silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Maisyaroh
Nim : 856608701
Prodi : PG-PAUD
Ada beberapa hal yang dapat diambil setelah menonton video mengenai anak mogok tidak mau belajar, di video tersebut terlihat bahwa anak tidak ingin bergabung dengan teman lain yang sedang belajar. Jika menemukan kasus tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru /pengajar.
Hal pertama yang harus guru lakukan saat menemukan kasus tersebut adalah mencoba membujuk anak untuk bergabung jika tetap tidak mau, guru dapat mengajak anak keluar dan bermain sambil mencoba mencari penyebab dan solusinya. Jika anak tidak mau memberi tahu, bisa mencari tahu dari teman sekelas, dan memanggil wali kesekolah / melakukan home visit untuk mencari penyebab dan solusi bersama wali anak.
Ada beberapa hal yang menyebabkan anak tidak mau belajar dikelas
1. Anak bosan belajar
2. Anak dipaksa mengerjakan tugas hal yang ia belum kuasai, sedangkan yang lain telah bisa mengerjakannya
3. Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
4. Anak takut
5. Anak tidak menyukai guru yang mengajar (sakit hati)
Jika telah mengetahui penyebab anak tidak mau belajar kita dapat menemukan solusi yang sesuai dengan permasalahan anak
1. guru dapat melakukan pendekatan pribadi agar anak merasa nyaman disekitar guru / mengjungi rumah anak dan meminta pendapat dari wali anak
2. Jika anak tetap tidak mau bersosialisasi, anak dapat memilih untuk mencoba terus belajar dikelas atau melakukan kelas pribadi ( private class)
3. Jika anak hanya bosan grup dapat sesekali mengajak anak bermain sambil belajar di luar kelas, sesuai dengan kesepakatan antara guru dan murid.
Nama : Faizah Hilda Yana (858740307)
Anak Mogok Tidak Mau Belajar – Sosial Emosional – di ruang kelas – kelompok usia 4-5th.
Penerapan Prinsip Asesmen dan Evaluasi AUD: Dalam vidio tersebut terdapat anak yang tidak mau bergabung belajar bersama teman-temannya. Hal yang dilakukan guru pada vidio tersebut sudah baik dan benar. Guru pendamping mendekati anak untuk menanyakan alasan anak tidak mau bergabung bersama teman-temannya dengan membawa mainan. Alangkah baiknya guru kelas pun mengajak teman-temannya juga untuk mengapresiasi/mendorong anak supaya dapat bergabung bersama. Peran orangtua juga sangat penting dalam mengevaluasi dan memberi solusi terhadap anaknya.
Yang harus diperbaiki : Guru mengubah cara belajar dikelas. Belajar tidak selalu menulis, mewarnai, mencocok (monoton) sehingga anak akan menjadi bosan. Belajar dapat bervariasi, yaitu belajar sambil bermain seperti menulis diatas tepung, kartu angka/huruf, melakukan percobaan sains, dst.
Setelah diamati, dalam vidio tersebut sebaiknya jika anak mogok belajar guru memberi tawaran anak untuk belajar sesuai keinginannya. Guru cepat tanggap dalam mengamati dan menangani anak yang sedang mengalami mogok belajar. Dengan menanyakan kepada anak mengapa ia tidak mau belajar. Setelah mengetahui alasan anak, guru sebaiknya cepat tanggap dan memberi solusi. Seperti contoh, mengubah metode belajar (belajar sambil bermain) , anak ditawarkan lokasi belajar sesuai keinginannya. Selain itu, guru dapat memanggil orang tuanya untuk diajak diskusi perkemabangan anaknya dan memberi solusi bagaimana yang terbaik untuk anaknya.
Nama : Desak Putu Ariani
Nim. : 857042442
Prodi. : PGPAUD
Dari Vidio yang saya tonton ini, guru melakukan hal yang tepat kepada anak yang mogok belajar, karena dengan melakukan pendekatan baik itu kepada siswa maupun kepada wali murid kita sebagai pendidik tahu apa sebab kenapa anak sampai mogok belajar dan sebagai pendidik kita dapat mengambil tindakan yang tepat.
Ada beberapa hal yang dapat diambil setelah menonton video mengenai anak mogok tidak mau belajar, di video tersebut terlihat bahwa anak tidak ingin bergabung dengan teman lain yang sedang belajar. Jika menemukan kasus tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru /pengajar.
Hal pertama yang harus guru lakukan saat menemukan kasus tersebut adalah mencoba membujuk anak untuk bergabung jika tetap tidak mau, guru dapat mengajak anak keluar dan bermain sambil mencoba mencari penyebab dan solusinya. Jika anak tidak mau memberi tahu, bisa mencari tahu dari teman sekelas, dan memanggil wali kesekolah / melakukan home visit untuk mencari penyebab dan solusi bersama wali anak.
Ada beberapa hal yang menyebabkan anak tidak mau belajar dikelas
1. Anak bosan belajar
2. Anak dipaksa mengerjakan tugas hal yang ia belum kuasai, sedangkan yang lain telah bisa mengerjakannya
3. Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
4. Anak takut
5. Anak tidak menyukai guru yang mengajar (sakit hati)
Jika telah mengetahui penyebab anak tidak mau belajar kita dapat menemukan solusi yang sesuai dengan permasalahan anak
1. guru dapat melakukan pendekatan pribadi agar anak merasa nyaman disekitar guru / mengjungi rumah anak dan meminta pendapat dari wali anak
2. Jika anak tetap tidak mau bersosialisasi, anak dapat memilih untuk mencoba terus belajar dikelas atau melakukan kelas pribadi ( private class)
3. Jika anak hanya bosan grup dapat sesekali mengajak anak bermain sambil belajar di luar kelas, sesuai dengan kesepakatan antara guru dan murid.
Assalamu’alaikum wr.wb
Berikut analisis saya mengenai vidio yang saya lihat dengan judul:
A.*Judul: Anak mogok tidak mau
belajar
*Nama pengembang:Irsanti Widuri
Asih,S.sos
*Lokasi:Di sekolah didalam
kelas/lingkungan sekolah
*Kelompok:Anak usia dini 4-5 thn
*Ringkasan Materi:Mencari solusi agar anak tidak mogok belajar
B.Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
Jawab:Menurut saya ya karena guru tersebut mengembangkan penilaian terhadap anak seperti,Rasa ingin tau anak,kemampuan mengelola emosi,serta kemampuan berhubungan sosial dan etika.
C.Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
Jawab:Yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan yaitu,Menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua untuk mengetahui mengapa anak tersebut mogok belajar dengan mengajukan pertanyaan karna bisa jadi anak yang tidak mau belajar atau bermain bersama dengan temanya kemungkinan pelajaran yang diberikan oleh guru termasuk sulit baginya atau mungkin saja anak tersebut sakit hati atas ucapan gurunya.
Nama : Nur Adriyani
Nim : 858864469
Prodi : PGPAUD
Assalamalaikum wr.wb
Berdasarkan pada vidio diatas dapat saya ketahui bahwa pada saat anak mogok tidak mau bermain dengan temannya,
guru harus mengetahui apa penyebab anak tersebut mogok anatar lain :
1. takut
2. dipaksa mengerjakan (anak masih belom mampu)
3. anak bertengkar
4. anak sakit hati terhadap ucapan guru/teman
5. anak bosan
tugas guru yaitu membentuk motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu pada diri anak, dengan demikian guru dapat soilusi yang dapat diterapkan :
guru melakukan “hime visit” kerumah anak dengan mencari tahu apa kendala anak terhadap anak, menanyakan secara langsung terhadap anak apa yang menjadi pemicu anak tersebut menjadi mogok tidak mau bermain, selain itu juga bisa membuat kesepakatan dengan anak didalam kelas.
Nama: Mu’awanah
NIM: 858872101
Prodi: PGPAUD BI2023.1
Tugas pendidik adalah memotivasi anak untuk semangat belajar. Jika anak mogok belajar maka bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:
1. Takut
2. Dipaksa mengerjakan tugas
3. Mungkin bertengkar
4. Sakit hati terhadap ucapan guru pada dirinya
Solusi yang bisa diberikan anatara lain:
1. Menggali keterangan mendalam kepada orangtua dengan cara home visit
2. Memberi pilihan tempat belajar pada anak
3. Memberi pilihan pada anak untuk bermain dulu di luar kelas
Nama: Mu’awanah
NIM: 858872101
Prodi: PGPAUD BI2023.1
Tugas pendidik adalah memotivasi anak untuk semangat belajar. Jika anak mogok belajar maka bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:
1. Anak merasa takut akan suatu hal
2. Anak merasa dipaksa mengerjakan tugas
3. Mungkin anak sedang bertengkar
4. Anak merasa sakit hati terhadap ucapan guru pada dirinya
Solusi yang bisa diberikan anatara lain:
1. Menggali keterangan mendalam kepada orangtua dengan cara home visit
2. Memberi pilihan tempat belajar pada anak
3. Memberi pilihan pada anak untuk bermain dulu di luar kelas
Nama : Rabiatul Adawiyah
Nim : 859169462
Prodi : PGPAUD
UPJJ : Mataram
Vidio dengan judul ‘anak mogok tidak mau belajar’ memberikan gambaran tentang situasi yang kita temukan sewaktu-waktu di dalam kelas. Seorang pendidik harus mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab anak mogok belajar untuk dapat mencari solusi. Ada beberapa hal yang dapat menjadi alasan siswa tidak mau belajar antara lain :
1. Anak merasa takut
2. Guru memaksakan kegiatan yang belum mampu dilakukan, sementara temannya bisa melakukan
3. Siswa bertengkar dengan teman sekelasnya
4. Anak sakit hati dengan ucapan atau perbuatan guru
Jika kita mendapatkan siswa mogok belajar, maka kita bisa melakukan beberapa langkah dalam penyelesaiannya yaitu :
1. Melakukan homefisit untuk menanyakan kepada orang tua dan anak mengapa tidak mau sekolah
2. Guru memberikan pilihan kepada siswa untuk belajar sendiri di kantor atau perpustakaan
3. Jika siswa mogok karna bosan di dalam kelas, guru dapat memberikan waktu bagi siswa untuk bermain dengan waktu yang ditentukan
Ariyanti
Nim: 857853614
Dalam Vidio tersebut anak mogok tidak mau belajar. Tugas guru adalah memotivasi agar anak suka, senang dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru harus tahu penyebabnya jika anak tidak mau belajar. Mungkin ada beberapa faktor anak merasa:
1. Takut
2. Tidak mampu mengerjakan materi tersebut.
3. Merasa bosan.
4. Masalah keluarga.
Pendidik harus tahu betul masalah masalah yang dialami anak didiknya . Dalam Vidio tersebut sudah efektif untuk dijadikan contoh dalam mengatasi hal tersebut.
Pengalaman mengajar saya sering mengajak ngobrol anak menanyakan kenapa tidak mau belajar saya deketin lalu menemani anak tersebut misalnya agar mau menggambar dan mewarnai. Saya bersama sama membantu mewarnai , sehingga si anak mulai mau mengerjakan tugas.
Nama : MERSI IMELDA LIUNIMA
Nim : 859254364
Prodi : PGPAUD
Berdasarkan pada vidio diatas dapat saya ketahui bahwa pada saat anak mogok tidak mau bermain dengan temannya,
guru harus mengetahui apa penyebab anak tersebut mogok anatar lain :
1. takut
2. dipaksa mengerjakan (anak masih belom mampu)
3. anak bertengkar
4. anak sakit hati terhadap ucapan guru/teman
5. anak bosan
tugas guru yaitu memberikan motivasi dan mengajak anak tersebut untuk bermain dengan temannya dengan cara memberi dukungan dan pujian agar anak tersebut tetep semangat, dengan demikian solusi yang dapat dilakukan oleh guruadalah :
guru melakukan kunjungan kerumah anak dengan mencari tahu apa anak tersebut punya masalah dan menanyakan secara langsung terhadap anak apa yang menjadi pemicu anak tersebut menjadi mogok tidak mau bermain, selain itu juga bisa membuat kesepakatan dengan anak didalam kelas.