silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama: Maulidah
NIM: 858305482
Setelah saya menonton video GPO “Anak mogok tidak mau belajar”
Menurut saya kita sebagai pendidik perlu juga tahu.. Mengapa anak iti tidak mau belajar atau mogok belajar, tetapi balik lagi ke kurikulum yang sekarang, bahwa bermain sambil belajar. Fokusnya anak-anak itu tidak sama dengan manusia dewasa, mereka juga punya kapsitas, dimana dunia mereka memang bermain, kita tidak bisa memaksakan kehendak mereka..
Atau kita juga perlu menggali informasi dari pihak keluarga atau orang tua murid, agar masalah sepeti ini dapat terpecahkan, bisa juga karena keadaan dirumah yang tidak menyenangkan, dan kita sebagai pendidik nya wajib menghibur anak, bukan malah menambah-menambahkan beban mereka. Kita kan tidak tau dalam sehari itu apakah anak sedang senang atau sedih..
Itu aja masukan dari menonton video di atas.. Sekian terimakasih
Assalamu’alaikum. Setelah menyaksikan tayangan vidio di atas ” anak mogok tidak mau belajar ” ini tentunya sangat bermanfaat untuk saya terapkan di lembaga . Terkadang betul , memang tanpa saya sadari sebagai
guru terkadang mengeluarkan kata kata yang kurang baik ketika anak tidak mau belajar , misal ( Dede mah malas ! ) tanpa bertanya kenapa gak mau belajar . Padahal mungkin anak sedang punya masalah , bukan malas . Dengan tayangan vidio ini saya akan banyak belajar lagi bagaimana menangani anak yang malas belajar . Terimakasih untuk Vidio nya .
Assalamu’alaikum wr,wb
setelah menyaksikan vidio edukasi tentang Anak Mogok Tidak Mau Belajar diatas, saya mendapatkan ilmu baru bagaimana cara mengatasi anak yang mogok belajar. jika anak mogok belajar, hal pertama yang harus kita lakukan sebagai guru adalah mencari tahu penyebab mengapa anak menjadi mogok belajar. dengan beitu kita dapat menentukan cara apa yang dapat kita ambil untuk menangani keadaan anak tersebut.
saya sangat berterimakasih dengan adanya vidio tersebut
Pada video tersebut sikap guru terhadap anak yang mogok tidak mau belajar sangat tepat dan menginspirasi. Dengan menghampiri anak dan menanyakannya, kita menjadi tahu apa alasan ia tidak mau belajar. Dari alasan anak kita bisa mencari solusi yang tepat agar anak lebih tenang dan mau belajar kembali.
Ringkasan materi: Dalam video tersebut terlihat cara guru dalam menangani anak yang sedang mogok belajar. Cara guru menangani anak yang sedang mogok belajar dalam video tersebut sudah benar. Di dalam video tersebut terdapat seorang anak yang sedang memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Tampak guru tersebut menghampiri anak tersebut agar anak tenang dengan cara memeluknya (skin to skin) dan menanyakan kenapa anak tidak mau belajar. Guru juga tidak memaksa anak agar mengikuti kegiatan belajar tersebut, guru juga mendatangi rumah anak dan bertanya kepada orang tua serta anak tersebut mengapa anak tidak mau berangkat sekolah. Guru juga mengambil keputusan agar anak merasa nyaman dan mau kembali bersekolah, dan kegiatan belajar mengajar sebaiknya di awali dengan kegiatan bermain atau bercerita.
MANFAAT: Dari video tersebut kita bisa melihat peran penting guru dalam menangani anak yang sedang mogok belajar. Cara guru menangani anak yang sedang mogok belajar dalam video tersebut sudah benar. Di dalam video tersebut terdapat seorang anak yang sedang memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Tampak guru tersebut menghampiri anak tersebut agar anak tenang dengan cara memeluknya (skin to skin) dan menanyakan kenapa anak tidak mau belajar. Guru juga tidak memaksa anak agar mengikuti kegiatan belajar tersebut, guru juga mendatangi rumah anak dan bertanya kepada orang tua serta anak tersebut mengapa anak tidak mau berangkat sekolah. Guru juga mengambil keputusan agar anak merasa nyaman dan mau kembali bersekolah, dan kegiatan belajar mengajar sebaiknya di awali dengan kegiatan bermain atau bercerita.
Triasih
859524493
“Anak Mogok tidak mau belajar”
setelah menonton video, ada beberapa hal saya pelajari adalah pembelajaran pada level usia dini harus dilakukan dengan menyenangkan, sehingga dapat memotivasi anak untuk selalu ingin belajar. Anak usia dini pada dasarnya adalah bermain. dengan bermain mereka juga belajar.
ada beberapa alasan yang mendasari hal itu, antara lain: anak takut, anak dipaksa mengerjakan yang dia belum mampu, bertengkar dengan teman kelasnya
Guru bisa menggali info mendalam dengan home visit, kenapa dia tidak masuk, padahal yg lain sudah kangen, jika tetap tidak mau, anak dikasih pilihan mau di kelas atau di kantor kepala sekolah/ perpustakaan. Contoh jika anak mogok karena bosan, berikan waktu main dengan batas waktu atau guru bisa menyiapkan kegiatan pengaman.
Terima kasih.
Nama : Yunia Lisman
Nim : 856260162
judul : Anak mogok tidak mau belajar
Assalam’alaikum Wr.WB
Setelah saya mengamati video GPO diata, Menurut pendapat saya , video pembelajaran tersebut dapat menginspirasi para guru pendidik anak usia dini. Guru sudah memotivasi anak agar mengikuti kegiatan-kegiatan yang disamapaikan oleh guru. Bisa jadi ada beberapa faktor kenapa anak tidak mau mengikuti kegiatan tersebut.
1.Mungkin anak tidak paham apa yang disampaikan oleh Guru,
2.Atau anak terlalu Bosan dengan kegiatan tersebut
3.Bisa jadi kegiatan nya kurang bisa menarik minat anak untuk belajar
4. Anak juga merasa takut atau bertengkar dengan temannya
Oleh karena, itu sebagai guru kita harus benar-benar dapatnmemahami karakter dari anak didik kita dan memberikan kegiatan yang menarik sehingga anak-anak merasa nyaman merasa senang dalam mengikuti setiap kegiatan. Dalam penyampaian materi bisa menggunakan media yang mudah dipahami oleh anak. Sehingga anak tidak merasa tertekan dalam mengikuti kegiatan.
Nama : Alfi Maziyah
NIM : 857628895
UTBJJ: Purwokerto
JUDUL Vidio : ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Memang benar guru harus selalu ingat bahwa sekolah bagi anak usia dini adalah belajar yang menyenangkan. Sehingga guru akan selalu memberikan pembelajaran yang menumbuhkan motivasi dan semangat anak didik.
Sebagai seorang pendidik kita harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan aspek sosial emosi anak.
Dalam vidio diatas dijelaskan bahwa ada beberapa alasan yang membuat anak menjadi mogok belajar, diantaranya:
– Rasa takut
– Anak dipaksa mengerjakan tugas
– Bertengkar dengan teman
– Bosan
– atau bisa jadi sakit hati terhadap ucapan guru.
Saya setuju jika kita mendapati anak yang mogok belajar kita harus cari tau dulu apa penyebab anak tersebut mogok belajar, informasi ini bisa kita dapatkan dari anak maupun orangtua dengan cara home visit. Setelah itu baru kita bisa menindak lanjuti sesuai dengan permasalahan tersebut.
Nama : Ratih Nurul Faisya
Nim : 858962106
ijin menjawab video di atas tentang anak mogok sekolah
pada video di atas kita sebagai guru menapat ilmu yang dapat diterpkan dilembaga kita , langkah – langkah yang dilakukan guru di atas mampu kita tiru dan kita terapkan pada lembaga kita apabila ada anak yang mengalami mogok sekolah atau tidak mau bermain bersama dengan teman yang lain. dengan kita tau kenapa alasan anak tersebut tidak mau bergabung dengan teman yang lainnya kita bisa mulai menasehati anak tersebut atau kalau kesalahan yg berasal dari guru maka guru bisa mulai memperbaiki apa yang dirasa anak kurang nyaman. sehingga tidak ada lagi anak yang menyendiri didalam kelas semua dapat bermain bersama.
demikian pendapat saya, mohon maaf apabila ada kekeliruan
terimakasih
Nama : Irma Riantika Sari
NIM : 858757848
Judul : “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Assalamaualakikum Wr.Wb
Menanggapi video diatas, memang sering di jumpai disekolah hal tersebut, dan di pengarhi beberapa faktor mengapa anak menjadi mogok tidak mau belajar di kelas bersama teman, seperti anak di bully dengan temannya (diejek, bertengkar atau berebut mainan), anak merasa bosan dengan aktivitas belajar, merasa tidak bisa dalam menyelesaikan tugas, merasa ketakutan, dll. itu semua merupakan salah satu luapan emosional anak.
Dalam mengatasi hal tersebut benar guru harus melakukan berbagai alternatif untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi anak mogok belajar.
Selain itu juga guru juga mencari alternatif aktivitas kegiatan belajar agar mau belajar kembali. sebagai guru PAUD benar-benar harus mampu membaca keinginan anak serta mnerapkan pembelajaran yang menyenangkan atau serung disebut dengan belajar sambil bermain.
Sekian Tanggapan yang dapat saya sampaikan, terimakasih
Wassaalamualaikum Wr.Wb