silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
nama ; aprilia widyaningrum
nim ; 857853796
Setelah saya melihat Video Guru Pintar Online yang berjudul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar “.
Maka disini saya akan menanggapi nya sebagai berikut :
Anak Mogok dan tidak mau belajar biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :
1. Anak kurang percaya diri dengan melihat teman-temannya.
2. Anak takut / cemas dengan diri nya sendiri, dengan ibu guru maupun dengan teman-teman.
3. Anak merasa bosan dengan kegiatan bermain ataupun bosan dengan suasana belajar setiap hari.
Dalam hal ini, sebagai pendidik kita harus mengedepankan rasa nyaman anak saat dikelas terutama saat bersama kita, dimana peran utama kita di kelas bukan sebagai guru, melainkan sebagai ibu bagi mereka. Sehingga anak akan merasa aman dan nyaman untuk berbagi cerita kepada kita.
Dengan demikian hal utama yang harus kita lakukan saat menghadapi anak yang mogok dan tidak mau belajar yaitu:
1. Buat anak nyaman berada di dekat kita.
2. Tanya secara pelan dan lembut apa yang membuat anak mogok untuk belajar, bahkan bila diperlukan kita datangi rumahnya sebagai salah satu sikap perhatian kita kepada anak.
3. Buat kesepakatan kepada anak, agar anak mau untuk sekolah/belajar di kelas lagi.
4. Tepati janji / kesepakatan yang telah kita buat bersama anak. Agar anak mempercayai kita dan merasa bahwa kita dapat memberikan rasa aman nyaman terhadap mereka.
ijin berpendapat,,,
menurut saya dari vidio seri pembelajaran PAUD tentang pengembangan sosial emosional anak yang berjudul ” anak mogok tidak mau belajar ” hal ini karena disebabkan anak belum dapat mengendalikan emosinya dan mengelola emosinya terhadap temannya sehingga anak meluapkan emosinya dengan mogok tidak mau belajar bahkan menangis dan memukul dan ada juga yang terdiam tidak menghiraukan perintah gurunya. dalam vidio ini guru memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.
kelebihan :
1. Guru selalu membimbing anak saat kegiatan
2. Guru menemani anak saat bermain
3. Guru mencari solusi pada anak yang mogok belajar dengan konsultasi dengan orang tua
4. Guru kurang memotivasi anak saat pembelajaran agar anak semangat belajar
kelemahan :
1. Guru harus mengetahui tugas utamanya sebagai guru
2. Guru hanya memperhatikan aspek konitif anak kurang memperhatikan aspek social emosional anak
3. Kegiatan pembelajaran yang diberikan guru tidak menarik minat anak
4. Guru membiarkan salah satu anak yang kurang menarik untuk mengikuti kegiatan
dengan demikian solusi yang dapat kita lakukan adalah :
1. mengajarkan anak cara mengendalikan emosi
2. mencari tau penyebab anak mengalami emosi negatif
3. guru harus dekat dengan anak agar dapat memantau semua permasalahan yang dihadapi anak
4. guru tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif anak namun harus memperhatikan aspek sosial emosional anak juga
5. memberikan anak pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak mampu menyampaikan emosinya dengan baik
6. melakukan pembelajaran sesuai minat anak
terimakasih.
menurut saya tentang video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar ” ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi
(1) Anak merasa bosan dengan suasana pembelajaran di kelas
(2) Anak belum mengerti
(3) Anak merasa kurang enak badan (sakit
Maka dari itu, salah satu tugas guru yaitu membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Jika guru sudah tau alasan mengapa anak mogok sekolah, maka solusi yang dapat diberika kepada anak antara lain:
(a) Guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar,
(b) Guru dapat memberikan pilihan apakah mau belajar dengan teman dikelas atau diruang lainnya, misalnya ruang kepala sekolah atau perpustakaan,
(c) Kadang anak merasa bosan, maka dari itu guru boleh memberikan kesempatan bagi anak untuk bermain dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakati bersama
Bismillaahirrahmaanirrahiim,,,
Menurut saya dari Tayangan video yang berjudul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar ” selain penyebab yang sudah di tayangkan diatas , bisa disebabkan juga antara lain :
– Anak kurang fit / tidak enak badan.
– Materi Pembelajaran Kurang menarik untuk anak tersebut .
– Anak belum bisa / belum faham untuk mengerjakan / mengikutinya .
Maka langkah yang bisa ditempuh guru antara lain:
– Melakukan Ice Breaking sebelum kegiatan pembelajaran agar anak lebih semangat dan lebih menyenangkan.
– Materi pembelajaran yang disiapkan oleh guru hendaknya sesuai dengan kebutuhan / sesuai bakat minat anak yang sebelumnya sdah dikomunikasikan terlebih dahulu.
– Guru bisa lebih memperhatikan keadaan / kondisi fisik anak, jika memang kurang enak badan guru bisa merawat di UKS atau diperiksakan ke dokter.
– Guru harus lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar, agar anak yang mogok atau belum faham bisa jadi lebih mengerti dan memahami maksud kegatan tersebut.
Dalam Tayangan video diatas penanganan Guru ke anak sudah tepat dan bagus, artinya guru Guru sudah melakukan langkah yang tepat untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar / mogok sekolah, sehingga dengan langkah guru tersebut melakukan home visit kepada orang tua anak, guru telah melakukan pendekatan secara mendalam apa penyebab dari anak tidak mau belajar / tidak mau sekolah. Sehingga nantinya bisa ditemukan solusi yang tepat untuk penanganan kejadian tersebut.
Nama: Riva Illahiah Bilkkis
NIM: 857500585
Prodi: PGPAUD
Setelah saya menonton video dari seri pembelajaran sosial emosional PAUD dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar, video ini sangat menginspirasi bagi pendidik lainnya, khususnya bgai saya. Karena di dalam video ini seorang guru sedang berusaha untuk memahami mengapa salah seorang anak didiknya tidak ingin belajar/mogok belajar. Kasus seperti ini sering sekali dijumpai di berbagai lembaga pendidikkan/kelas dan hal ini ada banyak faktor yang menjadikan anak tersebut mogok belajar entah itu dari lingkungan internal/keluarganya maupun lingkungan eksternal/sekolah/teman sebayanya.
Di dalam video tersebut, guru mencari solusi untuk mengatasi anak yang mogok belajar dengan melakukan kunjungan ke rumahnya dan bercakap-cakap dengan orang tua anak untuk menggali informasi kenapa anak itu tidak mau masuk sekolah. Lalu, guru juga memberikan kebebasan untuk belajar di tempat yang sesuai dengan keinginan anak, juga memberikan kesempatan bermain kepada anak jika anak bosan belajar. Sebelumnya, guru juga membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan anakk.
Video ini memberikan beberapa solusi untuk mengatasi hal ini dan menjadi inspirasi yang dapat diterapkan di lembaga masing-masing jika mendapatkan kasus yang sama.
nama :Tarmini
nim : 857829526
Assalamualaikum wr. wb
Setelah saya melihat Video Guru Pintar Online yang berjudul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar “.
Saya menanggapi sebagai berikut :
Anak Mogok dan tidak mau belajar disebabkan oleh beberapa faktor:
– Anak memiliki rasa takut rasa cemas dengan diri nya sendiri, dengan ibu guru maupun dengan teman-teman.
– Anak kurang percaya diri dengan melihat teman-temannya.
– anak merasa kurang tertarik dengan kegiatan-kegiatan di sekolah
Maka kita sebagai pendidik kita harus mengutamakan kenyamanan bagi anak didik kita, anggap anak didik kita adalah anak-anak kita sendiri, Sehingga anak akan merasa aman dan nyaman untuk berbagi cerita kepada kita.
Maka saat menghadapi anak yang mogok dan tidak mau belajar yaitu dengan:
– tanya secara pelan dan lembut apa yang membuat anak mogok untuk belajar, bahkan bila diperlukan kita datangi rumahnya sebagai salah satu sikap perhatian kita kepada anak.
– buat anak merasa aman dan nyamat saat dekat dengan kita.
– Buat kesepakatan kepada anak, agar anak mau untuk sekolah/belajar di kelas lagi.
– tepati janji / kesepakatan yang telah kita buat bersama anak. Agar anak mempercayai kita dan merasa bahwa kita dapat memberikan rasa aman nyaman terhadap mereka.
Nama : Yunia Titis Mayasari
NIM : 858709546
Setelah saya melihat video GPO yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” beberapa pendapat saya yakni:
1. Penyebab anak tidak mau belajar atau mogok yakni :
* anak merasa takut
* anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia belum mampu mengerjakan sementara anak yang lain sudah mampu mengerjakan
* anak bertengkar dengan teman sekelasnya
* anak sakit hati terhadap ucapan / perbuatan guru terhadap dirinya.
Penyebab lain anak mogok atau tidak mau belajar bisa jadi karena
* Anak merasa tidak senang atau tidak tertarik dengan pembelajaran yang berlangsung.
* Kondisi tubuh anak yang mungkin tidak fit
beberapa solusi untuk guru apabila ada anak yang mengalami mogok belajar yakni :
1. menggali keterangan mendalam dengan orang tua dengan home visit untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar
2. Membangun hubungan yang erat antara anak dengan teman temannya dengan belajar berkelompok3. membuat selingan bermain diantara pembelajaran supaya anak tidak merasa bosan
4. membuat materi yang sesuai dengan minat anak supaya anak tertarik belajar
Nama : Yunia Titis Mayasari
NIM : 858709546
Setelah saya melihat video GPO yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” beberapa pendapat saya yakni:
1. Penyebab anak tidak mau belajar atau mogok yakni :
* anak merasa takut
* anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia belum mampu mengerjakan sementara anak yang lain sudah mampu mengerjakan
* anak bertengkar dengan teman sekelasnya
* anak sakit hati terhadap ucapan / perbuatan guru terhadap dirinya.
Penyebab lain anak mogok atau tidak mau belajar bisa jadi karena
* Anak merasa tidak senang atau tidak tertarik dengan pembelajaran yang berlangsung.
* Kondisi tubuh anak yang mungkin tidak fit
solusi :
1. menggali keterangan mendalam dengan orang tua dengan home visit untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar
2. Membangun hubungan yang erat antara anak dengan teman temannya dengan belajar berkelompok3. membuat selingan bermain diantara pembelajaran supaya anak tidak merasa bosan
4. membuat materi yang sesuai dengan minat anak supaya anak tertarik belajar
Nama: Mumbangmbei Niswah
NIM : 858180694
Assalamualaikum wr. wb
Setelah saya melihat Video Guru Pintar Online yang berjudul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar “.
Saya menanggapi sebagai berikut :
Anak tidak mau belajar disebabkan oleh beberapa faktor:
1. Anak memiliki rasa takut rasa cemas dengan diri nya sendiri, dengan ibu guru maupun dengan teman-teman.
2. Anak kurang percaya diri dengan melihat teman-temannya.
3. Anak merasa kurang tertarik dengan kegiatan-kegiatan di sekolah
sedangkan penyebab lain anak mogok atau tidak mau belajar bisa jadi karena
1. Anak merasa tidak senang atau tidak tertarik dengan pembelajaran yang berlangsung.
2. Kondisi tubuh anak yang mungkin tidak fit
beberapa solusi untuk guru apabila ada anak yang mengalami mogok belajar tidak mau belajar yakni :
1. menggali keterangan mendalam dengan orang tua dengan home visit untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar
2. Membangun hubungan yang erat antara anak dengan teman temannya dengan belajar berkelompok3. membuat selingan bermain diantara pembelajaran supaya anak tidak merasa bosan
4. membuat materi yang sesuai dengan minat anak supaya anak tertarik belajar.
Terimakasih.
Nama : Agustina Kristiani Aji
NIM : 858711313
Assalamualaikum Wr Wb
Mohon ijin berpendapat tentang video yang telah saya lihat yaitu “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”.
Mungkin banyak dari pendidik PAUD lebih menekankan aspek kecerdasan dan melupakan bahwa sesungguhnya pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Dunia anak PAUD adalah dunia bermain, jadi jika anak ingin bermain sebenarnya anak tersebut sedang belajar dan memuaskan rasa ingin tahu akan sesuatu hal yang baru baginya. Didalam video tersebut ada anak yg sedang mogok menangis dan memukul temannya. Ada beberapa faktor penyebab anak mogok belajar antara lain:
1. Anak takut
2. Anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum dikuasai, sedangkan teman nya sudah
3. Bertengkar dengan temannya
4. Sakit hati dengan ucapan atau perbuatan guru
5. Sakit/ tidak enak badan.
Salah satu tugas guru yaitu memberikan motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Sebagai guru wajib untuk mencari tau apa penyebab anak mogok belajar, dan setelah tau penyebabnya maka guru melakukan hal- hal berikut antara lain
1. Guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan home visit
2. Jika anak masih belum mau masuk sekolah, maka berikan pilihan kepadanya mau belajar dimana anak sukai
3. Jika anak merasa bosan belajar di dalam kelas maka berikan waktu bermain dengan waktu yang sudah disepakati bersama. Kesepakatan antara guru dan anak penting dilakukan karena ini juga merupakan proses belajar.
4. Jika anak merasa bosan maka guru PAUD dapat melakukan kegiatan pengaman/pengayaan selama anak tertarik walaupun materi dan cara belajar yang dilakukan anak berbeda dengan anak lainnya.
Demikian partisipasi dari saya, Terima kasih
Wassalamualaikum Wr Wb