhir, guru harus memastikan bahwa semua siswa diberi ruang untuk tampil dan menjelaskan kembali hasil bacaan agar mereka merasa dihargai dan lebih percaya diri. Semua langkah ini membantu menciptakan pembelajaran yang aktif, partisipatif, dan bermakna.
NAMA : AGUSTINA
NIM : 859531539
Kesimpulan: Video ini menunjukkan contoh praktik nyata perbaikan pembelajaran membaca di kelas awal SD, dengan cara:
• Melibatkan siswa secara aktif
• Membangun suasana belajar yang menyenangkan
• Menggunakan teks yang relevan dan mudah dipahami
Rekomendasi ke depan:
• Guru bisa menambahkan variasi teks, misalnya puisi anak, dialog, atau komik sederhana.
• Gunakan metode membaca berpasangan agar siswa saling belajar.
• Lakukan penilaian informal untuk mengetahui perkembangan tiap anak, bukan hanya dari hasil tertulis tapi juga dari keberanian dan ekspresi mereka saat membaca.
Nama : Jeniwati Lawolo
Nim : 859868072
Prodik : PGSD-S1
UPBJJ : Medan
Pokjar : Idanogawo
Ibu guru menyuruh siswanya membaca buku yang sudah disediakan. Ada juga siswa yang mengganggu teman sebangkunya ketika temannya sedang membaca.
Cara guru menegur siswanya dengan memberikan bahan bacaan yang lain kepada siswa tersebut dan menyuruh siswa menceritakan kembali isi buku yang dibaca oleh siswa tersebut.
Tujuannya agar siswa mudah memahami, menyimak isi bacaan tersebut
Nama : Adaja Rara Theaomay
Nim : 859774965
Izin memberikan komentar 🙏
Pada video ini, kegiatan membaca tidak didukung dengan pendekatan yang menarik. Siswa terlihat pasif dan kurang antusias, kemungkinan karena metode yang digunakan terlalu monoton dan hanya berfokus pada membaca bergiliran tanpa pemahaman.
Guru juga tidak memberikan stimulus atau pertanyaan yang bisa mendorong siswa memahami isi bacaan secara mendalam. Aktivitasnya jadi sekadar membaca, tanpa ada proses berpikir kritis atau diskusi.