silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.
Vera Maya Santi, M,Si.
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.
Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.
Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.
Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.
Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.
Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.
Drs. Suparman, M.Pd.
Pakar Guru
Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.
Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.
Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.
Nama : Rahma Dilla Putri
NIM : 860111545
Pada video pembelajaran ini, menurut saya sudah sangat bagus pembelajaran matematika jadi sangat menarik karena menggunakan media yang unik yaitu sicepot. Interaksi guru dan siswa juga sudah bagus tapi, saya melihat kurangnya motivasi siswa di tahap awal dan guru tidak memberikan tujuan belajar saat di awal serta tidak adanya refleksi di akhir pembelajaran. Saran saya, alangkah baiknya di awal diberi pertanyaan pertanyaan pemantik agar siswa semangat belajar materi yang akan dipelajari.
Nama : Alda Aprilda
Nim : 859870583
Prodi : PGSD
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : Salut Permata Labura
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan,menurut saya ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan dari cara mengajar guru tersebut. Adapun kelebihannya yaitu : a. kelas kondusif
b. guru menggunakan media
c. sebagian besar siswa aktif
d. berlangsungnya kegiatan tanya jawab antara guru dan siswa
e. beberapa siswa dapat mempraktikkan cara menghitung bilangan bulat dengan bantuan si cepot
kelemahan dari video pembelajaran yang dilakukan yaitu :
guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, masih ada siswa yang tidak fokus mendengarkan penjelasan guru dan guru tidak melalukan ice breaking di awal pembelajaran. Jadi sebaiknya mengatasi kelas agar kelas tersebut menjadi kondusif lakukan pembelajaran dengan baik dan bener.
Nama : Refi
Nim : 856589239
Kelas : 8 B 1 PKP
1. Secara keseluruhan apa saja kelebihan pembelajaran dalam video tersebut?
– Guru menyapa siswa terlebih dahulu.
– Guru mengingatkan atau mengulas kembali pelajaran yang telah dipelajari
– kegiatan belajar berlangsung dengan baik meskipun ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan atau asik dengan dunianya sendiri tetapi guru menegurnya dengan baik atau sopan
– Guru mengajar menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti si Cepot sehingga siswa antusias dalam mendengarkan materi yang diajarkan
– Adanya interaksi antara guru dengan siswa yaitu Guru melibatkan siswa aktif didalam pembelajaran yaitu dengan siswa terlibat dalam menyelesaikan soal di depan kelas dengan bantuan sicepot
– Metode pembelajaran dan strategi pembelajaran juga terkonsep dan menarik peserta didik serta menjadi lebih mudah dipahami siswa
2. Secara keseluruhan apa saja kekurangan pembelajaran dalam video tersebut?
– Guru tidak membuka pelajaran
– pelajaran tidak diawali dengan doa bersama , Membaca doa sebelum belajar penting karena dapat membantu kita menerima ilmu dengan baik, meningkatkan konsentrasi, dan mendekatkan diri kepada Tuhan.
– tidak ada menyanyikan lagu nasional. Hal ini penting karena sangat penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air.
– Guru tidak memberikan umpan balik terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
– Guru tidak memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah
– Guru tidak melalukan kegiatan penutup
Nama : Nurma Maulidya
NIM : 857332638
Dalam video pembelajaran ini, guru tidak melakukan pengaitan terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya, dan juga tidak menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan disampaikan. Guru langsung masuk ke soal tanpa memberi penjelasan konsep perkalian secara bertahap. Metode yang digunakan masih dominan ceramah, dengan media berupa gambar yang kurang efektif, karna siswa hanya diminta untuk mengikuti instruksi menyusun gambar sesuai dengan yang telah gurunya lakukan, bukan mengerjakan sendiri berdasarkan pemahamannya. Siswa terlihat kurang antusias dan beberapa tampak mengobrol. Guru juga tidak memberikan refleksi di akhir pembelajaran. Sebaiknya, guru melibatkan beberapa siswa secara bergiliran untuk mengerjakannya di depan kelas. Guru juga bisa memberikan tugas mandiri sebagai cara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi. Guru juga harus memberikan refleksi di akhir pembelajaran karena refleksi dalam pembelajaran berfungsi untuk menilai pemahaman siswa, mengidentifikasi kesulitan, meningkatkan keterlibatan, memberikan umpan balik, mengevaluasi proses pembelajaran, serta membangun kebiasaan belajar mandiri dan motivasi siswa.
NAMA : WIDIYA ASTUTI
NIM : 859773609
UPBJJ : UT KENDARI
POKJAR : WUNDULAKO
menurut pendapat saya pada awal pembelajaran guru tersebut sudah mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan cara menjelaskan dan mengingatkan materi minggu lalu yang sudah di ajarkan sebelum guru tersebut memulai materi barunya mengenai materi pengurangan bilangan bulat. dalam video pembelajaran tersebut mempermudah siswa menguasai kompetensi atau materi yang di ajarkan dengan menggunakan media alat peraga garis bilangan dan boneka yang di beri nama si cepot. dalam video tersebut siswa dapat menangkap penjelasan mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga , karna ada sebagian besar siswa yang aktif menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru tersebut, dan sebagian siswa juga ada yang sudah mampu untuk mempraktekkan menggunakan alat peraga.