Similar Posts
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Nama: Darma Eli Waruwu
NIM: 856045097
Program studi: S1-PGSD
Menurut saya dari video yang saya tonton yang saya lihat guru tidak mengabsen siswa, tidak mengucapkan salam, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan berlangsung. Guru ketika seorang siswa telah selesai membaca buku cerita yang diberikan kemudian guru mengganti dengan yang baru agar si siswa tersebut tidak mengganggu teman sebangkunya, kemudian adanya apresiasi dari guru terhadap siswa nya yang berani tampil ke depan untuk menceritakan kembali apa isi cerita yang dibacanya.
Nama : Intan Andini Dwi Safitri
NIM : 856975683
Prodi : S1 PGSD
UPJB : 20 Bandar Lampung
Menurut pendapat saya setelah menyimak video pembelajaran tersebut, sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi. Akan tetapi lebih baiknya, guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca, jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri. Saya setuju bahwa membiasakan anak untuk membaca akan menambah kosa kata siswa, sehingga akan lebih memudahkan ketika berkomunikasi dengan guru, teman, maupun orang di lingkungan sekitar. Selain itu membaca akan menambah wawasan siswa lebih luas. Untuk itu, kegiatan membaca dapat digunakan sebagai literasi sekolah. Hal ini dapat meningkatkan minat membaca siswa.
Hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni guru mengapresiasi peserta didik dengan melatih anak kembali bercerita di depan kelas dan memberikan tepuk tangan, hal tersebut simple namun akan membuat anak merasa termotivasi dan merasa diperhatikan oleh guru.
Adapun saran yang dapat saya sampaikan yaitu untuk meningkatkan minat membaca siswa dan melatih konsentrasi membaca siswa, kegiatan belajar mengajar dapat di lakukan di luar ruangan, misalnya di perpustakaan, taman sekolah dan sebagainya. Hal tersebut dapat meningkatkan minat membaca siswa lebih tinggi. demikian pendapat dari saya terimakasih.
Nama : REZKI AYU CHEFTIANI
Nim : 856976653
Semester : 6
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya setelah mengamati vidio tersebut adalah Guru tersebut tidak mengucapkan salam dan berdoa. Tidak ada melakukan pembukaan dalam proses belajar mengajar. Tidak mengecek kehadiran siswa. Dan yang terakhir guru tersebut melangsungkan siswa untuk membaca buku dan tidak melakukan penjelasan pada pembelajaran tersebut. Kelebihannya Sudah sangat bagus, dan menambah wawasan juga bagi para guru untuk lebih aktif lagi dalam proses mengajar agar siswa lebih kondusif dan bisa menerima pelajaran dengan baik. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan, dan juga guru selalu memantau anak ketika anak gaduh. Hal uniknya yaitu guru memberikan tambahan buku bacaan kepada siswa yang mempunyai tingkat kecepatan membaca. Perbaikannya supaya menambah media pembelajaran.
Nama : Khusnul Chotimah
Nim. : 856075731
UPBJJ : Batam
Assalamualaikum izin menanggapi
a) ketika siswa diberikan tugas membaca mandiri sebagian siswa fokus dengan buku bacaan yang diberi guru adapun siswa yang tidak fokus (bermain) sehingga menggangu teman yang lain saat membaca.
b) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : menurut saya setelah mengamati video berikut guru tidak melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran yaitu tidak mengucapkan salam, tidak mengabsen kehadiran siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
c) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : guru memberikan apresiasi kepada siswa yaitu mendorong dan menyemangati siswa untuk maju kedepan kelas menceritakan kembali apa yang mereka baca sehingga menambah motivasi untuk siswa Kemudian guru juga membawa bahan ajar yaitu buku cerita
d) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Tanggapan : guru akan memberikan buku cerita yang lain ketika siswa sudah selesai membaca, kegunaanya agar siswa tersebut tidak menggangu temannya yang lain.
e) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Tanggapan : – kita sebagai guru bisa menyediakan tempat khusus untuk membaca agar siswa lebih tertarik lagi dengan buku seperti (sudut baca)
– Guru juga menyediakan berbagai buku yang menarik minat
Anak untuk membaca dan menyediakan tempat untuk anak mengapresiakan bacaan yang telah dibacanya. Dan kegiatan dapat menambah wawasan kosa kata pada diri siswa
Nama : Khusnul Chotimah
Nim. : 856075731
UPBJJ : Batam
a) ketika siswa diberikan tugas membaca mandiri sebagian siswa fokus dengan buku bacaan yang diberi guru adapun siswa yang tidak fokus (bermain) sehingga menggangu teman yang lain saat membaca.
b) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : menurut saya setelah mengamati video berikut guru tidak melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran yaitu tidak mengucapkan salam, tidak mengabsen kehadiran siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
c) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : guru memberikan apresiasi kepada siswa yaitu mendorong dan menyemangati siswa untuk maju kedepan kelas menceritakan kembali apa yang mereka baca sehingga menambah motivasi untuk siswa Kemudian guru juga membawa bahan ajar yaitu buku cerita
d) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Tanggapan : guru akan memberikan buku cerita yang lain ketika siswa sudah selesai membaca, kegunaanya agar siswa tersebut tidak menggangu temannya yang lain.
e) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Tanggapan : – kita sebagai guru bisa menyediakan tempat khusus untuk membaca agar siswa lebih tertarik lagi dengan buku seperti (sudut baca)
– Guru juga menyediakan berbagai buku yang menarik minat
Anak untuk membaca dan menyediakan tempat untuk anak mengapresiakan bacaan yang telah dibacanya. Dan kegiatan dapat menambah wawasan kosa kata pada diri siswa
Nama : Khusnul Chotimah
Nim. : 856075731
UPBJJ : Batam
ketika siswa diberikan tugas membaca mandiri sebagian siswa fokus dengan buku bacaan yang diberi guru adapun siswa yang tidak fokus (bermain) sehingga menggangu teman yang lain saat membaca.
b) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : menurut saya setelah mengamati video berikut guru tidak melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran yaitu tidak mengucapkan salam, tidak mengabsen kehadiran siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
c) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : guru memberikan apresiasi kepada siswa yaitu mendorong dan menyemangati siswa untuk maju kedepan kelas menceritakan kembali apa yang mereka baca sehingga menambah motivasi untuk siswa Kemudian guru juga membawa bahan ajar yaitu buku cerita
d) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Tanggapan : guru memberikan buku cerita yang lain ketika siswa sudah selesai membaca, kegunaanya agar siswa tersebut tidak menggangu temannya yang lain.
e) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Tanggapan : – kita sebagai guru bisa menyediakan tempat khusus untuk membaca agar siswa lebih tertarik lagi dengan buku seperti (sudut baca)
– Guru juga menyediakan berbagai buku yang menarik minat
Anak untuk membaca dan adanya tempat untuk anak mengapresiakan bacaan yang telah dibacanya. Dan kegiatan dapat menambah wawasan kosa kata pada diri siswa
Nama: Khusnul chotimah
Nim : 856075731
UPBJJ: Batam
Assalamualaikum izin menanggapi
a) ketika siswa diberikan tugas membaca mandiri sebagian siswa fokus dengan buku bacaan yang diberi guru adapun siswa yang tidak fokus (bermain) sehingga menggangu teman yang lain saat membaca.
b) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : menurut saya setelah mengamati video berikut guru tidak melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran yaitu tidak mengucapkan salam, tidak mengabsen kehadiran siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
c) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : guru memberikan apresiasi kepada siswa yaitu mendorong dan menyemangati siswa untuk maju kedepan kelas menceritakan kembali apa yang mereka baca sehingga menambah motivasi untuk siswa Kemudian guru juga membawa bahan ajar yaitu buku cerita
d) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Tanggapan : guru akan memberikan buku cerita yang lain ketika siswa sudah selesai membaca, kegunaanya agar siswa tersebut tidak menggangu temannya yang lain.
e) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Tanggapan : – kita sebagai guru bisa menyediakan tempat khusus untuk membaca agar siswa lebih tertarik lagi dengan buku seperti (sudut baca)
– Guru juga menyediakan berbagai buku yang menarik minat
Anak untuk membaca dan menyediakan tempat untuk anak mengapresiakan bacaan yang telah dibacanya. Dan kegiatan dapat menambah wawasan kosa kata pada diri siswa
ama : SAFITRI
NIM : 856949402
Prodi : PGSD S1
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan antusias walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semua bisa terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran yakni guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak melakukan ice breaking, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yakni guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.
NAMA : VINA AYU KOMARIANA
NIM : 858901599
POKJAR : WULUHAN
UPBJJ : JEMBER
PRODI : PGSD
setelah melihat dan menganalisa video pembelajaran di atas, ternyata terdapat kelebihan maupun kekurangan yang menurut saya harus saya uraikan seperti berikut ini :
Kelebihan :
a.) dalam pembelajaran tersebut guru sudah memberikan materi dengan metode membaca, agar siswanya
dapat lebih pintar membaca dan bisa meningkatkan konsentrasi siswa dalam memehami bacaan.
b.) dalam video pembelajaran tersebut sudah bagus, karena memberikan pengarahan dan solusi agar para
guru bisa membuat kelas menjadi kondusif dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan dalam
proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
kekurangan :
a.) dalam video pembelajaran tersebut langsung masuk ke inti kegiatan pembeljaran tanpa ada
pembuka kegiatan antara lain seperti
* salam pembuka
* berdo’a
* menyapa siswa dan mengecek daftar hadir
* memberikan motivasi agar siswa lebih semangat belajar
b.) guru kurang aktif dalam pembeljaran, sehingga suasana kelas menjadi membosankan sampai ada
terjadinya kegaduhan di kelas tersebut.
c.) guru kurang kreatif dalam penyampaian pembelajaran, pada materi membaca murid hanya disuruh
membaca di tempat duduknya maupun di depan kelas tanpa adanya suatu hal menarik sehingga siswa
semakin semangat dan aktif dalam proses pembelajaran.
Nama : M. FIKRI AL ANSORI
NIM : 856991584
Program Studi : PGSD S-1
UPBJJ Bandar Lampung POKJAR Sidomulyo
Judul video : Yuk, Kita Baca Lagi
RINGKASAN VIDEO
Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Dengan membaca, siswa di harapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain. Ketika siswa di berikan sebuah bahan bacaan, ada saja siswa yang tidak fokus terhadap bahan bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan pada akhirnya kelas menjadi gaduh. Untuk mengatasi hal tersebut adalah practitioner harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut. practitioner harus mengapresiasi siswa dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang telah di baca. Hal ini dapat memotivasi teman- temannya yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang di baca oleh siswa dari bacaannya.
KELEMAHAN VIDEO
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya/ Apersepsi
KELEBIHAN VIDEO
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran
4. practitioner memberikan buku bacaan baru kepada siswa
RENCANA PERBAIKAN
1. Menambah media pembelajaran
2. Melakukan tanya jawab kepada siswa