silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Entin Fuji Rahayu
    858879974 / S1 PGPAUD
    Terimakasih banyak atas video yang menarik,
    Menurut saya video ini memiliki beberapa kelabihan, diantaranya:
    1. Strategi Penanganan yang Sesuai Usia
    Guru dalam video menggunakan pendekatan yang tepat, seperti: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru dan memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
    2. Penggunaan Media Visual
    Guru memanfaatkan gambar binatang sebagai alat bantu visual untuk menarik perhatian anak dan mengalihkan fokus mereka dari aktivitas mengobrol.
    3. Kesesuaian dengan Kurikulum: Pendekatan yang digunakan sesuai dengan kurikulum 2013 dan perkembangan anak usia dini, menekankan pada pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.
    Secara keseluruhan, video ini bisa jadi referensi yang bagus, terutama untuk guru-guru pemula atau mahasiswa PGPAUD. Cara penyampaian gurunya tenang, pendekatannya sesuai dengan karakter anak usia dini, dan suasananya terasa alami, tidak dibuat-buat.

  2. Saya setuju dengan yang dilakukan guru dalam video tersebut. Saat anak mengobrol di kelas dan tidak memperhatikan guru, kita dekati anak tersebut, setelah itu meminta anak duduk dekat kita agar anak tersebut memperhatikan kita. Selain itu, melibatkan anak tersebut dalam prose pembelajaran agar anak tidak bosan dan aktif bertanya jawab dengan guru. Kemudian, menekankan untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya dan memberikan reward karena anak mau mempertahatikan guru.

  3. Nama : Yuliani Nur Kholistin
    Nim : 878194436
    Judul vidio : Anak Mengobrol di kelas saat PBM

    Vidio diatas sangatlah bagus sekali untuk mengatasi anak-anak yang belum bisa fokus pada kegiatan main yang kita berikann langkah :
    1. pertama, menghentikan sejenak kegiatan main
    2. Melibatkan kan anak dalam kegiatan main
    3. tarik perhatian anak dengan ice breaking agar anak bisa terfokus kembali kepada kita
    4. pisah kan anak yang berbicara sendiri dengan anak yang fokus belajar.

  4. Video ini sangat bermanfaat untuk saya, karena akan saya terapkan dibkelas tempat saya mengajar, dalam video diatas cara untuk menangkan anak saat mengobrol ketika guru sedang bercerita adakah, menghentikan dulu cerita atau kegiatan kemudian guru menghampiri anak tersebut dan memisahkan nya dengan teman mengobrol nya, atau menyuruh nya untuk duduk di depan disamping guru, kemudian libatkan anak tersebut dalam kegiatan dan di nasehati agar anak tidak mengulangi hal tersebut, terakhir memberikan hadiah pada anak karena telah fokus ikut dalam pembelajaran.

  5. Nama: SYAMSIAH
    NIM: 859181033
    Judul Video: Anak Ngobrol dikelas saat PBM
    Assalamualaikum. Video diatas bercerita tentang cara mengatasi anak yang mengobrol ketika ibu guru membacakan buku cerita, Solusi yang bisa diberikan adalah:
    a. Hentikan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak, untuk menenangkan suasanakelas
    b. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang mau belajar
    c. Posisikan anak yang mengobrol di depan disamping ibu guru
    d. Tempatkan anak pada kegiatan cerita atau proses belajar
    e. Tekankan anak agar anak tidak melakukan kegiatan yang sama
    f. Berikan reward kepada anak yang dapat memperbaiki perilakunya.

  6. Nama : Tita Lisyani
    NIM. : 857586616
    Ijin untuk menanggapi video diatas, yaitu tentang bagaimana caranya menangani anak yang mengobrol ketika pembelajaran. Dalam video tersebut caranya adalah, guru berhenti dulu bercerita lalu menghampiri anak yang mengobrol kemudian meminta anak yang mengobrol untuk duduk disamping bu guru dan memisahkan dengan teman mengobrol nya, kemudian ajak anak terlibat dalam kegiatan dan menasehati untuk tidak mengobrol saat guru sedang bercerita, dan yang terakhir memberikannya hadiah untuk motivasi anak agar lebih baik lagi.

  7. Nama : Yoga Ekarini
    NIM : 857880184

    Saya setuju dengan cara mengatasi anak yang mengobrol di kelas saat PBM pada video tersebut. Cara yang digunakan sangat efektif, dari menghentikan kegiatan sejenak, memisahkan siswa yang mengobrol, dekatkan posisi anak yang mengobrol dengan guru, melibatkan anak dalam kegiatan, menekankan pada anak untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan menerima reward kalau berhasil memperbaiki perilakunya. Cara-cara tersebut sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Dengan cara itu diharapakan pada kegiatan selanjutnya, anak akan terpacu untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, sehingga anak fokus pada kegiatan dan tidak mengganggu teman lain. Untuk tambahan, dari kegiatan awal sebaiknya dibuat kesepakan bersama tentang aturan saat berkegiatan sehingga anak sudah tahu apa yang akan dijalani saat melanggar. Disamping untuk melatih mengemukakan pendapat, juga melatih tanggung jawab dan disiplin, pada hasil kesepakatan bersama.

  8. NURJANNAH
    Nim : 858465516

    Izin berkomentar tentang video “Seri Pengembangan Sosial Emosional” (Anak Mengobrol di Kelas saat PBM”
    Dalam Video ini membahas tentang cara mengatasi anak yang sedang mengobrol dalam kelas saat proses belajar mengajar, diantaranya :
    * Menghentikan cerita sejenak atau proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas
    * Memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan temannya yang sedang belajar
    * memposisikan anak yang mengobrol tadi duduknya dengan guru
    * melibatkan anak dalam proses belajar
    * menekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    * memberikan reward kepada anak yang bisa mengubah perilakunya.

  9. Nama: Wiwik Muryati
    NIM: 822672159

    ijin menanggapi vidio tersebut, Dalam vidio tersebutguru bercerita namun ada sebagian anak yang asik ngobrol sendiri tindakan guru sudah sangat benar nyanperin anak yang mengobrol sendiri dan memisahkan anak dengan temannya serta menempatkan anak di dekat guru. Pada anak usia dini sudah tidak asing dengan masalah ini karena fokus anak memang sangatlah minim sekali, maka haruslah pintar-pintar guru untuk mencuri fokus mereka seperti menggunakan big book, gambar yang menarik/mencolok, dan menggunakan bantu alat peraga/boneka tangan.

  10. Nama : Nur Hafazah
    NIM : 859180253
    video diatas memberikan pengetahuan yang baru, dalam mengatasi anak yang sedang mengobrol bersama teman-temanya. Anak-anak kadang memang asik dengan dunia mereka sendiri, untuk itu diperlukan cara untuk menarik minat mereka untuk kembali fokus dalam kegaiatan. Dalam video di atas guru diajarkan sebuah solusi yang bisa diaplikasikan disekolah.

Leave a Reply