silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Terima kasih atas videonya.
Video diatas sangat bermaanfaat bagi untuk mengatasi anak anak yang ribut pada saat berlangsungnya pembelajaran, beberapa solusi sudah diberikan yang bagi saya sanagt berguna untuk saya kedepannya doidalam mengajar dikelas yang saya ampu.
erima kasih atas videonya.
Video diatas sangat bermaanfaat bagi untuk mengatasi anak anak yang ribut pada saat berlangsungnya pembelajaran, beberapa solusi sudah diberikan yang bagi saya sanagt berguna untuk saya kedepannya doidalam mengajar dikelas yang saya ampu.
Dalam video di atas ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
Saat mengajar atau menjelaskan guru berusaha menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan media gambar yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan perhatian anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang.
Video diatas sangat bermaanfaat bagi untuk mengatasi anak anak yang ribut pada saat berlangsungnya pembelajaran, beberapa solusi sudah diberikan yang bagi saya sanagt berguna untuk kedepannya saya doidalam mengajar dikelas yang saya ampu.
Program video ini sangat bermanfaat, dimana diveo ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Dalam video yang ditayangkan ini memberikan gambaran tentang kodisi suatu kelas dengan anak-anak yang tidak memperhatikan guru yang sedang membacakan buku cerita. Hal ini sangat umum terjadi di PAUD. Dalam video ini juga ditampilkan beberapa upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu dengan merubah strategi pembelajaran, salah satunya dengan melibatkan anak dalam cerita yang dibacakan guru.
Video ini dapat menjadi salah satu reverensi bagi guru PAUD dalam menghadapi situasi yang sama dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.
permasalahan tentang anak yang mengobrol selama pembelajaran adalah masalah yang paling umum dan sering terjadi, sehingga guru mempunyai tugas penting untuk mengarahkan fokus anak kepada kegiatan pembelajaran tersebut. solusi yang diberikan pada vudeo diatas sangat membantu para guru untuk mengatasi permasalahan tersebut
terimakasih
Vidio diatas menggambarkan bagaimana permasalahan anak dalam pembelajaran. Terlihat anak tidak memperhatikan guru saat guru bercerita malah ada sebagian anak yang mengobrol. di vidio diajas juga di jelaskan bahwa upaya yang dapat di lakukan guru diantaranya : mengadakan variasi permainan, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, memberikan riwor pada akhir pembelajaran hingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
permasalahan ini sering kita temukan pada saat prosel pembelajaran berlangsung di sekolah kita. melihat dan mencermati, vidio di atas sangat membantu kita dalam upaya mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam PBM terutama dalam hal anak mengobro saat PBM berlangsung.
Mengatasi permasalan anak ngobrol pada saat pembelajaran dalam video di jelaskan mengatasi permasalan diatas yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran guru dalam kelas, pisahkan anak yang menngobrol dari anak yang sedang belajar, posisikan anak yang ngobrol di dekat guru, libatkan anak dalam kegiatan cerita yang disampaikan oleh guru, cara di atas memberi pembelajaran bagi guru yang mempunyai masalah anak mengobrol pada saat guru mennerangkan materi, jadi video di atas sangat membantu untuk guru yang sedang mengalami masalah anakk menngobrol pada saat guru menjelaskan materi
Nama : RELYTA HAPSIDIANA
NIM : 877302084
Video ini sangat bermanfaat bagi saya karena dalam video ini terdapat solusi dari permasalahan yang saya hadapi di kelas yaitu anak mengobrol saat belajar. Setelah itu saya mencoba mencari tahu penyebab nya dan merefleksikan bagaimana cara agar anak anak tidak mengobrol sendiri dan fokus saat kegiatan belajar berlangsung. Penyebabnya adalah guru tidak mengajak anak untuk berperan aktif dalam kegiatan jadi anak-anak hanya mendengarkan saja.
Dalam video tersebut upaya untuk mengatasi nya adalah dengan cara mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas.
1. Hentikan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
3. Posisikan anak yang mengobrol tadi dekat dengan guru.
4. Libatkan anak dalam bercerita atau proses belajar.
5. Tekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama.
6. Berikan reward kepada anak.
Fitriani Nasution
Nim: 877522736
Menurut saya ada tambahan yang perlu diperhatikan guru agar anak tidak bicara saat pembelajaran.
1. Pada video, dari awal pembelajaran, guru terlalu fokus pada apa yang ingin ia lakukan, tanpa melihat kondisi anak. Seharusnya, sebelum memulai kegiatan, guru menggunakan tepuk, bernyanyi atau pemancing lain agar anak-anak memperhatikannya. Setelah anak-anak memperhatikan guru, barulah guru mulai bercerita.
2. Intonasi guru dalam mengajar itu harus berubah-ubah, apalagi pada video itu ceritanya sangat menarik, tapi, karena guru intonasinya datar, menyebabkan rasa ingin tahu anak tidak muncul.