silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Assalamualaikum
    Nama : Febri Pratiwi Hendriyani
    Nim : 860032124
    UPBJJ BANDUNG
    Menurut saya video ini sangat amat berguna dan bermanfaat untuk saya yang masih belum mengajar di lapangan
    Banyak sekali solusi – solusi apa saja untuk menangani anak usia dini,di dalam kelas.trimakasih atas pengetahuan nya

  2. Nama : Bunga Mukhayatul R
    NIM : 860135806

    Menurut saya apa yang di paparkan didalam video tersebut sangat membantu saya sebagai guru yang sering melihat anak-anak ngobrol saat pembelajaran.

  3. Nama ; Umi Robiatul Faiqoh
    NIM ; 858992431
    judul vidio : Anak ngobrol di kelas saat PMB
    dalam vidio tersebut saya melihat seorang guru yang sedang menceritakan sebuah cerita dari buku ,dan di belakang ada anak yang asik sendiri /ngobrol sendiri tidak mendengarkan cerita buguru , cara buguru dalam mengatasi anak tersebut adalah dengan memindahkan anak ke depan,memisahkan anak yang ngobrol , memasukkan anak dalam cerita yang di bacakan guru,dan memberi reward pada anak yang mendengarkan buguru. dengan menggunakan tips tersebut anak – anak sangat antusias dalam mendengarkan cerita buguru dan mereka tidak ngobrol lagi/asik sendiri,melalui vidio tersebut saya mendapatkan ilmu bagaimana cara mengajar supaya anak tidak asik sendiri/ngobrol sendiri dalam kelas saya juga sering mengalami masalah seperti itu dan saya bingung bagaimana cara mengatasinya supaya pembelajaran tetap berjalan konduktif ,dan setelah saya melihat vidio tersebut saya jadi mengerti bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol sendiri dalam kelas.
    terima kasih atas vidio nya dan sangat membantu saya dalam mengajar anak – anak didikkita :):).

  4. Assallamuallaikum.wr.wb
    Nama : Siska Purnama Sari
    Nim : 856653968
    “Vidio anak mengobrol di kelas saat PBM” merupakan suatu gambaran nyata yang sering terjadi di sekolah dan menjadi sebuah tantangan bagi guru PAUD. Dengan adanya vidio tersebut dapat memberikan strategi bagi guru untuk menghadapi situasi yang serupa. Didalam vidio tersebut menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan guru ketika menghadapi anak yang suka mengobrol saat PBM yaitu dilakukan dengan cara memberikan berbagai variasi permainan seperti permainan tepuk, memisahkan anak yang suka mengobrol memindahkannya di dekat guru, dan yang terakhir memberikan riwerd pada anak di akhir pembelajaran untuk memberikan semangat anak sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

  5. Nama: Wardah Hamidah
    NIM: 860141412

    Assalamualaikum wr wb salam sehat untuk semua para mahasiswa UT… sebelumnya saya mau menanggapi terkait video diatas:
    terkait dengan video diatas saya sangat setuju sekali dengan tindakan yg dilakukan oleh buguru ketika melihat siswanya yg sedang asyik mengobrol sendiri dengan teman nya, tindakan tersebut menginovasi saya untuk melakukan hal yg sama seperti yg terdapat pada video tersebut kpd anak didik saya dan insyallah saya akan mengamalkannya.

    Terimakasih dan wassalamualaikum

  6. Video ini memberi inspirasi bagi saya dalam menghadapi anak-anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran berlangsung. Keenam tips tersebut juga dirasa sangat ampuh dalam mengantisipasi permasalagan tersebut.

  7. Nama : Aam Aminah
    NIM. : 877658172
    Video diatas sangan mengispirasi saya dalam mengatasi permasalahan anak-anak yang mengobrol di dalam kelas selama kegiatan pembelajaran, keenam tips yang diberikan sangat ampuh dalam mengatasi permasalahan terswbut.

  8. Nama: Susiatun
    NIM: 858005121
    UPBJJ Yogyarta
    Peristiwa dalam video ini sangat related dengan kejadian sehari – hari dalam PMB paud, terlebih pada anak kelas usia dibawah 4 tahun seperti yang menjadi anak anak didik saya.
    Solusinya dalam video ini cukup beragam, mungkin saya hanya perlu menambah sedikit saja untuk lebih menambah ragam solusi. Ini sesuai dengan apa yang sering saya lakukan ketika menghadapi situasi ini di kelas
    – Setelah menghentikan pembelajaran, saya kemudian mengajak anak- anak untuk melakukan gerakan ice breaking sesuai minat anak sembari mengintakan aturan kelas kembali bahwa di kelas waktunya bu guru menjelaskan pelajaran, tugas anak anak adalah mendengarkan. Saya juga menyebutkan nanti ada waktunya anak anak boleh bercerita
    – Mengajak anak keluar ruangan untuk sekedar menghirup udara segar di luar atau mencermati lingkungan sekitar kemudian menghubungkannya dengan tema belajar hari tersebut
    – Yang paling mudah dan sering efektif saya terapkan kepada anak didik saya usia balita, saya tiba – tiba mengubah suara saya menjadi terdengar aneh dan lucu, sehingga fokus mereka kembali kepada saya

  9. Nama: ELI ERFANI
    NIM: 858992391

    Setelah menyaksikan video yang berjudul ” Anak Ngobrol Dikelas Saat Pembelajaran ” hal ini sering terjadi apabila kita sebagai guru sedang memberikan materi kepada anak murid. Video ini sangat bermanfaat bagi saya, karena di video tersebut memberikan inspirasi, motivasi dan langkah-langkah/ Strategi bagi saya untuk kedepannya yang dapat saya terapkan pada saat dihadapkan seperti anak yang ada didalam video tersebut, terutama pada anak yang suka ngobrol di kelas pada saat pembelajaran.

  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Menurut pendapat saya video ini sangat bermanfaat, sehingga saya dapat mengetahui cara mengatasi anak yang bercerita dengan kawannya saat belajar.

Leave a Reply