silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. assaamualaikum perkenalkan
    nama : putri rahmadita
    Nim : 856826384
    mahasiawa PGPAUD dengan menonton video di atas pengalaman saya bertambah bagaiamana saya menghadapi anak yang marah dengan memukul temannya dan bagaimana tindakan yang baik yang saya akan lakukan .. memang anak usia dini bervariasi dengan adanya video ini sangat membantu agar saya lebih sabar,lebih kreatif dan saya menjadi mengerti bagaimana cara menjadi guru yang menyenangkan untuk anak dan bersikap tenang saat menyelesaikan masalah anak .. dan bagaiman cara meneri arahan kepada anak untuk memberitahu atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal. solusi untuk memecahkan masalah anak
    terimakasih video ini sangat bermanfaat ..

  2. Assalamu’alaikum..
    Nama: Kartika Nurdianingsih
    NIM : 877805055

    Video ini menjelaskan alasan mengapa anak-anak bisa mogok belajar, seperti rasa bosan, materi yang terlalu sulit, atau suasana belajar yang kurang menyenangkan. Penjelasan disampaikan dengan bahasa sederhana dan solusi yang ditawarkan cukup praktis, seperti mengubah metode belajar menjadi lebih kreatif dan menyenangkan.

    Saran: Video ini sudah bagus, namun akan lebih bagus apabila point-point penting dalam penjelasan dapat di tegaskan lagi dalam bentuk teks pada Video.

    Sebelumnya saya Mohon maaf dan terimakasih 🙏☺️

  3. Nama: Claudia Alexandra Stella
    Nim:859301194

    Menurut saya, video” tsb sangat membantu kami para guru untuk mengembangkan proses pembelajaran kami.

    Saya menyimpulkan dari vedio diatas adalah Sebagai Pembimbing: Guru harus mencari tahu penyebab anak mogok belajar, apakah karena kesulitan materi, masalah pribadi, atau lingkungan belajar yang kurang Guru memberikan semangat, dorongan, dan pujian yang membangun agar anak merasa dihargai dan termotivasi untuk kembali belajar.Guru menyesuaikan metode atau media pembelajaran agar lebih menarik dan sesuai dengan gaya belajar anak, sehingga mereka merasa lebih nyaman.dalam hal ini juga Guru juga bisa berperan membantu anak menyampaikan perasaannya dan mengarahkan mereka untuk mengatasi hambatan belajar.dan menunjukkan sikap positif, sabar, dan perhatian, agar siswa merasa didukung dan tidak merasa sendiri.

  4. Nama : Risyma Wadda Nawavila
    NIM : 878198014
    Video pembelajaran dari portal Guru Pintar Online sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena menyediakan berbagai metode pengembangan bahasa yang praktis dan aplikatif, seperti teknik bercerita yang melatih pendengaran dan memperkaya kosakata anak melalui media dan permainan peran. Video ini juga mudah diakses kapan saja dan di mana saja, memberikan fleksibilitas belajar yang sangat membantu guru dalam menyesuaikan waktu dan kebutuhan pembelajaran.

    Masukan dan saran untuk pengembangan video pembelajaran tersebut adalah:

    Menambahkan variasi metode pengembangan bahasa yang lebih beragam agar guru memiliki banyak pilihan sesuai karakteristik anak PAUD.

    Menyertakan contoh praktik langsung yang lebih interaktif dan mudah diikuti oleh guru pemula.

    Mengintegrasikan fitur tanya jawab atau forum diskusi untuk memperkuat interaksi dan pemahaman guru terhadap materi.

    Memperbaiki kualitas audio dan visual agar anak dan guru lebih nyaman saat menonton dan mengikuti pembelajaran.

    Secara keseluruhan, video dari Guru Pintar Online membantu meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam mengembangkan bahasa anak secara efektif dan efisien melalui media digital yang mudah diakses dan dipahami.

  5. Nama : Ni Ketut Srisukaapti
    NIM : 859046019
    UPBJJ : Denpasar

    Secara umum, video ini sangat baik dalam menunjukkan contoh konkret pengembangan bahasa anak usia dini dalam situasi emosional. Guru menggunakan pendekatan yang lembut, penuh perhatian, dan membantu anak membangun keterampilan komunikasi. Ini penting karena keterampilan berbahasa erat kaitannya dengan perkembangan kognitif dan sosial anak.
    Masukan saya, alangkah baiknya jika video ini menambahkan contoh lain yang lebih variatif, seperti menghadapi anak yang malu berbicara atau anak yang sulit mengungkapkan perasaan. Selain itu, bisa juga ditambahkan penjelasan singkat tentang hubungan antara keterampilan bahasa dengan kemampuan berpikir anak.

  6. Ema riyanti Dewi
    858483539
    terimakah dalam video ini sangat bermanfaat bagi guru paud dalam mengangani anak yang tidak mau sekolah.

  7. Nama : Suprihatin
    NIM : 858465888
    UPBJJ : Samarinda

    Terimaka kasih Vidio ini sangat bermanfaat untuk saya karena disekolah saya ada beberapa anak yang sudah susah diajak belajar, bahkan ada anak yang sudah tidak mau sekolah lagi.
    Saya akan melakukan beberapa cara yang telah disampaikan oleh narasumber , dan berharap anak-anak kami dapat kembali aktif belajar dan bersekolah lagi.

  8. Nama : Rahma Indriati
    NIM : 857275846

    Video ini sangat relevan dengan tantangan yang sering dihadapi guru paud, khususnya ketika anak menunjukkan sikap tidak mau belajar. Didalam video ini guru memberikan pendekatan yang sabar, penuh pengertian, dan tetap berfokus pada kebutuhan emosional anak. Pendekatan seperti ini penting untuk membangun rasa aman dan nyaman dalam diri anak sehingga mereka bisa kembali tertarik belajar.

  9. Nama : Diana Rosita
    NIM : 858328544

    Video tersebut menunjukkan pendekatan yang luar biasa dalam mendukung perkembangan emosional anak-anak. Guru tidak hanya menangani konflik secara langsung tetapi juga mendidik anak untuk memahami dan mengekspresikan emosi mereka dengan cara yang lebih positif.
    Pendekatan seperti memeluk anak, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan mengajari mereka untuk menggunakan kata-kata sebagai alat komunikasi adalah langkah yang sangat bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri dan mengembangkan kemampuan sosial mereka. Selain itu, mengajarkan anak untuk melapor jika merasa terganggu juga menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung.

    Menurut saya, video ini memberikan pelajaran yang berharga, terutama bagi pendidik dan orangtua, tentang pentingnya menghadapi emosi anak-anak dengan empati dan panduan yang lembut. Ini adalah pendekatan yang benar-benar inspiratif.

  10. Video diatas menjelaskan bahwa seorang guru mempunyai tugas dalam mengembangkan rasa ingin tau anak,kecerdasan intelektual,mengelola emosi serta kemampuan anak,sosial dan beretika,ketika seorang anak tidak mau belajar bersama temannya guru hendak nya bertanya kepada anak kemungkinan anak ada masalah baik itu bersama temannya,atau hal lain,dan juga bertanya kepada orangtua anak,dan mengatakan kepada anak,bahwa kita sangat sayang dan merindukannya begitu juga temannya,supaya anak minat lagi dalam belajar,seorang guru harus memperlihatkan kasihsayang nya kepada anak.

Leave a Reply