silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Assalamualaikum…. Perkenalkan..
Nama : Rukiana Wildayanti
NIM : 859174339
Saya setuju dengan tekhnik dan paparan-paparan yang ada dalam vidio ini, benar bahwa anak-anak cenderung bosan dengan cara belajar yang menekan sementara dunia anak adalah bermain karena itu menurut saya vidio ini sangat membantu saya dalam menangani anak mogok belajar. Terimakasih 🙏😊
Nama : Nurhidayati
NIM :858305056
Judul Video : “Anak mogok tidak mau belajar”
Pada video tersebut menekankan pentingnya mengembangkan rasa ingin tahu, kecerdasan intelektual, dan kemampuan emosional serta sosial anak-anak. Ini adalah aspek penting yang sering terlupakan ketika fokus hanya pada kecerdasan akademis. Dalam kasus ini, sebelum guru melakukan tindakan terlebih dahulu harus mengetahui penyebab anak mogok tidak mau belajar. Agar guru dapat mengambil tindakan yang tepat. Guru menggali informasi dari orang tua dan kemudian melakukan tindak lanjut. Video tersebut mengingatkan bahwa belajar pada usia dini harus menyenangkan dan menarik. Pendekatan ini membantu anak-anak untuk lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar.
Saran saya untuk video ini sebaiknya guru lebih peka lagi terhadap setiap anak dan berusaha untuk memberikan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini menggunakan metode belajar sambil bermain.
Nama : Aulia
Nim : 859424538
UPBJJ UT Makassar
Video pembelajaran yang berjudul ‘Anak Mogok Tidak Mau Belajar’ ini juga sangatlah menarik bagi saya, karena saya sering sekali menemui anak yang demikian, tiba-tiba tak ingin belajar, tiba-tiba tak ingin sekolah. Video tersebut juga sangat bermanfaat bagi saya selaku guru PAUD, karena saya menjadi tahu bahwa ternyata penyebab anak mogok tidak mau belajar itu banyak dan penting bagi guru untuk mengidentifikasinya dalam memberikan penanganan yang tepat.
Dari video tersebut, pengaruh yang muncul bukan hanya datang dari pribadi anak saja namun juga pada lingkungan sekitarnya. orang tua dan guru harus lebih peka melihat situasi yang anak alami apakah itu datang dari dalam dirinya atau dari lingkungan sekitarnya. tidak sedikit anak mogok belajar karena merasa lelah dengan materi dan aktivitas pembelajarannya. selain itu, guru dan orang tua perlu membangun komunikasi dengan anak agar anak dapat menceritakan alasan mereka tidak mau belajar. sehingga dengan mendengar pendapat langsung dari anak, guru dapat mencari dan menemukan solusi yang tepat dari masalah yang anak alami. Terima kasih.
NAMA : RISKA ARIANI
NIM : 858304402
Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Seri : Seri Pengembangan Sosial Emosional
Dalam video tersebuat yaitu bagaimana upaya seorang guru mengatasi anak yang mengalami mogok atau tidak mau belajar seperti :
a. Guru menggali keteran dari orang tua atau anak dengan mendatangi kerumah untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar dan mmengajukan pertayaan-pertanyaan.
b. Guru memberikan pilihan dengan anak ketika belajar apakah mau bersama teman-teman dan atau ditempat yang menyenagkan.
c. Guru memberikan kesempatan kpada anak untuk melakukan kegiatan bermain diluar karena dengan waktu yang ditetapkan dan disekpakati dengan anak, anak memiliki perasaan yang mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas.
Saran dan masukan :
Dalam video tersebut sudah sangat baik upaya seorang guru dalam mengatasi anak yang mogok belajar akan tetapi akan lehib bagus lagi jika kegiatan pembelajaran dengan berpusat pada anak. Dengan melibatkan sebuah kegiatan pembelajaran dengan anak yang sesuai dengan minat serta bakatnya. sehingga kegiatan menyenangkan tanpa ada paksaan kepada anak.
Menurut saya, sebagai guru kita harus melakukan pendekatan kepada anak didik terutama pada anak yang berubah-ubah emosinya terhadap sesuatu. Kita juga harus melakukan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menarik seperti belajar sambil bermain, menyanyi sambil belajar agar anak tidak bosan dengan pembelajaran yang disampaikan. Sebagai seorang guru kita dapat melakukan pembelajaran berupa bercerita tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan agar anak lebih bersemangat untuk belajar dan memotivasi anak didik tentang pentingnya belajar.Mendiskusikan dengan orang tua anak didik juga perlu agar lebih mengetahui karakteristik anak didiknya.
Untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak solusi mulai dari memberi anak pilihan tempat belajar hingga memberikan waktu bermain yang diatur. Yang terpenting, guru harus memahami setiap anak secara individu dan menciptakan lingkungan belajar yang sesuai agar mereka berkembang dengan baik.
Nama : Maya Nur Indahsari
NIM : 859656947
Judul : Anank Mogok Tidak Mau Belajar
dalam video tersebut membahas tentang anak yang mogok belajar, benar anak yang mogok belajar mungkin ada beberapa kemungkinan masalah yang dialami. hal tersebut harus dicari alasannya mengapa anak mogok belajar. dengan beberapa tips yang ada dalam video ini salah satunya yaitu home visit. mendiskusikan masalah yang dialami anak dengan orang tua dapat menjadi solusi untuk anak yang mogok tidak mau belajar. terima kasih dengan menonton video ini saya mendapat wawasan yang akan saya terapkan pada anak didik saya yang mengalami masalah tersebut.
saran : mohon maaf sedikit saran untuk model video mungkin dapat diupdate agar penonton lebih menarik untuk meliat video.
Nama : Risna Aminudin
NIM : 857382048
Memang tidak mudah untuk mengajak anak kembali senang bersekolah. Memaksa anak bukanlah cara yang tepat karena justru bisa membuatnya semakin enggan bersekolah. tentunya guru dan orang tua harus lebih bersabar dalam menghadapi anak mogok sekolah dan telusuri lebih dulu penyebab yang mendasarinya sehingga dapat menemukan jalan keluar yang tepat. Sekolah seharusnya bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak, sebab bisa menjadi “ruang” bagi anak untuk bersosialisasi dan bermain dengan teman-teman sebayanya. Namun, ada kalanya sekolah menjadi tempat yang menakutkan sehingga membuat anak mogok sekolah. maka kerjasama antara guru dan orangtua pada situasi seperti ini sangat diperlukan guna membuat anak kembali mau bersekolah.
Nama : Adhinda Pringgandani
NIM : 877600198
Setelah menonton Video ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar” saya mendapatkan pengetahuan mengenai alasan kenapa anak mogok sekolah atau belajar dan juga mendapatkan pengetahuan mengenai solusi mengatasi anak yang mogok sekolah atau belajar.
Video itu juga menjelaskan bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain jadi jika anak ingin bermain berarti anak sedang belajar mengenal sesuatu. Kadang ada anak yang tidak mau dan mogok belajar atau bermain dengan temannya hal itu bisa terjadi karena anak takut atau dipaksa belajar apa yang belum ia bisa atau juga anak tersebut bertengkar dengan temannya dan bisa juga anak sakit hati dengan perlakuan guru.
Guru harus mengetahui penyebab kenapa anak tidak mau sekolah, cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab anak tidak mau sekolah adalah dengan berbicara bersama anak atau orang tua dan menanyakan alasan kenapa tidak mau sekolah serta membujuk anak agar mau sekolah lagi. Jika alasan anak tersebut bosan guru bisa mempersilahkan anak bermain dan membuat kesepakatan terlebih dahulu atau melakukan pengayaan selama Anak tertarik.
Selamat malam…..Bapak Tutor dan Teman Teman sekalian
Nama Saya : Yunita
Prodi : PGPAUD
UPBJJ: UT Samrinda (Balikpapan)
Ijin menjawab:
Nama Video:Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Dari video di atas saya mendapatkan pembelajaran bahwa guru harus menghidupkan obor belajar bagi anak-anak.
Pembelajaran pada anak usia dini harus di lakukan dengan cara menyenangkan
●Salah satu tugas guru adalah membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak,di sisi lain guru juga harus mengngiat dunia anak adalah duni bermain sehingga jika seorang anak didik ingin bermain maka anak sedang ingin memgenal sesuatu dan memuaskan seauatu hal
●Jika anak anak mogok untuk bersekolah kemungkinan anak mengalami
1.Rasa takut
2.Dipaksa mengerjakan sesuatu yang belum bisa dia kerjakan seperti temannya
3.Anak bertengjar dengan teman kelasnnya
4.Mungkin saja anak merasa sakit hati terhadap perkataan guru terhadap dirinnya
●video di atas memberikan solusi jika anak mogok belajar dengan cara
1.Guru Melakukan home visit,guru berkunjung ke rumah anak dan melakukan bimbingan konseling
2.Guru boleh menawarkan mau belajar di kelas/ruang kepala sekolah/perpustakaan
3.Jika anak merasa bosan,guru boleh memberikan kesempatan bagi anak untuk bermain tetapi dengan kesepakatan waktu dengan anak
4.Guru juga dapat melakukan pengayan kepada anak selama anak merasa tertarik walaupun materi yang di pelajari anak berbeda dengan anak lainnya
●Video di atas sangat membantu saya dan rekan-rekan guru belajar mengatasi anak anak yang mogok untuk belajar/masuk sekolah
Demikian diskusi ini saya sampaikan dan buat,atas perhatian Tutor dan Teman-Teman sekalian saya ucapkan terima kasih dan jika ada salah kata mohon di maafkan🙏🙏🙏🙏😇😇😇Selamat Malam…….
Diskusi di isi oleh:Yunita
NIM:858463282