Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Nama: Kartika Elvandari
    NIM: 858867805
    Prodi: PGPAUD-S1

    Video ini sangat menarik bagi saya karena sebagai pendidik anak usia dini, keadaan yang terjadi di dalam video ini juga saya alami di dalam kelas saya dan terkadang saya merasa kesulitan untuk menguasai kelas.
    Jadi dengan adanya video ini saya menjadi mendapatkan solusi saat di situasi anak-anak asyik mengobrol dengan temannya saat guru sedang menerangkan.
    Inti dari solusi yang diberikan dalam video tersebut adalah merubah strategi belajar guru di dalam kelas, dengan cara:
    1. Menghentikan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru
    4. Melibatkan anak dalam proses belajar mengajar
    5. Menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Memberikan reward pada anak jika dia bisa memperbaiki perilakunya
    Dengan mempelajari solusi-solusi di atas, bisa saya praktekkan saat keadaan seperti itu terjadi.

  2. pada video yang sudah saya tonton diatas, menurut saya pribadi, memang mengajar pada anak TK ataupun paud tidak bisa dipungkiri bahwa mengajar anak se usia mereka tidaklah mudah.. butuh kesabaran dan ketlatenan dalam menghadapi mereka, menuntun mereka supaya bisa diam saat pelajaran dan tidak mengobrol dengan temanya saat pelajaran itu sangat sulit, jadi kita sebagai guru sebisa mungkin berusaha untuk mengayomi mereka, berbicara dengan sabar, menghampiri mereka di tempat duduknya, hal itu bertujuan agar anak sedikit demi sedikit mau mendengarkan kita saat menjelaskan pelajaran, kita beri pertanyaan kepada mereka supaya merangsang kreatifitasnya untuk tertarik dengan pembelajaran dikelas.. dan sebisa mungkin membuat pembelajaran menarik karena belajar di TK itu belajar sambil bermain, jadi kita sebagai guru harus lebih kreatif, supaya anak tidak bosan dengan pembelajaran dikelas..

  3. kardina Tria L
    857763942

    pada video yang sudah saya tonton diatas, menurut saya pribadi, memang mengajar pada anak TK ataupun paud tidak bisa dipungkiri bahwa mengajar anak se usia mereka tidaklah mudah.. butuh kesabaran dan ketlatenan dalam menghadapi mereka, menuntun mereka supaya bisa diam saat pelajaran dan tidak mengobrol dengan temanya saat pelajaran itu sangat sulit, jadi kita sebagai guru sebisa mungkin berusaha untuk mengayomi mereka, berbicara dengan sabar, menghampiri mereka di tempat duduknya, hal itu bertujuan agar anak sedikit demi sedikit mau mendengarkan kita saat menjelaskan pelajaran, kita beri pertanyaan kepada mereka supaya merangsang kreatifitasnya untuk tertarik dengan pembelajaran dikelas.. dan sebisa mungkin membuat pembelajaran menarik karena belajar di TK itu belajar sambil bermain, jadi kita sebagai guru harus lebih kreatif, supaya anak tidak bosan dengan pembelajaran dikelas..

  4. kardina Tria L
    857763942
    judul video : Anak mengobrol dikelas saat pembelajaran

    pada video yang sudah saya tonton diatas, menurut saya pribadi, memang mengajar pada anak TK ataupun paud tidak bisa dipungkiri bahwa mengajar anak se usia mereka tidaklah mudah.. butuh kesabaran dan ketlatenan dalam menghadapi mereka, menuntun mereka supaya bisa diam saat pelajaran dan tidak mengobrol dengan temanya saat pelajaran itu sangat sulit, jadi kita sebagai guru sebisa mungkin berusaha untuk mengayomi mereka, berbicara dengan sabar, menghampiri mereka di tempat duduknya, hal itu bertujuan agar anak sedikit demi sedikit mau mendengarkan kita saat menjelaskan pelajaran, kita beri pertanyaan kepada mereka supaya merangsang kreatifitasnya untuk tertarik dengan pembelajaran dikelas.. dan sebisa mungkin membuat pembelajaran menarik karena belajar di TK itu belajar sambil bermain, jadi kita sebagai guru harus lebih kreatif, supaya anak tidak bosan dengan pembelajaran dikelas..

  5. Dari video di atas terlihat guru yang kesulitan dalam mengkondisikan anak-anak agar kondusif dalam menyimak cerita yang sedang dibacakan oleh guru. Hampir semua anak tidak ada yang fokus dalam menyimak cerita. Menurut saya, apa yang dilakukan guru tersebut untuk mengatasi anak-anak yang ribut ketika belajar sudah benar dengan mendekati dan memisahkan anak yang ribut dari anak lain. Tetapi sampai akhir video, proses pembelajaran tetap tidak berjalan dengan kondusif. Anak-anak tetap terlihat ribut dan sibuk mengobrol dengan teman-temannya.
    Memang tidak mudah dalam mengatur anak-anak seusia TK untuk bisa kondusif dalam belajar. Tapi sebagai guru kita juga dituntut untuk bisa mengkondisikan siswa. Di bawah ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru ketika bercerita agar anak-anak lebih kondusif;
    1. Perhatikan urutan cerita. Urutan cerita sangat penting, untuk membantu para anak memahami cerita yang
    dibawakan. Urutan tidak boleh melompat-lompat karena memang biasanya suatu kejadian akan
    menyebabkan kejadian yang selanjutnya.
    2. Lafal harus jelas. Lafal adalah cara pengucapan bunyi bahasa dengan tepat. Tujuannya adalah agar anak
    tidak salah menangkap makna yang dimaksud.
    3. Gunakan intonasi yang tepat. Penyampaian kalimat lisan harus tepat intonasinya sehingga dapat
    membedakan intonasi tanya, berita, perintah, sedih, senang, dan marah serta harus bisa menirukan
    berbagai bunyi alam dan binatang.
    4. Bermainlah dengan gestur. Gestur atau gerakan anggota badan, sangat berguna untuk memberi
    peragaan, misalnya tangan untuk memperagakan gerak daun yang tertiup angin, kaki untuk menendang,
    melompat, dan berjalan. Gestur yang baik akan menghindarkan anak dari rasa bosan dengan cerita yang
    disajikan.
    5. Variasikan mimik wajah. Pastikan ekspresi atau mimik wajah yang kita tunjukkan sesuai dengan cerita.

  6. Nama : Meriska Br Siregar
    Nim : 859875228
    Judul : anak mengobrol dikelas saat PBM

    Menurut saya dalam video guru sudah melakukan yang seharusnya dilakukan yaitu, memberhentikan sejenak ceritanya dan memindahkan anak yang mengobrol dari anak yang mendengar, dan memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
    Tetapi saat guru mengawali ceritanya, alangkah baiknya jika guru membuat bentuk barisan anak dengan bentuk lingkaran agar anak dapat melihat guru saat bercerita, dan mengheningkan anak sejenak sebelum dimulai dan berikan reward pada anak siapa yang bisa tertib saat guru bercerita.

  7. Nama : Eni Ainur Rosyidah
    NIM : 858749969
    UPBJJ : Surabaya

    Judul video : Anak menhobrol saat kegiatan pembelajaran

    Berdasarkan Video yang telah saya putar, permasalahan kegiatan pembelajaran yaitu anak kurang fokus terhadap kegiatan belajar, sehingga pada saat guru sedang melakukan kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode bercerita, anak sibuk ngobrol dengan temannya. Ada beberapa faktor atau penyebab kenapa anak tersebut tidak fokus dalam kegiatan belajar
    1. Kelas kurang kondusif karena pengaturan tempat duduk siswa yang kurang beraturan atau kurang nyaman untuk anak-anak
    2. Guru melakukan metode bercerita dengan intonasi yang kurang keras
    3. Tidak adanya guru pendamping
    4. Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik siswa

    Seharusnya yang dilakukan guru pada video tersebut yaitu :
    1. Guru mengatur posisi tempat duduk siswa terlebih dahulu, misalnya dengan cara melingkar sehingga guru lebih mudah untuk komunikasi dengan masing-masing anak
    2. Guru seharusnya melakukan stimulus atau pertanyaan-pertanyaan ringan untuk.memusatkan perhatian siswa
    3. Ada aturan-aturan di awal, misalnya harus fokus dan konsentrasi, jika anak-anak mulai bosan furu bisa menyelipkan tepuk-tepuk yang mengembalikan perhatian siswa
    4. Guru seharusnya menambah volume dan intonasi suara ketika bercerita dan lebih ekspresif agar lebih menarik
    5. Harus ada guru pendamping yang membantu untuk mentertibkan anak-anaknpada saat kegiatan belajat berlangsung
    6. Media pembelajaran seharusnya lebih menarik, lebih besar dan lebih berwarna, agar anak-anak tertarik.

    Demikian tanggapan dari saya, atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.

  8. strategi guru agar anak tida mengobrol saat PBM yaitu :
    – Guru membuat kesepakatan bila ada yang melanggar akan mendapatkan hukuman (punisment).
    guru harus memiliki metode dan strategi dalam mengajar dengan baik, agar apa yang di sampaikan kepada anak-anak itu dapat diterimah oleh mereka.
    Guru dapat menguasai kelas dan mejangkau kelas dengan jumlah sisiwa yang banyak.
    Guru harus mengetahui tata letak sisiwa, sebaiknya ana ini diletakkan sebelah mana, agar waktu bercerita dia tertib tidak menggangu temannya atau ngobrol sendiri.
    Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran/ bercerita sebaiknya guru menyampaikan aturan main (tata tertib dikelas).
    Guru memotivasi anak-anak agar dapat tertib didalam kelas dengan cara memberikan reward pada anak yang memperhatikan guru bercerita.

  9. Nama : mila novita sari
    NIM : 857839448
    PRODI : PGPAUD

    Tanggapan saya dari video di atas adalah upaya guru sudah baik dalam mengatasi anak yang sedang ngobrol ketika pembelajaran berlangsung yaitu menghentikan ceritanya sejenak lalu memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru.
    Menurut saya guru sebaiknya menggunakan alat peraga yang nyata seperti boneka tangan,agar anak lebih fokus dan tertarik dengan isi cerita tersebut. Ketika anak mulai ngobrol kembali Guru juga bisa melakukan “tepuk fokus” / tepuk lainnya yang menarik perhatian anak supaya fokus dengan guru.Yang terakhir berikan eward/feedback kepada anak supaya mereka lebih bersemangat untuk meniymak cerita guru kembali.

  10. Nama : Rofa Ghayda
    NIM : 857972713
    Prodi : PGPAUD AKPMM
    UPBJJ : wonosari Yogyakarta
    MasyaAllah, apa yang disarankan oleh pembuat video sangat baik. Dari memisahkan anak yang mengobrol, berhenti sejenak bercerita, melibatkan anak, menggunakan suara yang lantang. Mungkin ada tambahan sedikit dari saya, guru bisa melakukan kegiatan selingan untuk menarik fokus anak, seperti bertepuk tangan atau bernyanyi. Guru juga bisa mengubah posisi duduk anak menjadi letter u atau melingkar agar semua anak dapat terlihat dan melihat buku. Sekian dari saya terimakasih.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://russiacb.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/