silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
anak mogok tidak mau belajar menjadi tantangan guru dan Penting untuk mendekatinya dengan penuh kesabaran dan pemahaman.
assalamualukum alhamdulillah melalui vidio ini menambah wawasan anak mogok belajar serta solusi yang dapat kita lakukan sebagai seorang guru jika menglami hal yang sama idi dalam kelas disini peran guru sangat penting suasana kelas yang efektif dan menyenangkan sehingga meminmalsir tingkat kejenuhan anak. sering kali anak mogok belajar atau tidak mau gabung demgan teman temanya kemungkinan ada penyebab entah anak merasa takut merasa kurang percaya diri anak merasa bosan bisa juga menjadi alasan penyebab mogok belajar maka dari itu solusinya guru harus membuat suasana pembelajaran yang menyenagkanselain itu guru harus kketerangan mendalam dari anak dan orang tua agar mendapatkan penjelasan dan guru paham apa yang menjadi masalah.
assalamual wr wb
dari vidio ini dapat saya simpulkan Video ini sangat bermanfaat untuk membantu guru menghadapi anak yang tidak mau belajar. disini peran guru sangat pentong penting dalam menumbuhkan perasaan nyaman dan suasana belajar yang menyenagkan seperti mengubah sistem belajar di luar kelas untuk mengamati apa saja yang ada di lingkungan sekitar.
Video tersebut sangat relevan dengan kondisi para guru, sehingga video tersebut sangat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai contoh untuk para guru dalam menangani anak yang mogok belajar, yaitu dengan penuh perhatian dan kesabaran.
NAMA : ENI RAHMAWATI
NIM :859179148
Dalam video ini dapat menerngkan bagaimana seorang guru dapat mengatasi situasi anaka yang maogok makan.
pada situasi ini guru lebih bisa dalam merancang pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar anak tidak bosan, bisa juga terjadi karena anak sedang mengalami kesulitan dalam memahami plajaran, atau sedang brkelahi sama teman atau dalam keadaan kurang sehat, jika guru sudah mngetahui kendala dan permaslahan yang dihadapi anak, maka guru harus melakukan tindakan yang bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat yaitu dengan melakukan pendekatan untuk memberikan pilihan untuk belajar diluar kelas, membacakan buku cerita, atau memberikan media lain yang membuatnya brkerasi dan bersemangat.
Vdeo ini sangat bermanfaat bagaiman gurudapat mengatasi kendala yang membuat anak mogok belajar bersama temannya
Nama : Fuji Moritasshari
NIM : 858010922
Pada Video diatas menampilkan cara Guru untuk memberikan dukungan kepada anak jika sedang tidak ingin belajar atau pun sedang menangis dengan memberikan kasih sayang dan memberikan pengertian kepada anak
Nama : Erna Suryani
NIM : 858619677
Anak mogok tidak mau belajar di PAUD bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Beberapa penyebab umum meliputi rasa tidak nyaman dengan lingkungan sekolah, masalah dengan teman atau guru, kesulitan dalam belajar, atau bahkan masalah kesehatan.
Penyebab Internal:
Anak mungkin merasa tidak nyaman dengan lingkungan PAUD, misalnya karena suasana kelas yang ramai atau tidak ada teman yang cocok.
Penyebab Eksternal:
Anak mungkin mengalami perundungan atau tidak memiliki teman sepermainan di sekolah, sehingga mereka menjadi enggan untuk pergi.
Nama: RISKA KHITBATINNISAK
NIM : 877958899
Di vidio yg sudah saya lihat yaitu membahas tentang Anak mogok tidak mau belajar bersama temanya, disini guru memiliki tugas utama untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak, semangat belajar anak-anak, pembelajaran pada anak usia dini itu harus menyenangkan. Salah satu tugas guru yaitu memberikan motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Dan guru harus mengingat bahwa dunia anak usia dini itu adalah bermain.
Cara mengatasi anak yang mogok belajar yaitu dg cara,
Guru menggali keterangan dari anak atau org tua dengan cara homevisit. Dengan mengajukan pertanyaan, mengapa anak tidak mau masuk sekolah, ibu guru sudah kangen.
Nama: Winda Luxtiani
NIM : 877973917
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa hal yang pertama harus dilakukan yaitu mencari tahu alasan anak tidak mau belajar apakah alasan bertengkar dengan teman, ataupun merasa tidak nyaman dengan pembelajaran yang dilakukan disekolah. Setelah mengetahui alasannya, kita dapat menentukan penanganan yang tepat. Misalnya jika anak bosan dengan materi yang diberikan, kita dapat menyiasati dengan menggabungkan pembelajaran dengan permainan. Mogok belajar bisa juga anak kehilangan motivasi, untuk itu penting bagi kita untuk mengenali penyebabnya.
Nama : Lisneweri Simamora
NIM : 856532073
Dalam video ini anak mogok belajar karna kurangnya minat terhadap pembelajaran, terdapat beberapa kemungkinan yang bisa terjadi anak takut, anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu untuk mengerjakannya sementara anak-anak lainnya sudah bisa melakukan, mungkin anak bertengkar dengan teman sekelasnya dan mungkin saja anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya.
kemampuan anak dalam beradaptasi dalam kemandirian dari masing-masing anak selama masa awal masuk sekolah berbeda dari satu anak dan anak yang lain, oleh karena itu harus belajar untuk bisa menangani anak yang belum mandiri ketika masuk ke sekolah pada tahun ajaran baru. Guru harus siap untuk menerima anak dengann persiapan kondisi mental guru. Masa pengenalan merupakan masa yang penting dalam keberhasilan belajar. Terdapat beberapa hal yang dapat mengatasi anak dengan kondisi seperti ini, pengenalan guru kepada anak, pengenalan merupakan bagian hal yang sangat penting bagi anak karena aanak akan mempercayai guru. Teknik yang dapat diberikan oleh guru kepada anak usia dini pada anak didiknya adalah memberikan rasa amandan nyaman kpd anak saat mereka masuk sekolah, agar terdapat kedekatan antara hubungan anak dengan guru. Di samping itu, kelekatan anak dengan guru merupakann suatu proses yang panjang. Guru harus sabar dan terlihat tenang agar anak merasa tenang dan nyaman. Guru dapat memberikan toleransi kepada orang tua untuk berada di dalam kelas selama masa oientasi tersebut selama 3-5 hari, orang tua dapat melepas anak secara bertahap, Guru harus bekerja sama dengan orang tua untuk memotivasi agar anak tidak menangis saat di tinggal oleh orang tuanya. Solusi lain untuk mengatasi hal ini adalah guru mengenalkan anak kepada anak yang mudah untuk bersosialisasi agar mampu mengajak anak agar mau uuntuk bermain bersamanya. Guru juga harus selalu dalam jangkauan anak, agar anak tetap dalam pantauan guru jika anak membutuhkan bantuan guru agar anak merasa aman dan nyaman, guru juga dapat memberikan reward kepada anak ketika dia berani untuk mandiri ketika berada di dalam kelas.