silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Assalamu’alaikum semua, izin kan saya :
nama: Yuliza
Nim : 856313151
Pada video anak mogok belajar terlihat ada seorang anak yang tidak ingin ikut dalam kegiatan belajar bersama maka kita seorang guru perlu:
– mendekati anak & menanyakan kenapa anak tidak mau bergabung bersama teman-temannya,
– Mengajak anak bermain diluar dulu,kemungkinan anak merasa bosan belajar di dalam kelas
– Memberi waktu kepada anak untuk melakukan kegiatan yang menurutnya menyenangkan dengan kesepakatan waktu yang di tentukan,
Nama Mahasiswa: Nadi Fatul Qudsiyah
Nim : 858731694
UPBJJ: 71/SURABAYA
Semester: 6
Menurut pendapat saya vidio ini sangat berguna untuk guru anak usia dini (PAUD) karena di dalam vidio ini menjelaskan cara seorang guru menghadapi dan menangani anak anak ketika mogok tidak mau belajar. Disitu di jelas cara menghadapi anak itu dengan bahasa yang lemah lembut, pendekatan dengan anak, dan memeluk anak tersebut supaya si anak ini mau bercerita dan mengungkapkan apa yang ingin di lakukan si anak, selain itu guru juga memberikan solusi yang tepat untuk anak.
Assalamualaikum,Wr.Wb
Nama: Purwani
NIM : 857828026
Judul vidio : Anak Mogok tidak mau belajar
Dari tayangan vidio tersebut ada beberapa penyebap kenapa anak tidak mau belajar dan juga solusi untuk untuk menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar
Karena tugas guru adalah mengembangkan rasa ingin tahu anak,kecerdasan intelektual ,kemampian mengelola emosi dan kemampuan berhubungan sosial serta etika.Salah satu tugas guru adalah membentuk motifasi dari dalam diri anak menbangkitkan rasa ingin tahu anak dan guru juga mengingat bahwa usia dini adalah usia bermain,dimana saat anak inginbermain artinya anak memiliki rasa ingin tau akan sesuatu hal baru. Pada saat ada anak yang mogok tidak mau belajar maka harus mencari penyebapnya ,karena mogok belajar bisa terjadi karena beberapa hal antara lain
1. Anak takut
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas
3. Anak bertengkar dengan teman sekelas
4. Anak sakit hati dengan ucapan atau perbuatan guru
Setelah guru mengetahui penyebap anak mogok tidk mau belajar maka ada beberapa solusi diantaranay
1. Guru mengali keterangan dari anak atau orang tua home visit,dan beberapa pertanyaan kenapa anak mogok belajar
2. Anak diberi pilihan tempat belajar
3. Saat anak merasa bosan di dalam kelas maka bisa memberi kesempatan untuk bermain dengan waktu yang ditentukan yang sudah disepakati dengan anak ,dan guru juga bisa memberi pengayan kepada anak tersebut berbeda denganteman yang lain.
Dari vidio tersebut sebagai guru perhatikan adalah tentang pendekatan guru terhadap anak dan komunikasi yang terbuka kepada orang tua bisa mengulik dan mencari solusi untuk memecahkan masalah,Dan dalam pembelajaran guru juga harus menciptakan lingkungan,suasana yang menyenangkan untuk anak sesuai kebutuhan dan perkembangan anak agar anak tidak bosan dan jenuh serta anak bisa mengembangkan kreatifitasnya.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Diah Ayu Prihatini
NIM : 857827927
Judul Video : Anak Mogok tidak mau belajar
dari hasil video yang saya amati tadi ada beberapa faktor atau penyebab anak tidak mau belajar
1. anak takut
2. anak dipaksa untuk mengerjakan tugas
3. .anak bertengkar dengan teman sekelas
4.anak sakit hati dengan ucapan atau perbuatan guru
Kita sebagai guru harus mempunyai solusi untuk anak yang mogok sekolah melibatkan komunikasi,pemahaman,dan kerja sama antara guru,orang tua,dan pihak sekolah.jika anak merasa tidak nyaman disekolah,kita penting untuk mendengarkan alasan mereka dan bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung.
Solusi dari orang tua yaitu ada beberapa :
– Komunikasi yang terbuka, duduk santai dengan anak dan tanya dengan baik nada yang lembut apa alasan mereka tidak mau sekolah,dan bantu anak memahami bahwa sekolah dan rumah memiliki suasaan yang berbeda dan mereka harus bisa menghadapinya.
– Kerja sma dengan guru,untuk mencari solusi dan membuat anak Kembali merasa nyaman di sekolah,menghindari pembandingan anak dengan anak lain dan focus pada potensi yang dimiliki anak.
– Dukungan emosional, memberi dukungan kepada anak dan yakinkan mereka bahwa tidak sendirian di sekolah banyak teman,dirumah juga banyak teman sebayanya, beri apresiasi supaya anak dalam menghadapi masalah
– Penanganan saat dirumah,mengurangi waktu di depan gadget atau medsos dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk anaknya teruatam keluarga sendiri,membantu anak dengan tugas sekolah dan memastikan mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup
– Konsultasi ,jika masalah berlanjut berkonsultasi dengan psikolog atau konselur untuk mendapatakn motivasi maupun bantuan yang professional. Dengan komunikasi yang baik,pemahaman yang mendalam dan kerja sama yang efektif anak yang mogok sekolah dapat Kembali merasa nyaman dan senang untuk belajar.
Assalamu’alaikum
Nama : Yuni Hartawati
Nim. : 857830348
UPBJJ Surakarta
Izin menanggapi tentang video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Dari video diatas anak mogok tidak mau belajar dikarenakan ada beberapa faktor
Yaitu
1. Anak takut
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang mungkin tidak ia senangi
3. Anak bertengkar dengan temannya.
4. Mungkin anak merasa sakit hati atas ucapan atau perkataan guru.
Dari sini belajar bahwa setiap anak memiliki keinginan pola, arti, dan yang berbeda dengan anak lainnya .
Solusinya adalah
1. Guru mencari keterangan untuk mengetahui kenapa anak tidak mau masuk sekolah.
2. Guru memberikan pilihan mau belajar apa dan dimana.
3. Membuat kesepakatan antara guru dan anak .
Upaya guru yang dilakukan sudah baik, namun disini izin menambah i bahwa sebagai guru mencari tahu tile anak itu seperti apa dahulu tipe pendiem atau tidak, dan sebagai guru aktif terus untuk mencari tau , menggali penyebabnya kemudian berikan ia ruang waktu untuk mengutarakan isi dihatinya dengan bicara dari hati ke hati, kemudian berikan ia dukungan, motivasi dan dorongan supaya anak bisa belajar mencari solusi. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda untuk itu sebagai guru hendaknya mengenali dan mencari tahu minat anak, memberikan kegiatan yang menarik.
Jika anak masih mogok maka yang harus dilakukan adalah komunikasi antara guru dan orang tua dengan kata-kata yang baik,dan saling kerjasama untuk melihat perkembangan anak, dan melakukan belajar homeschooling, dan jika itu masih berlanjut dan kwalahan maka solusi selanjutnya berkonsultasi dengan psikolog supaya mendapatkan solusi yang tepat.
Assalamu’alaikum
Nama : Yuni Hartawati
Nim. : 857830348
UPBJJ Surakarta
Izin menanggapi tentang video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Dari video diatas anak mogok tidak mau belajar dikarenakan ada beberapa faktor
Yaitu
1. Anak takut
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang mungkin tidak ia senangi
3. Anak bertengkar dengan temannya.
4. Mungkin anak merasa sakit hati atas ucapan atau perkataan guru.
Dari sini belajar bahwa setiap anak memiliki keinginan pola, arti, dan yang berbeda dengan anak lainnya .
Solusinya adalah
1. Guru mencari keterangan untuk mengetahui kenapa anak tidak mau masuk sekolah.
2. Guru memberikan pilihan mau belajar apa dan dimana.
3. Membuat kesepakatan antara guru dan anak .
Upaya guru yang dilakukan sudah baik, namun disini izin menambah i bahwa sebagai guru mencari tahu tile anak itu seperti apa dahulu tipe pendiem atau tidak, dan sebagai guru aktif terus untuk mencari tau , menggali penyebabnya kemudian berikan ia ruang waktu untuk mengutarakan isi dihatinya dengan bicara dari hati ke hati, kemudian berikan ia dukungan, motivasi dan dorongan supaya anak bisa belajar mencari solusi. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda untuk itu sebagai guru hendaknya mengenali dan mencari tahu minat anak, memberikan kegiatan yang menarik.
Jika anak masih mogok maka yang harus dilakukan adalah komunikasi antara guru dan orang tua dengan kata-kata yang baik,dan saling kerjasama untuk melihat perkembangan anak, dan melakukan belajar homeschooling, dan jika itu masih berlanjut maka solusi selanjutnya berkonsultasi dengan psikolog supaya mendapatkan solusi yang tepat.
nama ; HARVINA
nim ; 859818543
dalam video ini membasas tentang kasus mogoknya anak belajar dan solusi untuk mengatasinya . kita semua pasti tahu tugas kita sebagai guru selain menjadi pendidik kita juga harus menjadi tempat aman ,menjadi sahabat dan menjadi pelindung agar anak tidak ragu mengungkapkan apa yang dia rasakan di sekolah untuk kasus mogok belajar ini sering terjadi di lingkungan sekolah , sebelum kita mencari solusi kita harus terlebih dahulu tahu apa yang menyebabkan dan alasan anak mogok belajar ,ada banyak alasan dan faktor penyebabnya misalnya , ketakutan [ takut di ganggu ] , rasa jenuh , dan lainnya setelah kita tahu alasannya maka kita mencari solusinya apakah itu bersama dengan orang tua murid atau dengan orang terdekat anak
Nama : Fita Rosa Melantin
NIM : 857655197
Prodi : PGPAUD Pre-Srevice
UPBJJ Purwokerto
Tanggapan Setelah Menonton Video Pembelajaran PAUD
Video ini sangat menginspirasi dan memberikan gambaran nyata tentang bagaimana seorang guru PAUD menangani anak yang mogok belajar atau menolak belajar karena masalah sosial dengan temannya. Untuk menangani anak usia dini, guru harus sabar, penuh empati, dan berkomunikasi dengan cara yang ramah.
Penyebab Anak Mogok Belajar
– Anak merasa takut atau tidak nyaman.
– Anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dilakukan.
– Konflik dengan teman sekelas.
– Anak merasa sakit hati terhadap ucapan atau perlakuan guru.
Teknik dan Solusi yang Disarankan
– Memberikan pilihan kepada anak dalam kegiatan belajar agar mereka merasa memiliki kontrol.
– Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak menekan.
– Melakukan kunjungan ke rumah anak untuk memahami kondisi secara lebih mendalam.
– Memberi dispensasi waktu atau kesempatan agar anak tidak merasa terbebani.
– Membangun komunikasi terbuka dan kerja sama antara guru, anak, dan orang tua.
– Jika diperlukan, melibatkan konselor atau psikolog untuk penanganan lebih lanjut.
Video ini sangat relevan dan bermanfaat bagi guru PAUD dalam menangani anak-anak yang tidak berhasil belajar. Keberhasilan mengatasi masalah ini bergantung pada pendekatan yang mengutamakan empati, komunikasi yang baik, dan kolaborasi dengan orang tua. Video ini juga mengingatkan bahwa pembelajaran di usia dini harus menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan sosial-emosional anak.
Saya pikir guru PAUD harus terus belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dan menggunakan pendekatan yang humanis seperti yang ditunjukkan dalam video ini. Anak-anak akan merasa nyaman, termotivasi, dan ingin belajar lagi.
Terimakasih
Nama : Fita Rosa Melantin
NIM : 857655197
Prodi : PGPAUD Pre-Srevice
UPBJJ Purwokerto
Tanggapan Setelah Menonton Video Pembelajaran PAUD
Video ini sangat menginspirasi dan memberikan gambaran nyata tentang bagaimana seorang guru PAUD menangani anak yang mogok belajar atau menolak belajar karena masalah sosial dengan temannya. Untuk menangani anak usia dini, guru harus sabar, penuh empati, dan berkomunikasi dengan cara yang ramah.
Penyebab Anak Mogok Belajar
– Anak merasa takut atau tidak nyaman.
– Anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dilakukan.
– Konflik dengan teman sekelas.
– Anak merasa sakit hati terhadap ucapan atau perlakuan guru.
Teknik dan Solusi yang Disarankan
– Memberikan pilihan kepada anak dalam kegiatan belajar agar mereka merasa memiliki kontrol.
– Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak menekan.
– Melakukan kunjungan ke rumah anak untuk memahami kondisi secara lebih mendalam.
– Memberi dispensasi waktu atau kesempatan agar anak tidak merasa terbebani.
– Membangun komunikasi terbuka dan kerja sama antara guru, anak, dan orang tua.
– Jika diperlukan, melibatkan konselor atau psikolog untuk penanganan lebih lanjut.
Video ini sangat relevan dan bermanfaat bagi guru PAUD dalam menangani anak-anak yang tidak berhasil belajar. Keberhasilan mengatasi masalah ini bergantung pada pendekatan yang mengutamakan empati, komunikasi yang baik, dan kolaborasi dengan orang tua. Video ini juga mengingatkan bahwa pembelajaran di usia dini harus menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan sosial-emosional anak. Saya pikir guru PAUD harus terus belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dan menggunakan pendekatan yang humanis seperti yang ditunjukkan dalam video ini. Anak-anak akan merasa nyaman, termotivasi, dan ingin belajar lagi.
Terimakasih
Nama: Ulfa Yana Musyaroh
Nim :857827364
Judul Video:Anak mogok tidak mau belajar
Setelah melihat video tersebut, kesimpulan dari video tersebut adalah beberapa penyebab anak mogok tidak mau belajar, diantaranya:
1. Anak merasa takut atau tidak nyaman
2. Anak enggan atau kurang suka dengan kegiatan tersebut
3. Anak bertengkar dengan temannya atau bisa jadi bullying
4. Atau bisa jadi karena anak merasa sakit hati atas ucapan atau perkataan guru.Sebagia guru,kita harus tanggap dan mencari tahu apa penyebabnya kemudian guru harus mencari penyelesaian masalah, diantaranya adalah :
1. Guru mencari tahu penyebab masalah tersebut dengan pengamatan perilaku anak, mencari informasi ke orang tua dan melakukan refleksi diri sebagai guru.
2. Guru memberikan waktu kepada anak untuk memilih kegiatan apa yg disukai terlebih dahulu,, setelah suasana hati anak sudah baik, ajak anak berbicara kenapa anak tidak mau ikut kegiatan.
3. Guru menyediakan kegiatan yg menarik dan bervariasi,jika perlu ajak anak berkegiatan di luar kelas.
Apabila permasalahan ini masih berlanjut,,guru harus terus menjalin komunikasi dengan orang tua atau dengan spikolog anak untuk menghindari permasalahan lebih lanjut dan penanganan sedini mungkin