Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Bismillah.. Assalamualaikum wr. wb.

    Nama : Nur Inayah Arlika Sari
    Nim : 859404339

    Menurut saya video mengenai cara mengatasi anak yang mengobrol saat PBM sudah bagus yang mana guru sudah memberikan beberapa strategi untuk mengatasi anak yang mengobrol dan tidak memperhatikan guru saat bercerita. Namun, menurut saya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan guru sebelum memulai cerita agar anak-anak memperhatikan. Di anataranya yaitu menata posisi duduk anak membuat lingkaran agar semua anak dapat melihat gurunya, memberikan atau membuat beberapa aturan kepada anak sebelum bercerita, sesekali melibatkan anak dalam proses bercerita misalnya bertanya kepada anak dan agar lebih menarik guru seharusnya menggunakan media untuk meningkatkan imajinasi anak.

    Sekian dari saya terimakasih

  2. Nama : siti aminah tuzuhriah
    Nim. : 857154514

    Menurut saya tentangan tayangan di atas sangatlah bagus dapat menambah pengalaman dalam mengajar terutama dalam metode bercerita.
    Dalam video tindakan guru sudah sangat baik dengan menghentikan cerita kemudian menghampiri anak yang mengobrol lalu memisahkankannya baru kemudian melanjutkan cerita dengan mengikut sertakan anak dalam proses bercerita sehingga suasana lebih kondusif dari sebelumnya.
    Jika boleh menambahkan alangkah baik jika diawal kegiatan guru memberi pijakan berupa aturan lalu menambahkan media misal berupa boneka tangan dan lain sebagainya. Bisa juga dengan intonasi suara yang dimainkan agar anak lebih tertarik lagi.

  3. tanggapan saya, pada video itu sudah bagus yang mana guru perlu berhenti sejenak ketika melihat dari anak didiknya yang kurang tertib ngobrol sendiri saat pembelajaran berlangsung, dan mengikut sertakan anak dalam bercerita hal ini juga akan menarik perhatian dari teman teman yang lain, namun jika boleh menambahi:
    1. mungkin guru perlu meningkatkan kreativitasnya dalam bercerita, agar lebih menarik minat anak bisa menggunakan media boneka, atau variasi suara di tambah, gerakan tubuh, atau ekspresi mimik atau wajah. agar pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan
    2.guru juga dapat mengkondisikan tempat duduk anak sebelum cerita dimulai agar lebih kondusif dan lebih nyaman. bisa dengan duduk melingkar atau bisa duduk saling berhadapan dengan penataan yang rapi.
    3. pilih buku cerita yang di sukai anak, atau anak anak bisa diajak bergantian memilih buku cerita yang akan di sampaikan agar anak anak lebih penasaran dengan yang guru sampaikan.
    4. sering sering menggunakan kontak mata dengan anak anak, agar anak anak lebih fokus
    5. beri pertanyaan balik kepada anak untuk mengetahui tingkat kefokusan anak.

  4. Nama : Neneng Khoirunnisa
    Nim : 858565909

    tanggapan saya, pada video itu sudah bagus yang mana guru perlu berhenti sejenak ketika melihat dari anak didiknya yang kurang tertib ngobrol sendiri saat pembelajaran berlangsung, dan mengikut sertakan anak dalam bercerita hal ini juga akan menarik perhatian dari teman teman yang lain, namun jika boleh menambahi:
    1. mungkin guru perlu meningkatkan kreativitasnya dalam bercerita, agar lebih menarik minat anak bisa menggunakan media boneka, atau variasi suara di tambah, gerakan tubuh, atau ekspresi mimik atau wajah. agar pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan
    2.guru juga dapat mengkondisikan tempat duduk anak sebelum cerita dimulai agar lebih kondusif dan lebih nyaman. bisa dengan duduk melingkar atau bisa duduk saling berhadapan dengan penataan yang rapi.
    3. pilih buku cerita yang di sukai anak, atau anak anak bisa diajak bergantian memilih buku cerita yang akan di sampaikan agar anak anak lebih penasaran dengan yang guru sampaikan.
    4. sering sering menggunakan kontak mata dengan anak anak, agar anak anak lebih fokus
    5. beri pertanyaan balik kepada anak untuk mengetahui tingkat kefokusan anak.

  5. Nama: Nurul Mutmainnah Mahmuda
    Nim: 859406239
    PGPAUD
    Izin mengomentari
    Dalam video terlihat anak-anak mendengarkan cerita yang diceritakan ibu gurunya tapi sebagian lain bercerita dengan temannya, setiap paud mungkin pernah merasakan hal seperti ini dengan artian ini adalah masalah yang amat rumit, bagaimanakah anak bisa mendengarkan ibu gurunya menjelaskan sedangkan anak-anak asik dengan temannya?
    Salah satu tips yang saya sangat mengerti adalah melakukan interaksi yang berbeda dengan anak yang bercerita atau mengajak kedepan untuk mendengarkan cerita lebih jelas.
    Bu guru di video tersebut sangatlah lembur dalam menyampaikan bahwasannya yang mereka buat itu salah.
    Bisa juga guru mengatur ulang kembali cara duduknya agar perhatian anak-anak hanya tertuju padanya dengan cara melingkar menuju guru.

    Sekian

  6. Nama : Asha Kumala Padmasari
    NIM : 857846744
    Progdi : S1 PAUD
    Pokjar Salatiga

    Berdasarkan video yang saya lihat adanya kasus “Anak ngobrol di kelas saat pembelajaran”, hal ini sering sekali kita jumpai pada saat pembelajaran khususnya di lembaga PAUD. Upaya kita sebagai seorang guru untuk menanggulangi kasus ini diantaranya : 1)kita sebagai guru hendaknya melakukan variasi permainan, misalnya permainan tepuk, lompat,dll; 2) Memisahkan anak yang suka mengobrol duduk di dekat guru; 3) Memberi reward pada akhir pembelajaran untuk memotivasi pada anak agar berusaha lebih baik lagi; 4) menerapkan pembelajaran multimetode agar menarik anak.

  7. Nama : Naili Zulfatul Mufidah
    NIM : 857670057

    Tanggapan saya dari video pembelajaran “anak yang mengobrol dikelas saat PBM”
    Kelemahan :
    1. Guru tidak mengatur posisi duduk anak secara melingkar sehingga jangkauan pandangan guru jadi lebih luas
    2. Media bercerita yang digunakan guru terlalu kecil sehingga sulit untuk dilihat oleh anak, harusnya guru dapat menambahkan media bercerita yang lain seperti boneka tangan, gambar yang lebih besar
    3. Anak – anak yang duduk pada bagian belakang sibuk sendiri dan ngobrol kurang diperhatikan guru
    4. Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besar ataupun menggunakan menggunakan suara – suara yang menggambarkan karakter pada cerita tersebut.
    5. Sebelum bercerita sebaiknya pada kegiatan awal anak diberikan aturan di awal yang dapat disepakati antara guru dan anak agar anak tebiasa tertib dan kondusif.
    6. Guru dapat memberikan semangat pada anak dengan kegiatan ice breaking seperti bertepuk ataupun bernyanyi agar anak lebih antusias.

    Kelebihan:
    1. Sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak saat sedang mengobrol dan meminta anak untuk pindah duduk.
    2. Guru juga sudah melibatkan anak dalam bercerita.

  8. Nama : MUHROJI
    NIM : 857446316
    PRODI : PG PAUD

    Berdasarkan pengamatan, kegiatan belajar yag dilaksanakan oleh guru memilki kelemahan dan kelebihan
    Kelemahan :
    – Posisi duduk anak menyebabkan anak asyik mengobrol.
    – Media seprtinya kurang menarik minat anak dalam mengikuti pembelajaran.
    kelebihan :
    – Dengan media yang terbatas guru tetap menjalankan tugasnya memberikan pembelajaran
    – Tema yang disampaikan dekat dengan anak yaitu tentang binatang.
    – Terdapat interaksi antara guru dan peserta didik

  9. Tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut, pendidik kesulitan dalam menyampaikan cerita pada semua anak karena banyak anak yang tidak memperhatikan, mengobrol atau bercerita sendiri, dan bermain sendiri, saya setuju dengan metode yang digunakan pendidik agar anak didik mendengarkan cerita.
    Namun akan lebih baik jika pengaturan kelas dirancang dengan baik sejak awal pembelajaran sehingga kegiatan bercerita tidak terpotong, yaitu dengan :
    1. Mengatur tempat duduk anak agar lebih rapi dan tidak berdesakkan.
    2. Membuat perjanjian dengan anak sebelum melakukan kegiatan, dalam hal ini mendengarkan cerita.
    3. Membuat perjanjian dengan anak jika pendidik bercerita maka anak didik mendengarkan, kemudian jika ada anak didik yang ingin bertanya, anak mengangkat tangan.
    4. Pendidik dapat menambahkan media pembelajaran seperti boneka atau benda-benda di sekitar kelas guna menunjang isi cerita. sehingga anak-anak menjadi penasaran dengan isi cerita.
    5. menetapkan durasi bercerita agar anak tidak cepat bosan

    setelah bercerita pendidik dapat,
    1. Memberi kuis sederhana dan memberi hadiah/pujian/stiker, dll bagi anak didik yang bisa menjawab pertanyaan seputar isi cerita.
    2. Pendidik dapat memberi reward bagi anak didik yang mau duduk mendengarkan cerita.
    3. Melakukan pembiasaan peraturan di kegiatan berikutnya.

  10. Nama: sarifatun khasanah
    NIM : 857607877
    PRODI : PGPAUD

    Tanggapan saya terhadap vidio tentang penanganan kepada anak yang mengobrol saat guru sedang mengajar sudah benar. Guru menghampiri anak, lalu memindahkan posisi duduk anak yang bercerita sendiri didekat guru. Lalu guru mengajak anak agar terlibat aktif dalam bercerita. Sehingga anak yang tadinya mengobrol menjadi fokus kembali. Namun, Ada hal yang harus dilakukan guru ketika Alan bercerita, guru sebaiknya mengomunikasikan perasaan anak terlebih dahulu, sedang bagaimana perasaannya, lalu tanyakan minat anak apakah menginginkan dibacakan cerita atau membuka buku cerita bersama-sama . Sehingga anak akan antusias terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://russiacb.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/