silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. NAMA : KOSNANTIN AGUSTINA
    NIM : 858739327
    PRODI : PGPAUD BI
    POKJAR : TUBAN / KALIJOGO

    tanggapan saya dari vidio yang telah saya lihat adalah :
    menurut saya vidio tersebut sudah bagus.karena telah memaparkan tentang permasalahan yang sering terjadi pada lembaga pendidikan anak usia dini,yaitu “anak mogok dalam belajar”.didalam vidio tersebut ada ilustrasi anak yang memiliki permasalan tersebut.tidak hanya itu didalam vidio tersebut juga menjelaskan bagaimana tindakan seorang guru apabila terdapat salah satu peserta didik yang memiliki kasus yang serupa yaitu dengan melakukan pendekatan pada anak untuk mengalih informasi kenapa anak tersebut sampai mogok belajar,kemudian juga melakukan pendekatan kepada orang tua anak untuk mencari informasi lebih akurat sengga guru dapat melakukan tindakan lanjutanpada anak tersebut.setelah penyebab anak sampai mogok belajar diketahui guru memberikan motivasi pada anak,mengajak anak untuk mau belajar disekolah lagi,dan memberi pilihan pada anak untuk belajar diruangan yang menurut anak nyaman seperti dikantor atau diperpustakaan.namun menurut saya ada yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh guru sebelum pembelajaran dimulai seperti melakukan stimulus pada anak dengan mengajak anak bertepuk tangan,menyanyi,atau melakukan gerakan sederhana sesuai perintah guru,sehingga anak akan siap melakukan pembelajaran yang akan dilakukan.

  2. Nama: munaya aulia insani
    Nim:85784498
    Prodi: pgpaud
    Masalah Anak mogok belajar mungkin pernah di hadapi oleh setiap pendidik dikelasnya. Alasan anak mogok bermacam-macam, ada yang dikarenakan masalah yang didapat dari kelas maupun dari rumah. Dari video pembelajaran diatas mengenai anak yang mogok belajar, saya mendapatkan ilmu baru bagaimana cara mengatasi anak mogok.
    Dari video tersebut kita dapat mengetahui bagaimana tips-tips menghadapi anak yang mogok dalam belajar.

  3. Assalamualaikum
    Nama: Tri Purwanti
    NIM : 857843122
    Prodi : PGPAUD
    Ijin untuk menjawab diskusi, setelah saya melihat tayangan vidio tentang ” Anak Mogok tidak mau belajar bersama temannya “, memberikan tambahan pemahaman bagi saya terutama sebagai pendidik bahwa belajar bagi anak itu adalah belajar yang menyenangkan, membentuk motivasi pada anak dan membangkitkan rasa ingin tahu karena dunia anak adalah dunia bermain.
    Kemungkinan jika anak mogok tidak mau belajar bersama temannya itu bisa terjadi karena mungkin anak nya takut, anakmungkin di paksa untuk mengerjakan tugas tyang dia sendiri belum bisa padahal yang lain sudah bisa mengerjakan, atau mungkin bertengkar dengan yang lainnya atau juga sakit hati terhadap ucapan atau perkataan gurunya. Setelah mengetahui tentang kemungkinan anak mengapa mogok tidak mau belajar bersama temannya menambah pengetahuan saya tentang solusi-solusinya yaitu bisa kita menggali keterangan daari orang tuanya untuk mengetahui mengapa anaknya mogok tidak mau belajar, jika anak belum berani sekolah anak di berikan pilihan mau belajar di kelas atau di ruangan yang lain.
    Seya sebagai pendidik banyak menjumpai anak anak yang mogok belajar bersama temannya, salah satunya anak anak merasa bosan saat di kelas, dengan tanyangan vidio di atas memberikan pemahaman bahwa anak anak di berikan kesempatan untuk bermain dengan pembatasan waktu bermain harus di sepakati dengan anak. karena kesepakatan adalah sebuah proses belajar.
    Wassalamualaikum wr. wb

  4. Nama : Oktavina Indriyati
    Nim : 859031112
    Program Study : PG PAUD
    -Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    -Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar.
    -Dra. Siti Aisyah, Mpd

    Penyebab anak yang mogok belajar diantaranya :
    – Bertengkar dengan temannya
    -Takut dengan teman sekelasnya
    -Anak dipaksa mengerjakan tugas, dimana anak tersebut belum mampu untuk mengerjakannya
    – Sakit hati terhadap ucapan (bullying) atau sikap yang dilakukan oleh teman sekelasnya atau gurunya.
    -Keinginannya tidak terpenuhi.

    Solusi yang dilakukan adalah mendekati anak dengan penuh kasih sayang, kemudian bertanya apa penyebab mogok belajar, merayu anak agar semangat lagi untuk bermain dan belajar dengan temannya. Jika anak tidak menjawab penyebab mogok belajar dan guru masih belum tahu penyebabnya, maka guru menanyakan kepada orang tua anak tersebut kemudian memberikan semangat dan motivasi kepada orang tua dan anak didik agar semangat dalam pembelajaran dikelas.

  5. Nama : Arum Retno Ningsih
    Nim : 856610858
    Upbjj : Palembang
    Program studi : PGpaud

    Menurut saya, tindakan guru yang dilakukan dalam video diatas sudah sangat tepat, dimana ketika ada anak yang mogok tidak mau belajar maka guru bisa menggali sumber masalahnya dari orang tua, karena terkadang murid tidak berani menyampaikan masalahnya kepada guru dan lebih leluasa menyampaikan masalahnya dengan orang tua, walaupun masalahnya terjadi disekolah.
    Seperti yang kita ketahui, banyak sekali faktor yang menjadikan anak mogok tidak mau belajar,tugas kita sebagai pendidik harus selalu memberikan semangat kepada murid tersebut dan bisa bekerjasama dengan orang tuanya agar orang tua juga mensupport anaknya ketika dirumah.

  6. Nama : Miftakus Sa’diyah
    NIM : 858166909

    Pada video di atas menjelaskan anak mogok tidak mau belajar pada dasarnya pada mengajar anak paud harus menyenangkan yang disebankan anak mogok bisa terjadi anak takut, anak dipaksa, anak dihina temannya , anak takut atau sakit hati ucapan guru…
    Dengan anak mogok belajar guru harus mencari tau kenapa anak tidak mau sekolah pasti ada sebabnya …
    Apabila guru tetap tidak mau belajar bersama teman boleh ke ruangan kelas lain… Pada dasarnya mengajar anak paud harus menyenangkan tidak membosankan.
    Jika permasalahan anak merasa bosan amaka guru dapat memberikan pengayaan biar menarik meskipun berbeda dengan anak lainnya…

  7. NAMA : SRI LESTAR
    NIM : 857076499
    Didalam video tersebut sangat bermanfaat sekali dan mengajarkan untuk memcahkan masalah kaitannya dengan anak yang mogok belajar atau tidak mau bergabung dengn temannya dikelas.
    Video tersebut menjelaskan cara mengetasi anak yang tidak mau bergabung dengan temannya atau mogok belajar dengan cara: mendekati anak, Menanyai kepada anak apa masalahnya,mengajak anak untuk berkomunikasi, dan serta melibatkan orangtua dan berkomunikasi kaitannya dengan anak.
    Guru bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan belajar apa yang diinginkan atau diminati oleh anak bisa juga mengajar anak untuk bermain outdor.

  8. Nama : Eka Risdianti
    Nim : 858613408
    Upbjj : Tarakan

    Dalam video tersebut banyak pembelajaran yang dapat kita ambil, seperti anak yang mogok tidak mau belajar bersama, mungkin anak ingin diperhatikan oleh ibu guru yang membuka kelas bukan guru pendamping satunya. Seharusnya sebelum memulai kegiatan inti anak-anak bisa disapa dan ditanya satu persatu agar semua anak merasa diperhatikan, meskipun dalam praktek tidak semudah teori setidaknya dengan cara begitu semua anak akan merasa spesial karena mendapatkan perhatian oleh guru pembuka kelas. Begitulah pendapat saya dan tanggapan saya terhadap video tersebut .

  9. Setiap guru pasti menemui anak yang mogok belajar, dalam video tersebut tindakan guru dalam menghadapi anak didik tersebut sudah sesuai. Penyebab anak mogok belajar bisa jadi karena anak enggan untuk berinteraksi dengan teman sebayanya, berbagi kekesalan dan kekecewaan sendiri, atau interaksi emosioanalnya. Cara lain yang bisa dilakukan dalam menghadapi anak mogok belajar :
    1. Berbicara dan memahami penyebab masalahnya
    2. Menerima dan mengakui perasaan anak tersebut
    3. Mendorong anak untuk mencari teman baru
    4. Melakukan percakapan untuk membantu anak mengekspresikan perasaan mereka

  10. Nama : Ayuning Imroatus Sholikhah
    NIM : 858733817
    PRODI : PGPAUD

    Seri : pengembangan sosial emosional paud
    Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Setelah melihat video tersebut, saya mendapatkan pengetahuan baru tentang cara mengatasi anak mogok tidak mau belajar. Di video tersebut dijelaskan agar anak mau belajar lagi dengan cara memberi kegiatan yang tidak membosankan dan tidak memaksa anak mengerjakan tugas yang belum mampu dia kerjakan. Jadi guru harus pintar merancang kegiatan senyaman mungkin dan mengatur lingkungan yang kondusif.

Leave a Reply