silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Buny Yuliastuti
    Nim : 857499362
    Prodi : PG PAUD

    Judul : Anak Ngobrol di Dalam Kelas
    Penulis Naskah : Megawati Simanjutak, Sp. M. Si
    Narasumber : Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSC

    Setelah saya menonton video tersebut, hal yang berhubungan dengan media dan sumber belajar adalah ;
    a. APE / Media belajar yang dipakai di video tersebut adalah buku cerita
    b. Didalam video, anak anak terlihat ada yang mendengarkan dan ada juga yang mengobrol hal ini disebabkan karena ;
    1. Posisi anak yang bershaft membuat anak anak ada yang di depan dan di belakang sehingga guru hanya dapat menjangkau anak anak yang di depan saja.
    2. Buku yang di gunakan untuk APE sangatlah kecil, sehingga anak anak yang di belakang tidak dapat melihat gambar.
    Hal yang dapat dilakukan untuk guru yang berhubungan dengan media belajar, adalah guru dapat menyiapkan buku yang lebih besar gambar nya agar terlihat sampai belakang, selain itu dapat digunakan media belajar yang lain selain buku untuk bercerita seperti boneka binatang, gambar binatang, buku cerita, dan lain sebagai nya.
    Terimakasih

  2. nama : budiyantoro
    nim : 857501641
    prodi : PGPAUD

    MENANGGAPI MENGENAI ANAK NGOBROL SENDIRI SAATGURU MENGAJAR ATAU BERCERITA.
    Anak-anak PAUD masih dalam masa perkembangan, termasuk dalam hal disiplin. Salah satu hal yang sering ditemui pada anak PAUD adalah ngobrol sendiri saat guru bercerita di depan kelas. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

    Rasa bosan: Anak-anak PAUD memiliki rentang perhatian yang pendek. Jika mereka merasa bosan dengan materi yang disampaikan guru, mereka akan cenderung mencari cara untuk mengalihkan perhatian mereka, salah satunya dengan mengobrol.
    Keinginan untuk mencari perhatian: Anak-anak PAUD juga masih dalam tahap perkembangan egosentris. Mereka belum bisa memahami bahwa tindakan mereka bisa mengganggu orang lain. Jika mereka ingin mencari perhatian, mereka bisa mengobrol sendiri saat guru bercerita.
    Kekurangan keterampilan sosial: Anak-anak PAUD juga masih dalam tahap belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Mereka belum bisa memahami aturan sosial, seperti tidak mengobrol saat orang lain sedang berbicara.
    Untuk mengatasi masalah ini, guru bisa melakukan beberapa hal berikut:

    Cari tahu penyebabnya: Hal pertama yang harus dilakukan guru adalah mencari tahu penyebab anak ngobrol sendiri. Dengan mengetahui penyebabnya, guru bisa menerapkan strategi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.
    Buatlah suasana kelas yang menyenangkan: Salah satu cara untuk mencegah anak ngobrol sendiri adalah dengan membuat suasana kelas yang menyenangkan. Guru bisa menggunakan metode bercerita yang menarik dan interaktif, serta menggunakan media yang sesuai dengan perkembangan anak.

    Berikut adalah beberapa contoh strategi yang bisa diterapkan guru untuk mengatasi anak PAUD yang ngobrol sendiri saat guru bercerita:

    Jika anak ngobrol sendiri karena bosan, guru bisa memberikan jeda saat bercerita untuk mengajak anak-anak bermain atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan.
    Jika anak ngobrol sendiri karena ingin mencari perhatian, guru bisa memberikan perhatian kepada anak secara positif, seperti memuji anak saat mereka mendengarkan dengan baik.
    Jika anak ngobrol sendiri karena kekurangan keterampilan sosial, guru bisa mengajarkan anak tentang aturan sosial, seperti tidak mengobrol saat orang lain sedang berbicara.
    Dengan menerapkan strategi yang tepat, guru bisa membantu anak PAUD untuk mengatasi masalah ngobrol sendiri saat guru bercerita.

  3. nama : budiyantoro
    nim : 857501641
    prodi : PGPAUD

    MENANGGAPI MENGENAI ANAK NGOBROL SENDIRI SAATGURU MENGAJAR ATAU BERCERITA.
    untuk membuat anak agar tetap fokus saat kita mengajar tidaklah mudah, dibutukhan skil khusus atau pemahaman yang benar terhadap audiens yang akan kita ajar. agar materi yang kita sampaikan tercapai tepat pada sasaran. untuk itu saat mengajar di anak paud kita harus memiliki tehnik bercerita yang bagus agar anak anak tidak ngobrol sendiri saat mendengarkan cerita guru di kelas. saat bercerita atau menagajar guru harus memiliki intonasi bahsa yang bagus agar jelas pesan yang disampaikan. gurujuga harus mencari tau apa penyebab anak murid ngobrol dikelas saat belajar.

  4. BUDIYANTORO
    85750164
    untuk membuat konsentrasi anak saat guru bercerita atau mengajar dibutuhkan beberapa skill untuk seorang guru :
    1. memahami dan menegetahui siapa yang akan mendengarkan cerita atau materi yang akan dibawkan
    2. memahami materi dan bahan cerita yang akan diceritakan.
    3. intonasi dan atikulasi harus jelas agar pesan yang ingin disampai dapat diterima dengan baik oleh pendengar cerita
    4. memiliki pembawaan yang menarik saat bercerita

  5. ISTUTI/859548532
    Disaat anak ngobrol saat Pembelajaran dikelas cara nya yaitu mengubah strategi pembelajaran didalam kelas, pisahkan anak yang sedang ngobrol dengan yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol didekat guru, libatkan anak dalam proses cerita / belajar, Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama,dan memberikan reward jika anak tidak mengubah perilakunya…sekian.

  6. Nama : Alfi Hanifah
    Nim : 857238371
    Pokjar : Kota Tangerang
    Setelah saya melihat video tentang Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM. Guru monoton dalam memberikan materi dan kurang variasinya guru dalam memberikan materi pelajaran yang membuat anak menjadi bosan, guru harus memberikan pelajaran dan media yang bervariasi agar anak fokus dalam menyimak pelajaran yang disampaikan oleh guru.

  7. NAMA : SRI HASTUTI MASHITOH
    NIM : 857076363

    Solusi yang dapat diberikan untuk anak yang mengoborol saat pembelajaran
    1. Hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    3. Posisikan yang anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita /proses belajar.
    5. Tekankan anak untuk tidak mengulangsi kejadian yang sama
    6. Berikan reward jika anak telah memperbaiki tingkah lakunya.
    Dengan tips ini diharapkan para guru dapat mengatasi anak yang mengorol di kelas. Anak jadi fokus dengan pembelajaran anak juga menjadi tertib saat belajar di kelas tidak mengoborol.
    Saran : Guru duduk di tengah agar bisa menjangkau semua anak. Ibu guru menggunakan media yang besar sehingga anak bisa melihat gambar yang lagi di ceritakan kepada anak anak

  8. Nama : LATIFAH
    NIM : 858156123

    Menaggapi vidio tentang
    ANAK NGOBROL SAAT PBM
    Penulis Naskah : Megawati Simanjuntak, SP. MSi
    Anak mengobrol saat PBM sangat sering ditemui dan bahkan terjadi hampir disemua sesi PBM, vidio yang ditampilkan sangat baik dan sangat membatu untuk guru dalam menangani anak yang ngobrol saat PBM,
    terimakasih

  9. Nama : Thia Oktaviani nurjanah
    NIM : 857364516

    Menanggapi Video tentang
    “Anak Mengobrol saat PMB”
    1.Menurut saya, sebelum memulai pembelajaran selalu berikan pemahan terkait hal mendengarkan dan di dengarkan, berikan pemahaman ada saat nya mendengarkan dan ada saat nya di dengarkan,
    2. Dilihat dari video di atas kita sebagai guru jiga mau bercerita, libatkan anak didik kita untuk ikut serta dalam kegiatan bercerita tersebut, seperti bertanya pada anak ” siapa yang tau ini cerita apa” dengan menunjukan gambar di dalam buku cerita,
    3. Buat cerita itu menarik,
    Bisa dengan cara suara yang berbeda untuk setiap karakternya, bisa juga dengan suara kecil untuk karakter A dan suara besar untuk karakter B,

    Terimakasih 🙏

  10. Menanggapi video tentang anak ngobrol saat PBM, penting untuk mengakui bahwa gangguan dalam kelas dapat menghambat proses pembelajaran. Mungkin perlu diadakan upaya untuk meningkatkan disiplin di kelas dan memastikan bahwa semua siswa memahami pentingnya menghormati waktu pembelajaran

Leave a Reply