silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Ratih Perwitasari
    NIM. 857862305

    Setelah melihat vidio tersebut, memang hal tersebut sering terjadi di kelas, ada anak yang terkadang mengobrol sendiri dan tidak mendengerkan guru saat bercerita. Dari video diatas maka yang dilakukan guru sudah tepat sekali yaitu dengan merubah strategi pembelajaran, memisahkan anak yang sedang mengobrol, mendekatkan anak yang mengobrol ke dekat guru, melibatkan anak dalam kegiatan bercerita. Hal itu bisa diterapkan atau dicontoh karena walaupun ada anak yang mengobrol guru tidak memarahi, tapi dengan memberikan pendekatan dan melibatkan dalam bercerita, suasana kelas jadi lebih kondusif dan anak-anak lebih fokus dalam menyimak cerita dari guru. Vidionya sangat bermanfaat, terima kasih

  2. NUNUK RAHAYU
    NIM 859659104
    UPBJJ SURABAYA
    Pada kesempatan kali ini saya menonton video seri pengembangan sosem PAUD II dengan judul anak ngobrol dikelas saat proses belajar mengajar. Dari video saya dpt melihat ketika guru sedang membawakan cerita ada anak yang mengobrol tidak menyimak guru, kemudian guru mengubah strategi pembelajaran, menghentikan cerita lalu mendekati ank yang mengobrol.
    Dari video dapat kita ketahui cara guru dalam mengatasi anak mengobrol di kelas yaitu dengan cara
    1. Menghentikan kegiatan cerita atau proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas. 2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar. 3. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru. 4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar di kelas. 5 tekankan agar anak tidak mengulangi perbuatannya lagi. 6. Berikan reward pada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Setelah melihat video saya menjadi tahu cara mengatasi anak mengobrol di kelas. Terima kasih

  3. Nama : Siti Sudarwati
    NIM : 858530082

    Dari video yang saya tonton dapat saya simpulkan bahwa untuk mengatasi anak yang sedang ngobrol sendiri, yaitu dengan berhenti sejenak untuk menenangkan anak yang sedang mengobrol. Memisahkan anak yang sedang ngobrol, menekankan pada anak yang sedang mengobrol, dan kemudian beri hadiah pada anak agar tidak mengulangi lagi.

  4. Anak mengobrol di kelas selama kegiatan belajar mengajar (KBM) bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya perhatian pada materi pelajaran, suasana belajar yang kurang menarik, atau kurangnya disiplin dalam belajar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini, antara lain dengan menerapkan metode belajar yang bervariasi, membuat aturan yang jelas dan tegas, memberikan peringatan secara non verbal, dan memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib.
    Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang suka mengobrol di kelas selama KBM:
    1. Cari Tahu Penyebabnya:
    • Mengapa anak sering mengobrol? Apakah karena bosan dengan materi pelajaran, tidak mengerti penjelasan guru, atau karena ingin mendapatkan perhatian dari teman-temannya? Memahami penyebabnya akan membantu guru menemukan cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini.
    • Ajak anak berbicara dan gali alasan di balik kebiasaan mengobrol.
    2. Terapkan Metode Belajar yang Bervariasi:
    • Hindari metode pengajaran yang monoton dan membosankan.
    • Gunakan metode belajar yang interaktif, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, atau demonstrasi.
    • Libatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, misalnya dengan meminta mereka untuk mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan.
    3. Buat Aturan yang Jelas dan Tegas:
    • Sampaikan aturan tentang perilaku di kelas, seperti tidak boleh mengobrol selama KBM atau mengangkat tangan jika ingin bertanya.
    • Aturan harus ditegakkan dengan konsisten dan adil.
    • Berikan konsekuensi jika aturan dilanggar.
    4. Berikan Peringatan Non Verbal:
    • Gunakan bahasa tubuh yang jelas, seperti kontak mata atau gestur tangan, untuk memberi tahu siswa bahwa mereka sedang mengobrol.
    • Jaga jarak yang tepat dengan siswa yang sedang mengobrol.
    • Gunakan suara yang tenang dan tegas saat menegur siswa.
    5. Sabar dan Jangan Gunakan Suara Keras:
    • Hindari menggunakan suara keras atau kata-kata yang kasar saat menegur siswa.
    • Bersikaplah sabar dan pengertian terhadap perilaku siswa.
    • Beri anak kesempatan untuk mengklarifikasi atau menjelaskan alasan di balik tindakannya.
    6. Berikan Apresiasi Kepada Siswa yang Tertib:
    • Apresiasi siswa yang tertib dan fokus dalam belajar.
    • Berikan pujian atau hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi.
    • Buat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan positif.
    7. Libatkan Orang Tua:
    • Berkomunikasi dengan orang tua untuk membahas perilaku anak di sekolah, termasuk kebiasaan mengobrol di kelas.
    • Bicarakan solusi bersama-sama agar anak dapat lebih disiplin dan fokus dalam belajar.
    8. Latih Kesabaran dan Kemampuan Mendengarkan:
    • Ajari anak tentang pentingnya mendengarkan orang lain ketika berbicara.
    • Tunjukkan bagaimana anak bisa mendengarkan guru atau teman dengan seksama.
    • Latih anak untuk sabar dan tidak terburu-buru dalam berbicara.
    9. Ciptakan Suasana Kelas yang Kondusif:
    • Gunakan dekorasi yang menarik dan kondusif.
    • Pastikan kelas bersih dan teratur.
    • Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.
    Dengan menerapkan berbagai cara ini, diharapkan anak-anak dapat lebih fokus dalam belajar dan tidak lagi mengobrol selama KBM.

  5. Nama : Maryani
    NIM : 856655377

    Menurut pendapat saya fenomena anak mengobrol di kelas saat kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung sering terjadi saat guru sedang menjelaskan materi pembelajaran maupun membacakan buku cerita kepada anak. Banyak faktor yang mempengaruhi fenomena ini seperti cerita yang dibacakan kurang menarik perhatian anak. Dalam video ini sudah menjelaskan bagaimana cara mengatasi fenomena tersebut. Hal ini sangat membantu guru dalam mengatasi masalah serupa di lembaga pendidikannya masing-masing.

  6. NAMA : ZARMINI
    NIM : 855769568

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat membantu bagi guru, ke empat solusi yang diberikan sangat membantu dalam menangani anak yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung.
    Anak usia dini memang belum bisa untuk berkonsentrasi dalam rentang waktu yang lama dalam belajar, seperti pada kegiatan bercerita pada video inj, namun guru dapat memberikan trik-trik dalam mengalihkan perhatian anak pada kegiatan pembelajaran.

    Terima kasih.
    Wasalamualaikum wr.wb.

  7. Nama : Yusri Pahmi
    NIM : 856643319
    Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    Menurut saya video ini memberikan inspirasi dan strategi sederhana namun efektif bagi guru PAUD dalam menumbuhkan kedisiplinan melalui pendekatan yang menyenangkan.

  8. Nama : Yusri Pahmi
    NIM : 856643319
    Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    Beberapa strategi yang diusulkan seperti permainan tepuk, pemindahan posisi duduk, dan pemberian reward, merupakan pendekatan yang praktis dan umum digunakan oleh guru PAUD. Ini menunjukkan bahwa guru memberikan contoh nyata yang aplikatif. Diharapkan dapat memberikan inspirasi dan strategi sederhana namun efektif bagi guru PAUD dalam menumbuhkan kedisiplinan melalui pendekatan yang menyenangkan.

  9. Anak mengobrol di kelas merupakan perilaku yang wajar dan sering saya jumpai di sekolah² khususnya TK.Hal itu jg terjadi pada anak² yang saya ampun.stlh melihat vidio tsb saya jadi tambah ilmu bagaimana cara mengatasi anak yg sering ngobrol di kelas.Dapat dilakukan dengan mengubah strategi pemb.dalam kelas.antara lain
    1.hentikan proses pemb./cerita guru sejenak utk menenangkan kelas
    2.posisikan anak yg ngobrol dekat dg guru
    3.libatkan anak dlm kegiatan cerita/proses pembelajaran
    4.Tekankan anak agar tdk mengulangi kejadian yg sama
    5.Berikan reward kepada anak yg dpt memperbaiki perilakunnya

  10. nama Tatik Kustiah
    Nim 859623995
    Dari video yang saya lihat yang dilakukan guru sudah tepat, karena telah mengubah strategi pembelajaran, memisahkan anak yang sedang mendasari dan anak terlibat dalam kegiatan bercerita. Karena dapat diterapkan sebab ada anak yang menjunjung guru tidak memarahi, namun dengan memberikan pendekatan dan melibatkan dalam bercerita, suasana kelas jadi lebih kondusif dan anak-anak lebih fokus dalam menyimak cerita dari guru.

Leave a Reply