silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : NUR BAETI
    NIM : 859527134

    Dalam konteks pendidikan anak usia dini, mengatasi permasalahan moral-disiplin seperti kebiasaan “ngobrol” saat proses belajar mengajar memang menjadi tantangan tersendiri. Guru dapat mengimplementasikan berbagai strategi untuk meningkatkan konsentrasi dan partisipasi anak, seperti mengintegrasikan permainan tepuk yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga membangun koordinasi dan ritme bersama. Strategi lain adalah dengan mendekatkan anak yang cenderung tidak fokus ke posisi dekat guru, sehingga memudahkan pengawasan dan interaksi langsung. Pemberian reward atau penghargaan di akhir sesi pembelajaran juga dapat menjadi motivasi bagi anak untuk berperilaku lebih baik dan meningkatkan disiplin diri. Pendekatan-pendekatan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik individu anak, serta dilakukan secara konsisten untuk hasil yang optimal.

  2. Nama : Aisyani Adin Batni
    NIM : 857858842

    Berdasarkan pemaparan vidio yang berjudul ” anak ngobrok di kelas saat PBM ” maka guru harus mengubah strategi pembelajaran di kelas agar anak – anak tidak ngobrol di kelas saat guru menceritakan sebuah cerita salah satunya dengan mengatur duduk anak – anak. Selain itu guru dapat melakukan ice breaking agar menarik perhatian anak dan fokus anak.

  3. Alhamdulillah video pembelajaran dapat membantu saya dalam upaya mengatasi permasalahan di kelas ketika ada anak tidak ikut aktif dalam lembelajaran, sy dpt mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi. Hal ini dapat dilakukan secara berkala.

  4. Kita sebagai pendidik pasti pernah menjumpai beberapa siswa yang suka mengobrol saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Apalagi jika mereka asyik mengobrol sambil bersenda gurau, tentu saja akan mengganggu proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Setiap guru pasti menginginkan semua siswanya fokus dan konsentrasi saat belajar. Mereka mengikuti proses pembelajaran dengan tertib dan penuh kedisiplinan. Akan tetapi di lapangan terkadang hal sebaliknya sering terjadi. Saat sedang mengajar, ada saja siswa-siswa yang sibuk mengobrol hingga bercanda sehingga berpotensi mengganggu tidak hanya guru mengajar di kelas, tetapi juga teman-teman lain yang sedang serius belajar. Nah, Apa yang harus kita lakukan saat menemui kejadian seperti ini? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk mengelola kelas sehingga pembelajaran tetap berjalan dengan tertib dan lancar, yakni sebagai berikut :
    -Mencari tahu penyebabnya
    -Gunakan metode belajar yang bervariasi
    -Buat aturan kelas yang tegas dan jelas
    -Berikan peringatan non verbal
    -Sabar dan jangan gunakan suara keras
    -Berikan apresiasi kepada siswa yang tertib

  5. Alhamdulillah video diatas bagus sekali, nanti bisa saya terapkan di kelas saya ketika ada anak-anak yang ngobrol saat kegiatan pembelajaran.

  6. Dari vidio yang berjudul “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” sangat membantu saya untuk mengatasi anak yang suka mengobrol dengan teman sebayanya saat kegiatan pembelajaran berlangsung berbagai strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi agar anak bisa fokus kembali dalam kegiatan pembelajaran.

  7. Nama umi maesaroh
    Nim 858530559

    Video ini sangat bermanfaat untuk guru dan calon guru.

  8. NAMA : TIKA WAHYU ASTARI
    NIM : 857993573
    Video tersebut sangat menginspirasi saya dalam hal solusi untuk mengatasi anak yang mengobrol di kelas seperti menghentikan kegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol, memposisikan anak yang mengobrol didekat guru, melibatkan anak dalam kegiatan bercerita, menekankan anak agar tidak mengulangi kembali dan memberi reward jika anak dapat memperbaiki perilaku. Hal tersebut tentunya sangatlah efektif, dan alangkah lebih baik jika di tambahkan tepuk-tepuk misalnya “tepuk diam”.

  9. Dari video ini saya belajar tentang mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran, ketika guru sedang bercerita atau menjelaskan materi pembelajaran, hentikan kegiatan tersebut sejenak untuk menenangkan suasana kelas, saya sendiri kalau anak-anak sudah mulai mengobrol biasanya akan saya alihkan dengan bernyanyi dan bertepuk tangan. video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik dan menjadi pembelajaran untuk menjadi pendidik yang lebih baik lagi dalam mengatasi karakteristik anak.

  10. Nama : Lusi Nuraeni Septiani
    NIM : 859518712
    Dari video ini saya belajar tentang mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran, ketika guru sedang bercerita atau menjelaskan materi pembelajaran, hentikan kegiatan tersebut sejenak untuk menenangkan suasana kelas, saya sendiri kalau anak-anak sudah mulai mengobrol biasanya akan saya alihkan dengan bernyanyi dan bertepuk tangan.
    video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik, supaya lebih baik lagi dalam pembelajaran di dalam kelas.

Leave a Reply