Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Nama : pebe br Sembiring
    Nim : 855976571
    Pokjar: Karo
    semester: 8
    Judul: anak ngobrol dikelas saat PBM
    1. Apa penyebab anak ngobrol di kelas saat KBM adalah menurut saya penyebabnya adalah anak tidak tertarik dengan cerita ataupun pembelajaran ibu guru sehingga murid-murid ngobrol tidak mendengarkan saat guru bercerita 2. Apa kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran? yang dilakukan oleh guru.
    kelebihan guru memisahkan anak yang sering ngobrol dan duduk di dekat guru
    Kekurangan guru adalah guru tidak melakukan pembukaan, ice breaking, bernyanyi, dll guru belum menguasai kelas saat melakukan kegiatan di dalam kelas
    3. Jika anda mengalami kasus yang di atas maka saya akan melakukan pembelajaran tersebut adalah yang pertama saya membuat duduk membentuk lingkaran supaya anak dapat melihat guru dan saya akan melakukan pembukaan bernyanyi dan tepuk fokus dan memberikan arahan atau peraturan belajar setelah anak duduk dengan bagus maka saya akan memberikan kegiatan belajar dan menggunakan berbagai media supaya anak tidak bosan dalam kegiatan belajar karena anak lebih suka belajar melalui bermain atau melalui berbagai media.

  2. Nama: pebe br Sembiring
    Nim: 855976572
    Pokjar: Karo
    Judul anak ngobrol dikelas saat PBM
    1. apa penyebab anak ngobrol di kelas saat BBM adalah menurut saya penyebabnya adalah anak tidak tertarik dengan cerita ibu guru sehingga murid-murid ngobrol atau tidak mendengarkan saat guru bercerita 2. Apa kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
    kelebihan guru dapat memisahkan anak yang sering ngobrol-ngobrol dan duduk di dekat guru kekurangan guru tidak melakukan pembukaan ice breaking bernyanyi guru belum menguasai kelas dan guru harus bercerita dengan intonasi yang jelas dan mimik sesuai dengan cerita
    3. Jika saya mengalami kasus yang di atas maka saya akan melakukan pembelajaran tersebut adalah yang pertama saya akan membuat duduk membentuk lingkaran supaya anak dapat melihat guru dan melakukan pembukaan bernyanyi tepuk fokus dan memberikan arahan atau peraturan belajar setelah anak duduk dengan bagus maka saya akan memberikan kegiatan belajar dan menggunakan berbagai media supaya anak tidak merasa bosan dalam kegiatan belajar.

  3. Nama : Yeni mustika
    Nim : 857843691
    Judul : Anak yang mengobrol dikelas saat PBM

    Menurut saya guru di dalam video tersebut guru sudah dengan sabar menghadapi anak yang mengobrol sewaktu kegiatan bercerita ..menurut saya sblum kegiatan guru 1.memberikan pilihan kepada anak tentang cerita apa yang mereka minati agar anak lebih antusias mendengarkan isi cerita tersebut .. 2. guru mengatur tempat duduk anak menyerupai bentuk lingkaran untuk mengurangi anak mangobrol satu dengan yang lain. 3.adakan kegiatan ice breaking gerak dan lagu sesuai tema (isi cerita). 4. Gunakan alat peraga agar bercerita lebih menarik seperti wayang -wayangan , bentuk hewan dari kardus . 5. Gunakan intonasi saat bercerita agar anak dapat membedakan karakter/suara 1 dengan yang lain.
    Mungkin itu dari saya pak/Bu terimakasih

  4. Nama : Nur Laili Hidayah
    Nim : 858739183
    Prodi : PGPAUD AKPMM
    Ringkasan Vidio tersebut yaitu :
    “Anak Ngobrol di Kelas saat PBM” (Sosial emosional 2)
    Menurut saya setelah saya mengamati video tersebut cara mengajar pendidik sudah cukup baik. seringkali kita jumpai biasanya ketika mengajar di dalam kelas banyak sekali macam-macam anak dan tingkah laku mereka yang unik yaitu anak sering berbicara sendiri dengan temannya. hal ini tentunya menjadi masalah buat para pendidik dan teman lainnya, dikarenakan anak yang lainnya tidak bisa fokus dalam menerima materi dari pendidik. akan tetapi kita sebagai pendidik harus mempunyai strategi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu seperti yang ada di video yaitu :
    *Memisah anak tersebut dengan teman yang diajak mengobrol dengan anak yang belajar.
    *Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru.
    *Melibatkan anak dalam kegiatan cerita atau dalam kegiatan proses belajar mengajar.
    *Kemudian tekankan kepada anak agar tidak mengulangi kesalahan lagi.
    *Lalu kemudian berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

  5. Nama : Farizah Irsalina Ahyar
    NIM :858870724
    Jurusan: PGPAUD

    menurut saya dari video tersebut banyak faktor yang membuat anak mengobrol sendiri dikelas.
    guru mungkin dapat mengawali dengan bertepuk tangan atau bernyanyi sebelum cerita agar anak fokus terhadap guuru. dari cara-cara yang diberikan video tersebut dapat kitav terapkan saat pembelajaran dan modifikasi sesuai ingin guru sendiri.

  6. Nama : Idawati
    Nim : 857500442
    Menurut saya dalam Vidio tersebut guru sudah melakukan hal yang benar dengan cara menghampiri anak yang sedang mengobrol dan memindahkan anak tersebut agar tidak mengobrol dengan yang lain. Selain itu agar lebih kondusif sebelum pembelajaran dimulai guru dapat melakukan ice breaking terlebih dahulu

  7. Nama: Ulya Ifana Haibati
    NIM: 857758206
    Menurut saya ada beberapa hal yang masih kurang dilakukan oleh guru tersebut, salah satunya adalah mengajak anak agar ikut aktif dalam melakukan kegiatan sehingga anak akan memiliki semangat dan tidak mengobrol dengan temannya, kemudian memberikan aturan diawal pembelajaran untuk anak agar bergantian ketika berbicara (antara guru dan anak)

  8. Nama : Risqi Ayu Mahlia Alba
    NIM : 857763673
    Prodi : PGPAUD
    A. Judul : Anak Mengobrol Dikelas Saat Pembelajaran
    Lokasi : Didalam kelas
    kelompok : anak PAUD
    Penulis naskah : Megawati Simanjuntak, Sp.MSi
    Narasumber : Dr. Ir. Dwi Hastuti,MSc (Bidang Keahlian Perkembangan anak
    Ringkasan : saat guru mengajarkan anak dan membacakan cerita di depan anak kemudian anaknya tidak mendengarkan, beberapa ada yang mengobrol dengan temannya, bermain sendiri sehingga tidak fokus dan kelas tidak menjadi kondusif. Dari permasalahan tersebut guru dapat melakukan beberapa hal mengubah strategi yang dilakukan oleh guru antara lain :
    1. pembelajaran sejenak untuk menengkan anak-anak yang bosan, merasa jenuh dan tidak mendengarkan dengan ice breaking
    2. memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sudah fokus mendengarkan posisi duduk anak yang mengobrol terpisah dengan anak yang sudah tenang dan fokus
    3. melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
    4. menekankan kepada anak supaya anak tidak melakukan kejadian yang sama
    5. berikan riward kepada anak yang dapat memperbaiki perilakunya dengan bertepuk tangan.

    B. – Dalam vidio tersebut guru sudah melakukan evaluasi dan asesmen. melalui dengan mengamati anak didiknya saat pembelajaran berlangsung. Evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru mengetahui apakah materi bercerita dapat dipahami oleh anak didiknya. Asesmen dengan melihat respon anak saat bercerita berlangsung dan kemajuan perilaku anak yang berubah lebih baik/tidak seperti anak yang awalnya suka mengobrol menjadi lebih tenang dan mau mendengarkan gurunya. Asesmen yang dilakuakn guru dengan melaui proses bukan hasilnya seperti anak yang suka mengobroldan menjadi tenang dan fokus dengan berbagai strategi dan pendekatan yang dilakukan oleh guru.

    – Prosedur yang dilakukan untuk asesmen yaitu bisa menggunakan observasi pengamatan di saat pembelajaran.

    – prinsip yang dilakukan saat evaluasi atau sesmen adalam vidio tersebut antara lain :
    1. Kontinu yaitu usaha untuk mencapai kurikulum merdeka
    2. komprehensif yaitu : mengukur keseluruhan baik kemampuan dasar berbicara/bahasa anak yaitu : kemampuan anak dalam merespon menjawab atau bertanya dengan guru. Pengembangan perilakunya yaitu : bisa dilhat dari perilaku anak yang diam atau yang mengobrol saat guru membacakan cerita.
    3. Bermakna yaitu : guru melakuakn berbagainstrategi dan metode yang dilakukan supaya mendapatkan hasil yang baik.

    C. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam vidio tersebut yaitu :
    1. Saat membacakan cerita, sebelum guru membacakan cerita guru mengajak anak untuk tebak-tebakan, menebak cerita apa yang akan dibacakan oleh guru dengan demikian anak akan menjadi antusias menjawab tebakan cerita tersebut.
    Di dalam vidio guru membacakan cerita ” Anjing Dengan Bayangannya”. Guru dapat memberikan tebakan dari anjing. siapa yang tau bu guru akan bercerita hewan yang mempunyai kaki 4, suka makan tulang atau daging, bersuara guk guk guk. dengan demikian anak-anak akan bersemangat menjawab anjing bu gruru.
    2. Guru sebaiknya membawa alat peraga yang akan digunakan untuk bercerita,selain dengan membawa buku ceritaguru dapat membawa gambar anjing dan bayangan hitan anjing sehingga anak-anak lebih tertarik untuk melihat dan mendengarkan.
    3. berikan intonasi yang berbeda. tidak sepertin suara guru yang asli. misanya tokoh anjing dengan sura yang besar.
    4. mimik wajah dan gerak tubuh harus diperhatikan oleh guru. mimik wajah saat anjing terkejut gerak tubuh guru mempraktekkan dengan meloncot atau gerakan tangan terkejut. sehingga akan lebih menarik untuk dilihat anak.
    5. guru lebih interaktif dengan anak didiknya. berikan pertanyaan setiap halaman yang dibacakan guru selesai. Misalnya guru membaca halaman 1-3. selesai bercerita guru mengulangnya cerita yang dibacakan dengan pertanyaan yang dijawab oleh siswa. kelas menjadi nyata dan interaktif.
    6. Posisi duduk anak guru yang mengatur sebelum guru bercerita. guru sudah mengetahui karakteristik dan perilaku setiap anak didiknya. dengan demikian guru mengatur posisi duduk anak yang sering membuat gaduh mengajak temannya bercerita atau anak yang aktif dengan gerakannya.

  9. Nama : NOVIA ANJARWATI
    NIM : 858844711
    Prodi : PG PAUD BI

    Dari video diatas tampak anak-anak kurang memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung. Mereka asyik mengobrol sendiri dengan teman yang ada didekatnya. Pada video tersebut saat awal pembelajaran berlangsung guru tidak memberikan arahan dan menata tempat duduk anak-anak tersebut dengan benar agar anak bisa memperhatikan pembelajaran dengan seksama.
    Cara yang dapat dilakukan guru agar anak bisa memperhatikan pembelajaran dikelas yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran yaitu:
    1. Guru harus memfokuskan pembelajaran untuk menenangkan kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar
    3. Memastikan anak yang mengobrol dapat terlihat langsung oleh guru
    4. Melibatkan anak dalam proses pembelajaran
    5. Tekankan anak yang mengobrol agar tidak mengulangi perbuatannya lagi
    6. Berikan reward kepada anak ketika bisa memperbaiki kesalahannya

  10. Nama : Qurrota Akyun
    Nim : 858448186
    Prodi : PGPAUD AKPMM
    Judul : Anak yang mengobrol dalam kelas

    Menurut saya ibu guru di dalam vidio sudah berusaha menenangkan dan mengambil perhatian murid-murid yang sedang mengobrol. Tetapi suara ibu guru saat menceritakan buku cerita kurang menarik perhatian anak-anak, sehingga anak lebih senang birbicara dan bermain dengan anaknya. Ibu guru bisa lebih ekspresif lagi dala bercerita dan melontarkan tanya jawab pada anak agar anak bisa lebih memeperhatikan ibu guru

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/