silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Jena Intan Rizki
    NIM : 857814257

    Berdasarkan video tersebut, disampaikan bahwa tugas utama guru dalam mendidik anak usia dini adalah mengembangkan rasa ingin tahu pada anak. Namun, seringkali guru melakukan kesalahan tanpa disadari, yaitu guru yang lebih menekankan pada level kecerdasan anak bukan pada membangkitkan rasa ingin tahu dan rasa ingin belajar dalam diri anak. Sehingga, bisa jadi hal ini memunculkan rasa takut dan enggan dalam diri anak untuk belajar melakukan sesuatu yang belum mampu ia kerjakan. Jika guru menemukan anak dengan masalah ini, maka langkah yang dapat dialkukan adalh mencari tahu terlebih dahulu penyebab anak malas atau mogok belajar. Guru dapat bekerjasama dengan orangtua murid, dan melakukan pendekatan dengan anak. Misalnya jika penyebabnya adalah karena anak merasa bosan dengan metode belajar di dalam kelas terus-menerus. Maka, guru dapat melakukan pembelajaran diluar sekolah (seperti di halaman) dengan melakukan kesepakatan bersama anak.

  2. Siti musaropah_836704318
    Pertama saya sangat berterimakasih ,Saya sangat terbantu setelah melihat video ini , anak mogok tidak mau belajar dan guru harus memberi perhatian khusus ke individu anak yang mogok belajar.
    Pertama kita harus tau faktor faktor anak tersebut tidak mau belajar, dengan itu para pengajar harus selalu memperhatikan anak yang mogok belajar, kita harus mempunyai trik trik khusus untuk menangani hal tersebut,
    Dengan melihaat video ini saya semakin tau cara menghadapi anak dan mengetahui masalah apa yang dihadapi anak yang tidak mau belajar bersama teman temannya

    Terimakasih.

  3. Siti musaropah_83704318
    Saya berterimakasih atas video ini karena menambah wawasan saya ketika menghadapi anak yang mogok belajar,Anak mungkin merasa tidak mendapatkan cukup dukungan dari guru atau orang tua dalam proses belajarnya.sebagai pengajar kita harus tau faktor faktor penyebab anak mogok pelajar, seperti ditanya maunya apa?
    Guru harus flexible dalam menghadapi urusan ini, jika anak merasa bosan di kelas, guru dapat memberi kesempatan bagi anak untuk bermain diluar kelas namun dengan waktu yang ditentukan
    Sekian terimakasih

  4. Siti musaropah
    NIM 83704318
    Mahadisawa PGPAUD
    Assamualaikum wr.wb
    Izin menjawab
    Saya berterimakasih atas video ini karena menambah wawasan saya ketika menghadapi anak yang mogok belajar,Anak mungkin merasa tidak mendapatkan cukup dukungan dari guru atau orang tua dalam proses belajarnya.sebagai pengajar kita harus tau faktor faktor penyebab anak mogok pelajar, seperti ditanya maunya apa?
    Guru harus flexible dalam menghadapi urusan ini, jika anak merasa bosan di kelas, guru dapat memberi kesempatan bagi anak untuk bermain diluar kelas namun dengan waktu yang ditentukan setelah mengetahui permasalahan anak tersebut barulah guru mengajak anak tersebut untuk masuk kekelas dan mendamapingi anak tersebut agat tidal merasa terabaikan.Karena anak yang mogok bisa jadi karena ada faktor lainya sehingga membutuhkan pendampingan khusus
    Sekian terimakasih.

  5. Siti musaropah_83704318
    Saya berterimakasih atas video ini karena menambah wawasan saya ketika menghadapi anak yang mogok belajar,Anak mungkin merasa tidak mendapatkan cukup dukungan dari guru atau orang tua dalam proses belajarnya.sebagai pengajar kita harus tau faktor faktor penyebab anak mogok pelajar, seperti ditanya maunya apa?
    Guru harus flexible dalam menghadapi urusan ini, jika anak merasa bosan di kelas, guru dapat memberi kesempatan bagi anak untuk bermain diluar kelas namun dengan waktu yang ditentukan
    Sekian terimakasih

  6. NIM :855831613
    NAMA : HARIANTI
    Terimakasih melalu video ini saya makin mengenal cara mehadapi anak yang megentau masalah apa yang di hadapi anak di rumah sekolah , guru harus tau kenapa anak tidak mau bergabuk .

  7. Judul Video: Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk menciptakan liungkungan pendidikan yang mendukung dan positif bagi anak mogok. Ini bisa dilakukan melalui komunikasi terbuka dengan orang tua dan guru. Memberikan bantuan tambahan jika diperlukan, dan menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menstimulasi.

  8. Nama : Nia Gustini
    NIM : 859153256
    Menurut saya mengenai video di atas adalah tentang di mana seorang anak menunjukkan penolakan atau ketidakmauan untuk terlibat dalam kegiatan belajar atau sekolah. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.
    Beberapa alasan umum anak mogok belajar meliputi :
    1. Masalah emosional atau Psikologis : a. Stres atau kecemasan
    b. Bullying
    c. Kurangnya dukungan emosional
    2. Kondisi Kesehatan :
    a. Masalah kesehatan fisik
    b. Masalah kesehatan mental
    3. Lingkungan Belajar :
    a. Merote pengajaran yang tidak menarik
    b. Kurangnya fasilitas atau sumber belajar
    4. Faktor sosial dan keluarga
    Jadi banyak pembelajaran yang bisa saya pelajari dari video di atas
    Demikian jawaban dari saya tentang video di atas

  9. Melalui video ini saya mendapatkan ilmu tentang bagaiamana menyikapi anak yang mogik brlajar.. darinsegi guru tindakan yang dilakukan sudah tepat yakni mencari tahu dulu simber masalah uang dihadapi anak kemudian memberikan tawaran kepada anak dengan berbagai hal agar anak mau ssekolah lagi. Selain itu hendaknya guru juga memberikan pengertian kepada teman yang lain supaya teman mereka nyaman berada disekolah dan tidak mogok lagi.
    Terimaksih

  10. vidionya sangat bermanfaat sekali terutama bagi kami para guru yang pasti pernah mengalami hal tersebut. penting bagi guru untuk peka dan mengetahui penyebab anak mogok tidak mau belajar, mungkin mereka merasa bosan belajar di kelas, langkah yang bisa diambil guru adalah membuat variasi pembelajaran di luar (outdor) agar pembelajaran tidak membosankan dan anak menjadi semangat belajar. kesalahan yang banyak dilakukan oleh pendidik anak usia dini yaitu lebih menekankan aspek kecerdasan dan melupakan bahwa level anak usia dini itu harus belajar yang menyenangkan.

Leave a Reply