silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar lagu tersebut melalui tape recorder.

Rusdianto

Buat couple singing (menyanyi berpasang) untuk mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bernyanyi masing-masing.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

66 Comments

  1. Berikut komentar untuk video keempat:

    “Penggunaan tape recorder sudah membantu, tapi guru kurang aktif membimbing teknik bernyanyi siswa, jadi hasilnya belum optimal.”

    Kalau mau, saya bisa bantu gabungkan semua komentar ini jadi satu file evaluasi. Mau lanjut ke situ?

  2. Nama : Putri Rahmayani
    NIM : 859775326
    Pokjar : Rarowatu Utara
    Setelah menganalisis video tersebut, terlihat seorang guru mengajarkan teknik bernyanyi yang tepat kepada siswa. Namun, dalam pelaksanaannya, guru memulai pembelajaran secara langsung di kelas tanpa melakukan apersepsi, ice breaking, dan berdoa terlebih dahulu. Guru juga tidak menanyakan kabar siswa maupun mengecek kehadiran mereka, sehingga siswa langsung masuk ke materi pembelajaran.
    Kemudian teknik bernyanyi yang benar tidak diajarkan secara sistematis. Seharusnya, guru terlebih dahulu memperkenalkan notasi nada kepada siswa. Dengan pemahaman notasi, siswa akan lebih mengerti perbedaan tinggi dan rendahnya suara saat bernyanyi.
    Adapun metode bernyanyi bersama-sama yang diterapkan guru sudah tepat. Akan tetapi, dalam praktik bernyanyi bersama tersebut, tidak terdengar adanya irama yang teratur.

  3. Setelah menganalisa vidio di atas, seorang guru mengajarkan kepada siswan bagaiamana teknik beryanyi yang tepat.
    setelah saya lihat, guru melakukan pembelajaran langsung di kelas, dan tidak melakukan ice breaking sehingga siswa langsung memasuki pelajaran dan tidak menanyakan kabar siswa dan menanyakan siapa yang tidak hadir.dan melakukan doa terlbeih dahulu sebelum memulai pelajaran pun tidak ada..sehingga siswa di dalam kelas langsung belajar.adapun guru mengajar kan kepada siswa bagaimana teknik bernyanyi dengan benar pun tidak di ajarkan,sebelum nya guru harus mengajarkan kepada siswa notasi dalam nada..sehingga siswa tidak tahu mana tinggi ,rendahnya nya suara saat benyanyi. adapun metode yang di ajarkan guru tepat,sehingga siswa secara bersama sama bernyanyi tidak ada nya irama dalam beryannyi.

  4. Nama : Mutiara Sakinah
    NIM : 857168014
    Dalam video menampilkan seorang guru yang mengajarkan mata pelajaran seni di kelas 4 SD sd dengan materi bernyanyi. Pada video terlihat guru mengucapkan salam ketika hadir ke kelas, dilanjutkan dengan memberikan materi pada hari itu Selanjutnya guru bernyanyi bersama siswa, serta menunjuk 2 siswi untuk maju ke depan. Namun, karena guru tidak pandai bernyanyi, guru menggunakan tape recorder dalam penyampaian materinya. Berdasarkan hal di atas, apa yang dilakukan guru sudah baik dengan menggunakan media tape recorder dalam pembelajaran. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah guru tersebut guru lulusan dai seni ? alangkah baiknya guru yang mengajar seni adalah lulusan seni agar apa yang diajarkan dapat membekas ke siswa dan siswa bisa mempraktekkannya dikehidupan sehari hari Serta guru bisa membuat sebuah kesimpulan diakhir dari pembelajaran hari itu.

  5. Nama : Mita sepriyani
    Nim : 859537697

    Setelah menganalisa vidio di atas, seorang guru mengajarkan kepada siswan bagaiamana teknik beryanyi yang tepat.
    setelah saya lihat, guru melakukan pembelajaran langsung di kelas, dan tidak melakukan ice breaking sehingga siswa langsung memasuki pelajaran dan tidak menanyakan kabar siswa dan menanyakan siapa yang tidak hadir.dan melakukan doa terlbeih dahulu sebelum memulai pelajaran pun tidak ada..sehingga siswa di dalam kelas langsung belajar.adapun guru mengajar kan kepada siswa bagaimana teknik bernyanyi dengan benar pun tidak di ajarkan,sebelum nya guru harus mengajarkan kepada siswa notasi dalam nada..sehingga siswa tidak tahu mana tinggi ,rendahnya nya suara saat benyanyi. adapun metode yang di ajarkan guru tepat,sehingga siswa secara bersama sama bernyanyi tidak ada nya irama dalam beryannyi.

  6. NAMA : CHERRY PUSPITA
    NIM : 855752819

    Video pembelajaran sudah bagus, guru mengajak siswa untuk aktif bernyanyi dan bahkan guru menyediakan fasilitas, saran dan prasarana untuk belajar bernyanyi berupa tape recorder, akan tetapi dalam pembelajaran seperti membuka kelas dengan doa, melakukan apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran, perlu di ingat bahwa sebelum guru menyampaikan materi kepada siswa, guru juga harus menguasai materi yang akan diberikan kepada siswa sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi yang disampaikan guru.

Leave a Reply