Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 7 sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah bahasa Indonesia, dengan materi “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan.” Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan sedikit mengenai materi tersebut, disertai contoh sebuah lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media untuk membantu menulis puisi. Selanjutnya guru juga mengajak siswa-siswanya untuk mengamati pemandangan yang ada di luar kelas untuk membantu mereka menciptakan sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka amati. Selama di luar kelas mereka diberi kesempatan mengamati bentuk apapun yang ditemui dan tentunya menarik perhatian mereka. Ada yang mengamati bentuk sebuah tanaman, ada yang melihat-lihat bentuk sebuah bangunan tradisional, dan sebagainya. Setelah itu guru mengajak mereka untuk kembali ke kelas. Pada saat di dalam kelas, guru mulai mengajak siswa untuk mulai membuat sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka lihat. Siswa mulai membuat puisi dengan menuliskan apa yang mereka amati. Siswa, secara satu persatu menuliskannya di papan tulis, sehingga terbentuklah satu buah puisi hasil pengamatan mereka sebelumnya. Guru pun menekankan kembali mengenai materi tersebut pada akhir pembelajaran.

Puisi adalah satu genre atau jenis karya sastra. Pelajaran menulis puisi di sekolah masuk ke dalam materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, banyak guru bahasa Indonesia yang tidak dapat mengajarkan apresiasi karya sastra seperti puisi. Dengan adanya video pembelajaran ini, guru mendapat tambahan pengetahuan tentang mengajar apresiasi sastra yaitu puisi.

Tujuan tayangan video ini pasti sangat mulia, yaitu membantu guru mengurangi kelemahan di dalam pengajaran apresiasi sastra. Kekuatan yang terdapat dalam proses pembalajaran dalam tayanagn ini antara lain:
A. Guru tidak menginformasikan untuk apa siswa belajar puisi (manfaat belajar puisi), mengapa harus melalui pengamatan terhadap pemandangan/lingkungan;
B. Di dalam penyajian guru terkesan texbook, hal ini membuat suasan menjadi kaku;
C. Tayangan ini berakhir begitu saja, seperti kehilangan atau kekurangan waktu tayang. Mungkin, karena habis digunakan untuk basa basi di depan sebelum masuk proses pembelajaran.

Puisi merupakan karya individu. Dalam pembelajaran ini guru meminta siswa membuat puisi bersama-sama sehingga tidak lahir satupun puisi karya seorang siswa. Hal ini disebabkan kesalahan pemilihan metode pembelajaran. Sedangkan kesesuaian dengan kurikulum, tidak ada masalah. Sastra sebagai hasil budaya dapat diajarkan dengan kurikulum manapun, yang diperlukan adalah guru yang profesional di bidangnya.

Secara umum, video pembelajaran ini memperkaya wawasan guru khususnya guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam mengajar materi sastra (karya sastra). Kelebihan dan kekurangan pasti ada. Evaluasi menjadi kegiatan yang sangat baik untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sebuah hasil karya.

Lis Setiawati

1. Cara guru membuka pelajaran sudah cukup baik dengan memberitahukan materi yang akan dipelajari saat itu. Pada saat mengisi pelajaran guru sudah cukup baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran,namun tidak ada penutup dalam video tersebut.
2. Pendekatan yang digunakan sudah tepat yaitu ctl dan metode kontekstual dan media yang digunakan yaitu alam sesuai dengan materi yaitu menulis puisi keindahan alam,setelah itu siswa menuliskan apa yang sudah mereka temui di lapangan.
3. Pendekatan, metode,dan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan sesuai dengan perkembangan peserta didik.
4. Materi menulis Pusisi berdasarkan keindahan alam terdapat pada kurikulum 2006, materi tersebut tidak terdapat pada kurikulum 2013.

Neneng Fitriyah, M.Pd

Similar Posts

58 Comments

  1. NAMA : CHRISTI NATALIA LUMI
    NIM : 044172844
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    Dari video diatas dengan tema “menulis puisi keindahan alam” , menurut saya dalam kegiatan belajar mengajar tersebut saya menelaah bahwa
    1. Dalam kegiatan pembukaan
    – guru tidak mengajak siswa untuk mengawali kegiatan belajar mengajar dengan memberi salam, menyanyikan lagu nasional agar siswa lebih bersemangat sebeum KMB dimulai dan pentingnya berdoa sebelum KMB dimulai.
    2. Kegiatan inti
    _ guru sebaiknya memberi contoh bagaimana membuat puisi atau memberitahu langkah-langkah membuat puisi
    – guru memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil karyanya, dan teman-temannya memberikan tanggapan terhadap hasil karya siswa tersebut.
    – guru memberikan evaluasi terhadap hasil karya peserta didik agar nantinya mereka akan membuat puisi yang jauh lebih baik .
    – dan menariknya guru memberikan kesempatan peserta didik keluar kelas untuk mengekspresikan pikiran mereka terhadap lingkungan sehingga mereka dapat berkarya sesuai dengan apa yang mereka lihat.
    – kegiatan penutup sama halnya dengan kegiatan pembukaan, yakni guru tidak mengakhiri KMB dengan salam dan Doa

  2. A. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    video tersebut menggambarkan metode pembelajaran yang berlangsung oleh seorang guru dengan peserta didik mengenai penulisan sebuah puisi. Guru memakai metode alam, yang mana dalam penulisan puisi guru menekankan bahwa inspirasi dapat diperoleh dari alam sekitar atau lingkungan. Contohnya saja “Bunga” mereka mengamati dan menghayati bentuk tumbuhan sebagai salah satu keindahan alam untuk menciptakan sebuah karya puisi. Metode yang digunakan dalam video itu cukup bagus di tekankan kepada peserta didik, agar memiliki kemampuan berpikir serta menelaah yang baik.
    B. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan dalam sistem pembelajaran tersebut ialah tidak mengawali kegiatan dengan salam atau sapaan sebagai pembuka terlebih dahulu diawal pembelajaran dan kurangnya menggunakan teknologi canggih seperti proyektor, laptop, serta speaker sebagai bentuk contoh dalam memaparkan materi ke siswa
    C. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru menggunakan metode alam, yang mana dalam penulisan puisi guru menekankan bahwa inspirasi dapat diperoleh dari alam sekitar atau lingkungan. Contohnya saja “Bunga” atau “Rumah” mereka mengamati dan menghayati bentuk tumbuhan serta bangunan sebagai salah satu keindahan alam untuk menciptakan sebuah karya puisi. Lewat imajinasi pengamatan, mereka merangkai sebuah kalimat yang menghasilkan karya dari kemampuannya. Guru mengajarkan cara memanfaatkan lingkungan sekitar dengan baik kepada peserta didik.
    D. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru menggunakan sebuah lukisan sebagai sumber referensi. Selain itu, hal yang tidak biasa ialah ketika membiarkan siswa berimajinasi dan berkreasi sesukanya untuk menciptakan karay puisi. Guru menggunakan metode pengamatan terhadap lingkungan secara langsung ketika mnulis puisi, dan hal itu sangat bagus dan unik dalam proses pembelajaran berlangsung.
    E. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Mungkin yang perlu di perbaiki lagi ialah lebih banyaknya penekanan terhadap ilmu dasar atau materi yang mungkin masih perlu untuk peserta didik pahami lebih dalam. Namun selebihnya metode yang ada di dalam video sudah sangat bagus dan natural. Kemudian, jangan sampai lupa untuk mempersiapkan kelas terutama pada kegiatan awal yaitu salam atau sapaan kepada guru.

  3. NAMA : FALALAWA NDRURU
    NIM : 043513635
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    🏅A. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    video tersebut menggambarkan metode pembelajaran yang berlangsung oleh seorang guru dengan peserta didik mengenai penulisan sebuah puisi. Guru memakai metode alam, yang mana dalam penulisan puisi guru menekankan bahwa inspirasi dapat diperoleh dari alam sekitar atau lingkungan. Contohnya saja “Bunga” mereka mengamati dan menghayati bentuk tumbuhan sebagai salah satu keindahan alam untuk menciptakan sebuah karya puisi. Metode yang digunakan dalam video itu cukup bagus di tekankan kepada peserta didik, agar memiliki kemampuan berpikir serta menelaah yang baik.

    🏅E. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Mungkin yang perlu di perbaiki lagi ialah lebih banyaknya penekanan terhadap ilmu dasar atau materi yang mungkin masih perlu untuk peserta didik pahami lebih dalam. Namun selebihnya metode yang ada di dalam video sudah sangat bagus dan natural. Kemudian, jangan sampai lupa untuk mempersiapkan kelas terutama pada kegiatan awal yaitu salam atau sapaan kepada guru.

  4. NAMA : SHOFI DHIYAUL AULIYAH
    NIM : 043687469
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
    SEMESTER : 5
    UPBJJ : BATAM

    Assalamu’alaikum Wr.Wb baiklah izinkan saya disini untuk merefleksi dalam analisis video tersebut.
    1.) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    >> Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik. Dan tentunya mereka sangat antusias dan aktif.
    2.) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Terlihat bahwa pembelajaran cenderung bersifat satu arah, dimana guru memberikan informasi dan siswa diberi kesempatan untuk mengamati, namun kurang terlihat interaksi yang aktif antara guru dan siswa. Pembelajaran yang interaktif dapat membantu siswa lebih terlibat dan memahami materi dengan lebih baik.
    3.) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati pemandangan di luar kelas, memungkinkan mereka melibatkan diri dalam pengalaman nyata dan mendapatkan inspirasi langsung untuk menciptakan puisi. Ini dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi siswa.
    4.) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    >> Guru menggunakan contoh lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media pembelajaran. Penggunaan media visual dapat membantu memvisualisasikan konsep puisi dan membuat pembelajaran lebih menarik.
    5.) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    >> Selain menekankan materi pada akhir pembelajaran, guru dapat mempertimbangkan untuk memberikan penguatan materi secara periodik selama pembelajaran. Ini membantu memastikan bahwa pemahaman siswa terhadap materi tetap konsisten sepanjang proses pembelajaran.

    Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih.

  5. NAMA : SHOFI DHIYAUL AULIYAH
    NIM : 043687469
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
    SEMESTER : 5
    UPBJJ : BATAM

    Assalamu’alaikum Wr.Wb baiklah izinkan saya disini untuk merefleksi dalam analisis video tersebut.
    1.) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    >> Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik. Dan tentunya mereka sangat antusias dan aktif.

    2.) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Terlihat bahwa pembelajaran cenderung bersifat satu arah, dimana guru memberikan informasi dan siswa diberi kesempatan untuk mengamati, namun kurang terlihat interaksi yang aktif antara guru dan siswa. Pembelajaran yang interaktif dapat membantu siswa lebih terlibat dan memahami materi dengan lebih baik.

    3.) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati pemandangan di luar kelas, memungkinkan mereka melibatkan diri dalam pengalaman nyata dan mendapatkan inspirasi langsung untuk menciptakan puisi. Ini dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi siswa.

    4.) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
    >> Guru menggunakan contoh lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media pembelajaran. Penggunaan media visual dapat membantu memvisualisasikan konsep puisi dan membuat pembelajaran lebih menarik.

    5.) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    >> Selain menekankan materi pada akhir pembelajaran, guru dapat mempertimbangkan untuk memberikan penguatan materi secara periodik selama pembelajaran. Ini membantu memastikan bahwa pemahaman siswa terhadap materi tetap konsisten sepanjang proses pembelajaran.

    Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih.

  6. • NAMA : SHOFI DHIYAUL AULIYAH
    • NIM : 043687469
    • PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
    • SEMESTER : 5
    • UPBJJ : BATAM

    Assalamu’alaikum Wr.Wb baiklah izinkan saya disini untuk merefleksi dalam analisis video tersebut.

    1.) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    >> Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik. Dan tentunya mereka sangat antusias dan aktif.

    2.) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Terlihat bahwa pembelajaran cenderung bersifat satu arah, dimana guru memberikan informasi dan siswa diberi kesempatan untuk mengamati, namun kurang terlihat interaksi yang aktif antara guru dan siswa. Pembelajaran yang interaktif dapat membantu siswa lebih terlibat dan memahami materi dengan lebih baik.

    3.) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati pemandangan di luar kelas, memungkinkan mereka melibatkan diri dalam pengalaman nyata dan mendapatkan inspirasi langsung untuk menciptakan puisi. Ini dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi siswa.

    4.) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
    >> Guru menggunakan contoh lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media pembelajaran. Penggunaan media visual dapat membantu memvisualisasikan konsep puisi dan membuat pembelajaran lebih menarik.

    5.) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    >> Selain menekankan materi pada akhir pembelajaran, guru dapat mempertimbangkan untuk memberikan penguatan materi secara periodik selama pembelajaran. Ini membantu memastikan bahwa pemahaman siswa terhadap materi tetap konsisten sepanjang proses pembelajaran.

    Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih.

  7. NAMA : SHOFI DHIYAUL AULIYAH
    NIM : 043687469
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
    SEMESTER : 5
    UPBJJ : BATAM

    Assalamu’alaikum Wr.Wb baiklah izinkan saya disini untuk merefleksi dalam analisis video tersebut.

    1.) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    >> Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik. Dan tentunya mereka sangat antusias dan aktif.

    2.) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Terlihat bahwa pembelajaran cenderung bersifat satu arah, dimana guru memberikan informasi dan siswa diberi kesempatan untuk mengamati, namun kurang terlihat interaksi yang aktif antara guru dan siswa. Pembelajaran yang interaktif dapat membantu siswa lebih terlibat dan memahami materi dengan lebih baik.

    3.) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    >> Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati pemandangan di luar kelas, memungkinkan mereka melibatkan diri dalam pengalaman nyata dan mendapatkan inspirasi langsung untuk menciptakan puisi. Ini dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi siswa.

    4.) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran.
    >> Guru menggunakan contoh lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media pembelajaran. Penggunaan media visual dapat membantu memvisualisasikan konsep puisi dan membuat pembelajaran lebih menarik.

    5.) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    >> Selain menekankan materi pada akhir pembelajaran, guru dapat mempertimbangkan untuk memberikan penguatan materi secara periodik selama pembelajaran. Ini membantu memastikan bahwa pemahaman siswa terhadap materi tetap konsisten sepanjang proses pembelajaran.

    Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih.

  8. NAMA : JANUAR BUDIMAN
    NIM : 020314482
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    Dari video tersebut dengan tema “menulis puisi tentang keindahan alam” , menurut pendapat saya dalam proses pembelajaran tersebut ada kekurangannya :
    1. Pada pembelajaran bagian pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan memberi salam dan dilanjutkan dengan doa. kemudian tidak ada absensi siswa yang tidak hadir saat itu.
    2. Pada pembelajaran bagian inti, guru sebaiknya menyampaikan terlebih dahulu secara rinci tentang penulisan puisi. Sehingga siswa mudah dalam menulis puisi. setelah selesai menulis puisi guru memberikan kesempatan pada siswa untuk membacakan hasil karyanya, dan teman-teman lainnya memberikan tanggapan terhadap hasil karya siswa tersebut. Sedangkan guru memberikan evaluasi terhadap hasil karya siswa tersebut agar nantinya mereka akan lebih terampil dalam menulis puisi.
    3. Pada Pembelajaran bagian Penutup, guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan. dan tidak ditutup dengan berdoa secara bersama.

Leave a Reply