silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Assalamu’alaikum. wr. wb.
Nama : Sry Asmawati Sitompul
NIM : 856524678
UPBJJ : Pekanbaru
Jurusan : PGPAUD Semester 2
Judul video : Anak mogok tidak mau belajar.
Ada beberapa faktor yang membuat anak menjadi mogok belajar, yaitu :
* Anak merasa takut.
* Anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dilakukan.
* Anak merasa sakit hati terhadap ucapan, dan tindakan yang dilakukan oleh guru.
Adapun solusi untuk menghadapi anak yang mogok belajar yaitu :
* Guru mengunjungi anak kerumahnya jika sudah tidak masuk beberapa hari untuk mengetahui alasan mengapa tidak mau sekolah dan belajar.
* Anak dapat diberi pilihan seperti belajar dikelas atau mau diruangan lainnya.
* Guru mengajak anak bermain agar anak tidak merasa bosan.
Masukan untuk video tersebut adalah setiap guru tidak boleh memaksa anak untuk belajar, akan tetapi guru mengupayakan memberi motivasi kepada anak agar anak merasa senang dan tidak merasa tertekan selama belajar. Pada video tersebut, tampak guru memiliki rasa empati dan sabar yang luar biasa ketika menghadapi anak yang sedang mogok tidak mau belajar.
Saran nya yaitu : Guru perlu memberikan dispensasi jika diperlukan kepada anak saat anak belum selesai melakukan kegiatan belajarnya, agar anak tidak merasa terbeban kan. Akan tetapi, guru perlu mengingatkan kepada anak untuk menyelesaikan tugas nya di keesokan hari atau diwaktu lain sebagai rasa tanggung jawab anak dalam pekerjaan nya dengan cara bicara yang baik, tenang, tidak terlihat memaksa agar suasana hati anak tidak merasa sedih atau terbeban kan kembali.
Terimakasih.
Selamat malam semuanya, saya Izzatul Aufa dari UT Banjarmasin
Dari video diatas, hal yang dilakukan pendidik sama dengan di lembaga saya, jika pada hari itu ada anak yang mogok belajar yang biasa terjadi karena anak merasa tidak enak badan (sakit), atau perasaan suasana hatinya yang bermasalah, maka di lembaga saya biasanya sebelum memulai kegiatan kami selalu membuat kesepakatan kelas jika hal tersebut terjadi maka anak tersebut akan diberikan tempat dan waktu untuk sendiri atau biasanya kami menyebutnya “ditenangkan” jika setelah itu anak sudah mulai tenang hati/perasaannya pendidik dapat menanyakan apa yang terjadi pada anak yang menyebabkan anak mogok belajar
Selamat malam semuanya, saya Izzatul Aufa dari UT Banjarmasin
Dari video diatas, hal yang dilakukan pendidik sama dengan di lembaga saya, jika pada hari itu ada anak yang mogok belajar yang biasa terjadi karena anak merasa tidak enak badan (sakit), atau perasaan suasana hatinya yang bermasalah, maka di lembaga saya biasanya sebelum memulai kegiatan kami selalu membuat kesepakatan kelas jika hal tersebut terjadi maka anak tersebut akan diberikan tempat dan waktu untuk sendiri atau biasanya kami menyebutnya “ditenangkan” jika setelah itu anak sudah mulai tenang hati/perasaannya pendidik dapat menanyakan apa yang terjadi pada anak yang menyebabkan anak mogok belajar, dan apabila anak masih tetap tidak mau mengikuti kegiatan, maka kami akan berkomunikasi dengan orang tuanya disaat pulang sekolah atau melalui w.a menanyakan apakah ada sesuatu hal yang terjadi di rumah sehingga menyebabkan anak tidak semangat disekolah
Assalamualaikum wr wb
Nama: Eva Yunita
Nim : 856661499
Prodi : Pgpaud
Upbjj : Jambi
Bapak/ibu tutor izin menanggapi dan memberikan masukan dan saran untuk video ini
-Masukan dan Saran untuk Video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Masukan:
Pendekatan yang Berbeda:
Tambahkan Bicara Dengan Orang Tua:
Durasi Lebih Lama:
Saran:
Materi Tambahan:
Sesi Tanya Jawab:
Manfaat Video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” bagi Saya sebagai Guru PAUD
1). Cara Jitu dan Bagus: Video ini beri cara yang baik untuk bantu anak yang malas belajar, seperti pendekatan lembut dan cari akar masalah.
2). Naikan Keterampilan Sosial: Dengan cara-cara di video, saya bisa bantu anak tambah pintar dalam sosialisasi, seperti berbagi dan kerja sama.
3). Kerjasama dengan Orang Tua: Video beri tahu pentingnya kerja sama guru dan orang tua, pas sekali untuk buat lingkungan yang bantu anak tumbuh baik.
Videonya sangat bagus dan bermanfaat bagi kami
Terimakasih 🙏
Wassalamualaikum wr wb
Nama : Meilucy Nur Hidayah
Nim : 857888308
Dari pemaparan diatas kita ketahui bahwa Anak mogok tidak mau belajar tentu menjadi suatu pertanyaan bagi seorang pendidik. Dan biasanya ada suatu penyebab. Maka dari itu seorang pendidik perlu introspeksi dan mengidentifikasi suatu hal / kejadian yang membuat anak tersebut mogok.
Ada beberapa metode/cara yang bisa dilakukan seorang pendidik. Tentu kembali lagi kepada masing-masing pendidik hendak menggunakan langkah yang bagaimana. Disini tips/ langkah yang bisa kita lakukan berdasarkan pengalaman yang saya lakukan yaitu ;
1. Pendidik musti sabar, tenang, ikhlas, dan bahagia hatinya terlebih dahulu.
2. Buat mood anak nyaman terlebih dulu. seperti menanyakan apa maunya,dll.
3. Berikan suatu asupan yang ia sukai. Hal ini lebih identik banyak disukai anak-anak.
4. Apabila mood anak baik, barulah kita tanyakan apa yang menjadi penyebab anak tersebut tidak mau belajar.
5. Pendidik berusaha untuk memperbaiki apa yang dirasa membuat hatinya tidak suka. sebagai contoh ; apabila ada teman yang bertengkar dengannya pendidik mempersilahkan ananda untuk saling meminta maaf. Selain itu pendidik juga minta maaf pula terhadap anak-anak semua. Sekalipun pendidik tidak melakukan kesalahan. Ajarkan anak untuk mengucapkan terimakasih pula. seorang pendidik pun juga musti mengucapkan terimakasih apapun yang terjadi.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Terimakasih
Assalamualaikum wr wb saya Ade usy salsyabilah dari UT malang mohon izin menanggapi vidio diatas
menurut saya vidio di atas memberikan motivasi dan referensi dalam menangani kasus mogok belajar pada anak usia dini. Serta menjadikan evaluasi dalam kinerja guru selama ini dalam pembelajaran yang kadang penyebabnya dari kasus diatas bisa berbeda beda tergantung dengan lingkungan rumah. Saran dari saya mungkin bisa melibatkan orang tua untuk lebih memperhatikan kondisi anak saat di sekolah maupun di rumah. Dan orang tua juga bisa tau dan menelaah perkembangan anak.
Nama : Firyal Chasna Rosyidah
NIM : 877861759
Video diatas berisi tentang bagaimana jika anak mogok atau tidak mau belajar, langkah pertama adalah mencari tahu penyebabnya, baik dari faktor internal (seperti rasa malas, suasana hati, atau kesulitan memahami materi) maupun eksternal (lingkungan tidak nyaman, metode mengajar yang kurang menarik, atau tekanan sosial). Setelah itu, dengarkan anak dengan empati dan ajak bicara dari hati ke hati untuk memahami perasaannya.
Beberapa strategi yang bisa dilakukan:
1. Terlibat langsung dalam proses belajar anak dan ciptakan suasana belajar yang nyaman di rumah.
2. Jangan memaksa anak belajar, tetapi dorong dengan cara yang positif dan hargai setiap usahanya.
3. Buat rencana belajar bersama yang terstruktur dan gunakan metode belajar kreatif sesuai minat anak, seperti bermain sambil belajar atau menggunakan gambar dan gerakan.
4. Diskusikan tujuan pendidikan bersama anak agar ia termotivasi dan pahami pentingnya belajar.
Video diatas berisi tentang bagaimana jika anak mogok atau tidak mau belajar, langkah pertama adalah mencari tahu penyebabnya, seperti rasa malas, suasana hati atau mood, atau kesulitan memahami materi, maupun lingkungan tidak nyaman, metode mengajar yang kurang menarik, atau tekanan sosial. Setelah itu, dengarkan anak dengan empati dan ajak bicara dari hati ke hati untuk memahami perasaannya.
Maka di lembaga saya biasanya sebelum memulai kegiatan kami selalu membuat kesepakatan kelas jika hal tersebut terjadi maka anak tersebut akan diberikan tempat dan waktu untuk sendiri jika setelah itu anak sudah mulai tenang hati/perasaannya pendidik dapat melanjutkan kegiatan kelas.
Nama : Adinda Nur Nabilia
NIM : 858981557
Prodi : PG PAUD
Video pembelajaran Seri Pengembangan Bahasa dari portal guru pintar dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar memberikan banyak manfaat bagi saya sebagai tenaga pendidik dan teman-teman guru PAUD/TK. Saya sangat setuju dengan pernyataan di dalam video tersebut tentang Pendidikan anak usia dini bahwa kita sebagai pendidik harus bisa mengidupkan obor belajar untuk anak usia dini. Kita sebagai pendidik AUD tidak boleh hanya menekankan pada aspek kecerdasan, tetapi harus juga harus menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bisa membangkitkan semangat anak-anak untuk belajar agar anak tertarik dan mau untuk belajar.
Dari video tersebut menjadi tahu dan faham beberapa alasan kemungkinan yang terjadi bila anak mogok untuk belajar dan tidak mau bergabung dengan teman-temannya serta solusi yang bisa dipilih salah satunya ialah dengan cara melakukan komunikasi dengan orang tua atau melakukan home visit serta cara-cara lainnya. Dari video tersebut juga membuat saya memiliki wawasan yang lebih luas lagi untuk mengatasi permasalahan anak seperti pada video.
Video sangat relevan dan realistis
Terimakasih
Nama:Nur Laila Fitriani
Nim:858316231
Menurut saya,video ini sangat bagus sebagai guru,ketika ada anak yang tidak ingin belajar hendaknya kita mendekati siswa dengan sabar dan empati, sambil mencari tahu penyebabnya. Langkah-langkah yang bisa dilakukan meliputi: mendengarkan keluhan siswa, memberikan dukungan emosional, membantu siswa merasa nyaman di sekolah, dan bekerja sama dengan orang tua untuk menemukan solusi yang tepat.
Dengan pendekatan yang sabar, empati guru bisa membantu siswa yang mogok belajar untuk kembali bersemangat dan meraih potensi mereka.
Terimakasih