silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama: Ervina Safira Putri
    NIM: 857504235
    Prodi: S1 PGPAUD Semester 2
    UPBJJ: Bandung

    d. Menurut saya, guru harus membuat suatu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan serta ikut melibatkan anak dalam keputusan seperti adanya kesepakatan bermain sebelum atau sesudah kegiatan. Dengan melakukan hal tersebut dapat meminimalisir adanya kejadian anak mogok belajar. Apabila masih ada yang mogok belajar, seperti bertengkar dengan teman atau suasana hatinya tidak bagus perlu adanya pendekatan kepada orang tua murid dan murid, buatlah murid merasa nyaman dengan memberikan pilihan tempat belajar yang disukai. Setelah itu mencari cara agar anak mau belajar bersama lagi dengan temannya, misalnya dengan mendekatkan murid tersebut dengan murid-murid yang mudah berbaur.

  2. Nama : SRI SULASTRI
    NIM : 856619016
    Prodi : PGPAUD

    Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Menurut pendapat saya tentang video tersebut, hal yang dilakukan guru sudah cukup baik, dengan melakukan pendekatan terhadap anak dan menanyakan apa yang sudah terjadi,dan sebagai pendidik sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
    mungkin disini anak didik yang merasa takut atau bosan saat belajar, dan guru haru lebih memotivasi kepad anak agar tetap semangat belajar.

  3. Nama : Suataun hasanah
    Nim : 856092365
    Prodi : PGPAUD bi
    Menurut saya anak tidak mau belajar atau mogok belajar pasti ada penyebab nya.. Jadi kita sebagai guru harus mencari tau dulu apa penyebab nya.. Sehingga kita bisa mengambil sikap untuk anak tersebut.. Misalnya anak tidak mau belajar disebab kan pelajaran yang tidak menarik, atau ketika datang kesekolah si anak sudah membawa mood yang kurang baik dari rumah, atau anak lagi bosen belajar atau anak sedang marah pada guru atau temannya.. Dengan mengetahui apa penyebab nya kita akan dapat mengambil sikap untuk mengatasi nya.. Ini lah peran guru sangan diperlukan untuk kesabaran dan keaktifan nya.. Cara mengatasi anak mogok belajar bisa saja kita memberikan kesempatan oada anak bermain dahulu dengan membuat waktu kesepakatan untuk bermain atau dengan memberi pilihan lokasi belajar atau memberi pilihan pelajaran apa yang iya sukai.. Sehingga ini akan mengembalikan minat nya untuk belajar

  4. nama: siti rochmah
    nim:858751363
    podi:PGPAUD

    Pada video tersebut menurut saya cara guru menerapkan pembelajaran dalam menangani atau mencari solusi terkait anak mogok belajar maupun mogok kesekolah. perlu kita ketahui dan cari tahu terlebih dahulu , faktor apa saja yang membuat anak mogok belajar yang kita ketahui bersama biasanya kita temui terkadang anak tidak merasakan nyaman dan aman pada lingkungan misalnya timbul rasa takut,tidak mau belajar karena tugas yang diberikan oleh guru yang dia tidak atau belum mampu mengerjakan,atau emosi marah kepada guru karena sikap guru,dan sikap emosi marah kepada teman sebaya. Hal ini tentu akan menjadi tugas guru bagaimana membuat anak tersebut agar bisa Kembali bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar , pada video tersebut sudah terlihat guru mendekati anak yang sedang berekspresi muka kesal , dan tidak mau bergabung belajar bersama temannya upaya guru tersebut berusaha memberikan mainan kepada anak agar mau mengikuti pembelajaran, tetapi terlihat anak juga tetap tidak mau mengikuti kegiatan tersebut.lalu guru melakukan pendekatan terhadap anak tersebut dalam video diatas guru juga melakukan home visit yang mana guru mengajukan pertanyaan kepada kepada orang tua terkait dengan keadaan anak yang tidak mau belajar di sekolah,setelah melakuan pendekatan pada orang tua dan anak tetapi anak tetap tidak mau belajar disekolah guru membuat pilihan kepada anak yaitu dengan memberi pilihan mau belajar dikelas atau belajar sendiri diruang tertentu atau guru memberi kesempatan pada anak untuk belajar dan berain di luar ruang kelas agar anak tidak jenuh walaupun pembelajaran tidak sesuai dengaan mmateri pembelajaran pada waktu itu.

  5. Nama : Ida Rohayati
    Nim : 857661223
    Program studi : PGPAUD

    Anak mogok tidak mau belajar
    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran tersebut , yang di lakukan guru sudah baik, sudah melakukan pendekatan dengan cara menanyakan epada anak didik apa yang terjadi, sudah melakukan pebatasan waktu bermain yang sudah di sepakati bersama , perlu kita ketahui faktor apa saja yang menyebabkan anak mogok tidak mau belajar mungkin karena rasa bosan pada kegiatan yang di berikan kepada anak , timbul nya rasa takut kepada teman nya.

  6. Nama : Anugrah Ramadhani Tyas S.
    NIM. : 857606922
    Prodi : PGPAUD / semester 2
    UPBJJ : Purwokerto
    Assalamu’alaikum wr wb..izin menanggapi video terkait “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
    Menurut saya, tindakan guru dalam video tersebut sudah sesuai. Anak mogok tidak mau belajar disebabkan oleh beberapa hal. Seperti anak merasa bosan, marah kepada guru, kesal karena ia belum mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru, maupun marah dengan temannya. Sebagai guru harus memberikan solusi agar anak mau belajar dan bergabung bersama temannya lagi. Solusi tersebuat diantaranya melakukan pendekatan kepada anak, menanyakan kenapa ia tidak mau belajar, mengajak anak untuk bergabung bersama temannya, mengajak anak bermain di halaman jika anak terlihat bosan di kelas, dan melakukan kunjungan ke rumah jika anak masih mogok tidak mau berangkat sekolah. Di rumah anak, guru bisa menanyakan langsung kepada orang tua dan anak sehingga guru dapat mengambil keputusan yang tepat agar anak mau sekolah lagi. Guru juga harus melakukan kegiatan yang menyenangkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar anak.

  7. Nama : SULISTYOWATI
    NIM : 858734191
    PRODI :PGPAUD-BI SMT 2
    UPBJJ: SURABAYA
    POKJA :LAMONGAN
    Mohon izin menjawab….

    Judul : Anak mogok tidak mau belajar
    Lokasi : didalam dan diluar kelas
    Nama pengembang video : Dwi Astuti
    Kelompok anak dalam video : Usia 4 – 5 tahun
    adapun Ringkasan materi dalam video : Pada program video ini kita bisa lihat hal-hal yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika menghadapi anak yang mogok belajar.
    jadi menurut saya, dari video tersebut peran yang dilakukan guru sudah baik dan benar ,guru berusaha membujukan anak yang mogok tidak mau belajar dengan berbagai cara, dan juga berusaha berkonsuktasi dengan orangtuanya, guru juga berkomunikasi dengan anak tersebut kenapa tidak mau belajar. guru juga memberikan pilihan kepada anak mau belajar dengan temannya atau diruang yang lainnya seperti di perpustakaan,guru juga membuat kesepakata belajar dengan anak tersebut, guru juga memberikan kebebasan kepada anak jika menginginkan bermani dulu sebelum belajar guna untuk megembalikan mood nya.
    tirma kasih..

  8. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : FEBRI GERPI NOPRITA
    Nim: 856260377
    Prodi : BI_PGPAUD
    Pokja: Pessel
    Judul video : anak mogok tidak mau belajar
    Melalui video yg dijelaskan diatas sangat berguna bagi saya sebagai guru AUD karna.di video diatas dijelaskan tata cara menangani anak yang mogok dan tidak mau belajar. Dan kita sebagai guru tidak langsung mencap anak tersebut dg sebutan pemalas, namun di video dijelaskan hal yg harus kita lakukan untuk mengetahui apa saja penyebab anak mogok dan tidak mau belajar.serta kita diajarkan cara agar anak tidak dipaksa belajar namun diselangi dg bermain diluar kelas.melakukan pendekatan dg orang tua..membawa anak menulis di ruang yg khusus yg diinginkan anak.jadi menurut saya video diatas sangat bermanfaat dan berguna bagi pendidik AUD usia 4-5 tahun

  9. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Asih Relawati
    NIM : 857846894
    UPBJJ. : Surakarta
    Pokjar : Klaten
    Seri. : Pengembangan sosial emosional PAUD
    Judul. : Anak Mogok Tidak Mau Belajar dengan Teman
    Sumber : Dra.Siti Aisyah.MPd (ketua Prodi PG PAUD – UT
    Rangkuman dari video tersebut :
    Kesalahan yang banyak dilakukan guru adalah lebih mengedepankan kecerdasan siswa nya. Padahal yang harus dilakukan guru adalah menyenangkan siswanya.
    Tugas guru adalah membantu motivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu dalam diri anak. Guru juga harus tahu kalau dunia anak adalah dunia bermain,sehingga jika anak ingin bermain itu adalah anak ingin belajar mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya, ada kalanya anak yang tidak mau ikut bermain dengan teman bahkan menolak nya.
    Jika anak mogok tidak mau beain dengan teman Temannya ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi :
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakan
    3. Bertengkar dengan teman sekelas
    4. Mungkin sakit hati ucapan guru terhadap dirinya
    Jika guru sudah tahu alasan kenapa mogok sekolah,solusi nya :
    1. Guru menggali keterangan dari anak dan orangtua
    2. Home visit dan mengajukan beberapa pertanyaan kenapa tidak mau masuk sekolah?
    3. Diberi pilihan belajar dengan teman sekelasnya atau di ruang lain (ruang kepala sekolah, perpustakaan)
    4. Bosan dikelas,maka guru memberi kesempatan untuk bermain dengan kesepakatan
    Sehingga guru dapat melakukan pengayaan/kegiatan pengamatan walaupun materi/cara belajar berbeda dengan teman lainnya.
    Yang bisa saya lihat dalam video adalah
    1. Guru sudah melakukan pendekatan kepada anak dan orangtua
    2. Memberikan pengertian kepada anak
    3. Menempatkan duduk dengan teman yang bisa berteman dan bersosialisasi
    4. Memberikan kesempatan untuk bermain supaya tidak bosan
    Demikian yang bisa saya sampaikan
    Wassalamu’alaikum wr wb

  10. Assalamualaikum
    Nama : Nita ritani
    Nim. : 858450999
    Upbjj. : Samarinda
    Jurusan : PG PAUD

    Menurut saya Vidio di atas sudah benar, anak tidak mau belajar atau mogok belajar karena beberapa alasan, faktor apa saja yang membuat anak mogok belajar yang kita ketahui bersama biasanya kita temui terkadang anak tidak merasakan nyaman dan aman pada lingkungan misalnya timbul rasa takut,tidak mau belajar karena tugas yang diberikan oleh guru yang dia tidak atau belum mampu mengerjakan,atau emosi marah kepada guru karena sikap guru,dan sikap emosi marah kepada teman sebaya. perlu diketahui kembali bahwa dunia anak anak adalah bermain , jadi kita sebagai guru tidak boleh terlalu memaksakan anak anak untuk belajar sesuai dengan yang kita mau atau harapkan.
    Jika kita mendapatkan siswa mogok belajar, maka kita bisa melakukan beberapa langkah dalam penyelesaiannya yaitu :
    1. Melakukan homefisit untuk menanyakan kepada orang tua dan anak mengapa tidak mau sekolah
    2. Guru memberikan pilihan kepada siswa untuk belajar sendiri di kantor atau perpustakaan
    3. Jika siswa mogok karna bosan di dalam kelas, guru dapat memberikan waktu bagi siswa untuk bermain dengan waktu yang ditentukan

Leave a Reply