silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama :Azizah Widya Rahmawati
NIM:858671352
PG PAUD
terlihat dari tayangan video ada anak yang tidak mau bergabung dengan teman-temannya, ada baiknya sebelum anak bermain sambil belajar anak-anak dikondisikan untuk siap menerima kegiatan dengan peraturan yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Apabila ada anak yang tidak mau bergabung dengan teman-temannya sebagai pendidik harus tanggap dan mengali pokok permasalahan yang terjadi pada diri anak, seperti anak merasa tidak nyaman dan merasa takut karena temannya ada yang agresif hingga anak merasa takut. Solusi yang ditawarkan dalam tayangan video tersebut dapat menjadi rujukan dan dapat saya terapkan di lembaga saya.
Nama : Nurharti
NIM : 857073683
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Tanggapan Saya :
1. Dalam video terlihat anak tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran, anak tidak mau mengikuti dan lebih memilih bermain sendiri
2. Dalam video tersebut guru sudah mendekati anak yang tidak mau belajar namun guru tersebut tidak bisa selalu memberikan perhatiaannya ke anak yang tidak mau belajar karena guru tersebut harus memperhatikan anak lainnya, guru tersebut belum memberikan alat permainan yang dapat menarik minat anak tersebut dan jumlahnya pun masih sedikit sehingga bagi anak yang introvert seperti dalam video ini tidak akan mau bermain bersama
3. Guru tersebut telah melakukan Langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi masalah anak yang tidak mau belajar, terlihat di video itu guru tersebut berkunjung kerumah anak tersebut dan berdialog dengan ibu sang anak untuk mencari tahu keterangan lebh dalam tentang penyebab anak itu tidak mau belajar
4. Hal unik yang ditemukan guru tersebut memberikan waktu sendiri kepada anak untuk bermain dan memberikan pilihan bermain dengan waktu yang diberikan jika anak sudah terlihat bosan dalam pembelajaran
5. Setelah melihat keseluruhan isi video tersebut dapat diusulkan adalah guru menyediakan alat permainan yang lebih banyak agar tiap anak dapat bagian untuk bermain, ada komunikasi antara guru dan anak untuk memilih permainan yang disukai atau pembelajaran berpusat pada anak
Menurut saya setelah melihat video diatas, untuk menangani anak yang mogok belajar yaitu dengan cara melakukan pendekatan kepada anak kemudian saya ajak untuk sharing untuk permasalah ini misal menanyai mengapa kamu tidak mau belajar, kemudian menggali apa yang anak inginkan. Setelah itu dari permasalahan tersebut kita sebagai guru mengambil garis tengah dalam proses pembalajaran metode yang digunakan harus lebih efisien dan media yang digunakan harus lebih menarik lagi agar minat belajar anak sangat tinggi
Nama : Mamlu’atul Fitriyah
NIM : 857761189
Program Studi : S1 PGPAUD
“Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Menurut saya, video ini menginspirasi para pendidik untuk mengatasi anak yg mogok ketika belajar. Ketika anak mogok belajar seorang guru hendaknya menanyakan apa yg terjadi, faktor apa yg menyebabkan anak tersebut enggan untuk belajar. Kita dekati anak tersebut tanyakan baik-baik,mood anak berubah-ubah,jika anak tersebut enggan berbicara, cara terakhir kita bertanya kepada orang tuanya apa yg menyebabkan anak mogok tidak mau belajar. Atau mungkin kita melakukan kegiatan diluar kelas/outdoor agar anak tidak merasa bosan dengan suasana didalam kelas/indoor.
Nama : Annisa Ramadhani Ahmad
NIM : 858856565
Program Studi : S1 PGPAUD
A. Judul : Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD 1- Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Nama Pengembang Video : Dwi Astuti
Lokas i: Di dalam Kelas dan di Luar Kelas
Kelompok usia : 4-5 tahun
B. Setelah menonton Video tersebut terdapat anak yang tidak mau bergabung belajar bersama teman-temannya. Sebetulnya Hal yang dilakukan guru pada video tersebut sudah bagus , perlu diketahui kembali bahwa dunia anak anak adalah bermain , jadi kita sebagai guru tidak boleh terlalu memaksakan anak anak untuk belajar sesuai dengan yang kita mau atau harapkan.
C. Dalam Video tersebut guru sudah melakukan tips dan trik yang cukup baik , menurut saya Hal-Hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru untuk menangani Anak yang mogok belajar adalah
– Guru Harus Pintar – Pintar Membujuk anak didik
– Guru harus Kreatif dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik serta menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman untuk anak
– Guru memberikan pilihan kepada anak kegiatan pembelajaran yang akan mereka lakukan , jadi anak anak memilih sendiri kegiatan pembelajaran sesuai minatnya
– Peran teman-teman anak tersebut juga sangat penting, dengan mengajaknya bermain dan belajar bersama sama anak anak juga akan menjadi lebih semangat
– Sesekali pemberian Reward/Hadiah juga merupakan solusi ampuh untuk menjadikan anak semangat belajar dan tentunya termotivasi
Nama : Dian Hardiyanti
Nim : 858735305
Judul : seri pengembangan sosial emosional paud “anak mogok tidak mau belajar”
Nama pengembang : Dwi Astuti
Lokasi : Lembaga PAUD
Kelompok usia : A (4-5th)
Ringkasan materi : Apabila dilembaga ada anak mogok tidak mau belajar / tidak mau gabung dengan teman-temannya hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, anak itu takut, dipaksa mengerjakan tugas, bertengkar dengan teman bisa jg sakit hati karena ucapan dari guru. Jadi seorang guru harus mendekati siswa tersebut dan menanyakan apa yang terjadi sehingga guru tahu apa permasalahanya dan mencari solusinya sehingga anak tidak mogok belajar lagi.
*Dalam video tersebut, guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi dengan baik. Terlihat dalam video tersebut ada masalah dengan siswanya guru langsung mendekati anak dan menanyakan langsung apa yang dialamai oleh anak sehingga anak tersebut mogok belajar. Bahkan guru mempunyai tindakan melakukan home visit ke rumah orang tua anak dan menanyakan langsung pada orang tua anak apa yang terjadi pada siswa tersebut sehingga dia mogok belajar.
* Hal-hal yang perlu diperbaiki turu yaitu :
– Guru tidak memberikan kegiatan kepada anak yang dirasa berat oleh anak.
– Pembelajaran bisa dilaksanakan sering-sering diluar kelas suraya anak tidak bosan didalam kelas.
– Guru harus bisa menciptakan permainan yang kreatif disukai anak-anak dan menyenangkan bagi anak.
Nama : IKA NOVIDA YENI
NIM : 859171208
Prodi : PGPAUD
Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Menurut pendapat saya tentang video tersebut, hal yang dilakukan guru sudah cukup baik, dengan melakukan pendekatan terhadap anak dan menanyakan apa yang sudah terjadi, jika anak masih tidak mau mengikuti pelajaran bersama temannya kemungkinan anak ingin lebih diperhatikan. Guru dapat menceritakan cerita-cerita menarik untuk mengalihkan perhatian dan pikirannya dari kejadian yang sudah dialami, jika anak sudah merasa tenang, barulah anak akan bergabung dengan teman-temannya.
guru juga dapat membagi pembelajaran menjadi beberapa area dengan menggunakan bahan ajar yang berbeda beda, sehingga anak bisa memilih pembelajaran sesuai dengan minatnya dan juga dapat menarik perhatian anak sehingga anak merasa tertantang untuk mengikuti pembelajaran yang sudah di siapkan oleh ibu guru.
Nama : Pujiati Debi Kumalawati
NIM : 858789805
Program studi : S1 – PGPAUD
A. Judul : Anak mogok tidak mau belajar
Lokasi : didalam dan diluar kelas
Nama pengembang video : Dwi Astuti
Kelompok anak dalam video : Usia 4 – 5 tahun
Ringkasan materi dalam video : dalam video terdapat permasalahan berupa anak mogok tidak mau belajar bersama teman. Hal yang dilakukan guru yang pertama adalah mencari tahu tentang alasan anak kenapa anak tidak mau belajar. Ada beberapa alasan yang mungkin terjadi antara lain : anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas, anak bertengkar dengan temannya atau anak sakit hati dengan perkataan guru. Untuk mengatasi hal tersebut, guru mencari solusi untuk mengatasinya dengan melakukan home visite (kunjungan) dengan tujuan menggali informasi kenapa anak tidak mau masuk sekolah, guru juga memberikan pilihan kepada anak ingin belajar dimana sesuai dengan kemauan anak jika tidak mau belajar di kelas, atau memberikan kesempatan bermain kepada anak jika anak bosan belajar. Guru mengajak anak bermain diluar dengan memberikan kesepakatan bersama. Dimana guru dan anak membuat kesepakatan untuk batas waktu bermain.
B. Menurut saya, guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi dengan melakukan penilaian terhadap anak didik yang bermasalah. Guru mencari penyebab atau alasan anak sehingga anak mogok sekolah. Kemudian guru melakukan evaluasi dengan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut
C. Hal yang harus diperbaiki dalam video pembelajaran di atas adalah :
– Mengkondisikan anak di dalam kelas sebelum memulai pembelajaran
– Memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan yang ingin diberikan
– Menyediakan ragam main yang menarik minat anak untuk belajar
– Memberikan ruang untuk anak bermain sehingga menghilangkan rasa bosan yang muncul pada anak
Nama: Cici Andriani
NIM : 858739491
Prodi : PG PAUD
Menurut saya anak tidak mau belajar atau mogok belajar karena beberapa alasan, mungkin moodnya lagi terganggu, takut kepada guru, dibully temannya atau bahkan sedang bertengkar dengan temannya. Sebagai pendidik kita harus pandai-pandai menciptakan pembelajaran yg membuat anak betah. Tidak mudah bosan.