silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Binti Wahyu Utami
    Nim : 858750354
    Jurusan : PGPAUD BI
    Pokjar : Madiun Kota

    video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”

    Analisis saya tentang video tersebut adalah =
    Menurut saya ada kemungkinan penyebab kenapa anak tersebut tidak mau belajar bersama teman yaitu
    1) Anak takut / pemalu
    2) Anak dipaksa mengerjakan tugas yang biasa belum mampu dikerjakan anak tersebut
    3) Anak masih ingin bermain bebas

    Adapun solusinya yang dilakukan guru untuk menghadapi anak tersebut adalah :
    1) Guru menggali semua keterangan kepada orang tua / teman terdekatnya dengan home visit dengan mengajukan pertannyaan
    2) Diberikan kebebasan untuk bermain
    3) Membujuk anak untuk bermain bersama temannya

  2. Pada video tersebut menurut saya cara guru menerapkan pembelajaran dalam menangani pengembangan sosial dan emosional anak sudah bagus , terlihat dari bagaimana guru melakukan atau mencari solusi terkait anak mogok belajar maupun mogok kesekolah,
    Pada permasalahan anak mogok belajar atau enggan mengikuti kegiatan belajar tersebut perlu kita ketahui dan cari tahu terlebih dahulu , faktor apa saja yang membuat anak mogok belajar yang kita ketahui bersama biasanya kita temui terkadang anak tidak merasakan nyaman dan aman pada lingkungan misalnya timbul rasa takut, rasa emosional yang sedang meledak – ledak karena sudah berkelahi dengan teman , atau bahkan ada rasa kekecewaan / merasa tersakiti karena ucapan / prilaku guru yang dilakukan secara tidak sengaja kepada anak, dll. Hal ini tentu akan menjadi tugas guru bagaimana membuat anak tersebut agar bisa Kembali bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar , pada video tersebut sudah terlihat guru mendekati anak yang sedang berekspresi muka kesal , dan tidak ikut serta bergabung belajar bersama temannya upaya guru tersebut berusaha memberikan mainan kepada anak agar mau mengikuti pembelajaran, tetapi terlihat anak juga tetap tidak mau mengikuti kegiatan tersebut. Biasanya kami memberikan waktu kepada anak tersebut untuk menenangkan atau meredam emosinya , jika sudah meredam lalu kami akan mencari tau kembali penyebab anak mogok belajar, agar dapat memberikan solusi lainnya untuk menyelsaikan kendala anak tersebut.
    Terlihat Guru tersebut juga telah melakukan home visit dikarenakan telah tau ada anak yang mogok bersekolah , guru melakukan upaya untuk mencari tahu dengan cara mewawancari atau mengajukan pertanyaan kepada orang tua terkait mengapa anak tersebut tidak mau pergi kesekolah , jika sudah mendapat alasannya , misalnya anak bosan, atau merasa tidak nyaman dengan teman yang selalu mengganggunya. Guru dapat memberikan solusi atau pilihan terhadap anak bahwa anak dapat belajar sementara ditempat lain seperti kantor atau perpustakaan , sembari itu memberikan kesempatan anak untuk berdamai bersama temannya dengan memberi catatan atau kesepakatan bahwa temannya minta maaf dan tidak mengulangi lagi , begitu juga memberikan pemahaman kepada teman yang sering bersikap impulsif bahwa prilakunya telah berdampak tidak baik kepada teman dan dirinya. Hal ini dilakukan agar anak tetap mendapat pembelajaran dalam perkembangan sosialnya.
    Faktor lainnya jika anak bosan guru dapat memberikan kesempatan bermain dan belajar diluar kelas atau halaman sekolah dengan catatan anak diberikan kesepakatan waktu bermain.

  3. NAMA: Dhurrotun Niswah
    NIM: 858860762
    PRODI : PG PAUD

    Izin menanggapi video di atas
    “anak mogok tidak mau belajar “
    Dalam video tersebut mengilustrasikan
    saya dapat menganalisis bahwa tugas seorang guru adalah memotivasi agar anak suka dan senang dalam proses pembelajaran.vidio pembelajaran di atas terlihat bahwa anak mogok tidak mau belajar bersama teman-temanya.guru harus mencari tahu dulu apa penyebab anak tersebut mogok belajar.
    Jika menemukan kasus tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru /pengajar.
    Hal pertama yang harus guru lakukan saat menemukan kasus tersebut adalah mencoba membujuk anak untuk bergabung jika tetap tidak mau, guru dapat mengajak anak keluar dan bermain sambil mencoba mencari penyebab dan solusinya.

  4. Nama: Nabila Riska Utami
    NIM: 857599938
    Prodi: PGPAUD

    Setelah saya melihat video ini, saya dapat menyimpulkan bahwa tugas sebagai seorang guru dan rekan guru yang lainnya adalah memberi motivasi kepada anak agar anak merasa suka dan senang dalam proses pembelajaran. Karena ada kalanya anak menolak ajakan guru untuk belajar karena mungkin:
    – anak takut.
    – anak di paksa untuk mengerjakan tugasnya sendiri tetapi belum mampu, sementara anak yang lain sudah
    bisa mengerjakan.
    – anak bertengkar dengan teman sekelasnya.
    – mungkin juga anak sakit hati dengan ucapan-ucapan guru terhadapnya.

  5. Nama:NIKI INTANSARI
    NIM: 858737663
    A.judul: seri pengembangan sosial emosional PAUD 1 (anak mogok tidak mau belajar)
    Nama pengembang video:Dwi Astuti
    B. Menurut saya, guru dalam video tersebut sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi,dimana guru bisa mencari tau masalah apa yang sedang terjadi pada anak dengan melakukan pendekatan kepada anak maupun bertanya kepada orangtua.dan setelah itu guru bisa mencari solusi akan masalah yang sedang dihadapi untuk mengatasi anak yang mogok belajar dan mau belajar lagi.
    C.hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran yakni, guru seharusnya memberikan pembelajran yang menyenangkan bagi siswa, guru mampu memberikan permainan-permainan atau kegiatan yang disukai anak untuk menarik minat belajar anak, guru harus kreativ dan selalu memberikan pembelajaran yang bervariasi bisa d luar kelas dsb

  6. Nama : Avida Rachma Dini
    Nim : 858747213
    Prodi : PG-PAUD
    Menurut saya anak yang mogok belajar bisa dikarenakan merasa kurang mendapat perhatian dari guru, bosan apabila pembelajaran tidak menggunakan alat peraga, bertengkar dengan teman. Pengalaman saya saat anak mogok belajar karena cemburu merasa kurang dapat perhatian sehingga anak tersebut tidak mau mengikuti pembelajaran, dan setelah dibujuk oleh temannya anak tersebut mau mengikuti pembelajaran.

  7. Nama : Elis Idaroyani
    NIM : 857491723
    Pokjar : Karangnunggal

    Dalam video di atas menunjukkan anak yang mogok belajar. Tindakan pertama guru sudah sangat tepat dengan bertanya kepada anak apa yang menjadi penyebab ia mogok belajar. Guru juga berusaha membujuk secara lembut dan memberikan pilihan kepada anak untuk memilih tempat ternyaman untuk ia belajar. Guru juga menggali keterangan dari orang tua sehingga mampu membantu guru untuk mencari solusi dan mengetahui penyebab anak mogok belajar. Namun, dalam video di atas terlihat kurang adanya komunikasi bagaimana cara guru memberikan ketenangan dan kesepakatan bersama anak.

  8. Nama : Haizatul Maslakh
    Nim : 858862229
    -anak mogok tidak mau belajar-

    Izin menanggapi di Vidio tersebut
    Bahwa anak usia dini yaitu waktu belajar nya yaitu saat mereka bermain dengan bermain mereka akan lebih ingin tau apa yang ia mainkan dan akan berimajinasi
    Kadang kala saat anak tiba2 tidak mau berlajar atau pun bermain itu terdapat banyak faktor seperti yang sudah di jelaskan pada Vidio
    Pada Vidio tersebut penerapan asesmen pada anak yang mogok tidak mau berlajar yaitu dengan cara pendekatan guru dengan si anak
    Dengan tahapan tahaapan tersebut
    Sehingga anak tidak akan merasa jenuh dan ingin mengetahui apa lagi yang ia ingin tau
    Sekian dan terima kasih

  9. Nama : Eva Maulina
    Nim : 857843011
    Judul : anak mogok tidak mau belajar
    menurut hasil analisa dari video tersebut, guru sudah baik dalam menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar. terlihat dari ketika ada anak yang diam saja, tidak mau mengeluarkan suara atau tidak mau berinteraksi dengan teman sebayanya, guru tersebut tidak berdiam diri, tetapi berusaha melakukan pendekatan kepada anak tersebut, dengan cara diajak berbincang bincang, diajak bermain, dan pada tahap selanjutnya, guru tersebut juga melakukan kordinasi dengan orang tua anak dengan kunjungan ke rumah, dan membahas tentang sang anak yang mogok belajar.

  10. video tersebut telah memberikan informasi tentang kenapa anak mengalami mogok tidak mau belajar dan bagaimana cara menanganinya. menurut saya video tersebut sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi seorang guru yang mengalami anaknya yang mogok tidak mau belajar. sebagai seorang pendidik perlu berbagai macam strategi supaya membuat anak merasa nyaman dan ingin terus belajar. selain itu suasana didalam ruang kelas harus semenarik mungkin sehingga membuat anak merasa senang atau tidak mogok belajar. seperti sebelum mulai pembelajaran sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan bernyanyi, bertepuk tangan, dan menanyakan kabar anak untuk memicu semangat belajar anak, membuat pembelajaran yang menyenangkan, dan memberikan motifasi yang lebih kepada anak supaya anak mau belajar bersama teman-temannya.

Leave a Reply