silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
NAMA :AZZAFADIA SALSABILA
NIM : 858948097
JUDUL VIDEO : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
MATA KULIAH : METODE PENGEMBANGAN BAHASA
Video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” ini berisikan bahwa tugas utama seorang pendidik adalah menghidupkan obor belajar bagi anak, membentuk motivasi dalam diri anak, membangkitkan rasa ingin tahu anak, meningkatkan kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, dan juga kemapuan berhubungan sosial dan etika. Disisi lain guru harus ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga jika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya adalah anak ingin belajar mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan suatu hal. Akan tetapi, ada kalanya terdapat anak yang tidak mau ikut bermain bersama temannya bahkan menolak saat diajak guru. Maka jika terdapat anak yang demikian, yaitu Anak Mogok Belajar terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi:
1. Anak takut
2. Anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak sendiri belum mampu untuk mengerjakannya, sementara anak lain sudah bisa melakukannya
3. Anak bertengkar dengan teman
4. Anak sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru
Untuk menghadapi hal demikian, terdapat solusi yang dapat dilakukan guru:
1. Guru mencari keterangan mendalam dengan orang tua melalui home visit
2. Ketika anak tetap mogok belajar, guru dapat memberikan pilihan kepada anak seperti, apakah mau belajar dengan teman di kelas atau di ruang lainnya
3. Saat anak bosan, guru memberikan kesempatan anak bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama, karena sebuah kesepakatan adalah salah satu proses belajar anak
Pada intinya penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik dengan kebutuhan dan motivasinya sendiri. Sebaiknya jangan paksa anak untuk belajar jika mereka sedang tidak ingin, dan dengan kesabaran, pengertian, serta dukungan yang tepat, anak-anak yang mogok belajar dapat kembali bersemangat untuk belajar.
NAMA AZZAFADIA SALSABILA
NIM : 858948097
JUDUL VIDEO : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
MATA KULIAH : METODE PENGEMBANGAN BAHASA
Video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” ini berisikan bahwa tugas utama seorang pendidik adalah menghidupkan obor belajar bagi anak, membentuk motivasi dalam diri anak, membangkitkan rasa ingin tahu anak, meningkatkan kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, dan juga kemapuan berhubungan sosial dan etika. Disisi lain guru harus ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga jika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya adalah anak ingin belajar mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan suatu hal. Akan tetapi, ada kalanya terdapat anak yang tidak mau ikut bermain bersama temannya bahkan menolak saat diajak guru. Maka jika terdapat anak yang demikian, yaitu Anak Mogok Belajar terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi:
1. Anak takut
2. Anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak sendiri belum mampu untuk mengerjakannya, sementara anak lain sudah bisa melakukannya
3. Anak bertengkar dengan teman
4. Anak sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru
Untuk menghadapi hal demikian, terdapat solusi yang dapat dilakukan guru:
1. Guru mencari keterangan mendalam dengan orang tua melalui home visit
2. Ketika anak tetap mogok belajar, guru dapat memberikan pilihan kepada anak seperti, apakah mau belajar dengan teman di kelas atau di ruang lainnya
3. Saat anak bosan, guru memberikan kesempatan anak bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama, karena sebuah kesepakatan adalah salah satu proses belajar anak
Pada intinya penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik dengan kebutuhan dan motivasinya sendiri. Sebaiknya jangan paksa anak untuk belajar jika mereka sedang tidak ingin, dan dengan kesabaran, pengertian, serta dukungan yang tepat, anak-anak yang mogok belajar dapat kembali bersemangat untuk belajar.
Ni Wayan Wahyuniarsi
859033424
Izin Memberi Komentar teman-teman,
Pendekatan yang dilakukan guru dalam video tersebut sangatlah tepat dan mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Beberapa poin penting yang dapat kita lihat dari pendekatan tersebut adalah:
Respon Cepat dan Empati: Guru segera merespon ketika melihat anak mengalami kesulitan. Tindakannya untuk menghampiri dan menenangkan anak menunjukkan empati yang tinggi.
Komunikasi yang Efektif: Guru menggunakan bahasa yang sederhana dan nada suara yang lembut untuk berkomunikasi dengan anak. Pertanyaan “mengapa” yang diajukan juga mendorong anak untuk mengungkapkan perasaannya.
Pendekatan yang Holistik: Guru tidak hanya fokus pada perilaku anak yang sedang marah atau menangis, tetapi juga berusaha memahami akar penyebabnya.
Mengajarkan Keterampilan Sosial: Guru mengajarkan anak cara yang lebih baik untuk mengungkapkan perasaan, yaitu dengan kata-kata, bukan dengan tindakan kekerasan.
Membangun Hubungan Positif: Guru membangun hubungan yang positif dengan anak dengan cara memeluk dan memberikan perhatian penuh.
Kelebihan Pendekatan Ini:
Membantu anak mengelola emosi: Dengan diajak untuk mengungkapkan perasaan dan mencari solusi bersama, anak belajar mengelola emosi dengan lebih baik.
Meningkatkan kemampuan komunikasi: Anak belajar berkomunikasi secara efektif untuk menyampaikan kebutuhan dan perasaannya.
Membangun empati: Anak diajarkan untuk memahami perasaan orang lain dan mencoba menyelesaikan konflik secara damai.
Meningkatkan rasa percaya diri: Dengan dukungan guru, anak akan merasa lebih percaya diri untuk menghadapi situasi sosial yang menantang.
Saran
Konsistensi: Pendekatan ini perlu dilakukan secara konsisten dalam berbagai situasi untuk memberikan pemahaman yang lebih kuat pada anak.
Libatkan orang tua: Libatkan orang tua dalam upaya mendidik anak agar pesan yang disampaikan di sekolah dapat diperkuat di rumah.
Evaluasi secara berkala: Lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat perkembangan anak dan menyesuaikan pendekatan jika diperlukan.
Terima Kasih
Nama : Erlina
Nim : 856490972
Judul video : Anak mogok tidak mau belajar
Dari video yang telah saya amati diatas terlihat beberapa cara guru dalam mengatasi ank yang mogok tidak mau belajar bersama temannya.dimana peran guru di kelas sangat berpengaruh sekali ,disaat menemukan kasus seperti diatas guru hendaknya peduli kepada anak tersebut dengan cara mencari tau penyebab anak mogok belajar .mungkin di sebabkan anak marah sama temannya,atau materi yang di berikan sulit bagi nya,atau keadaan fisiknya kurang stabil.jadi guru harus memahami kebutuhan anak agar guru saat mencari solusi yang tepat bagi anak ,agar ank bisa aktif dan senang.dari video tersebut sangat membantu dalam mengatasi anak yang mogok tak mau belajar.karna saya pernah menemukan anak mogok tak mau belajar.yng say lakukan adalah mencari tahu alasan anak itu sehingga tidak mau belajar .kemudian setelah tahu saya mencoba menenangkan anak dan memberi motivasi dengan melalui lagu ,akhirnya anak tersebut mampu menyelesaikan tugasnya.
Nama : Jihan Fadilah
Nim: 859508901
Judul video: Anak mogok tidak mau belajar
Mata kuliah: Pemantapan Kemampuan mengajar
UPBJJ JAKARTA
Dari video tersebut sebagai pendidik kita bisa menjadi motivator dalam meningkatkan kemampuan belajar anak sehingga anak ketika melakukan kegiatan disekolah memiliki rasa ingin tahu dan semangat dalam mengikuti kegiatan yang akan dilakukan. Sebagai pendidik kita juga harus paham bahwa dunia anak pada usia tersebut adalah bermain dengan begitu ajaklah anak melakukan kegiatan belajar yang menyenangkan yang membuat minat anak bertambah dalam belajar sambil bermain.
Anak yang mogok belajar ada beberapa kemungkinan yang mereka alami berikut beberapa faktor:
1. Mood anak ketika dirumah sudah tidak baik sehingga terbawa kelingkup sekolah
2. Memiliki rasa takut yang berlebih
3. Berebutan mainan dengan temannya
4. atau ada perkataan guru atau temannya yang menyinggung perasaannya.
sebagai pendidik hal yang harus dilakukan adalah:
1. Memberikan motivasi yang mudah dipahami oleh anak
2. Jika tidak ada perubahan ajaklah orang tua anak tersebut untuk berdiskusi tentang hal yang terjadi selama disekolah sehingga mendapatkan alasan mengapa anak tersebut mogok belajar.
3. kemudian ajak bicara anak apa yang telah dialami dan melakukan penawaran mau belajar atau bermain apa agar anak mau mengikuti kegiatan belajar kembali.
Nama : Septiyani
NIM : 857163799
PG PAUD AKPMM semester 5
Matkul : Metode Perkembangan Bahasa
Judul Video Anak Mogok dan tidak mau Belajar
Pada video tersebut memaparkan kenapa ada anak yang mogok tidak mau belajar dan alasannya seperti sebagai berikut: anak tersebut takut, anak tersebut dipaksa mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu sementara teman2 sudah mampu menyelesaikan tugas itu, anak bertengkar dengan temannya dan anak yang sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru nya.
Pada video tersebut juga menayangkan bagaimana solusi jika terjadi anak mogok tidak mau belajar cara mengatasi sebagai berikut:
– Guru menggali keterangan yang mendalam dari anak dan orang tua dengan cara home visit untuk mengetahui mengapa mogok sekolah.Dengan pertanyaan kenapa tidak mau sekolah guru dan teman sudah kangen.
– Jika anak belum mau berangkat sekolah anak diberikan pilihan mau belajar di ruang kepala sekolah atau perpustakaan
– Kadangkala anak mogok sekolah anak bosan belajar dikelas pada kasus seperti ini guru boleh memberi kesempatan pada anak untuk bermain dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakati bersama pembatasan waktu seperti ini perlu karena kesepakatan yang dibuat dengan gurunya adalah proses belajar
– Jika permasalahan tersebut bosan terhadap pembelajaran guru boleh memberikan materi pengaman atau pengayaan pembelajaran yang berbeda dengan yang lain .
Kesimpulan pendekatan guru kepada anak yg mogok belajar dengan suara yang halus dan lembut serta memberikan pelukan dan pengertian kepada anak yang mogok belajar merupakan salah satu stimulus awal kepada anak agar anak dapat menyampaikan masalah kenapa anak mogok belajar.
Nama : Ni Putu Emi Erawati
Nim : 859029764
Video di atas membahas tentang bagaimana cara guru mengatasi anak yang mogok /tidak mau belajar. Dalam menangani anak yang mogok belajar kita sebagai guru PAUD harus mempunyai banyak solisi dalam menyelesaikan masalah anak yang mogok belajar tersebut. Video di atas sangatlahbermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD untuk meningkatkan wawasan tentang anak usia dini. Kita sebagai guru Tidak boleh asal untuk menyimpulkan dan terus membujuk dengan cara memaksa anak untuk selalu bersekolah/belajar, akan tetapi kita harus mengetahui terlebih dahulu sebab anak tersebut yang tidak mau sekolah/belajar sebagaimana di paparkan dalam video di atas anak yang mogok besekolah/belajar bisa jadi karena memiliki rasa takut, di paksa untuk belajar atau melakukan suatu hal oleh guru sedangkan anak belum bisa melakukannya seperti temannya yang lain, pertengkaran dengan temannya, bisa jadi karena sakit hati karena ucapan/perlakuan oleh teman/guru. Apabila sudah mengetahui permasalahan atau penyebab anak mogok bersekolahkita sebagai guru bisa mengambil langkah untuk mencari solusi supaya anak mau belajar dan kembali semangat untuk bersekolah. Terimakasih
Nama : Ni Putu Emi Erawati
Nim : 859029764
Video di atas membahas tentang bagaimana cara guru mengatasi anak yang mogok /tidak mau belajar. Dalam menangani anak yang mogok belajar kita sebagai guru PAUD harus mempunyai banyak solisi dalam menyelesaikan masalah anak yang mogok belajar tersebut. Video di atas sangatlahbermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD untuk meningkatkan wawasan tentang anak usia dini. Kita sebagai guru Tidak boleh asal untuk menyimpulkan dan terus membujuk dengan cara memaksa anak untuk selalu bersekolah/belajar, akan tetapi kita harus mengetahui terlebih dahulu sebab anak tersebut yang tidak mau sekolah/belajar sebagaimana di paparkan dalam video di atas anak yang mogok besekolah/belajar bisa jadi karena memiliki rasa takut, di paksa untuk belajar atau melakukan suatu hal oleh guru sedangkan anak belum bisa melakukannya seperti temannya yang lain, pertengkaran dengan temannya, bisa jadi karena sakit hati karena ucapan/perlakuan oleh teman/guru. Apabila sudah mengetahui permasalahan atau penyebab anak mogok bersekolahkita sebagai guru bisa mengambil langkah untuk mencari solusi supaya anak mau belajar dan kembali semangat untuk bersekolah. Terimakasih
Assalamu’alaikum
Setelah saya menonton video di atas yang membahas tentang ” Anak mogok tidak mau belajar ” saya menjadi tau mengenai beberapa kesalahan yang tidak boleh dilakukan pendidik dalam menekankan pengembangan aspek kecerdasan anak usia dini. guru juga memiliki tugas memberikan motivasi dalam diri anak dan mengembangkan rasa ingin tahu anak agar anak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran, dan kita sebagai pendidik juga harus ingat bahwa dunia anak usia dini adalah bermain jadi ada baiknya kita sebagai pendidik mengkreasikan pembelajaran dengan bermain sambil belajar. dari video di atas juga saya menjadi tahu mengenai beberapa kemungkinan anak mogok belajar yang biasa terjadi sehingga kita dapat mengatasi hal-hal tersebut dan menghindari kesalahan yang dapat menimbulkan anak menjadi mogok belajar.