Similar Posts
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Putri Ayu Lestari Sirait
NIM. : 852064008
Semester : 6 (enam)
sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi. Akan tetapi lebih baiknya, guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca, jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri. Saya setuju bahwa membiasakan anak untuk membaca akan menambah kosa kata siswa, sehingga akan lebih memudahkan ketika berkomunikasi dengan guru, teman, maupun orang di lingkungan sekitar. Selain itu membaca akan menambah wawasan siswa lebih luas. Untuk itu, kegiatan membaca dapat digunakan sebagai literasi sekolah. Hal ini dapat meningkatkan minat membaca siswa.
Hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni guru mengapresiasi peserta didik dengan melatih anak kembali bercerita di depan kelas dan memberikan tepuk tangan, hal tersebut simple namun akan membuat anak merasa termotivasi dan merasa diperhatikan oleh guru.
Kelemahan :
– Guru tidak mengucapkan salam
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
– Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
– Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
– Guru Aktif dalam pembelajaran
Nama : Amalia sekar Wijayati
Nim: 857693688
Program studi : S1 PGSD
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab :
Anak mengikuti pembelajaran membaca dengan baik , tetapi ada Anak yang sudah selesai membaca dan mengganggu teman lainnya yang belum selesai membaca nya
2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab :
-Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya.
– kurangnya Apersepsi guru kepada murid muridnya
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab:
-kelebihan guru dalam memantau siswa ketika anak berbuat gaduh dan solusi yang ia lakukan untuk menghilangkan kegaduhan di kelas sangat baik
-Guru aktif dalam pembelajaran
-practitioner memberikan buku bacaan baru kepada siswa
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Jawab :
– kita sebagai guru bisa menyediakan tempat khusus untuk membaca agar siswa lebih tertarik lagi dengan buku seperti (sudut baca)
-Dan membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama
Nama : ASAFA RUMARUBUN
NIM : 823224481
Program Studi : PGSD S-1
UPBJJ : Bula/SBT
Judul video : Yuk, Kita Baca Lagi
RINGKASAN VIDEO
Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Dengan membaca, siswa di harapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain.
Ketika siswa di berikan sebuah bahan bacaan, ada saja siswa yang tidak fokus terhadap bahan bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan pada akhirnya kelas menjadi gaduh.
Untuk mengatasi hal tersebut adalah Guru harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut.
Guru harus mengapresiasi siswa dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang telah di baca. Hal ini dapat memotivasi teman- temannya yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang di baca oleh siswa dari bacaannya.
KELEMAHAN VIDEO
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
3. Guru tidak mengabsen siswa
4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya/ Apersepsi
KELEBIHAN VIDEO
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran
4. Guru memberikan buku bacaan baru kepada siswa
RENCANA PERBAIKAN
1. Menambah media pembelajaran
2. Melakukan tanya jawab kepada siswa
NAMA : MOH. QONI’ AL GHOZALI
NIM : 858734034
UPBJJ Surabaya, Pokjar Lamongan
Membaca merupakan suatu proses perolehan informasi dari penulis. dalam video ini terlihat sangat bagus dalam proses pembelajaran karena guru memberikan buku lagi kepada siswa yang sudah selesai membaca agar tidak mengganggu temannya dan juga guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani tampil di depan. untuk kekurangannya guru tidak mengucapkan salam dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
untuk kedepannya agar guru menambah metode lagi dan memperbaiki kekurangannya. juga menambahkan media pembelajaran.
Nama : Rega Tri Juliansyah
NIM. : 856807044
Semester : 8 (Delapan)
sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi. Akan tetapi lebih baiknya, guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca, jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri. Saya setuju bahwa membiasakan anak untuk membaca akan menambah kosa kata siswa, sehingga akan lebih memudahkan ketika berkomunikasi dengan guru, teman, maupun orang di lingkungan sekitar. Selain itu membaca akan menambah wawasan siswa lebih luas. Untuk itu, kegiatan membaca dapat digunakan sebagai literasi sekolah. Hal ini dapat meningkatkan minat membaca siswa.
Hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni guru mengapresiasi peserta didik dengan melatih anak kembali bercerita di depan kelas dan memberikan tepuk tangan, hal tersebut simple namun akan membuat anak merasa termotivasi dan merasa diperhatikan oleh guru.
Kelemahan :
– Guru tidak mengucapkan salam
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
– Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
– Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
– Guru Aktif dalam pembelajaran
Nama : Farah Himmatussaroya
NIM : 857694626
Semester : 6 (enam)
Dari video “Yuk Kita Baca Lagi” yang dapat saya analisis diantaranya adalah:
Membaca dapat meningkatkan kemampuan kosakata untuk komunikasi dengan orang lain baik dengan teman, keluarga dll.
1.Fakta dan data pembelajaran yang terjadi di kelas
– membaca mandiri yang diberikan siswa dapat memberikan kosakata baru dan wawasan baru
– saat proses pembelajaran membaca mandiri akan ada siswa yang tidak fokus
– terdapat siswa yang memiliki kemampuan membaca lebih cepat
– hasil dari bacaan mandiri akan dipresentasikan secara sederhana oleh siswa, dengan guru memeberikan motivasi dan semangat untuk siswa maju ke depan juga memberikan pujian atau apresiasi bagi siswa yang berani tampil di depan kelas
2. Identifikasi masalah dan Analisis Masalah
– saat siswa diberikan tugas membaca mandiri akan ada siswa yang tidak fokus saat membaca dan mengganggu siswa lain, sehingga membuat kelas gaduh
– siswa dengan kemampuan kecepatan membaca yang lebih cepat dibanding siswa lain sehingga bacaan lebih cepat selesai dari siswa lain
3. Pemecahan masalah
– untuk menangani siswa yang kurang fokus saat membaca guru dapat mendatangi siswa dan memberikan teguran atau menanyakan kepada siswa tersebut apakah sudah selesai membaca bacaan yang diberikan guru tersebut
– dapat diatasi dengan guru memberikan bacaan tambahan kepada siswa tersebut sehingga dapat menambah kesibukan dan wawasan untuk siswa tersebut.
Nama : Laily Nur Ainiyyah
NIM : 857814343
PRODI: S1-PGSD
UPBJJ: SURAKARTA
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan antusias walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semua bisa terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran yakni guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak melakukan ice breaking, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yakni guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.
Nama : Anisah Wulandari
Nim : 857098749
Program studi : PGSD S-1
Pokjar : kalideres
UPBJJ : Jakarta
menurut saya penerapan pembelajaran yang ada didalam video tersebut sudah cukup baik dimana kita ketahui memberi waktu untuk siswa membaca dan memahami apa yang akan kita tanyakan kepada siswa nantinya.
Sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak menggangu temannya lagi, akan tetapi lebih baik guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri.
KELEMAHAN:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi
KELEBIHAN:
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran4.
4. Guru memberikan buku bacaan baru kepada siswa
Nama : Anisah Wulandari
Nim : 857098749
Program studi : PGSD S-1
Pokjar : kalideres
UPBJJ : Jakarta
Menurut saya penerapan
pembelajaran yang ada didalam video tersebut sudah cukup baik dimana kita ketahui memberi waktu untuk siswa membaca dan memahami apa yang akan kita tanyakan kepada siswa nantinya. Sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak menggangu temannya lagi, akan tetapi lebih baik guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri.
KELEMAHAN:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
3. Guru tidak mengabsen siswa 4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5 .Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi
KELEBIHAN:
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran
4. Guru memberikan buku bacaan baru kepada siswa
NAMA : IMAM SAFI’I
NIM : 856993373
Progam Studi : S1-PGSD
POKJAR : SIDOMULYO
Di dalam Bahasa Indonesia hal yang harus dikuasai siswa guna mendukung aktivitas keseharian dalam kehidupan adalah membaca, dengan membaca diharapkan siswa mampu menguasai beragam kosakata yang akan bermanfaat dalam komunikasi sehari-hari, membaca adalah jendela dunia diharapkan dengan meningkatkan budaya membaca siswa dapat menguasai beragam ilmu pengetahuan yang akan bermanfaat bagi kehidupan. Sebagian besar dalam kenyataan siswa di kelas cenderung malas membaca oleh karena itu harus disediakan waktu khusus untuk membaca supaya siswa meningkatkan minat membaca.
-KELEBIHAN VIDEO
Suasana kelas kondusif, kelas nyaman dan tenang, tersedia buku bacaan yang bagus dan layak, Guru memotivasi siswa agar fokus memahami setiap bacaan agar bisa menyimpulkan hasil bacaan, Guru memberi apresiasi kepada siswa yang sudah maju ke depan.
– KEKURANGAN VIDEO
Guru tidak mengucap salam sapaan, Guru tidak mengabsen siswa, Guru tidak menjelaskan tujuan dan manfaat membaca