silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
nim 859406239
nurul mutmainnah mahmuda
bismillah dapat dilihat pada video diatas sangat bermanfaat sehinggah saya mengetahui bagaimana kita bisa mengetahui keadaan siswa dan solusi apa yang paling tepat dalam mengatasinya. sebelum kita mencari solusi dari apa yang kita rasakan yaitu anak tidak mau ikut belajar bersama teman kita harus mencari tahu terlebih dahulu penyenbabnya jika telah diketahui maka solusinya datang kerumah orang tuanya (homevisit) atau memberithu apakah anak itu mau bermain diluar atau didalam
video ini sangat bermanfaat untuk diterapkan
Nama : Ni’ma Qurrotu Aini
NIM : 858526108
Judul : Anak mogok tidak mau belajar
Setelah menonton vidio tersebut sampai akhir, saya mendapat banyak ilmu dari sini bagaimana cara mengatasi anak yang mogok belajar. Kasus anak yang tiba-tiba tidak mau belajar sering saya temui di kelas, biasanya ada yang disebabkan karena permasalahan di rumah yang dibawa ke sekolah atau ada masalah ketika bersama teman sekelas. Hal ini dapat diatasi dengan bertanya kepada anak dan orang tua, dengan mengetahui sumber masalahnya, guru dapat mengatasi permasalahan mogok belajar dengan tepat.
Salah satu contoh mogok belajar yang pernah saya alami di tempat saya mengajar adalah ada salah satu siswi yang tidak mau masuk sekolah perkara kepalanya pernah terkena tendangan bola dari anak laki-laki ketika bermain bola. Dalam mengatasi hal seperti ini, saya menemui anak tersebut lalu menenangkannya. Untuk mencegah kejadian serupa tidak terulang lagi, saya mengatur tempat duduk siswi tersebut di paling depan dekat dengan saya, sehingga saya lebih mudah mengontrol teman-teman yang bermain dengan siswi tersebut. Sehingga dia merasa lebih aman dan mau belajar lagi.
Sekian tanggapan dari saya. Terima Kasih.
nama : Diah Eka Lestari
NIM : 859914724
Mohon ijin menanggapi video tersebut. anak – anak memiliki sifat egosentris yang masih tinggi. minat dan bakat tiap anak pun berbeda. jika ada salah seorang anak yang mogok atau tidak mau belajar/marah/menangis/menyendiri, maka kita sebagai guru harus melakukan pendekatan secara personal. kita dapat mengalihkan terlebih dahulu perhatian anak yang mogok tersebut, kemudian kita bertanya bagaimana perasaan dia saat ini?, setelah itu kita dapat merangkul, memeluk, lalu memberi semangat atau motivasi, “ayok, kamu pasti bisa sayang”
Nama : Novita Rahmawati
NIM : 857153687
UPBJJ JAKARTA
Dari video yang telah saya amati, siswa mogok tidak mau belajar karena bosan dengan kegiatan yang terlalu lama, kurangnya istirahat sehingga turunnya minat dan konsentrasi, solusinya adalah setiap sesi belajar usahakan ada feedback atau interaksi aktif antara siswa dan murid misal tanya jawab bisa melalu game, berikan reward atau apresiasi, dan buat suasana kelas yang menyenangkan, seperti seringnya ada ice breaking.
Nama : ARDILLA
Judul : Anak mogok tidak mau belajar
Menurut saya video tentang anak mogok tidak mau belajar tersebut sangat membantu saya untuk mempelajari bagaimana cara menangani anak yang mogok atau sedang ngambek tidak mau belajar. target audiensnya bukan hanya keguru tetapi juga ke orang tua dan mahasiswa
Nama : ARDILLA
Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Menurut saya video tentang anak mogok tidak mau belaja tersebut sangat ,membantu saya untuk dapat belajar bagaimana mengatasi atau menangani anak yang sedang mogok tidak mau belajar. selain itu, video nya memiliki target audiens nya bukan hanya kepada guru PAUD tetapi juga ke mahasiswa dan orang tua murid..
Nama : Ni Kadek Darmayanti Andriani
NIM : 859038351
UPBJJ : Denpasar
Video ini berisikan bahwa tugas utama seorang pendidik adalah menghidupkan obor belajar bagi anak, membentuk motivasi dalam diri anak, membangkitkan rasa ingin tahu anak, meningkatkan kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, dan juga kemapuan berhubungan sosial dan etika. Disisi lain guru harus ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga jika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya adalah anak ingin belajar mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan suatu hal. Akan tetapi, ada kalanya terdapat anak yang tidak mau ikut bermain bersama temannya bahkan menolak saat diajak guru.
Sebagai seorang guru penting untuk guru bisa memahami setiap individu peserta didik, karena setiap anak memiliki kepribadian yang unik, oleh karena itu sebagai guru harus memiliki kemampuan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi peserta didik. Pada proses pembelajaran guru dapat menggunakan beberapa strategi diantaranya :
1. Pembelajaran Berbasis Permainan: Integrasikan permainan ke dalam proses belajar. Misalnya, gunakan permainan edukatif yang melibatkan aktivitas fisik dan interaksi, seperti permainan tebak kata atau mencari benda di kelas.
2. Penggunaan Alat Peraga: Gunakan alat peraga yang menarik, seperti gambar, boneka, atau alat peraga sederhana untuk menjelaskan konsep. Ini bisa membantu anak lebih memahami dan mengingat materi.
3. Variasi Metode Mengajar: Ganti-ganti metode mengajar, seperti bercerita, menyanyi, atau menggambar. Variasi ini dapat menjaga perhatian anak dan membuat mereka lebih terlibat.
4. Lingkungan yang Nyaman: Ciptakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan aman. Dekorasi yang ceria dan area belajar yang nyaman bisa membuat anak merasa lebih betah.
5. Pemberian Puji dan Apresiasi: Berikan pujian atas usaha dan pencapaian anak, sekecil apapun itu. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mereka untuk belajar.
6. Aktivitas Kreatif: Libatkan anak dalam aktivitas kreatif seperti menggambar, melukis, atau membuat kerajinan. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk belajar sambil bersenang-senang.
7. Mendengarkan dan Menanggapi: Jadilah pendengar yang baik. Tanyakan pendapat dan minat anak-anak, dan sesuaikan materi pembelajaran dengan apa yang mereka sukai.
8. Ritme dan Musik: Gunakan musik atau ritme dalam pembelajaran. Lagu-lagu sederhana dapat membantu anak mengingat informasi dengan lebih mudah.
Dengan pendekatan yang variatif dan menyenangkan, guru dapat membantu anak-anak mengembangkan minat belajar dan mencegah mereka dari mogok belajar.
Nama: Nursilah
NIM : 857254645
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar.
Setelah saya lihat video tersebut, Di dalam video ini banyak hal baru yang saya bisa ambil agar bisa dijadikan acuan untuk saya ataupun para pendidik lain tentang bagaimana mengatasi anak didik yang tidak mau belajar atau tidak mau ikut serta dalam kegiatan yang diadakan saat pembelajaran. Jadi disini hakikatnya seorang guru PAUD adalah bukan hanya sekedar mengajar atau menjelaskan tentang pembelajaran tapi seorang guru juga harus bisa jadi seorang yang bisa sangat istimewa dihadapan anak didiknya. Selain itu juga kita pendidik harus bisa memahami sifat dan karakter anak didik kita jangan terlalu memaksakan anak harus sesuai dengan apa yang kita inginkan saat kegiatan pembelajaran. Terkadang anak bisa malas untuk belajar atau tidak fokus dalam kegiatan belajar itu biasanya banyak faktor, bisa saat kesekolah anak ada maslah dirumah, atau bisa jadi saat disekolah beda pendapat dengan teman atau hal lain yang bisa memicu anak tidak semangat untuk belajar. Disinilah peran pendidik yang sangat dibutuhkan. Mengajak anak, merayu membuat hati anak senang agar bisa kembali merasa nyaman,senang dan mau untuk belajar.
Sekian tanggapan dari saya.
Terimakasih.
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Siti Hairati
NIM : 858326651
UPBJJ : Banjarmasin
Setelah menonton video diatas, bagaimana mana cara menghadapi anak mogok tidak mau belajar, dan anak yang tidak mau bermain atau bergabung sama teman. Sebagai pendidik harus menanamkan rasa kesabaran, kepekaan dan pendekatan terhadap anak. Guru harus melakukan observasi atau pengamatan terhadap anak, apa penyebab sebenarnya. Ajak anak bicara dengan lemah lembut, beri pujian, agar anak merasa nyaman dan mau mengungkapkan apa penyebab dia tidak mau belajar dan kenapa tidak mau bermain bersama teman. Pastikan juga ruang PAUD dirancang dengan suasana menyenangkan, aman dan nyaman. Pendidikan harus memperhatikan metode pembelajaran yang berbasis bermain dan menyenangkan.
Terimakasih.
Nama : Sri Darsiti
Nim : 857468952
Judul : Anak Mogok tidak mau belajar
menurut pendapat saya vidieo ini sangat bermanfaat bagi.. perkembangan emosional anak tersebut masih belum berkembang sesuai harapan. dan solusi menghadapi anak tidak mau belajar dengan cara mendekati anak tersebut beri ruang untuk dia supaya berasa nyaman di sekolah.. apabila anak tersebut suka bermain lego atau balok kita ajak main bersama.. apalabila anak tersebut tidak mau datang kesekolah kita sebagai guru melakukan home visit.