silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Sandityas Daffa Pradani
    NIM : 858014969
    Video diatas memiliki judul Anak Mengobrol didalam kelas saat PBM
    Dari video diatas saya mencatat hal hal yang dapat dilakukan guru saat dikelas jika ada anak yang mengobrol sendiri dengan temannya. Hal-hal yang bisa dilakukan diantaranya yaitu:
    1. Menghentikan kegiatan guru / proses pembelajaran sejenak guna untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pisah anak yang mengobrol dengan anak yang sedang memperhatikan guru di depan
    3. Posisikan anak didekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan guru
    5. Tekankan kepada anak agar tidak mengulanginya
    6. Berikan reward kepada anak yang sudah mau memperhatikan guru

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Hartini
    Nim. : 877797692
    Dalam isi vidio ini, yang saya pelajari adalah:
    Dalam proses belajar mengajar berlangsung jika ada anak mengobrol di kelas saat PBM yang dilakukan seorang guru :
    1. Berhenti sementara kegiatan, untuk menenangkan suasana kelas
    2. Lalu memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
    3. Posisikan anak yang suka mengobrol di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita.
    5. Tekankan agar anak tidak mengulang kesalahan yang sama
    6. Memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik
    .Dalam vidio tersebut sudah memberi solusi yang tepat. Menambahkan, sebelum belajar berikan SOP lebih dahulu, jika gurusedang bercerita anak-anak tidak ada yang berbicara. Dan untuk pembelajaran bercerita beri variasi pembelajaran, seperti menggunakan panggung boneka, karena metode ini dapat menarik perhatian anak, dan meningkatkan kemampuan menyimak, mendengar, dan menambah bahasa mereka. Dan metode ini juga dapat memicu imajinasi dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan serta mudah di cerna.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  3. Diskusi 4 Profesionalitas Guru PAUD
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Nama: Eka Septiana Ain Nur Rani
    NIM: 877637351

    Video Kedua yaitu “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”
    Dalam video yang ditayangkan pada portal Guru Pintar Online yang berjudul “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” ini membuat wawasan saya semakin bertambah mengenai bagaimana sikap yang seharusnya saya lakukan ketika ada anak murid yang mengobrol ketika saya sedang menerangkan pembelajaran di kelas. Dan dari video yang saya tonton di atas juga saya menjadi paham bahwasanya anak-anak mengobrol di kelas saat PBM itu kemungkinan anak tersebut sedang merasakan bosan, tidak memahami materi yang sedang dijelaskan tersebut, mencari perhatian guru yang ada di kelas, memiliki kesulitan focus atau mungkin kegiatan belajar mengajar yang kurang menarik bagi si anak.
    Video ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dan guru-guru PAUD/TK lainnya sebab dari video tersebut saya mendapatkan cara Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

  4. Video sudah bagus karena alurnya mudah dipahami dan menampilkan pendekatan guru yang cukup tepat.
    Saran saya mohon berikan contoh variasi aktivitas pembelajaran juga mohon disertakan contoh konkret permainan edukatif atau lagu yang digunakan untuk menarik perhatian anak dan juga mohon ditingkatkan kualitas suara/narasinya, ika memungkinkan, narasi atau suara dalam video bisa lebih jernih agar mudah dipahami.

  5. Video ini sudah bagus dan baik dalam menampilkan pendekatan guru yang cukup tepat.
    Saran saya mohon tingkatkan kualitas suara/narasi dan jika memungkinkan, narasi atau suara dalam video bisa lebih jernih agar mudah dipahami. Terima kasih.

  6. Nama: Tasya Yanrila
    NIM: 857404627
    tanggapan video :
    Sebagai guru PAUD, saya setuju dengan pendekatan yang disarankan dalam video. Variasi permainan, seperti permainan tepuk, bisa membantu anak tetap fokus dan terlibat dalam pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Memisahkan anak yang suka mengobrol dekat guru juga efektif untuk mengurangi gangguan dan meningkatkan perhatian mereka. Selain itu, memberikan reward pada akhir pembelajaran dapat memotivasi anak untuk tetap berperilaku baik dan lebih fokus. Pendekatan ini mendukung perkembangan sosial dan emosional anak serta menciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan.

  7. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Izin menjawab pertanyaan Diskusi 4

    Nama : Lailatul Mufida
    NIM : 877704176
    Prodi : S1 PGPAUD

    sering kita amati, di dalam kelas dua orang anak yang ingin bercerita satu sama lain sementara guru masih mengajar. Cara guru menangani anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran berlangsung yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas yang dilakukan dengan :
    1. Menghentikan kegiatan pembelajaran guru untuk menenangkan anak-anak di kelas
    2. Pisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. Posisikan anak yangbmengobrol di depan guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses dalam pembelajaran di kelas
    5. Tekankan kepada anak agar tidak mengulangi hal yang sama
    6. Berikan reward kepada anak jika anak mampu untuk memperbaiki perilakunya
    solusi di atas merupakan hal yang sangat tepat bagi seorang guru ketika mengatasi permasalahan yang sama dalam proses pembelajaran di kelas. Beberapa solusi yang di berikan sangat bermanfaat bagi saya apabila nantinya saya mengalami kendala yang sama dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Alhaamdulillah vidio ini sangat bermanfaat bagi guru-guru yang nantinya mengalami permasalahan yang sama sehingga guru dapat memperbaiki dalam proses pembelajaran yang ada di dalam kelas.

  8. Nama: Tasya Yanrila
    NIM: 857404627
    tanggapan video :
    Sebagai guru PAUD, saya setuju dengan pendekatan yang disarankan dalam video. Variasi permainan, seperti permainan tepuk, bisa membantu anak tetap fokus dan terlibat dalam pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Memisahkan anak yang suka mengobrol dekat guru juga efektif untuk mengurangi gangguan dan meningkatkan perhatian mereka. Selain itu, memberikan reward pada akhir pembelajaran dapat memotivasi anak untuk tetap berperilaku baik dan lebih fokus. Pendekatan ini mendukung perkembangan sosial dan emosional anak serta menciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan

  9. Nama: Tasya Yanrila
    NIM: 857404627

    tanggapan video :
    Sebagai guru PAUD, saya setuju dengan pendekatan yang disarankan dalam video. Variasi permainan, seperti permainan tepuk, bisa membantu anak tetap fokus dan terlibat dalam pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Memisahkan anak yang suka mengobrol dekat guru juga efektif untuk mengurangi gangguan dan meningkatkan perhatian mereka. Selain itu, memberikan reward pada akhir pembelajaran dapat memotivasi anak untuk tetap berperilaku baik dan lebih fokus. Pendekatan ini mendukung perkembangan sosial dan emosional anak serta menciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan

  10. Nama : Farida Desyana Putri
    NIM : 877682508
    UPBJJ : Purwokerto

    Video pertama yang tonton berjudul “Anak yang ngobrol di kelas saat PBM”. Dari video tersebut berisi gambaran mengenai anak yang banyak mengobrol sendiri dengan teman-temannya, tetapi guru itu dapat mengatasi dengan berbagai cara :
    1.Berhenti sementara kegiatan, untuk menenangkan suasana kelas
    2.Lalu pisahkan anak yang sedang mengobrol
    3.Posisikan anak yang suka ngobrol didekat guru
    4.Libatkan anak dengan
    kegiatan pada saat pembelajaran
    5.Tekankan atau nasihati anak supaya tidak mengulanginya kembali
    6.Berikan reward atau hadiah pada anak di akhir pembelajaran
    Dari video itu dalam menambah wawasan untuk para pendidik yang belum paham mengenai cara mengatasi anak yang ngobrol pada saat pembelajaran. Dalam pembelajaran sebaiknya selalu memberikan kegiatan yang kreatif supaya anak selalu merasa semangat dan tidak jenuh.

Leave a Reply