silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

421 Comments

  1. Nama :Mey sinta
    Nim :855864288
    UPBJJ :Medan
    Pokjar :Sei balai

    Dari video pembelajaran diatas,seorang guru harus membuat pembelajaran yang menantang dan menarik agar bisa menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran yang akan diabahas .dengan hal ini, saat guru membagikan tugas kelompok tidak harus mengadalkan peserta didik yang pintar saja untuk mengerjakan tugasnya sedangkan anggota yang lainnya membuat kesibukan masing-masing seperti bermain dan bercerita kepada teman yang lainnya,terapi setiap anggota kelompok bisa bersama-sama mengerjakannya dikarenakan pada pembelajaran yang akan dibahas membuat mereka merasa tertarik dan tertantang untuk mengerjakan tugas yang diberikan.

  2. Nama : hikma
    Nim:858071041

    Berdasarkan video diatas terkait tentang Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok guru memiliki upaya dan berperan besar terhadap siswa,karena padaumumnya banyak siswa yang tidak peduli saat bekerja kelompok dimana siswa yang malas cenderung bergantung pada siswa yang rajin, sementara mereka yang malas malas sibuk bermain dan mengobrol dengan teman yang lain. saran saya sebaiknya dalam kegiatan tersebut guru dapat melakukan ice breaking untuk memberikan semangat kepada siswa sehingga di dalam kelas menjadi lebih menyenangkan.Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan.

  3. Nama : hikma
    Nim:858071041

    Berdasarkan video diatas terkait tentang Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok guru memiliki upaya dan berperan besar terhadap siswa,karena padaumumnya banyak siswa yang tidak peduli saat bekerja kelompok dimana siswa yang malas cenderung bergantung pada siswa yang rajin, sementara mereka yang malas malas sibuk bermain dan mengobrol dengan teman yang lain. saran saya sebaiknya dalam kegiatan tersebut guru dapat melakukan ice breaking untuk memberikan semangat kepada siswa sehingga di dalam kelas menjadi lebih menyenangkan.Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan.

  4. Nama :hikma
    Nim:858071041

    Setelah saya menonton video tersebut sebelumnya saya sangat mengapresiasi dan sangat memberikan dampak positif. Dimana di video tersebut meningkatkan keaktifan dan minat belajar seorang siswa. Dimana seorang guru melengkapi semua bahan belajar dan serta gambar untuk membuat siswa tersebut cepat menangkap tiap-tiap penjelasan tersebut.

    video tersebut juga, sebagai seorang guru untuk menentukan setiap kelompok itu, bahan belajar nya menentukan judul dengan bahan belajar berbeda-beda setiap kelompok.

  5. Nama : Lita Puspasari
    NIM : 856815066
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Ipuh

    Dari tayangan video pembelajaran yang berjudul “Untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok” disimpulkan bahwa video tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok, dimana siswa akan melakukan tugas diskusi bersama dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif dengan teknik “jigsaw”, karena kebanyakan siswa ketika diberi tugas kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Dalam kelompok tersebut ada beberapa peserta didik yang asik berbicara dengan temannya, selanjutnya juga ada yang bermain, tertawa bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang mengerjakan tugas. Didalam video pembelajaran maka saran saya sebaiknya dalam kegiatan berdiskusi secara kelompok guru sebaiknya lebih memfokuskan anak untuk memperhatikan terlebih dahulu. Guru juga dapat menggunakan ice breaking guna memberikan semangat kepada siswa dan siswa lebih fokus lagi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran yang di lakukan dapat memperoleh hasil yang maksimal.

  6. Nama : Pungu Nababan
    NIM : 877525842

    Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
    Dari video tersebut saya dapat menanggapi bahwa ada beberapa alasan siswa tidak berpartisipasi dalam kerja kelompok, diantaranya
    1. Topik yang akan dikerjakan tidak menantang
    2. Guru tidak jelas memberikan arahan apa saja yang akan dibahas dalam kelompok tersebut
    3. Tidak ada target yang akan dicapai dalam kerja kelompok
    4. Tidak ada sangsi kepada kelompok yang tidak mengerjakan
    Dalam video tersebut metode pembelajaran yang digunakan guna meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok yaitu metode Cooperative learning dengan teknik Jigsaw.
    Dimana metode ini menggunakan beberapa tahapan yaitu
    1. Pendahuluan, dalam tahap pendahuluan guru menyampaikan apa tujuan pembelajaran yang akan disampaikan
    2. Kemudian kelas dibagi atas beberapa kelompok dengan pembahasan yang berbeda beda tiap kelompok
    3. Menggabungkan beberapa kelompok yang pembahasan topiknya sama
    4. Kemudian anggota kelompok kembali ke kelompok semula dan menanggapi hasil kelompok yang lain
    5. Ditahap akhir membuka diskusi, tiap kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya kemudian kelompok lain bertanya dan memberikan masukan guna menyempurnakan hasil kelompok tersebut.
    Dari video tersebut saya dapat memahami dan menerapkan metode yang digunakan untuk saya aplikasikan di kelas saya nantinya.
    Terimakasih.

  7. NIM : 858921379
    NAMA : NUR FAIZAH

    Setelah menyimak video di atas, menurut pendapat saya video tersebut sudah sangat bagus dan jelas sekali pemaparannya seta dapat memberikan pandangan bagi guru yang ingin menerapkan diskusi dan kerja kelompok di dalam kelas. Di dalam video juga disebutkan tahapan demi tahapan yang perlu dilampaui dalam proses melaksanakan kegiatan diskusi dan kerja kelompok siswa di kelas. Dengan begini, guru dapat menerapkannya pada saat pembelajaran di kelas.

  8. NAMA : IBNU HISYAM SITORUS
    NIM : 819174419
    POKJAR : ASAHAN

    1. Ringkasan Isi Video
    • Identitas Video :
    Tokoh : siswa, Bu Guru
    Nama Sekolah : –

    • Sinopsis Video :
    Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam video disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif dengan Teknik jigsaw.

    2. Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
    • Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, guru langsung melakukan kegiatan inti.
    • Guru tidak menutup kegiatan pembelajaran.

    3. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
    • Guru dapat mengkondisikan suasana kelas sehingga kelas kondusif
    • Penyampaian materi dengan Simulasi tekhnik mengajar jigsaw cukup jelas

    4. Hal unik yang terdapat dalam video
    • Sebelum video yang menunjukkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, pada bagian awal video ada narator yang menjelaskan isi video sehingga
    mempermudah si penonton untuk memahami isi video, dan banyak efek-efek video yang menarik.

    5. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
    Setelah melihat video GPO rencana perbaikan yang akan saya lakukan pada RPP saya yaitu melampirkan dan melakukan kegiatan pembuka, menentukan metode mengajar yang baik dan menentukan langkah pembelajaran yang tepat

  9. Assalamualaikum wr,wb
    Nama : Gusti Darmayanti
    Nim : 855852839
    UPBJJ UT : MEDAN
    Dari tayangan video pembelajaran yang berjudul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya tangkap sebagai masukan untuk saya. Yaitu, perlunya persiapan sebelum mengajar. Mulai dari awal pembelajaran sampai akhir harus sudah dirancang, agar tidak ada terjadi kendala ketika pembelajaran sudah dimulai. Kemudian, sebagai seorang guru kita harus menguasai materi yang di ajarkan, agar penyampaian kepada siswa jelas dan terarah. Sehingga siswa dapat dengan baik menerima dan melaksanakan informasi yang diberikan oleh guru. Dan juga, sebagai seorang guru kita juga harus mampu memilih metode apa yang cocok untuk digunakan pada materi yang akan di ajarkan.
    Wassalamualaikum wr,wb

  10. Nama : Syndi Tiani
    Nim : 856047116
    Pokjar : Langkat

    Dari video pembelajaran yang telah saya analisis, menurut saya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran tersebut
    Adapun kelebihannya, yaitu
    1. Siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran tersebut
    2. Guru menggunakan media
    3. Berlangsungnya kegiatan diskusi
    4. Dalam proses belajar Guru menggunakan model belajar kooperaif yang dapat membuat siswa bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran

    Adapun kelemahannya, yaitu
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal, tidak adanya tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh Guru, Guru tidak membangkitkan minat siswa dan Guru tidak
    melakukan Absensi
    2. kelas kurang kondusif
    3. Siswa kurang berpartisipasi dalam tugas kelompok yang diberikan oleh Guru

Leave a Reply