silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Zahra adni Fauziatun Nisa
UPBJJ : Bandung
Menurut saya dalam vidio anak ngobrol di kelas saat PBM sangat akurat dengan kondisi di kelas yang sesungguhnya, dimana ada anak yang sering mengobrol dan tidak fokus saat belajar harus di pisahkan dari teman yang sedang belajar agar tidak menggangu teman yang lain nya, dan untuk anak yang sering mengobrol guru dapat mengalihkan tempat duduk nya seperti di vidio berada di depan dan libatkan anak untuk bisa bertanggung jawab atau pemimpin untuk teman-teman nya agar anak lebih fokus dengan ada nya guru melibatkan anak .
Nama : Zahra adni Fauziatun Nisa
UPBJJ : Bandung
Menurut saya dalam vidio anak ngobrol di kelas saat PBM sangat akurat dengan kondisi di kelas yang sesungguhnya, dimana ada anak yang sering mengobrol dan tidak fokus saat belajar harus di pisahkan dari teman yang sedang belajar agar tidak menggangu teman yang lain nya, dan untuk anak yang sering mengobrol guru dapat mengalihkan tempat duduk nya seperti di vidio berada di depan dan libatkan anak untuk bisa bertanggung jawab atau pemimpin untuk teman-teman nya agar anak lebih fokus dengan ada nya guru melibatkan anak .
Assalamualaikum ibu Tutor ijin menanggapi terkait video yang berjudul Anak ngobrol saat pembelajaran di kelas
Tanggapan saya terhadap isi video tersebut adalah bahwa video ini memberikan gambaran yang realistis mengenai tantangan perkembangan moral dan disiplin pada anak usia dini, khususnya perilaku suka mengobrol saat proses belajar. Ini adalah hal yang wajar karena pada usia tersebut anak-anak masih dalam tahap belajar mengendalikan diri dan memahami aturan sosial.
Upaya yang disarankan dalam video juga cukup tepat dan sesuai dengan pendekatan pedagogis yang ramah anak. Misalnya, menggunakan variasi permainan seperti tepuk tangan bisa membantu menarik perhatian anak dan mengalihkan energi mereka ke aktivitas yang positif. Memindahkan anak yang mengobrol ke dekat guru merupakan strategi pengawasan yang efektif, sementara pemberian reward bisa memotivasi anak untuk memperbaiki perilaku mereka dengan cara yang positif,secara keseluruhan video ini tampaknya bermanfaat sebagai panduan praktis bagi guru PAUD dalam menangani perilaku yang mengganggu tanpa menggunakan hukuman yang keras.
Terimakasih
Nama : Rukiyahin
NIM : 858196879
Setelah menonton video saya mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat kegiatan belajar mengajar. Seperti: menghentikan pembelajaran sebentar, memisahkan anak yang mengobrol, memposisikan anak yang mengobrol didepan guru, melibatkan anak dalam kegiatan dan memberikan hadiah pada anak jika sudah tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Nama Sintia Leydia Sorongan
Nim 859964632
Judul video Anak Ngobrol di Kelas saat PBM
Dengan menonton video tentang anak mengobrol di kelas saat PBM menambah pengetahuan saya tentang cara mengatasi anak yang kurang fokus saat PBM yakni dengan memisahkan anak yang bercakap-cakap dan memberikan apresiasi kepada anak yang melakukan PBM dengan baik,sehingga bisa memotivasi anak-anak yang lain untuk turut mengikuti pelajaran dengan fokus.
Demkian dari saya,terima kasih.
Nama : Liyana Nazian
Nim : 859532175
Video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” memberikan panduan praktis yang berguna bagi guru PAUD dalam menangani perilaku anak yang mengobrol selama kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan strategi yang tepat dan memahami kebutuhan perkembangan anak, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan sosial-emosional anak.
Nama : Liyana nazian
nim : 859532175
Video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” memberikan panduan praktis yang berguna bagi guru PAUD dalam menangani perilaku anak yang mengobrol selama kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan strategi yang tepat dan memahami kebutuhan perkembangan anak, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan sosial-emosional anak.
Nama : Lulu Aulia
NIM : 857276554
Dari video ini saya bisa menambah pengetahuan saya dalam menangani anak yang mengobrol saat KBM dikelas. Seperti membuat variasi permainan, memisahkan anak yang suka menobrol, dan memberikan reward untuk anak yang sudah memperbaiki perilakunya. karna dikelas pasti ada kejadian seperti ini, saya menjadi bisa menerapkan beberapa cara dalam menangani kejadian anak mengobrol saat KMB.
Nama : RENI LESTARI
NIM : 858009516
Hal yang bisa kita pelajari dari vidoe ini adalah :
Strategi menghadap anak yang suka mengobrol saat di kelas saaat berlangsung kegiatan membaca yaitu dengan : menghentikana sementara kegiataan membaca, memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan yang sedang belajar, memposisikan anak yang suka mengobrol di dekat guru, melibatkan anak dalam proses, memberikan reward untuk anak yang tertib dari awal.
Namun dalam video guru tersebut membaca dengan datar, sehingga perhatian anak tidak tertuju sepenuhnya kepada guru. Mohon maaf sekedar memberikan masukan, untuk membacakan buku, biasanya saya duduk setara dengan anak-anak. Kalau di bawah, saya akan duduk di bawah bersama anak-anak dan mengkondisikan anak-anak untuk duduk melingkar. Sebelum kegiatan dimulai, biasanya kita sepakati dulu aturan main. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kita bermain bersama. Terimakasih banyak untuk ilmu yang bermanfaat.
Assalamualaikum
Nama:masda br manik
Nim:860133762
Hal yang bisa saya pelajari di vidio di atas
Strategi menghadapi anak yang suka mengobrol di kelas ,di mana hal ini yang selalu di hadapi oleh guru paud setiap harinya
Dan kemudian cara mengatasinya agar anak anak tidak mengobrol lagi kelas yaitu dengan cara
*Menghentikan pelajaran sejenak
*Pisahkan anak yang suka mengobrol
*Posisi kan anak yang suka mengobrol dekat dengan guru
*Libatkan anak tersebut dalam cerita
*Berikan peringatan jika tidak mengobrol lagi
*Berkah hadian jika tidak mengobrol lagi ketika gurunya melalukan pelajaran
Vidio diatas sudah sangat bermanfaat sekali untuk saya.