silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Siti Nurhasanah
    NIM : 859665527
    Situasi yang Terjadi dalam video tersebut menampilkan situasi di mana ada anak yang berbicara dengan temannya saat proses belajar mengajar (PBM) sedang berlangsung, kejadian ini sering saya jumpai di saat saya melakukan PBM pada kelas yang memiliki murid dengan jumlah banyak. dalam hal ini mengingatkan saya sebagai pendidik sangat penting untuk memiliki lebih banyak Kesabaran, konsistensi, dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam menghadapi dinamika kelas anak usia dini. kesabaran dan memahami bahwa perilaku mengobrol di kelas bukan semata-mata bentuk kenakalan, melainkan bagian dari proses tumbuh kembang anak. Ini menjadi pengingat bahwa guru harus selalu peka terhadap kondisi anak dan mampu menerapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik usia dini.
    Terimakasih

  2. Assalammualaikum……
    Nama : Ani Yunungsih
    NIM : 857390299
    UPBJJ-UT : Bogor

    Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    – Permasalahan:
    Video ini menunjukkan situasi di mana siswa tidak fokus selama proses belajar mengajar (PBM) dan lebih memilih mengobrol dengan teman.
    Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa, strategi pengajaran yang kurang menarik, atau pengelolaan kelas yang kurang efektif.
    – Dampak:
    Gangguan terhadap konsentrasi siswa lain.
    Penurunan efektivitas pembelajaran karena materi tidak tersampaikan dengan baik.
    – Refleksi:
    Guru sudah melakukan pendekatan kepada siswa yang sedang ngobrol ketika PBM berlangsung dan membawa siswa tersebut untuk duduk dekat guru saat bercerita.
    Penting untuk menerapkan strategi pengelolaan kelas, seperti aturan yang jelas, atau aktivitas yang melibatkan semua siswa.
    Membangun hubungan positif dengan siswa dapat membantu meningkatkan rasa hormat dan keterlibatan mereka.

  3. Nama : SUPIYATUN
    NIM : 859683518
    UPBJJ UT SURABAYA

    Dari video diatas sangat bagus sekali yaitu beberapa cara atau solusi jika ada anak yang ngobrol saat pembelajaran
    yaitu bisa dilakukan beberapa cara :
    a. ajak anak-anak untuk tenang
    b. jika anaknyang ribut cukup banyak gunakan tepuk diam
    c. bila anak yang berbuat ribut hanya sedikit maka dekati anak dan ajak anak untuk focus kepada tugas yang harus dikerjakan
    d. jika anak tersebut yang rebut sudah selesai mengerjakan tugas maka berikan tugas lain agar anak tersebut tidak rebut.

    Dari keselruhan video diatas sudah bagus akan tetapi alangkah baiknya jika media yang digunakan bisa ditambah seperti menggunakan boneka tangan atau cara penyampaian yang lebih ekspresif

  4. Nama : Mubasiroh
    Nim : 877309808

    Vidio ini berisi tentang gambaran umum yang sering terjadi di setiap kelas anak usia dini saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengenai permasalahan moral – disiplin anak yang di temukan pada anak usia dini.
    Adapun upaya cara mengatasi permasalahan anak ngobrol di kelas saat PBM, dengan cara mengubah cara pembelajaran atau strategi pembelajaran guru di dalam kelas :
    1. Menghentikan kegiatan cerita guru secara sejenak untuk menenangkan sesuana kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang belajar
    3. Memposisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar mengajar yang di sampaikan guru
    5. Menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Memberikan n reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki reaksinya

    Dengan mengajak ice breaking sejenak melakukan tepuk atau gerakan badan.

  5. Nama:AINIL SUKMA
    Nim :856277618
    UPBJJ UT.Padang

    Izin menanggapi judul dari yg saya ambil yaitu “Anak Ngobrol di saat PBM”

    Setelah saya amati dan saya lihat dapat saya tanggapi:
    1.Mengubah Strategi Pembelajaran Guru Di kelas
    2.Guru Menenangkan suasana kelas
    3.Pisahkan Anak yang Mengobrol Dari anak yang sedang belajar
    4.Pastikan Anak Mengobrol Dekat kan dengan guru
    5.Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar
    6.tekankan dengan anak tidak mengulangi lagi kejadian yang sama
    7.Berikan Reword kepada anak jika dapat memperbaiki prilakunya..

    Sekian terima kasih🙏

  6. Nama: Suci Puspa Dewi
    Nim: 856279897
    UPBJJ UT Padang

    Assalamualaikum wr.wb izin menanggapi video yang dilihat
    Vidio yang ke 2 saya ambil adalah Dengan judul “Anak ngobrol dikelas saat PBM”
    1.Mengubah strategi pembelajaran guru dikelas
    2. Guru menenangkan suasana kelas
    3. Pisah kan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    4. Pasti kan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
    5.Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar.
    6 Tekankan dengan anak tidak mengulangi lagi kejadian yang sama.
    7. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilaku nya.
    Sekian terimakasih 🙏

  7. ASSALAMUA’ALAIKUM WR WB,,,,
    NAMA: EVITA WIDIA SARI
    NIM: 856275725
    UPBJJ UT PADANG
    Izin menanggapi Vidio yang kedua saya ambil adalah dengan judul anak ngobrol di kelas saat PBM,
    1. Mengubah strategi pembelajaran guru di kelas.
    2. Guru menenagankan suasana kelas.
    3. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
    4. Pastikan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
    5.Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar.
    6. Tekankan kepada anak tidak menggulangi lagi kejadian yg sama.
    7. Berikan reword kepada anak jika anak dapat memperbaiki prilakunya.
    Sekiann terima kasih,,,

  8. Melibatkan anak-anak dalam kegiatan pembelajaran merupakan hal yang sangat baik dilakukan untuk mempertahankan fokus anak selama kegiatan mengajar. Anak pada umunya akan merasa bosan saat hanya mendengar dan melihat apa yang guru lakukan. Oleh karena itu menggunakan tanya jawab atau media pembelajaran yang menarik adalah cara yang cukup efektif. Beberapa metode pembelajaran kreatif lainnya juga bisa digunakan seperti role plat atau panggung boneka dapat menarik perhatian anak sehingga tidak terdistraksi dan memilih untuk mengobrol dengan temannya.

  9. NAMA : DEVI DWI YULINTA PUTRI
    NIM : 858758105

    “ Anak mengobrol didalan kelas saat PBM “
    Tanggapan saya atas vidio tersebut adalah
    Video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan anak moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses pembelajaran berlangsung yakni anak yang ngobrol.upaya yang dapat dilakukan adalah mengadakan permainan yang bervariasi, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka ngobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha agar mendapatkannya

  10. ASSALAMUA’ALAIKUM WR WB,,,, NAMA: FEBRINA EKA PUTRI
    NIM: 856277625
    UPBJJ UT PADANG Izin menanggapi Vidio yang kedua saya ambil adalah dengan judul anak ngobrol di kelas saat PBM, 1. Mengubah strategi pembelajaran guru di kelas. 2. Guru menenagankan suasana kelas. 3. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar. 4. Pastikan anak yang mengobrol dekat dengan guru. 5.Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar. 6. Tekankan kepada anak tidak menggulangi lagi kejadian yg sama. 7. Berikan reword kepada anak jika anak dapat memperbaiki prilakunya. Sekiann terima kasih,,,

Leave a Reply