Similar Posts
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Nur Hamidah Br. Pane
NIM: 855864027
Pokjar: Labura
UPBJJ: MEDAN
Reaksi siswa anak fokus mendengarkan dan menuruti apa yang diperintahkan gurunya
Kelemahan guru tidak mengabsen atau menanya kabar anak terlebih dahulu, siswa banyak tidak tahu waktu guru menanya kembali
Kelebihan guru sabar dan guru juga membimbing diskusi para siswa
Hal unik guru membantu siswa dalam berdiskusi dengan kondusif
Upaya guru dapat memberikan apresiasi jika siswa sudah membacakan hasilnya di depan kelas
*Menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung sudah baik karna disini bisa dilihat anak menurut dan tidak ribut ketika guru mengarahkan untuk memulai pembelajaran
* secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak menyapa siswa atau mengapsen terlebih dahulu
Menurut saya sebaiknya guru membuat satu iyel iyel atau permainan sebelum memulai pembelajaran agar anak-anak semangat
* kelebihan guru sabar dalam membimbing siswa untuk melakukan pembelajaran dengan tenang
* menurut saya sebaiknya dalam pembelajaran gurunya jangan terlalu kaku dan tegang, sebaiknya pada saat siswa bisa menjawab guru bisa memberikan apresiasi agar siswa lebih semangat lagi.
Nama: Suryanita Siahaan
Nim : 855854929
Pokjar :Tapteng
Menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung sudah baik karna disini bisa dilihat anak menurut dan tidak ribut ketika guru mengarahkan untuk memulai pembelajaran * secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak menyapa siswa atau mengapsen terlebih dahulu Menurut saya sebaiknya guru membuat satu iyel iyel atau permainan sebelum memulai pembelajaran agar anak-anak semangat * kelebihan guru sabar dalam membimbing siswa untuk melakukan pembelajaran dengan tenang * menurut saya sebaiknya dalam pembelajaran gurunya jangan terlalu kaku dan tegang, sebaiknya pada saat siswa bisa menjawab guru bisa memberikan apresiasi agar siswa lebih semangat lagi.
Nama : Risna Ira Yonicha
NIM: 877525219
Pokjar: ASAHAN
UPBJJ: MEDAN
Menurut saya, reaksi siswa saat guru sedang memberikan pengarahan sudah baik, siswa tidak ribut saat guru sedang menjelaskan. dan saat guru menanyakan kepada siswa tentang menarik kesimpulan, siswa tidak paham tentang membuat kesimpulan, guru langsung mengambil metode diskusi kelompok. dan itu dapat memudahkan pembelajaran saat siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa. disini guru dengan sabar mendampingi siswa nya dalam mengerjakan tugas dengan sabar, tetapi sebaiknya guru memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah mampu mengerjakan tugas tersebut.
Nama : Amin Rohmatin
NIM : 858808944
Pokjar : Salut Kab. Kediri
UPBJJ : UT – Malang
Menurut saya, secara keseluruhan siswa di kelas ini sudah baik, siswa mengikuti arahan guru dengan baik.
Untuk kelemahan dan kebihan pada pembelajaran ini yaitu :
Kelemahan :
-Guru tidak memberikan semangat kepada siswa di awal pembelajaran
-Guru tidak menanyakan kabar siswa
-Guru tidak melakukan presensi terhadap siswa
-Guru tidak melakukan apersepsi di awal pembelajaran
-Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media yang menarik sehingga pembelajaran terkesan monoton
Kelebihan :
– Guru melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar dengan membentuk kelompok diskusi, sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran karena siswa bisa belajar dan menjawab pertanyaan secara bersama-sama.
– Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan.
Nama : Zainul Muttaqin
Nim: 877529144
Pokjar : Simalungun
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Setelah saya mengamati video tersebut terdapat beberapa kesimpulan yang saya dapat mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalam video tersebut.
Yang pertama yaitu kekurangannya , Di video tersebut guru Tidak maksimal menggunakan metode pembelajaran dikarenakan pada pembelajaran kurangnya interaksi antar guru dan siswa, kurangnya media pembelajaran agar lebih menarik, media pembelajarannya terlalu monoton, pada awal pembelajaran guru juga tidak melakukan pendahuluan di awal pembelajaran seperti menanyakan kabar ataupun absensi siswa bisa juga guru memberikan motivasi belajar agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas menyimpulkan isi cerita anak tersebut.
Kelebihan yang saya dapat dalam video tersebut adalah, pada saat pertengahan pembelajaran guru membuat metode pembelajaran diskusi atau kelompok dan pembimbing siswa cara memahami materi dengan baik.
Nama : Novita Sri Dewi Sinaga
NIM : 877530124
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : Humbang Hasundutan
Saya akan mencoba memberikan pendapat atas video yang diputar di atas
1. Reaksi peserta didik selama kegiatan pembelajaran terlihat fokus untuk mendengarkan dan menuruti apa yang diperintahkan oleh gurunya dengan penuh semangat
2. Kelemahan dari guru tersebut adalah, tidak memberikan salam dan sapaan kepada para peserta didik
3. Kelebihan guru yang sedang mengajar adalah guru tersebut sangat perhatian, lemah lembut di dalam mengajari dan membingbing para peserta didik
4. Adapun hal unik yang terjadi selama pembelajaran adalah guru membantu para peserta didik untuk berdiskusi dalam keadaan kelas yang sudah rapi dan kondusif.
5. Upaya yang dilakukan kedepannya adalah, supaya guru tersebut dapat memberikan reward, berupa pujian kepada peserta didik ketika sudah selesai dalam melakukan tugasnya.
Nama yusman lasima
Nim 859764971
Menurut sya kekurangannya yaitu pada bagian pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari itu, selain itu pada bagian penyampaian isi guru tidak memberikan penjlasan materi yang akan di ajarkan, yang dilakukan guru yaitu langsung memberikan tugas sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang akan dibahas.
Nama: Herwinda Okta Nur Asyifa
NIM : 858565235
Menurut saya dalam video tersebut guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik dengan mengunakan metode diskusi dengan cara membentuk siswa menjadi beberapa kelompok dan sehingga siswa dapat belajar dan berdiskusi baik dengan anggota kelompoknya, tak hanya itu dengan metode diskusi siswa lebih mudah dalam menyimpulkan isi dari cerita. Namun kelemahan dari pembelajaran dalam video tersebut yaitu guru tidak melakukan kegiatan seperti apersepsi, presensi, dan motivasi supaya siswa lebih semangat dalam belajar.