silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Bismillah…
setelah saya melihat video di atas “anak mogok tidak mau belajar” mungkin ada baiknya sebelum pembelajaran di mulai anak di ajak dulu tanya jawab mengenai apa kabarnya, sudah sarapan atau belum, di antar siapa ke sekolah dll, supaya anak merasa lebih dekat dan nyaman bersama dengan ibu gurunya.
dan pada saat pembelajaran berlangsung perhatian guru sekali-kali berfokus pada anak tersebut.
Terima kasih….
Saya setuju dengan apa yang dilakukan guru tersebut dalam menangani anak yang mogok belajar. Guru tidak boleh memaksa anak agar dia mau belajar. Karena pada hakikatnya anak belajar sambil bermain. Guru harus mencari tahu penyebab mengapa anak tidak mau belajar, bisa jadi anak bosan atau merasa tertekan dengan pelajaran yang belum bisa dia kelola dan pahami dengan baik. Kita harus membuat kesepakatan dengan anak tentang cara dan pengaturan waktu antara bermain dan belajar yang akan dilaksanakan. Dengan begitu anak akan bersemangat untuk melakukan kegiatannya.
Sekian terimakasih
Topik “Anak mogok tidak mau bermain sama temannya”
Dalam vidio yang telah saya saksikan pada saat pembelajaran ada anak yang menolak untuk belajar dan bermain bersama di dalam kelas. Dalam hal ini tugas guru adalah membangkitkan minat belajar anak dengan cara memberikan semangat dan motivasi supaya anak mau mengikuti kegiatan dengan baik. Dalam vidio guru telah melakukan hal-hal yang tepat karena tidak memaksa anak untuk mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas.
Adakalanya anak merasa jenuh dan bosan saat diajak bermain dan belajar dengan temannya. Apabila anak mogok tidak mau belajar, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi padanya:
1. Anak merasa ketakutan pada sesuatu yang terjadinya padanya
2. Dipaksa untuk mengerjakan tugas, padahal dia belum memahami materi pembelajaran tersebut
3. Kemungkinan anak bertengkar dengan temannya
4. Mungkin anak merasa sakit hati dengan ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya
Apabila pendidik sudah tahu alasan anak mogok tidak mau belajar, maka pendidik harus melakukan beberapa solusi diantaranya:
1. Guru menggali informasi dari anak dan orang tuanya
2. Anak diberi pilihan dalam belajar dikelas ataupun diruangan lain
3. Kesepakatan bersama anak dalam melakukan pembelajaran di luar kelas
Dengan adanya solusi penyelesaian kasus, maka anak dapat belajar dengan tenang dan nyaman sesuai dengan keinginannya. Sehingga proses belajar mengajar jadi lebih efisien dan anak menjadi mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dan menjadikan anak semangat dalam belajar.
Terima kasih
Ni kadek Diandra
Nim :859032762
Menurut saya cara menangani anak yang mogok belajar adalah menciptakan suasana belajar yang nyaman, tenang, kondusif, agar anak lebih fokus untuk belajar. Saat proses pembelajaran berlangsung, Kita tidak boleh terlalu memaksakan, bisa diberikan melalui permainan-permainan yang menarik karena anak identik bermain sambil belajar serta gunakan media bahan yang menarik.
Nama : ENIK DWI ASTUTI
NIM : 858167767
POKJAR : Magetan
PRODI : S1 Pg PAUD
SERIAL VIDEO ANAK YANG MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
Disetiap sekolah hampir sama ada kasus anak yang mogok tidak mau belajar dengan temannya, anak cenderung murung dan tidak mau belajar dengan teman-temannya, sebagai guru kita berusaha membantu anak untuk mau belajar lagi dengan melakukan pendekatan ke anak dengan menayakan mengapa anak mogok?
pertama kali yang kita lakukan adalah melakukan identifikasi permasalahan yang dialami anak contoh :
1. anak takut ketika ada teman yang usil/ jahil
2. anak mengalami kesulitan sangat belajar di kelas dikarenakan minder tidak berani mengungkapkan pendaptnya
3. anak merasa bosan belajar dikelas
Dari video pembelajaran diatas kita sebagai guru harus melakukan perubahan dengam melakukan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan misal: menyiapkan alat peraga yang menarik dan mengajak anak untuk aktif bergabung dengan teman-temannya. sebelum pembelajaran dimulai baiknya guru melakukan ice breaking dahulu seperti: kita memberikan pilihan bermain braingym, menyanyi, bermain tepuk tangan, bermain permainan tradisional. anak biarkan memilih permainan mana yang anak2 suka dan kita tidak memaksa anak. dalam pembelajaran inti didalam kelas biar anak tidak bosan kita bisa menyiapkan alat peraga edukatif ketika bercerita dengan menyiapkan panggung sandiwara atau boneka tangan berkarakter manusia atau binatang. didalam cerita tersebut kita usahakan untuk anak berperan aktif mengikuti alur cerita dengan melakukan sesi tanya jawab dan biarkan anak menjawab sesuai imajinasi mereka. diakhir sesi pembelajaran kita bisa memberikan reward/ penghargaan bagi anak yang ikut aktif dalam pembelajaran misal memberikan bintang. dengan usaha diatas diharapkan anak mampu bersemangat ketika belajar dikelas dan tidak mogok lagi dan mau bergabung dengan teman-temannya.
Melihat tayangan video di atas sangat membantu dalam memecahkan masalah yang saya alami di kelas saya mengajar. Kenapa saya katakan begitu, karena saat ini saya mengalami masalah terkait anak yang tiba-tiba mogok belajar atau tiba-tiba tidak mau melanjutkan/ menyelesaikan tugas belajarnya. Dan saya setuju bahwa faktor yang mempengaruhi anak tiba-tiba mogok belajar itu ada beberapa yaitu (1) anak memiliki rasa takut karena melihat teman-temannya lebih unggul dari dirinya (2) anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum ia kuasainya sedangkan anak yang lain sudah bisa (3) anak berkelahi sesama teman kelasnya (4) anak sakit hati terhadap ucapan guru maupun temannya. Dalam tayangan video di atas bahwa solusi yang bisa dilakukan yaitu sama halnya yang saya lakukan pertama Saya memanggil orang tuanya untuk membicarakan dan menanyakan secara mendalam terkait Kenapa anak suka mogok belajar atau ada kendala lain yang membuat diri anak mogok belajar Apakah itu terjadi di rumah juga atau hanya di sekolah saja. Kedua Saya tidak memaksakan anak untuk menyelesaikan tugasnya karena di usia dini anak tidak dipaksakan untuk melakukan hal itu dengan sempurna. Ketiga Saya juga setuju bahwa sebelum melakukan proses belajar mengajar saya membuat peraturan kelas di mana peraturan tersebut disepakati oleh guru dan murid Saya akan menanyakan kepada anak mau belajar apa dan di mana kita belajar Kenapa hal itu saya lakukan karena dengan anak memilih sendiri dia akan lebih excited dalam belajar untuk itu tayangan di atas sangat membantu saya untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi di dalam kelas dalam proses belajar mengajar dan bagaimana cara menyelesaikannya atau menyikapi masalah tersebut.
setelah melihat video yang saya pilih yaitu bagaimana cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. secara keseluruhan dari video tersebut saya sependapat dengan apa yang dijelaskan pada video tersebut,apa penyebab anak mogok belajar?bagaimana penanganannya?hal tersebut sama seperti yang saya lakukan pada salah satu anak didik yang ada di lembaga di tempat saya mengajar. pertama kita dekati anak,bertanya apa alasan dia tidak mau belajar dan bergabung dengan temannya,setelah mengetahui alasan anak barulah kita mencari solusi dan cara penanganannya.
Nama : Wahyu Binta Sulistyorini
NIM : 858305199
PGPAUD
Identitas video yaitu Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Presenter : Irsanti Widuri Asih, S.Sos
Narasumber: Ketua Program Studi PG PAUD UT-Dra. Siti Aisyah, M.Pd
terlihat dalam video pembelajaran ada dua orang guru di kelas dengan anak murid. Kemudian ada anak yang tidak mau mengikuti pembelajaran hingga tidak masuk sekolah. Saat guru sepertinya mencoba berdialog di dalam kelas anak tidak responsif. Sayang sekali dalam video ini, tidak dapat di dengarkan apa percakapan antara guru dan murid. Sehingga tidak mengetahui bagaimana cara guru menggali perasaan anak. Berlanjut ke kunjungan rumah, karena sepertinya anak tidak mau masuk sekolah, maka guru melakukan home visit untuk menggali perasaan anak dan berdialog dengan orang tua dan anak. Namun, sayangnya tidak bisa mendengar apa isi dialog tersebut.
Terlihat dalam video anak masuk kembali kesekolah, namun dengan ruangan yang terpisah. Anak sepertinya belum mau bergabung bersama teman-teman, namun sudah mau masuk sekolah dengan ruangan terpisah. Pada bagian akhir video, terlihat anak ikut kegiatan di luar kelas bersama teman-temannya.
Kelebihan dalam video tersebut: guru berjumlah dua orang, sehingga salah satu bisa menghandle anak yang lain, dan satunya lagi menangani anak yang mengalami kesulitan. Kemudian guru melakukan home visit sebagai tindak lanjut dari anak yang belum mau masuk sekolah.
Kekurangannya: tidak bisa mendengarkan percakapan atau dialog antar guru dan anak, serta saat kunjungan kerumah. Sehingga tidak bisa menyimpulkan, apakah anak tidak mau belajar karena takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia belum mampu, anak bertengkar dengan temannya, anak merasa bosan atau anak merasa sakit hati dengan ucapan pendidik.
nama: SAROFAH
NIM : 85884074
PG PAUD BI POKJAR PACITAN
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Tanggapan Saya :
1. Dalam video terlihat anak tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran, anak tidak mau mengikuti dan lebih memilih bermain sendiri
2. Dalam video tersebut guru sudah mendekati anak yang tidak mau belajar namun guru tersebut tidak bisa selalu memberikan perhatiaannya ke anak yang tidak mau belajar karena guru tersebut harus memperhatikan anak lainnya, guru tersebut belum memberikan alat permainan yang dapat menarik minat anak tersebut dan jumlahnya pun masih sedikit sehingga bagi anak yang introvert seperti dalam video ini tidak akan mau bermain bersama
3. Guru tersebut telah melakukan Langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi masalah anak yang tidak mau belajar, terlihat di video itu guru tersebut berkunjung kerumah anak tersebut dan berdialog dengan ibu sang anak untuk mencari tahu keterangan lebh dalam tentang penyebab anak itu tidak mau belajar
4. Hal unik yang ditemukan guru tersebut memberikan waktu sendiri kepada anak untuk bermain dan memberikan pilihan bermain dengan waktu yang diberikan jika anak sudah terlihat bosan dalam pembelajaran
5. Setelah melihat keseluruhan isi video tersebut dapat diusulkan adalah guru menyediakan alat permainan yang lebih banyak agar tiap anak dapat bagian untuk bermain, ada komunikasi antara guru dan anak untuk memilih permainan yang disukai atau pembelajaran berpusat pada anak
Nama : Lailatul Badriyah
Nim : 858748405
PGPAUD
Identitas video yaitu Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Presenter : Irsanti Widuri Asih, S.Sos
Narasumber: Ketua Program Studi PG PAUD UT-Dra. Siti Aisyah, M.Pd
Dari video di atas dapat mengatasi atau memberi solusi permasalahan pendidik pada anak mogok yang tidak mau belajar. namun terkadang alasan anak mogok tidak mau belajar itu Karena rasa tidak percaya diri atau kurangnya rasa percaya diri pada anak tersebut yang menyebabkan ia tidak mau belajar.