silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Setiap guru terutama guru Pendidikan anak usia dini pasti pernah mengalami situasi yang sama. Ketika guru sedang menyampaikan materi, ada saja anak yang mengobrol satu sama lain. Untuk mengatasi situasi tersebut, perlu adanya perubahan strategi pembelajaran dalam kelas diantaranya:
1. Hentikan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
3. posisikan anak yang mengobrol duduk dekat guru
4. Melibatkan anak yang mengobrol pada cerita
5. Tekankan anak agar dapat memperbaiki perilakunya
6. Memberikan reward kepada anak yang dapat mengubah perilakunya
Dalam video tersebut, guru tampak menghentikan cerita yang dibacakan dan mendekati anak yang sedang mengobrol. Setelah mendekatinya, guru tampak memisahkan anak yang sedang mengobrol dan mengajaknya duduk di dekatnya. Guru melanjutkan membacakan cerita dengan melibatkan anak dan memberikan penghargaan kepada anak yang dapat memperbaiki perilakunya dengan mengajak anak-anak yang lain bertepuk tangan.
Tampak dalam video guru sudah menerapkan strategi tersebut. Namun dalam bercerita, guru tidak harus selalu menggunakan suara yang keras terlebih jika ada anak yang mengobrol. Perlu ada suara-suara lirih agar anak terpancing untuk diam dan memperhatikan.
Nama : Febriyana Heri Dewi Kusuma
NIM : 859661917
Setelah saya menonton video ini kejadian tersebut pastinya pernah dialami oleh semua guru saat mengajar di kelas terutama PAUD dan TK. Salah satu strategi guru menjaga suasana kelas agar tetap kondusif dengan menggunakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi sebetulnya sudah bagus untuk mendukung perkembangan sosisal-emosional anak. Namun, sebaiknya sebelumnya kita sebagai guru harus mencari tahu penyebabnya dengan menanyakan langsung ke anak dan membuat aturan dan sanksi yang tegas dan jelas juga. Disamping itu, untuk pemberian reward harus diberikan dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan agar anak tidak fokus pada hadiah dan ketergantungan karena juga dapat berpengaruh pada pengembangan karakter anak.
Saran saya untuk melakukan kegiatan bercerita sebaiknya menggunakan buku bergambar yang jelas dan terlihat atau menggunakan boneka jari serta menggunakan ekspresi wajah dan intonasi suara yang tepat untuk lebih menarik dan membuat cerita lebih hidup.
Nama : Nurul Khotimah
NIM : 855801832
JUDUL : Anak mengobrol di kelas saat PBM
DI dalam video tersebut adalah gambaran yang sering dihadapi guru di dalam kelas.Kemungkinan anak bosan dan kurang tertarik dalam pemyampaian guru.
di dalam video tersebut Guru sudah mampu menenangkan dan mengatasi permasalahannya.Ibu guru menghidupkan kembali kelss dengan cara mendekati anak-anak yang tidak fokus pada buguru dan melibatkan anak dalam pembelajaran metode bercerita.Anak-anak menjadi senang dan merasa baha mereka berada dalam cerita tersebut.
NAMA : MIRA YUANITA
NIM 856283905
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dari video tadi bisa diambil kesimpulan bagaimana cara menangani anak yang ngobrol dalam proses pembelajaran yaitu guru menghentikan cerita dulu lalu dekati anak yang ngobrol,kemudian anak tersebut dipisahkan dan duduk dekat guru,lalu libatkan anak tesebut dalam cerita tadi, dan sambilkan juga pada anak tadi mengingatkan tata tertib waktu guru sedang bercerita kasih reward untuk menyenangkan hati anak agar termotivasi untuk menjadi anak yang baik dan patuh degan aturan waktu PBM. Terima kasih.
NAMA : MUTMAINNAH
NIM : 859424244
UPBJJ UT MAKASSAR
Video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan anak moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses pembelajaran berlangsung yakni anak yang ngobrol.upaya yang dapat dilakukan adalah mengadakan permainan yang bervariasi, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka ngobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha agar mendapatkannya
NAMA : IKHE GINA PRAVITA SARI
NIM : 857991863
UPBJJ : YOGYAKARTA – SALUT SEMBADA
Dalam video “Anak Mengobrol di Kelas Saat PBM” terlihat seorang guru yang sedang bercerita di kelas, dan beberapa anak sedang mengorbol, langkah-langkah yang dilakukan guru tersebut agar anak tersebut tidak mengganggu PBM adalah dengan :
– Menghadap anak yang sedang mengobrol tadi dengan menegur “Wah, ternyata sedang ada yang mengobrol nih disini !!”
– Guru menghentikan sejenak ceritanya
– Guru mengajak anak yang mengobrol tadi untuk duduk terpisah dari kelompok teman-teman yang lain
– Guru melibatkan anak tersebut dalam kegiatan bercerita
– Guru memberikan reward “tepuk tangan” dengan cara mengajak teman-temannya bertepuk tangan atas pencapaian anak yang mengobrol tadi bisa tertib hingga cerita selesai dan tidak mengulangi kembali perbuatannya.
Tindakan tersebut sama dengan saran utama yang dapat dilakukan guru yang disampaikan oleh Ibu Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc. Bidang Keahlian Perkembangan Anak, menurut beliau solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas, antara lain :
1. Hentikan kegiatan cerita atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
3. Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses pembelajaran
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Assalamualaikum
Izin menanggapi video di atas tersebut
Nama : Zulfa fauziah
Nim : 859661759
Judul video ” Anak mengobrol di dalam kelas saat PBM ”
Setelah saya amati menurut pendapat saya hal yang terdapat di video tersebut sering terjadi dalam kegiatan belajar mengajar seperti pada saat bercerita . Untuk mengubah dan memperbaiki hal tersebut perlu mengubah strategi agar anak lebih fokus untuk mendengarkan dan tidak bosan seperti di dalam video di atas
1. Menghentikan kegiatan sejenak agar anak dapat fokus
2. Memisahkan anak yang mengobrol dan anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang ngobrol di depan guru
4. Melibatkan anak dalam proses belajar
5. Menekankan anak agar tidak mengulangi
6. Memberikan reward
Selain itu juga bisa dengan menyanyi lagu terlebih dahulu serta memberikan ice breaking agar anak tidak merasa mudah bosan
Nama: Neng Tia Nuur Kholifatul Jannah
NIM: 859668181
UPBJJ: Bandung
Prodi: PGPAUD Semester 4
Dalam video tersebut menunjukan suasana kelas yang kurang kondusif pada saat kegiatan berlangsung. Dan situasi seperti itu juga sering kali saya jumpai pada saat kegiatan pembelajaran di lembaga tempat saya mengajar. Dalam video tersebut juga menunjukkan cara untuk mengatasi anak yang kurang fokus pada saat guru sedang melakukan penjelasan, diantaranya adalah dengan mengubah strategi pembelajaran, memisahkan anak yang senang mengobrol, menempatkan anak yang senang mengobrol didekat guru dan memberikan reward kepada anak yang bisa tertib mengikuti kegiatan dengan baik.
sekian, terimakasih
Nama : Iik Hikmatul Hasanah
Upbjj : Bandung
Mohon izin memberikan komentar pada video ini.
Menurut pendapat saya, dengan menonton video ini, kini saya memahami bahwa memang dunia anak adalah dunia bermain, maka sebagai pendidik anak usia dini tentunya harus mampu menggunakan waktu belajar sambil bermain. Sehingga saat anak bermain sedikit demi sedikit anak di berikan arahan supaya mau berprilaku baik pada saat belajar di dalam kelas. Dengan menonton video ini tentunya sangat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan saya sebagai pendidik anak usia dini. Terimakasih untuk video pendidikannya.
Assalamu’alaikum.wr.wb
Nama : Fenny Sugiarti
NIM : 857994006
UPBJJ : UT Yogyakarta
Mohon ijin menanggapi video ” Upaya guru mengatasi anak mengobrol di dalam kelas saat PBM ”
Anak mengobrol di dalam kelas juga sering terjadi di kelas saya. Hal itu terjadi karena anak kurang fokus terhadap apa yang sedang di sampaikan oleh guru di dalam kelas. Langkah yang dilakukan guru untuk menenangkan kelas sudah benar dengan cara yaitu:
– Menghentikan sejenak cerita yang sedang dibacakan oleh guru
– Memisahkan kedua anak yang sedang bercerita
– Menempatkan anak yang tadi bercerita, duduk dekat dengan guru
– Melibatkan semua anak dalam kegiatan membaca
Selain itu bisa juga ditambahkan dengan cara tepuk focus bila suasana kelas sudah mulai tidak kondusif. Bisa juga dengan cara guru lebih mendalami isi cerita, intonasinya lebih ditekankan, raut dan mimik wajah sesuai dengan isi cerita sehingga lebih menarik perhatian anak- anak.
Sekian tanggapan dari saya,
Wasslamu’alakum. Wr. Wb