silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama ; Merlin
    Nim : 818112535
    Anak mogok tidak mau belajar
    setelah saya menyimak video anak mogok tidak mau belajar, menurut pendapat saya sangat setuju dengan cara guru mencari solusi yang dapat diberikan kepada anak adalah:
    – dimana guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua, untuk mengetahui kenapa anak tidak mau masuk sekolah padahal teman-temannya sudah sangat kangen
    – jika anak sudah masuk sekolah anak dapat diberikan pilihan mau belajar dikelas atau diruangan.
    -jika anak merasa bosan, guru dapat memberikan kesempatan pada anak untuk bermain yang dia sukai dan melakukan kesepakatan tentang waktu bermain. sehingga tercapailah pembelajaran anak usia dini yang menyenangkan.

  2. Bismillah… Asaalamualaikum wr. wb.

    Nama :Nur Inayah Arlika Sari
    Nim : 850404339
    Prodi :PGPAUD

    Menurut saya dalam penayangan video di atas, tentang anak yang mogok belajar dapat diatasi dengan melakukan pendekatan secara individual yaitu mengajak berbicara dan menggali apa yang diinginkan anak. Jika siswa mogok karna bosan di dalam kelas, guru dapat memberikan waktu bagi siswa untuk bermain dengan waktu yang ditentukan. Sebagai guru juga sangat penting menghidupkan suasana kelas yang menyenangkan dan aktif agar anak didik tidak mudah bosan dan jenuh. Juga dengan menumbuhkan semangat belajar anak, bisa dilakukan dengan permainan, senam, atau gerakan-gerakan sederhana yang seru sebelum melakukan kehiatan belajar. sehingga cemistry antara guru dan murid lebih kuat lagi.

    SEKIAN DAN TERIMAKASIH 😀

  3. Nurul Mutmainnah
    859406239
    PGPAUD
    Izin menanggapi
    Tips-tips yang di sampaikan begitu bagus dan wajib untuk dicoba yaitu dengan mengganti ruang belajarnya, mengajaknya bermain dan jika semuanya telah dilakukan menggunakan cara mengunjungi rumah anak tersebut untuk menanyakan kabar dana permasalahan yang terjadi kepada anak sehingga anak tidak kesekilah dan belajar.tapi
    Di video tersebut tidak mempunyai contoh akan perilaku anak dalam pokok bahasan yaitu mogok belajar, yang kami dengarkan hanyalah guru menyampaikan tips tips agar anak mau belajar kembali

    Jazakumullahul khoiron
    Sekian

  4. nama : karnelia ali
    nim : 859404654
    prodi : PGPAUG S1
    judul : anak mogok tidak mau belajar

    dalam video tersebut, terlihat seorang anak yang tidak mau bergabung dengan temannya saat proses pembelajaran berlangsung, cara guru mengatasinya adalah meluangkan anak untuk belajar dimana pun dia suka misalnya di kantor atau ruangan lain. kasus ini sangat sering terjadi di sekolah maka dari itu guru perlu melakukan sesuatu yang menarik agar anak mau bergabung atau guru perlu menanyakan apa yang menjadi alasan anak tersebut tidak mau belajar.

  5. Nama : Asi Purwati
    Nim : 859404679
    Setelah melihat video tersebut, yang saya pelajari adalah bagaimana upaya seorang guru mengatasi anak mogok tidak mau belajar. Video tersebut sangat membantu sehingga menambah pengetahuan tentang penanganan anak mogok belajar. Sedikit tambahan apabila ada anak yang mau belajar, alangkah baiknya kita mengadakan pendekatan secara individual, atau mengajak anak ngobrol dan menggali apa yang diinginkannya. Setelah itu ajak orang tua berkomunikasi tentang bagaimana lingkungan di rumahnya. Karena biasanya lingkungan dapat memberikan pengaruh yang besar.
    Terima kasih

  6. Tugas Mata Kuliah Metode Pengembangan Perilaku dan kemampuan dasar Anak usia Dini
    Analisis Video GPO
    “Anak Sulit Mengemukakan Pendapat”

    Nama : Sari Anggraeni
    Nim : 857843108
    Fakultas : S1 PAUD Masukan Sarjana

    Dari Video tersebut terlihat bahwa saat ditanya oleh guru, anak-anak belum mampu mengutarakan pendapatnya dengan berkata tidak tahu. Kemudian solusi yang diberikan dari video tersebut adalah
    1. Berikan pertanyaan atau hal-hal yang disukai oleh anak, guru mencoba untuk mendekati beberapa anak dan menanyakan hal yang mereka sukai seperti makanan kesukaan, warna kesukaan, film apa yang disukai, dsb
    2. Guru memperlihatkan gambar pada anak dan meminta anak untuk memberikan pendapat anak tentang gambar yang dimaksud
    3. Meminta anak untuk menggambar bebas dan meminta anak menceritakan gambar yang telah dibuatnya didepan kelas
    4. Mintalah anak menceritakan mainan kesayangannya di depan teman-teman (show and tell)
    Saya setuju denga napa yang sudah dilakukan oleh guru dengan solusi-solusi yang dilakukan. Memang seharusnya apabila ada anak yang sulit untuk mengemukakan pendapatnya, guru dapat membuat muridnya nyaman terlebih dahulu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Apabila murid sudah mulai nyaman dan merasa dekat dengan guru maka murid akan lebih nyaman untuk mengutarakan pendapatnya.

  7. Ayu Indriani Br Pasaribu
    Nim 855865724
    Dari vidio pembelajaran di atas terlihat bahwa anak mogok tidak mau belajar bersama teman-temanya.guru harus mencari tahu dulu apa penyebab anak tersebut mogok belajar. Kemungkinan anak mogok belajar di kelasnya karena anak ini merasa takut , di paksa mengerjakan tugas yang belum ia mampu kerjakan atau mungkin pada saat itu anak tidak ada gairah untuk belajar dengan temanya. Sebagai seorang guru kita harus memahami dan mengetahui penyebab tidak mau belajar, guru mencoba merayu anak dengan cara memberikan pilihan mainan yang ia suka. Guru juga harus berkomunikasi dengan orang tua yang berkaitan dengan anak.

  8. Nur asila/ 859416673
    Setelah saya menonton Video dengan judul anak mogo dan tidak mau belajar,di dalam vidio tersebut ada anak yang mogok tidak mau belajar dan guru mencari penyebabnya kenapa dia tidak mau belajar.ada banyak faktor anak tersebut mogok dan tidak mau belajar faktor keluarga, lingkungan maupun di sekolah.cara mengatasi masalah tersebut guru harus ada kunjungan ke rumah orang tua murid, kenapa kok mogok dan tidak mau belajar, dan mencari informasi kepada orang tuanya, dan guru juga bisa memberikan pilihan kepada mau belajar bersama sama teman atau belajar sendiri, sesuai keinginan anak tersebu

  9. nama : mita vibuyatin
    nim : 858165337

    menanggapi video diatas tentang anak yang mogok belajar,banyak ilmu yang saya dapatkan.
    terutama tugas guru yaitu mengembangkan rasa igin tahu anak,mengembangkan kecerdasan intelektual anak,kemampuan mengolah emosi dan kemampuan bersosialisasi ,ber etika dengan teman.
    namun guru terkadang terlalu menekankan pembelajaran kognitif anak sehingga tak jarang anak mengalami kebosanan saat pembelajaran karena hakikatnya dunia anak usia dini adalah bermain sambil belajar.melaluibermain anak bisa mempelajari sesuatu hal yang baru dan memuaskan rasa ingin tahuanak yang tinggi.
    dijelaskan dalam video diatas beberpa hal yang menyebabkan anakmogok belajar :
    1.takut
    2.dipaksa mengerjakan tugas yang belum dipahamianak didik.
    3.bertengkar dengan teman sekelas.
    4.sakithati terhadap ucapan guru.

  10. Nama: Sunartin
    NIM : 858667069

    Dari vidio di atas ada anak yang terlihat tidak mau gabung dengan temannya hingga jarang pergi ke sekolah tpi alhamdulillah dapat pelajaran cara mengatasi anak yang tak mau belajar yaitu dengan mendekati anak dan menanyakan apa masalahnya dan juga berkomunikasi dengan orang tua masya allah pengetahuan ini sangat penting bagi kita sebagai guru paud karna sering sekali kita mendapatkan masalah seperti ini dengan adanya tayangan tadi semoga jadi motivasi kita

Leave a Reply