silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Saya juga setuju dengan pendapat ibu.Semua yang tertuang didalam diskusi tersebut suasana kelas menjadi kondusif,anak akan tertarik mendengarkan cerita ibu guru.Jika anak sudah tertarik dengar cerita tersebut mereka pasti mendengarkan dan tidak mengobrol sendiri
Nama : MARGA RETNO PUJI LESTARI
NIM : 857762356
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : UT-Semarang
Pokjar : Salut Blora Mustika
Judul Video = Anak mengobrol di kelas saat pembelajaran
Assalamu”alaikum wr wb…
Saya akan menanggapi dalam video tersebut
Sebelum memulai pembelajaran anak-anak terlebih dahulu melakukan ice breaking atau dengan senam ataupun dengan kegiatan yang menyenangkan hatinya dan membuat perasaan senang gembira di sekolah, setelah itu ditenangkan dahulu anak-anak jika ada anak yang belum tenang bu guru tetap sabar dan tenang menghadapi anak yang sulit di atur. Setelah itu saat pembelajaran bu guru membacakan peraturan kelas setiap hari dan anak-anak juga mengikuti perkataan bu guru saat membacakan peraturan kelas, dan saat memulai pembelajaran bu guru dengan tetap mengingatkan peraturan kelas agar anak-anak selalu mengingatnya dan mungkin bu guru mencoba merubah strategi pembelajaran dengan metode lain sehingga anak-anak merasa tertarik dan merasakan antusias dengan hal yang baru sehingga lupa untuk mengobrol di kelas saat pembelajaran. Dan jangan lupa untuk selalu memberikan reward jika ia sudah memperbaiki perbuatannya.
Terimakasih untuk perhatiannya…
Wassalamu’alaikum wr wb
Nama: Gomgom Uli Simangunsong
NIM: 859505042
Prodi: PGPAUD
Tanggapan:
Saya juga sering mengalami hal ini didalam kelas. Dari yang ibu lakukan dalam vidio juga saya lakukan beberapa yaitu seperti memisahkan anak yang ngobrol.
Namun biasanya sebelum bercerita saya akan melakukan:
-ice breaking
-membuat peraturan yg disetujui bersama (murid dan guru)
-mengatur posisi anak
-biasanya saya akan menunjukkan 1 -3 foto yang lebih besar dari buku sesuai bahan yg akan diceritakan, guna menarik perhatian anak
– menggunakan intonasi saat bercerita agar anak tertarik.
-dan melemparkan pertanyaan kepada semua anak, lalu memberikan reward kpda mereka yang sudah berusaha.
#Terimakasih#
dalam video tersebut dalam bercerita guru kurang menarik, sehingga banyak anak yang masih banyak yang mengobrol dan tidak memperhatikan guru. sebaiknya guru dapat mengusai keaada didalam kelas, guru bisa memberikan beberapa kegiatan untuk menarik perhatian anak seperti melakukan ice breaking atau bernyanyi. kemudian untuk tempat duduk sebaiknya di tata melingkar sehingga anak dapat fokus terhahap guru yang sedang bercerita
Berdasarkan pengamatan saya kepada Vidio tersebut. Sang guru telah melakukan proses belajar sesuai dengan asesmen dan evaluasi belajar anak. Di lembaga kami juga dilakukan tindakan seperti itu jika menemukan anak yang selalu berbicara saat belajar.
Tanggapan dan penyelesaian dari guru tersebut sudah sangat baik dan bijaksana
Nama : Iis Nuryani
Nim : 857753135
Tanggapan:
Mengobrol saat proses belajar mengajar adalah hal yang sering terjadi didalam kelas, hal ini membuat proses belajar menjadi terganggu, tidak hanya guru yang mengajar tetapi juga siswa yang ingin serius belajar.
Upaya yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah cukup baik, dengan memisahkan anak yang suka mengobrol dari anak yang sedang belajar dan memposisikan anak yang mengobrol tersebut dekat dengan guru.
guru juga dapat melakukan upaya lain untuk membuat kelas lebih kondusif, seperti
Sebelum melakukan pembelajaran ajak anak untuk ice breaking terlebih dulu
Membuat peraturan yang disetujui bersama seperti ketika guru sedang berbicara anak-anak tolong mendengarkan dulu, ketika ingin berbicara maka angkat tangannya dan tunggu guru mengijinkan untuk berbicara
Mengatur posisi tempat duduk anak agar lebih tertib
Memberi reward pada anak yang sudah tertib
Nama : Jusliana
NIM : 859397161
PG PAUD SEMESTER 8
Dari pengamatan kami dalam video tersebut ibu guru sangat tenang menghadapi anak didik yg tidak memperhatikan ibu guru bercerita… Akan tetapi sebagai guru agar anak dapat mengikuti kegiatan mendengarkan cerita ada baiknya sebelum dimulai untuk kegiatan pembukanya biasanya anak-anak diajak bernyanyi sesuai dengan tema atau cerita yg akan di bawakan.. dalam video tersebut membahas tentang binatang, maka terlebih dahulu anak di ajak main games dengan menggunakan kartu gambar misalnya menebak gambar dan meniru suara binatang tersebut sehingga dari segi sosial emosional anak menjadi senang, happy rileks untuk mengikuti kegiatan pembelajaran… Untuk tips masukan yg ada dalam video sangat bermanfaat dan dapat di jadikan sebagai referensi untuk kami dalam kegiatan bercerita menggunakan buku gambar diakhir kegiatan, biasanya memberikan kesempatan kepada anak untuk mengulangi kembali cerita yang didengar kemudian diberikan reward kepada anak yang mampu melakukannya…
Nama : Anni Mustaghfiroh
NIM : 858171695
Menurut saya pembelajaran yang disukai anak adalah pelajaran yang di dalamnya tidak monoton atau istilah belajar sambil bermain dengan bigitu anak akan lebih asyik sehingga pembelajaran yang memakan waktu banyak tidak akan terasa lama karena mereka asyik
maka dari itu model pembelajaran itu harus meliputi:
a. menguasai kelas terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
b. melakukan ice breaking sesuai dengan pembelajaran yang akan di terapkan
c. memberikan permainan yang mengandung pembelajaran
d. ketika guru bercerita anak di usahakan duduknya berbentuk lingkaran
e. serta menggunakan alat peraga ketika bercerita dengan intonasi yang sesuai dengan cerita tersebut agar anak lebih tertarik untuk mendengarkan
itu saja terimakasih:)
Nama : Berlian Zahrotul Maghfiroh
NIM : 858742199
Prodi : S1 PGPAUD (AKPMM)
Dalam video tersebut terlihat seorang guru sedang membacakan cerita kepada anak didik, tetapi salah satu dari mereka ada yang mengobrol. Sesuai dengan video tersebut ada beberapa hal yang dilakukan untuk mengatasi anak didik yang sedang mengobrol pada saat PBM yaitu guru menghentikan sejenak cerita guru, mengubah strategi belajar, memisahkan anak yang sedang mengobrol dan menempatkan salah satu dari mereka untuk duduk didekat guru, serta memberikan reward kepada anak didik yang telah mengubah perilakunya.
Dari cara guru mengatasi anak yang sedang mengobrol seperti pada video tersebut, alangkah baiknya jika sebelum memulai bercerita, guru mengajak anak didik melakukan ice breaking misal, permainan tepuk atau bernyanyi bersama agar anak siap dan semangat menerima materi yang akan disampikan olah guru. Selanjutnya guru melakukan tanya jawab terlebih dahulu kepada anak didik tentang tema yang akan diceritakan dengan tujuan agar anak didik lebih paham dan mengerti cerita yang akan disampaikan oleh guru serta antusias dan semangat dalam mendengarkan cerita.
NAMA : MUSLIMAWATI
NIM : 859397226
pada video tersebut guru sudah melakukan dengan baik tetap tenang disaat anak-anak sibuk ngobrol disaat kegiatan bercerita, solusi yg disampaikan sangat bermanfaat dan bisa di terapkan di sekolah.