silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

360 Comments

  1. Nama: Dina Tira Arianti
    NIM: 856021761
    UPBJJ: Medan
    Pokjar: Asahan

    Setelah menyimak video “Meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok”, menurut pendapat saya video di atas sudah bagus dan jelas pemaparannya. Dalam video juga dijelaskan setiap tahapannya. Sehingga dapat dijadikan rujukan bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran IPA dalam diskusi dan kerja kelompok yang dapat membantu siswa bekerja secara aktif.
    Saran dari saya, agar siswa dapat bekerja lebih aktif secara kelompok dan menyenangkan juga dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).

  2. saya atas nama WARDATUL JANNAH izin menanggapi
    Setelah menyimak video “Meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok”, menurut pendapat saya video di atas sudah bagus dan jelas pemaparannya. Dalam video juga dijelaskan setiap tahapannya. penggunaan metode serta media yang digunakan dapat merangsang rasa ingin tahu siswa sehingga setiap siswa mengikuti pembelajaran dengan tekun. sebagai seorang guru kitra memang harus memberikan metode dan media yang menarik saat pembalajaran agar siswa bisa termotivasi dan semangat untuk belajar.
    video ini sudah memberikan kita penjelasan dan cara mengatasi masalah siswa dikelas dengan menerapkan berbagai metode dan media belajar yang bagus dan menarik
    terima kasih

  3. nama : wardatul jannah siregar
    nim : 8560 21525
    pokjar : binjai
    Dari tayangan video pembelajaran yang berjudul “Untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok”, dapat saya simpulkan bahwa penggunaan metode serta media yang yang tepat dan menarik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Sehingga, siswa akan tertarik dan bersemangat saat pembelajaran berlangsung. pemilihan metode kooperatif jigsaw tersebut sudah tepat terhadap meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok. Dimana siswa sangat berperan aktif selama proses belajar berlangsung, yang mana hal ini sangat bagus serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    Terima kasih

  4. Nama : Siti Nuraida
    Nim : 857319377

    Video di atas berjudul “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kelompok.” Dari video tersebut telah dijelaskan masalah-masalah yang biasanya terjadi di dalam kelas ketika siswa diminta untuk mengerjakan tugas kelompok, seperti: siswa merasa bosan karena tidak tahu harus mengerjakan apa, kurangnya partisipasi siswa, tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas kelompok sehingga saling mengandalkan orang yang dianggap mampu mengerjakan tugas tersebut. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan belajar menjadi terhambat. Solusi yang diberikan pada video tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik jigsaw. Model pembelajaran tersebut sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Guru sudah mengaplikasikan tahapan-tahapannya, hanya saja pada tahap 1 guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Tujuan pembelajaran ini sangat penting untuk menstimulus siswa agar terhubung pikirannya dengan apa yang akan dipelajari. Namun, disisi lain, guru sudah mempraktikkan teknik jigsaw dengan bagus. Terima kasih.

  5. Nama : AURA NABILA
    Nim : 856027676

    Video di atas berjudul “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kelompok.” Dari video tersebut telah dijelaskan masalah-masalah yang biasanya terjadi di dalam kelas ketika siswa diminta untuk mengerjakan tugas kelompok, seperti: siswa merasa bosan karena tidak tahu harus mengerjakan apa, kurangnya partisipasi siswa, tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas kelompok sehingga saling mengandalkan orang yang dianggap mampu mengerjakan tugas tersebut. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan belajar menjadi terhambat. Solusi yang diberikan pada video tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik jigsaw. Model pembelajaran tersebut sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Guru sudah mengaplikasikan tahapan-tahapannya, hanya saja pada tahap 1 guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Tujuan pembelajaran ini sangat penting untuk menstimulus siswa agar terhubung pikirannya dengan apa yang akan dipelajari. Namun, disisi lain, guru sudah mempraktikkan teknik jigsaw dengan bagus. Terima kasih.

  6. Nama : AURA NABILA
    Nim : 856027676

    Video di atas berjudul “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kelompok.” Dari video tersebut telah dijelaskan masalah-masalah yang biasanya terjadi di dalam kelas ketika siswa diminta untuk mengerjakan tugas kelompok, seperti: siswa merasa bosan karena tidak tahu harus mengerjakan apa, kurangnya partisipasi siswa, tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas kelompok sehingga saling mengandalkan orang yang dianggap mampu mengerjakan tugas tersebut. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan belajar menjadi terhambat. Solusi yang diberikan pada video tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik jigsaw. Model pembelajaran tersebut sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Guru sudah mengaplikasikan tahapan-tahapannya, hanya saja pada tahap 1 guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Tujuan pembelajaran ini sangat penting untuk menstimulus siswa agar terhubung pikirannya dengan apa yang akan dipelajari. Namun, disisi lain, guru sudah mempraktikkan teknik jigsaw dengan bagus. Sekian dan Terima kasih.

  7. assalamualaikum, perkenalkan
    nama saya : INDAH SARI
    Nim : 856024781
    pokjar : Labuhanbatu selatan
    upbjj medan, sumatera utara

    berdasarkan analisis saya mengenai video yang berjudul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok” adalah sudah sangat-sangat baik, maksudnya disini adalah telah dijelaskan dalam video tersebut kekurangan dan kelebihan yang dilakukan oleh guru, diantaranya terdapat refleksi dalam awal video guru menerapkan kerja kelompok oleh muridnya namun banyak murid yang tidak peduli dan kurang serius dalam mengerjakan tugas kelompoknya, siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut, dimana siswa yang malas hanya mengandalkan siswa yang pintar untuk mengerjakan tugasnya sementara mereka yang malas asik bermain dan mengganggu teman yang lain, tugas yang diberikan kurang menantang dan tidak menarik, guru kurang jelas memberikan arahan dan target yang tidak ada dan tidaka ada sanksi terhadap siswa yang tidak bekerja, dalam video tersebut juga guru melakukan refleksi atau perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooprative learning), disini murid sangat antusias dalam pembelajaran tersebut karena guru menyajikan 5 tahapan, yaitu : melakukan pendahuluan dengan baik menjelaskan jenis-jenis hewan peliharaan dan ciri-cirinya dengan menggunakan teknik JIGSAW , guru membagi 5 kelompok, Setiap kelompok dibagikan guru gambar hewan peliharaan agar dapat mudah memahami ciri-cirinya, melaporkan hasil diskusi, dan guru merangkum hasil diskusi. terimakasih

  8. Assalamualaikum wrwb

    Nama: REKI PERDINAN
    NIM: 856976607
    Pokjar: POKJAR KOTAAGUNG
    UPBJJ: BANDAR LAMPUNG

    Setelah menyimak video “Meningkatkan kerjasama siswa da lam kelompok”, menurut pendapat saya video di atas sudah bagus dan jelas pemaparannya. Dalam video juga dijelaskan setiap tahapannya. Sehingga dapat dijadikan rujukan bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran IPA dalam diskusi dan kerja kelompok yang dapat membantu siswa bekerja secara aktif dan melatih kekompakan siswa dalam berkerja sama dengan baik.

  9. Nama : Desi Angriani
    Nim : 859407176
    Pokjar : Makassar

    Dari video tersebut, menurut pendapat saya siswa kurang berpartisipasi dalam kerja kelompok dengan alasan topik yang akan dikerjakan tidak menantang. Guru tidak memberikan arahan yang jelas apa saja yang akan dibahas dalam kerja kelompok. Serta tidak ada sangsi kepada kelompok yang tidak mengerjakan tugas kelompok.
    Kelebihan dari video pembelajaran tersebut telah menggunakan metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan teknik Jigsaw. Dimana metode ini memiliki 5 tahapan. Dengan model tersebut membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Didalam metode ini guru sudah menerapkannya, hanya saja pada tahap pertama guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.

  10. NAMA : YOLANDO SINAGA
    NIM : 855868396
    POKJAR : ASAHAN

    1. Ringkasan Isi Video
    • Sinopsis Video :
    Video ini bisa menjadi solusi bagi guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar didepan kelas. Dari video tersebut menurut saya cara mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa yang harus direvisi.

    2. Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
    • Pada pendahuluan tidak disampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
    • Sebelum menggunakan tekhnik jigsaw, anak-anak belajarnya tidak terarah
    • Tidak ada punishment bagi siswa yang tidak berpartisipasi dalam kerja kelompok
    • Tekhnik jigsaw membutuhkan waktu yang relative lama sehingga guru harus bisa memberi Batasan waktu dalam setiap batasan

    3. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
    • Penggunaan model pelajaran kooperatif dengan tekhink jigsaw sudah tepat untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok
    • Guru bisa mengelolah kelas lebih baik sehingga tidak ada siswa yang berkesempatan untuk bermain-main atau mengganggu teman lainnya
    • Guru bertindak sebagai fasilitator

    4. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
    Setelah melihat video GPO rencana perbaikan yang akan saya lakukan yaitu menyampaikan materi pembelajaran dengan metode yang tepat.

Leave a Reply