silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Solusi tersebut sudah tepat. Kedisiplinan memang penting diterapkan kepada anak, namun dalam penerapannya disiplin dapat diajarkan dengan kelembutan tidak dengan kekerasan.
membuat anak nyaman dengan apa yang kita ucapkan terlihat lebih efektif daripada kita menggunakan kekerasan
Video ini memberikan gambaran nyata tentang salah satu tantangan umum yang dihadapi guru PAUD, yaitu anak-anak yang suka mengobrol di tengah kegiatan pembelajaran. Perilaku ini sering kali bukan karena niat buruk, tetapi karena karakteristik usia dini yang masih berkembang dalam hal kontrol diri, konsentrasi, dan pemahaman terhadap aturan sosial. Guru dalam video ini menunjukkan beberapa strategi yang tepat dan edukatif untuk menangani hal tersebut.
Banyak anak yang biasanya mengobrol pada saat kegiatan belajar mengajar, kurang fokus anak pada kegiatan dapat dipicu oleh beberapa hal, maka untuk dapat mengembalikan fokus anak agar mengurangi kegiatan ngobrol anak, maka solusi dalam video sudah sangat membantu namun guru perlu menambahkan dengan adanya kesepakatan kelas sebelum kegiatan, kemudian beri kegiatan tanya jawab agar anak merasa terlibat dalam kegiatan tersebut.
dikelas saya mengajar sering sekali saya menemukan kasus seperti ini dengan paparan video tersebut sangat membantu saya untuk mengatasi anak didik saya yang mengobrol dalam proses pembelajaran
Anak sering ngobrol saat belajar merupakan hal biasa terjadi di kelas saya.
Dari video ini saya banyak belajar untuk mangatasi anak yang suka ngobrol,bisa kita pindahkan tempat duduk,dekati anak yang suka ngobrol dan berikan rewad jika jika bisa memperhatikan dengan baik
Nama : Ritha Margaretha
Nim : 858193984
Selamat malam. Ijin mengomentari video ini. Video ini sangat membantu saya dalam menangani anak yang suka mengobrol dikelas saat pembelajaram sedang berlangsung. Video ini menunjukan cara bagaimana menghadapi anak yang mengobrol saat pembelajaran sedang berlangsung. Terima kasih..
NAMA : LINDA OKTAVIANITA
NIM : 857588333
Selamat malam. Ijin mengomentari video ini. Video ini sangat membantu saya dalam menangani anak yang suka mengobrol dikelas saat pembelajaram sedang berlangsung. Video ini menunjukan cara bagaimana menghadapi anak yang mengobrol saat pembelajaran sedang berlangsung. Terima kasih..
NAMA : Jeni Veronica Zebua
NIM : 878368804
Dalam cuplikan video tersebut terlihat dengan jelas bahwa ketika guru sedang bercerita, ada beberapa ank yang sedang asyik mengobrol. untuk itu cara mengatasi anak yang mengrol di kelas saat pemeblajaran adalah :
1. Mengubah strategi guru dalam pembelajaran di kelas.
2. Pisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang tidak mengibrol.
3. Posisikan anak yang mengobrol ketempat guru.
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita.
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama.
6. Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
3.
Alhamdulillah.. Dari video tersebut memantapkan dalam praktek saya, betul sekali yang ada dalam vidio tersebut anak-anak yang ribut atau ngobrol saat guru kegiatan belajar mengajar anak tersebut banyak dilibatkan atau berperan aktif dalam KBM tersebut.
Terimakasih…
Nama: Siti Alfi yah
NIM: 878188758
Alhamdulillah dari vidio tersebut lebih memantapkan dalam praktek saya, betul sekali jika ada anak-anak yang suka mengobrol sendiri atau ribut dalam kegiatan belajar mengajar maka seharusnya anak-anak tersebut lebih di libatkan untuk berperan aktif dalam pembelajaran tersebut