Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 7 sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah bahasa Indonesia, dengan materi “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan.” Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan sedikit mengenai materi tersebut, disertai contoh sebuah lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media untuk membantu menulis puisi. Selanjutnya guru juga mengajak siswa-siswanya untuk mengamati pemandangan yang ada di luar kelas untuk membantu mereka menciptakan sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka amati. Selama di luar kelas mereka diberi kesempatan mengamati bentuk apapun yang ditemui dan tentunya menarik perhatian mereka. Ada yang mengamati bentuk sebuah tanaman, ada yang melihat-lihat bentuk sebuah bangunan tradisional, dan sebagainya. Setelah itu guru mengajak mereka untuk kembali ke kelas. Pada saat di dalam kelas, guru mulai mengajak siswa untuk mulai membuat sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka lihat. Siswa mulai membuat puisi dengan menuliskan apa yang mereka amati. Siswa, secara satu persatu menuliskannya di papan tulis, sehingga terbentuklah satu buah puisi hasil pengamatan mereka sebelumnya. Guru pun menekankan kembali mengenai materi tersebut pada akhir pembelajaran.

Puisi adalah satu genre atau jenis karya sastra. Pelajaran menulis puisi di sekolah masuk ke dalam materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, banyak guru bahasa Indonesia yang tidak dapat mengajarkan apresiasi karya sastra seperti puisi. Dengan adanya video pembelajaran ini, guru mendapat tambahan pengetahuan tentang mengajar apresiasi sastra yaitu puisi.

Tujuan tayangan video ini pasti sangat mulia, yaitu membantu guru mengurangi kelemahan di dalam pengajaran apresiasi sastra. Kekuatan yang terdapat dalam proses pembalajaran dalam tayanagn ini antara lain:
A. Guru tidak menginformasikan untuk apa siswa belajar puisi (manfaat belajar puisi), mengapa harus melalui pengamatan terhadap pemandangan/lingkungan;
B. Di dalam penyajian guru terkesan texbook, hal ini membuat suasan menjadi kaku;
C. Tayangan ini berakhir begitu saja, seperti kehilangan atau kekurangan waktu tayang. Mungkin, karena habis digunakan untuk basa basi di depan sebelum masuk proses pembelajaran.

Puisi merupakan karya individu. Dalam pembelajaran ini guru meminta siswa membuat puisi bersama-sama sehingga tidak lahir satupun puisi karya seorang siswa. Hal ini disebabkan kesalahan pemilihan metode pembelajaran. Sedangkan kesesuaian dengan kurikulum, tidak ada masalah. Sastra sebagai hasil budaya dapat diajarkan dengan kurikulum manapun, yang diperlukan adalah guru yang profesional di bidangnya.

Secara umum, video pembelajaran ini memperkaya wawasan guru khususnya guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam mengajar materi sastra (karya sastra). Kelebihan dan kekurangan pasti ada. Evaluasi menjadi kegiatan yang sangat baik untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sebuah hasil karya.

Lis Setiawati

1. Cara guru membuka pelajaran sudah cukup baik dengan memberitahukan materi yang akan dipelajari saat itu. Pada saat mengisi pelajaran guru sudah cukup baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran,namun tidak ada penutup dalam video tersebut.
2. Pendekatan yang digunakan sudah tepat yaitu ctl dan metode kontekstual dan media yang digunakan yaitu alam sesuai dengan materi yaitu menulis puisi keindahan alam,setelah itu siswa menuliskan apa yang sudah mereka temui di lapangan.
3. Pendekatan, metode,dan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan sesuai dengan perkembangan peserta didik.
4. Materi menulis Pusisi berdasarkan keindahan alam terdapat pada kurikulum 2006, materi tersebut tidak terdapat pada kurikulum 2013.

Neneng Fitriyah, M.Pd

Similar Posts

58 Comments

  1. Nama : Istiqamah
    NIM : 044270015
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia

    Assalamu’alaikum wr.wb. Izinkan menanggapi video pembelajaran di atas :
    – Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik. Dan tentunya mereka sangat antusias dan aktif.
    – Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Diawal pembelajaran, guru tidak diawali dengan pendahuluan seperti salam, membaca doa, mengecek
    kehadiran , dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak mengingatkan kembali materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
    3. Guru kurang dalam menjelaskan dan terlihat kaku saat menyampaikan materi.
    4. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.
    5. Guru tidak memberikan kesimpulan, evaluasi, dan berdoa salam kegiatan penutup
    – Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru memberikan media yang tepat untuk para siswa agar mereka dapat belajar dengan mudah dan mempunyai imajinasi
    2. Guru menyampaikan materi dengan kreatif, dengan meminta siswanya untuk belajar diluar kelas untuk mengamati keindahan alam.
    3. Guru memberikan kesempatan pada siswa dalam membuat puisi.
    – Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Meskipun guru terkesan kaku saat pembelajaran, tetapi anak tetap sangat antusias mengikuti
    pembelajaran.
    2. Guru menstimulus siswa untuk ke lingkungan luar untuk membantu siswa dalam membuat dan menulis
    puisi.
    – Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Guru seharusnya diawal pembelajaran melakukan kegiatan awal seperti salam, membaca doa dan absen
    kehadiran.
    2. Guru seharusnya menjelaskan tujuan pembelajaran agar pembelajaran dapat terarah.
    3. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar.
    4. Guru melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran, evaluasi, berdoa dan salam.

  2. Nama : Istiqamah
    NIM : 044270015
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia

    Assalamu’alaikum wr.wb. Izinkan menanggapi video pembelajaran di atas :
    A. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik. Dan tentunya mereka sangat antusias dan aktif
    B. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Diawal pembelajaran, guru tidak diawali dengan pendahuluan seperti salam, membaca doa, mengecek kehadiran , dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak mengingatkan kembali materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
    3. Guru kurang dalam menjelaskan dan terlihat kaku saat menyampaikan materi
    4. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.
    5. Guru tidak memberikan kesimpulan, evaluasi, dan berdoa salam kegiatan penutup
    C. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru memberikan media yang tepat untuk para siswa agar mereka dapat belajar dengan mudah dan mempunyai imajinasi
    2. Guru menyampaikan materi dengan kreatif, dengan meminta siswanya untuk belajar diluar kelas untuk mengamati keindahan alam.
    3. Guru memberikan kesempatan pada siswa dalam membuat puisi.
    D. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Meskipun guru terkesan kaku saat pembelajaran, tetapi anak tetap sangat antusias mengikuti pembelajaran.
    2. Guru menstimulus siswa untuk ke lingkungan luar untuk membantu siswa dalam membuat dan menulis puisi.
    E. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Guru seharusnya diawal pembelajaran melakukan kegiatan awal seperti salam, membaca doa dan absen kehadiran.
    2. Guru seharusnya menjelaskan tujuan pembelajaran agar pembelajaran dapat terarah.
    3. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar.
    4. Guru melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran, evaluasi, berdoa dan salam.

  3. Assalamu’alaikum wr.wb
    Nama : Istiqamah
    NIM : 044270015
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    A. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik dan aktif.
    B. Keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Di awal pembelajaran, guru tidak diawali dengan pendahuluan seperti salam, membaca doa, cek kehadiran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak mengingatkan kembali materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
    3. Guru kurang dalam menjelaskan dan terlihat kaku saat menyampaikan materi.
    4. Aku tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jawab.
    5. Guru tidak memberikan kesimpulan, evaluasi, dan salam penutup
    C. Cara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Memberikan media yang tepat untuk para siswa dapat belajar dengan mudah dan berimajinasi.
    2. Guru menyampaikan materi dengan kreatif, dengan meminta siswanya untuk belajar di luar kelas untuk mengamati keindahan alam.
    3. Guru memberikan kesempatan pada siswa adalah membuat puisi.
    D. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Meskipun guru sangat terkesan kaku saat pembelajaran, tetap sangat antusias mengikuti pembelajaran.
    2. Guru menstimulus siswa untuk ke lingkungan luar dengan maksud untuk membantu siswa dalam membuat dan menulis puisi.
    E. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Guru seharusnya di awal pembelajaran melakukan kegiatan awal seperti salam, membaca doa dan absen kehadiran.
    2. Guru seharusnya menjelaskan tujuan dan manfaat pelajaran agar pembelajaran dapat terarah.
    3. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar motivasi.
    4. Guru harusnya melakukan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan
    5. Guru melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran, evaluasi, berdoa dan salam.

  4. Assalamu’alaikum wr.wb
    Nama : Istiqamah
    NIM : 044270015
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    A. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik dan aktif.
    B. Keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Di awal pembelajaran, guru tidak diawali dengan pendahuluan seperti salam, membaca doa, cek kehadiran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
    -Guru tidak mengingatkan kembali materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
    – Guru kurang dalam menjelaskan dan terlihat kaku saat menyampaikan materi.
    – Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jawab.
    – Guru tidak memberikan kesimpulan, evaluasi, dan salam penutup
    C. Cara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Memberikan media yang tepat untuk para siswa dapat belajar dengan mudah dan berimajinasi.
    – Guru menyampaikan materi dengan kreatif, dengan meminta siswanya untuk belajar di luar kelas untuk mengamati keindahan alam.
    – Guru memberikan kesempatan pada siswa adalah membuat puisi.
    D. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – Meskipun guru sangat terkesan kaku saat pembelajaran, tetap sangat antusias mengikuti pembelajaran.
    – Guru menstimulus siswa untuk ke lingkungan luar dengan maksud untuk membantu siswa dalam membuat dan menulis puisi.
    E. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Guru seharusnya di awal pembelajaran melakukan kegiatan awal seperti salam, membaca doa dan absen kehadiran.
    – Guru seharusnya menjelaskan tujuan dan manfaat pelajaran agar pembelajaran dapat terarah.
    -Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar motivasi.
    – Guru harusnya melakukan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan
    -Guru melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran, evaluasi, berdoa dan salam.

  5. Nama : Istiqamah
    NIM : 044270015
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ : Palangka Raya
    A. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Dalam video pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat bersemangat dan sangat bagus merespon ketika guru menjelaskan. Siswa mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik dan aktif.
    B. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Di awal pembelajaran guru tidak mengawali dengan pendahuluan seperti salam, membaca doa, cek kehadiran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran, Guru tidak mengingatkan kembali materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya, guru kurang dalam menjelaskan dan terlihat kaku saat menyampaikan materi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab, guru tidak memberikan kesimpulan, evaluasi , salam dalam kegiatan penutup.
    C. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Guru memberikan media yang tepat untuk para siswa agar mereka dapat belajar dengan mudah dan berimajinasi, guru menyampaikan kreatif dengan meminta siswanya untuk belajar diluar kelas untuk mengamati keindahan alam.
    D. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Meskipun guru terkesan kaku saat pembelajaran, tetapi anak tetap antusias mengikuti pembelajaran dan guru menstimulus siswa untuk ke lingkungan luar untuk membantu siswa dalam membuat dan menulis puisi.
    E. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Guru seharusnya di awal pembelajaran melakukan kegiatan awal seperti salam, membaca doa dan absen kehadiran. Guru seharusnya menjelaskan tujuan pembelajaran agar pembelajaran dapat terarah. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar. Guru harusnya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan guru harusnya melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pelajaran, evaluasi, berdoa dan salam.

  6. NAMA : RAMITHA
    NIM : 043358178
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

    Menurut pengamatan saya :
    1. Guru menyampaikan tujuan pembelajarannya
    2. Guru berinteraksi dengan siswa secara baik
    3. Guru memberikan contoh serta mengajak langsung siswa ke lapangan untuk memberikan imajinasi yang lebih kepada siswa dalam menulis puisi

    Adapun dalam proses pembelajaran diawali dengan salam,do’a serta memberikan kata-kata semangat atau motivasi kepada siswa,sedangkan diakhir kegiatan pembelajaran guru tetap memberikan pesan kepada siswanya.
    terimakasih

  7. Nama : Gerardus Worung
    NIM : 031135983
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Pendapat saya dari video di tas dalam pembelajaran ‘Menulis puisi dengan keindahan alam”
    – Sebaiknya sebelum memasuki pembelajaran terlebih dahulu guru mengucapkan salam serta menanyakan kabar siswa
    – berdoa bersama sama menurut kepercayaan masing masing
    – Guru memberikan penjelasan materi yang akan diberikan kepada siswa
    – Guru memberikan ruang jepada siswa untuk tanya jawab mengenai pembahasan puisi tersebut
    – Setelah selesai pembelajaran, alangkah baiknya guru memberikan motivasi agar selalu semnagat dalam belajar serta lebih giat lagi belajar dan tak lupa guiru menutup pembelajaran dengan salam dan doa (menurut kepercayaan masing masing)

  8. Nama : Gerardus Worung
    NIM : 031135983
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Pendapat saya dari video di tas dalam pembelajaran ‘Menulis puisi dengan keindahan alam”
    – Guru menyampaikan tujuan pembelajarannya dengan baik
    – untuk pembukaan sudah baik mungkin ada beberapa yang harus diperbaiki
    -Guru perlu mengembangkan variasi interaksi sehingga menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran.
    -Guru perlu memotivasi keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

    Terima Kasih

  9. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama : Monica Indah Sari
    Nim : 042601411
    p.studi : pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

    Izin menanggapi…
    Menurut saya proses pembelajaran dalam vidio di atas tentang pembelajaran menulis puisi dengan mengamati keindahan alam.
    ~ kegiatan awal
    – ada baiknya di awali dengan salam, pembuka pembeljaran dimulai do’a bersama, mengabsen kehadiran peserta didik yang hadir dan memberi apresiasi kepada siswa nya
    – Tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
    Guru memberi acuan tentang materi yang akan dipelajari hari ini
    – Tidak memberi motivasi penguat kepada siswa agar giat belajar

    ~dalam kegiatan inti. masih kurangnya penjelasan materi dari menulis puisi walaupun di bantu dengan media gambar untuk merangsang siswa dalam menulis puisi,
    kelebihan guru
    guru cukup baik interaksi dengan siswa sehingga siswanya terlihat aktif suasana kelas terkendali dengan baik.

    menurut saya lebih baik untuk meningkatkan kualitas pemebalajaran selanjutnya
    sebaiknya setiap siswa menuliskan hasil puisi mereka sendiri secara utuh, tidak bercampur dari siswa satu dan lainyan karena tidak mudah untuk ide anak-anak ke dalam satu kalimat atau satu puisi.

    penutup
    tidak ada upaya yang dilakukan guru untuk menutup pembelajaran yang dilakukan menyimpulkan materi yang telah di sampaikan, memberi tugas, dan diakhiri dengan ucap salam atau do”a
    terima kasih

  10. Nama : Nanik Hariyanik
    NIM : 022342788
    PRODI : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Dari video yang telah disajiakan dengan tema “menulis puisi keindahan alam” ada beberapa hal yang menjadi catatan:
    1. Kegiatan pembukaan
    – guru tidak mengajak siswa berdo’a
    – guru tidak melakukan presensi
    – guru tidak melakukan tanya jawab tentang materi pertemuan sebelumnya
    2. kegiatan inti
    – guru belum mejelaskan tentang langkah-langkah menulis puisi
    – guru memanfaaatkan media yang ada di sekitar sekolah
    – peserta didik melakukan pembelajaran di luar kelas untuk mengeksplorasi lingkungan sekolahnya
    -peserta didik menuliskan poin-poin penting dari hasil eksplorasi terhadap sekolah menjadi karya puisi
    – guru memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil karyanya, dan teman yang lain mengevaluasi
    – guru memberikan evaluasi dan penguatan terhadap hasil kerja peserta didik
    3. kegiatan penutup
    -tidak ditampilakn dalam video

Leave a Reply