Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

  • Stop Bullying Pada Anak

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia…

  • Tebak Pantomim

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan…

  • Senam Tradisional

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan…

  • Anak Belum Mandiri

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru…

  • Anak Sulit Menceritakan Kembali Isi Cerita yang Telah di Dengarnya

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak yang berusaha mengatasi masalah anak yang tidak bisa atau belum bisa menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya. Cara-cara yang dilakukan guru adalah dengan beberapa langkah, yaitu mengkondisikan posisi duduk anak agar semua anak dapat melihat…

  • Anak tidak percaya Diri

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi…

1,401 Comments

  1. tanggapan dari saya, yang dilakukan guru tersebut sudah benar dengan berhenti bercerita dan menghampiri anak yang ngobrol untuk memindahkan tempat duduknya serta melibatkan anak ke dalam cerita. saya juga melakukan itu di dalam kelas.

    1
    0
  2. nama Fitri Apriliani
    Nim 855710194
    tanggapan dari saya, yang dilakukan guru tersebut sudah benar dengan berhenti bercerita dan menghampiri anak yang ngobrol untuk memindahkan tempat duduknya serta melibatkan anak ke dalam cerita. saya juga melakukan itu di dalam kelas.

  3. nama Fitri Apriliani
    Nim 855710194
    program study PG-PAUD
    tanggapan dari saya, yang dilakukan guru tersebut sudah benar dengan berhenti bercerita dan menghampiri anak yang ngobrol untuk memindahkan tempat duduknya serta melibatkan anak ke dalam cerita. saya juga melakukan itu di dalam kelas.

  4. Tanggapan saya dari video pembelajaran “anak yang mengobrol dikelas saat pbm”
    Kelemahan :
    – Guru tidak mengatur posisi duduk anak secara melingkar sehingga jangkauan pandangan guru jadi lebih luas
    – Media bercerita yang digunakan guru terlalu kecil sehingga sulit untuk dilihat oleh anak, harusnya guru dapat menambahkan media bercerita yang lain seperti boneka tangan, gambar yang lebih besar
    – Anak – anak yang duduk pada bagian belakang sibuk sendiri dan ngobrol kurang diperhatikan guru
    – Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besar ataupun menggunakan menggunakan suara – suara yang menggambarkan karakter pada cerita tersebut.
    -Sebelum bercerita sebaiknya pada kegiatan awal anak diberikan aturan di awal yang dapat disepakati antara guru dan anak agar anak tebiasa tertib dan kondusif
    -Guru dapat memberikan semangat pada anak dengan kegiatan bertepuk ataupun bernyanyi agar anak lebih antusias

    kelebihan
    – sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak saat sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk sudah baik.
    – guru juga sudah melibatkan anak dalam cerita

    makasi..

  5. Nama:Masnim Nim:859143556. Program study : S1 PG-Paud. Saya akan ikut menanggapi tentang vidio dengan judulnya Anak Mengobrol di kelas saat pembelajan. Guru Sudah melakukan yang terbaik dengan menghentikan Carita sejenak, guru juga menghampiri anak yang ngobrol di saat proses pembelajan, guru memindahkan tempat duduk anak yang ngobrol dan guru juga melibatkan anak anak dalam proses pembelajaran. Kelemahan :guru tidak mengatur posisi anak anak ketika sedang becerita. Kelebihan :Guru mempunyai Shara yg besar, intonasi jelas. Terimakasih

  6. Nama: AINUN SOPIANA
    Nim: 859128926
    Prodi: S1 PG PAUD
    Tanggapan:
    Tanggapan saya mengenai Vidio pembelajaran tersebut diatas yakni, apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah baik, dan ada beberapa hal yang mungkin guru tersebut bisa lakukan untuk mengatasi masalah anak yang mengobrol di kelas saat PBM, seperti guru dapat mengatur posisi duduk anak yg lebih rapi dan tertib contohnya dengan duduk melingkar atau duduk bersaff yang rapi. Selain itu guru juga dapat memilih alat peraga yang lain, seperti poster dengan gambar yang lebih jelas, atau boneka tangan yang lebih nyata.

  7. Nama : Immamatun Khasanah
    NIM : 857607322
    PRODI : PG PAUD
    Tanggapan dari saya dari Vidio “Anak yang ngobrol di kelas saat PBM”
    Kelemahan :
    – Posisi duduk anak yang kurang teratur, sehingga anak duduk bergerombol dan akhirnya mengobrol
    – Media yang digunakan untuk bercerita terbatas ukurannya sehingga menyebabkan anak kurang fokus karena mungkin sulit dilihat.
    kelebihan :
    – Guru sudah berupaya dengan baik untuk menjelaskan tentang binatang dengan media yang ada
    – Pemilihan topik binatang untuk bercerita sangat tepat karena anak usia dini tertarik dengan binatang
    – Guru sudah melibatkan anak dalam bercerita
    Solusi :
    – Sebelum mulai bercerita, hendaknya guru mengatur posisi duduk anak dengan pola U atau melingkar agar tidak bergerombol
    – Media gambar yang digunakan hendaknya yang berukuran besar misalnya dengan menggunakan layar proyektor

    Terima kasih….

  8. Anak ngobrol di kelas saat PBM
    Tanggapan saya dari video Anak ngibrol di kelas saat PBM .
    Kelemahan nya:
    -Tampaknya guru sebelum memulai bercerita tidak mengatur posisi duduk anak sehingga anak-anak duduknya dengan tidak beraturan.
    -Terlihat guru belum menguasai isi cerita tersebut sehingga guru terfokus pada buku cerita.
    – Guru dalam bercerita tidak memakai alat peraga /media bercerita sehingga anak-anak kelihatan bosan dan jadinya ngobrol bersama teman-teman nya tidak memperhatikan guru.
    Kelebihan nya:
    Dalam bercerita guru sudah berusaha menyampaikan cerita dengan baik sudah bersikap dengan baik bahkan ketika ada anak yang mengobrol guru berhenti bercerita sejenak dan menghampiri anak yang bgobrol dengan memisahkan anak tersebut dan anak duduknya di simpan di depan dekat guru, itu merupakan tindakan guru yang bagus.

  9. Saya sangat setuju dengan tindakan yang guru lakukan, pada saat seperti itu memang seharusnya guru cepat tanggap agar anak kembali memperhatikan guru, sangat bagus dan memberi ilmu tambahan bagi saya , tetimakasih guru pintar

  10. NAMA : PUTRI NUR HIDAYAH
    NIM : 857474702
    PRODI: PGPAUD

    video di atas menampilkan guru yang sedang bercerita namun anak-anak banyak yang mengobrol dan tidak peduli karena penyampaian cerita dari guru nya kurang menarik dan kreatif. namun kemudian guru mengubah metode berceritanya dengan di perlihatkannya juga gambar cerita tersebut dan mengkondisikan anak-anak yang mengobrol sehingga kelas menjadi berubah cukup kondusif.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/