silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Ritha Margaretha
    NIM : 858193984

    “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
    Pada video ini menjelaskan bagaimana cara guru mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Guru mengadakan home visite dan bertanya kepada orang tua dan anak. Mengapa dan apa penyebab anak tidak mau turun kesekolah dan mogok belajar. Setelah guru sudah mengetahui apa alasan anak mogok belajar,guru memberikan anak pilihan pembelajaran yang anak gemari. Dan guru memberikan motivasi kepada anak dan menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga anak merasa nyaman dan tidak cepat merasa bosan.

  2. Nama : Ritha Margaretha
    NIM : 858193984
    UPBJJ : PALANGKARAYA

    ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR

    Dalam video ini menjelaskan bagaimana cara guru dalam mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Guru mengadakan home visite bertanya kepada anak dan orang tua. Mengapa dan apa penyebab anak mogok belajar dan tidak mau kesekolah. Setelah guru mengetahui mengapa anak mogok tidak mau belajar,guru akan memberikan pilihan pembelajaran kepada anak. Dan guru juga memberikan motivasi kepada anak serta menciptakan pembelajaran yang memyenangkan. Sehingga anak merasa nyaman dan tidak mudah merasa bosan dengan pembelajaran.

  3. Nama : Dian Astri Oktafia
    NIM : 858461841

    tanggapan saya:
    Dalam video tersebut menjelaskan alasam-alasan anak tidak mau belajar,
    video tersebut sangat bermanfaat bagi saya, karena Mengangkat masalah nyata yang banyak dialami orang tua: anak tiba-tiba menolak belajar tanpa sebab yang jelas. sertaa dapat mengedukasi orang tua untuk tidak langsung menyalahkan anak, tetapi memahami latar belakang emosional dan psikologisnya.

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Hartini
    Nim : 877797692
    UPBJJ: Jakarta
    Izin menanggapi vidio
    Setelah menonton vidio ini, sangat bermanfaat karena memberikan pembelajaran penting bagi saya selaku pendidik. Di vidio ini ada anak yang mogok tidak mau belajar, banyak alasan anak tidak mau belajar yaitu: Anak takut, anak dipaksa untuk mengerjakan yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya, mungkin anak bertengkar dengan temannya, dan mungkin anak sakit hati dengan ucapan guru. Dan kita jadi tahu bagaimana solusinya bahwa kita harus bertanya dengan orangtua, dan bisa juga anak mogok belajar karena bosan jadi seorang guru harus mengajak anak bermain diluar kelas dengan waktu yang sudah disepakati, dan menciptakan belajar yang menyenangkan
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  5. Nama : Rochayati
    NIM : 857623302
    Tanggapan menurut saya dari video diatas “Anak Mogok Tidak Mau Belajar ” banyak faktornya dari merasa kurang percaya diri,merasa takut habis bertengkar dengan teman,anak merasa bosan tapi dengan video di atas semoga memberikan wawasan kepada saya sebagai pendidik TK untuk bisa memperbaiki dan lebih mendekatkan ke anak supaya anak mau sekolah lagi seperti anak lainnya ,semangat dan nyaman dalam pembelajaran berlangsung.terima kasih sangat membantu

  6. Nama : Reatu Berkat Jaya Zebua

    NIM: 859789198

    setelah mengamati dan menonton video tersebut sebagai pengajar di PAUD VIDEO tentang mengenai anak mogok tidak mau belajar sangat penting dan bermanfaat bagi usia dini. video tersebut menjelaskan bagaimana upaya atau strategi guru untuk mengatasi anak yang menolak untuk belajar. guru harus memahami dan mengerti apa alasan di balik anak mogok belajar, seperti pembelajaran yang kurang menyenangkan atau membosankan, kurangnya minat anak belajar, kesulitan belajar, karna takut, anak bentengkar dengan teman kelasnya dan alasan lainnya. maka guru harus memiliki solusi agar terciptanya suasana belajar yang konduktif dan menyenangkan atau memberikan kegiatan lainnya sesuai dengan minat sesuai dengan perkembangan anak dan memeberikan rasa empati kepada anak sehingga dapat mengatasi masalah mogok belajar pada anak.

    terimaksih

  7. Nama : Rochayati
    NIM : 857623302
    Tanggapan menurut saya dari video diatas “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” banyak faktornya dari merasa kurang percaya diri ,merasa takut habis bertengkar dengan temannya,anak merasa bosan tapi dengan video diatas semoga memberikan wawasan kepada saya sebagai pendidik TK untuk bisa memperbaiki dan lebih mendekatkan ke anak supaya anak mau sekolah lagi seperti anak lainnya,semangat dan nyaman dalam pembelajaran berlangsung.Terima kasih sangat membantu.

  8. Nama:Fadilah Rima Nazwita
    NIM:860033767
    seorang guru memiliki tugas untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak,kecerdasan intelektual,kemampuan mengola emosi,serta kemampuan berhubungan sosial dan etika,dan kemungkinan di dalam vidio di atas sangat amat memungkinkan menjadi alasan anak mogok belajar.

  9. NAMA: DINAR SUA TANTRI
    NIM: 858568137

    Dari video di atas kita dapat menyaksikan dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

    Beberapa hal yang bisa dilakukan guru ketika anak mogok tidak mau belajar adakah:
    1. Guru menggali keterangan dari anak atau orang tua dengan home visit, dengan mengajukan beberapa pertanyaan mengapa tidak mau masuk sekolah padahal ibu guru dan teman-teman sudah menanti kehadiran anak tersebut.

    2. Anak diberi pilihan apakah mau belajar di kelas atau di ruang lain seperti perpustakaan atau ruang guru.
    Terkadang anak bosan belajar di kelas.

    3. Guru boleh memberikan kesempatan bermain kepada anak dengan waktu yang telah disepakati bersama.
    Karena menurut anak sebuah kesepakatan yang dibuat juga merupakan konsep belajar.

    4. Guru dapat melakukan kegiatan pengaman atau pengayaan selama anak tertarik.

    Demikian adalah analisis saya, dari video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”

  10. Nama : Catur yulianti prastiwi
    NIM : 877680837

    Dalam video tersebut memperlihatkan ada anak yang mogok belajar.Tugas utama guru menghidupkan obor belajar anak,sesungguhnya pada pembelajaran anak usia dini harus dilakukan dengan cara menyenangkan.Salah satu tugas guru adalah membentuk motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak .disisi lain guru juga harus ingat bahwa dunia anak usia dini adalah usia bermain,sehingga jika seorang anak ingin bermain sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan sesutu hal.ketika anak mogok belajar guru harus memotivasi anak.Guru menggali anak/orang tua dengan home visit,menanyakan kenapa tidak mau masuk sekolah.anak dapat diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman sekelas atau diruang lainnya.jika anak merasa bosan maka guru/anak pendidik usia dini dapat melakukan kegiatan pengaman/pengayaan selama anak tertarik.Penjelasan faktor penyebab anak mogok belajar sudah cukup lengkap dan ditampilkan dengan bahasa yang mudah dimengerti.
    – Guru harus tau tips atau teknik motivasi belajar yang bisa dilakukan guru dikelas atau orang tua dirumah
    – Perlu menekankan juga bahwa pendekatan individual terhadap anak karena tidak semua anak mogok belajar karena alasan yang sama.

Leave a Reply