silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : DEUIS RATNAWATI
NIM : 857512139
UPBJJ UT : BANDUNG
Izin menjawab.
Setelah saya melihat video tentang “Anak Ngobrol di Kelas saat PBM” ini merupakan kondisi yang sering terjadi di setiap lembaga. Saya sendiri sering mengalami hal tersebut. Ada beberapa faktor yang membuat anak sering ngobrol di kelas saat PBM, misalnya anak merasa bosan dengan kegiatan bercerita, tidak dilibatkan pada saat kegiatan bercerita, anak tidak menyukai kegiatan bercerita atau anak bosan dengan kegiatan yang selalu dilakukan dalam kelas. Seperti yang dikatakan dalam video tersebut, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menghentikan kegiatan bercerita, mengajak anak yang ngobrol untuk duduk di depan bersama guru, mengubah variasi kegiatan dalam kelas, memberikan reward bagi anak yang mengikuti aturan kelas, dan lainnya. Hampir sama dengan yang disampaikan dalam video tersebut, solusi yang saya lakukan juga adalah dengan menghentikan kegiatan bercerita, mengajak anak yang ngobrol untuk duduk di depan, menukar posisi duduk anak yang ngobrol, memberikan reward kepada anak yang mengikuti kegiatan dengan baik, dan lainnya.
Nama : DEUIS RATNAWATI
NIM : 857512139
UPBJJ UT : BANDUNG
Izin menjawab.
Setelah saya melihat video tentang “Anak Ngobrol di Kelas saat PBM” ini merupakan kondisi yang sering terjadi di setiap lembaga. Saya sendiri sering mengalami hal tersebut. Ada beberapa faktor yang membuat anak sering ngobrol di kelas saat PBM, misalnya anak merasa bosan dengan kegiatan bercerita, tidak dilibatkan pada saat kegiatan bercerita, anak tidak menyukai kegiatan bercerita atau anak bosan dengan kegiatan yang selalu dilakukan dalam kelas. Seperti yang dikatakan dalam video tersebut, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menghentikan kegiatan bercerita, mengajak anak yang ngobrol untuk duduk di depan bersama guru, mengubah variasi kegiatan dalam kelas, memberikan reward bagi anak yang mengikuti aturan kelas, dan lainnya. Hampir sama dengan yang disampaikan dalam video tersebut, solusi yang saya lakukan juga adalah dengan menghentikan kegiatan bercerita, mengajak anak yang ngobrol untuk duduk di depan, menukar posisi duduk anak yang ngobrol, memberikan reward kepada anak yang mengikuti kegiatan dengan baik, dan lainnya.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Sri Rahayu
NIM : 859517466
UPBJJ : Jakarta
Izin menanggapi video
Setelah menonton video pembelajaran ” Anak ngobrol di Kelas Saat Pembelajaran ” sangat bermanfaat untuk dapat dipraktekkan kembali oleh guru.
Dalam video tersebut memberikan penjelasan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh guru saat anak-anak mengobrol yaitu :
– Memisahkan anak-anak yang mengobrol
– Guru mendekat dengan anak-anak yang mengobrol
– Memberikan reward kepada anak yang mendengarkan
Selain langkah-langkah diatas,sebaiknya sebelum memulai kegiatan guru juga melakukan kesepakatan dengan mengingatkan aturan kelas sehingga anak-anak akan mengerti apa yang harus dilakukannya saat guru mulai bercerita. Tetapi kadang memang masih ada beberapa anak yang lupa akan aturan yang sudah diingatkan oleh guru,dan itu dapat membuat sebagian anak kurang nyaman.
Pada video pembelajaran ini anak-anak dapat belajar untuk mematuhi aturan kelas,dan melatih fokus anak untuk mendengarkan guru bicara.
Video ini dapat menambah pengetahuan dan materi yang disajikan sangat mudah dimengerti bagi guru.
Demikian pendapat saya.
Terima kasih
Haii semuanya, Perkenalkan
Nama Saya: Zamzami Munawwaroh
NIM: 859519982
UPBJJ: Jakarta
Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Mengajar PAUD4304
Refleksi Video:
Video ini menyoroti permasalahan nyata yang sering terjadi di kelas, khususnya pada anak usia dini, yaitu kecenderungan mereka untuk mengobrol saat proses belajar mengajar (PBM) berlangsung. Hal ini adalah hal yang lazim, mengingat pada usia dini anak-anak masih berada pada tahap perkembangan moral dan disiplin yang belum matang.
Sebagai guru, penting untuk memahami bahwa perilaku seperti ini bukan sekadar bentuk kenakalan, tetapi cerminan dari kebutuhan anak akan interaksi sosial, stimulasi yang sesuai, dan pendekatan pembelajaran yang menarik. Dengan kata lain, perilaku anak yang mengobrol bukan hanya masalah perilaku semata, tetapi juga indikator bahwa metode pembelajaran harus menarik dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
Analisis Video
1. Masalah Utama: Anak Mengobrol Saat PBM
Mengobrol saat pelajaran bisa mengganggu konsentrasi, baik bagi diri anak sendiri maupun teman-temannya.
Perilaku ini mencerminkan rendahnya kemampuan regulasi diri anak usia dini, yang memang masih dalam proses berkembang.
2. Strategi Penanganan oleh Guru
Video ini menawarkan pendekatan-pendekatan yang konstruktif dan mendidik:
Variasi permainan (misalnya tepuk-tepukan): Pendekatan ini bersifat kinestetik dan auditori, membantu anak tetap fokus sambil bermain.
Memindahkan tempat duduk anak ke dekat guru: Strategi ini memberi pengawasan lebih dekat dan membuat anak merasa lebih terlibat.
Memberikan reward di akhir pembelajaran: Teknik penguatan positif ini mendorong anak untuk menunjukkan perilaku yang lebih baik secara sukarela.
3. Nilai Pendidikan Moral-Disiplin
Video ini mendukung pendekatan penguatan positif dan pembelajaran sosial-emosional, bukan hukuman keras.
Anak diajarkan untuk bertanggung jawab atas perilakunya dan memahami konsekuensinya dengan cara yang lembut dan penuh empati.
Kesimpulan
Video ini memberikan wawasan penting bagi guru PAUD dalam menangani masalah sehari-hari di kelas secara kreatif, sabar, dan edukatif. Pendekatan yang digunakan mendukung pengembangan disiplin dari dalam diri anak, bukan melalui paksaan, yang sejalan dengan prinsip pendidikan modern berbasis karakter.
Nama : Rahadian Dharma Pratiwi
NIM : 878198347
Video ini memberikan sudut pandang yang baik tentang bagaimana menangani anak yang suka mengobrol saat PBM. Dijelaskan bahwa anak tidak selalu bermaksud mengganggu, bisa jadi karena mereka sedang bersemangat atau belum paham aturan belajar di kelas.
Manfaat dari video ini menyadarkan saya bahwa penting untuk membuat aturan kelas bersama anak secara jelas dan konsisten. Saya juga jadi tahu bahwa komunikasi dua arah lebih efektif daripada langsung menyuruh diam tanpa penjelasan.
Nama : Alda Nadillah
Nim : 857473259
Upjj: Bandung
Dengan melihat vidio ini saya bisa melihat bahwa karakter anak sangat beragam mungkin saran saya supaya anak bisa fokus mendengarkan
– coba bu guru mendisiplinkan kembali posisi duduk anak, bisa melingkar dan bu guru di tengah
– kemudian menggunakan benda tambahan agar anak menjadi lebih tertarik mendengarakan yang guru sampaikan
– beri pengertian pada anak bahwa sannya setelah guru bercerita nanti kita akan bertanya tentang yang di bicarakan tadi agar anak lebih perhatian mendengarkan
Selamat Malam
Nama : Rina Saraswati Dewi
Nim : 859040326
UPBJJ : Denpasar
Izin menanggapi video yang berjudul ” Anak Mengobrol di Kelas Saat PBM” dimana video ini sangat bermanfaat terutama untuk saya pribadi, saya terkadang kesulitan menghadapi anak-anak yang lain-lain saat PBM karena jumlah murid saya di dalam kelas lumayan banyak, jadi juga terkadang membuat anak-anak yang benar-benar menyimak menjadi merasa terganggu, dengan adanya video ini, saya jadi mendapat banyak solusi untuk menghadapi masalah yang sering ada di dalam kelas seperti : mengehentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol, memastikan anak yang suka mengobrol ada di dekat guru, dan memberikan reward bagi anak yang benar-benar mendengarkan, demikian pendapat saya. Terima kasih
Nama : Ni Putu Wiwik Widyanuari
NIM : 859047375
UPBJJ : Denpasar
Mata Kuliah : PAUD4401
Dalam video menunjukkan cara seorang guru mengatasi anak yang ngobrol saat guru bercerita . Langkah-langkah yang diambil yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran. Diantaranya:
1. Saat anak ngobrol , guru menghentikan bercerita dulu.
2. Pisahkan anak yang mengobrol antara anak satu dengan anak yang lain.
3. Tempatkan anak-anak tersebut dekat dengan guru.
4. Libatkan mereka saat guru bercerita.
5. Memberikan reward jika anak mampu menyelesaikan kegiatan di akhir .
Sangat bagus sekali untuk diterapkan kalau menemukan masalah anak ngobrol saat guru bercerita.
Selain dengan strategi-strategi di atas , bisa ditambahkan dengan mengajak anak permainan tepuk atau dengan lagu.
Terima kasih
Nama : TSANI SAYYIDATUS SHOFARIYAH
NIM : 860028299
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional PAUD4501. 25
UPBJJ : BANDUNG
Assalamu’alaikum…
Setelah menonton video dalam GPO ini yang berjudul ” Anak Ngobrol di Kelas saat Pembelajaran” , isi dari video tersebut adanya seorang guru yang sedang melakukan kegiatan bercerita, namun masih ada sebagian anak yang tidak fokus mendengarkan guru tersebut.
Untuk mengatasi hal tersebut, guru melakukan beberapa tindakan yaitu :
1. Menghentikan sejenak kegiatan bercerita/ proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru
4. Melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
5. Menekankan anak agar tidak mengulanginya
6. Memberikan reward jika anak bisa memperbaiki perilakunya
Langkah-langkah atau beberapa Tips yang diambil guru tersebut menurut saya sudah bagus, karena sebagian anak sudah bisa fokus mendengarkan guru dalam bercerita. Mungkin bisa juga ditambahkan media pembelajaran yang bervariasi misalnya seperti boneka tangan supaya anak lebih tertarik dan semangat bahkan fokus mendengarkan cerita guru dalam kegiatan bercerita tersebut.
Demikian tanggapan saya, Terimakasih….
Nama : TSANI SAYYIDATUS SHOFARIYAH NIM : 860028299 Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional PAUD4501. 25 UPBJJ : BANDUNG
Assalamu’alaikum…
Setelah menonton video dalam GPO ini yang berjudul ” Anak Ngobrol di Kelas saat Pembelajaran” , isi dari video tersebut adanya seorang guru yang sedang melakukan kegiatan bercerita, namun masih ada sebagian anak yang tidak fokus mendengarkan guru tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, guru melakukan beberapa tindakan yaitu :
1. Menghentikan sejenak kegiatan bercerita/ proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas 2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru
4. Melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
5. Menekankan anak agar tidak mengulanginya
6. Memberikan reward jika anak bisa memperbaiki perilakunya.
Langkah-langkah atau beberapa Tips yang diambil guru tersebut menurut saya sudah bagus, karena sebagian anak sudah bisa fokus mendengarkan guru dalam bercerita. Mungkin bisa juga ditambahkan media pembelajaran yang bervariasi misalnya seperti boneka tangan supaya anak lebih tertarik dan semangat bahkan fokus mendengarkan cerita guru dalam kegiatan bercerita tersebut. Demikian tanggapan saya, Terimakasih….