silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Sinar Melati Silaban
NIM : 856101923
Video diatas adalah hal yang sangat sering di temui di lembaga PAUD. Dimana anak-anak sering mengabaikan guru karena asik mengobrol bersama temannya. Saya sangat setuju dengan tips yang diberikan karena hal-hal tersebut sangat efektif dalam mengembalikan fokus anak saat beraktivitas. Menghentikan sejenak pembelajaran lalu memberikan ice breaking dapat membuat anak-anak fokus kembali pada gurunya. Anak yang mengobrol memang lebih baik dipisahkan dan ditempatkan didekat guru agar dapat terpantau. Melibatkan anak saat bercerita, berdiskusi dll sangat diperlukan agar anak mau memberi perhatian pada guru. Anak jg diingatkan akan peraturan di kelas. Memberikan anak rewards akan membuat anak termotivasi dalam mengikuti kegiatan.
Nama : Azmi Nursyaf Siti Aminah
Nim : 857436687
Video yang sudah saya tonton yaitu mengenai solusi untuk mengatasi kesulitan guru dalam menghadapi anak yang mengobrol di dalam kelas. Dalam situasi anak mengobrol ini akan menjadikan permasalahan perkembangan moral -disiplin perkembangan moral-disiplin pada anak usia dini. Saran utama yang dianjurkan yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas. Ada beberapa solusi untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung yang telah di berikan dalam penayangan video tersebut, yaitu diantaranya :
1. Menghentikan kegiatan bercerita atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang mengikuti pembelajaran.
3. Memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru atau pendidik.
4. Melibatkan anak di dalam kegiatan bercerita atau proses belajar yang disampaikan guru.
5. Menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama yaitu mengobrol di dalam kelas saat kegiatan belajar berlangsung.
6. Memberikan reward kepada anak jika anak tersebut dapat memperbaiki perilakunya di dalam kelas.
Dari ke enam solusi tersebut saya memang setuju, akan tetapi dalam poin ke 5 saya merasa kurang setuju, dimana salam poin itu menyatakan bahwa adanya kata “menekankan/tekankan”, kenapa kurang setuju? Karena menurut saya salam proses kegiatan belajar mengajar untuk anak usia dini itu, tidak diperkenankan untuk memberikan tekanan apapun kepada anak.
Alhamdulillah dengan menonton video ini saya bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan saya dalam mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas.
Terimakasih
Nama : Azmi Nursyaf Siti Aminah
Nim : 857436687
Video yang sudah saya tonton yaitu mengenai solusi untuk mengatasi kesulitan guru dalam menghadapi anak yang mengobrol di dalam kelas. Dalam situasi anak mengobrol ini akan menjadikan permasalahan perkembangan moral -disiplin perkembangan moral-disiplin pada anak usia dini. Saran utama yang dianjurkan yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas. Ada beberapa solusi untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung yang telah di berikan dalam penayangan video tersebut, yaitu diantaranya :
1. Menghentikan kegiatan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang mengikuti pembelajaran.
3. Memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru atau pendidik.
4. Melibatkan anak di dalam kegiatan bercerita atau proses belajar yang disampaikan guru.
5. Menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama yaitu mengobrol di dalam kelas saat kegiatan belajar berlangsung.
6. Memberikan reward kepada anak jika anak tersebut dapat memperbaiki perilakunya di dalam kelas.
Dari ke enam solusi tersebut saya memang sangat setuju, akan tetapi dalam poin ke 5 saya merasa kurang setuju, dimana salam poin itu menyatakan bahwa adanya kata “menekankan/tekankan”, kenapa kurang setuju? Karena menurut saya salam proses kegiatan belajar mengajar untuk anak usia dini itu, tidak diperkenankan untuk memberikan tekanan apapun kepada anak. Alhamdulillah dengan menonton video ini saya bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan saya dalam mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas. Terimakasih
Nama : Azmi Nursyaf Siti Aminah
Nim : 857436687
Video yang sudah saya tonton yaitu mengenai solusi untuk mengatasi kesulitan guru dalam menghadapi anak yang mengobrol di dalam kelas. Dalam situasi anak mengobrol ini akan menjadikan permasalahan perkembangan moral -disiplin perkembangan moral-disiplin pada anak usia dini. Saran utama yang dianjurkan yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas. Ada beberapa solusi untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung yang telah di berikan dalam penayangan video tersebut, yaitu diantaranya :
1. Menghentikan kegiatan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang mengikuti pembelajaran.
3. Memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru atau pendidik.
4. Melibatkan anak di dalam kegiatan bercerita atau proses belajar yang disampaikan guru.
5. Menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama yaitu mengobrol di dalam kelas saat kegiatan belajar berlangsung.
6. Memberikan reward apabila anak tersebut dapat memperbaiki perilakunya di dalam kelas.
Dari ke enam solusi tersebut saya memang setuju, akan tetapi dalam poin ke 5 saya merasa kurang setuju, dimana salam poin itu menyatakan bahwa adanya kata “menekankan/tekankan”, kenapa kurang setuju? Karena menurut saya salam proses kegiatan belajar mengajar untuk anak usia dini itu, tidak diperkenankan untuk memberikan tekanan apapun kepada anak. Alhamdulillah dengan menonton video ini saya bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan saya dalam mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas.
Terimakasih
Isi dari video tersebut sangatlah bagus dan sering terjadi disekolah-sekolah kita,dan sering dialami oleh para guru anak mengobrol saat guru sedang menjelaskan,pada video diatas sangat bermamfaat sekali untuk kita para guru paud agar bisa mengatasi masalah tersebut karena dalam video tersebut mrmbahas langkah mengatasi anak yang asyik gobrol saat guru menjelaskan yang bisa kita terapkan di sekolah kita.Terimaksih.🙏
Nama: Minatussolihah
Nim:859157626
Setelah menyaksikan video tersebut kita mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara mengatasi anak yang gobrol disaat guru sedang menjelaskan didepan yang bisa kita terapkan di sekolah kita,karena kondisi ini hampir semua kita mungkin pernah mengalaminya.
Terimakasih.
Nama: Minatussolihah
Nim: 859157626
Setelah menyaksikan video tersebut,kita mendapatkan sebuah pelajaran untuk mengatasi anak yang gobrol saat guru sedang menjelaskan yang bisa kita terapkan pada sekolah kita karena kejadian ini hampir semua kita pernah mengalaminya.Terimakasih.
Nama : Dwi Puspa Sari
Nim : 856815905
berdasarkan dari video di atas menurut pendapat saya, strategi dan tips yang telah di lakukan oleh guru tersebut sudah baik dalam mengatasi anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran atau saat guru bercerita. saya juga sering kali menghadapi dengan demikian di Kelas saat proses kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, namun hal hal yang saya lakukan saat sedang bercerita adalah duduk dengan melingkar bersama anak anak lainnya, kemudian setelah itu lanjut ice breaking dengan tujuan anak penuh semangat dalam mendengarkan cerita, buat peraturan dan sanksi dengan anak sebelum cerita di mulai, setelah anak fokus dan dapat tertib guru dapat memulai ceritanya, dengan suara dan kosakata yang jelas, artikulasi yang jelas, intonasi pembacaan cerita dengan nada sesuai pada alur cerita, usaha suara guru tetap stabil dengan baik dan tegas, kemudian di iringi dengan gerakan gestur tubuh dan mimik wajah guru saat bercerita yang di sesuaikan dengan alur cerita yang sedang di bacakan, kemudian libatkan anak dalam bercerita, ajak anak untuk dapat berargumen dan berkomentar tanya jawab mengenai cerita tersebut, setelah cerita selesai guru dapat mengulas kembali sedikit cerita dan menjelaskan pelajaran apa yang dapat di ambil dari cerita tersebut, kemudian beri anak anak reward setelah mendengarkan cerita dengan baik dan seksama.
Nama :Feni
NIM 857571078
Judul Video Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Permasalahan yang sering sekali terjadi dikelas pada saat PBM yaitu anak mengobrol asyik dengan temannya dan tidak mendengarkan gurunya itu sudah sering kali terjadi, biasanya dikarenakan pembelajaran yang membosankan tidak menarik anak untuk mendengarkannya, setelah melihat tayangan video tersebut Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda). Bisa memberikan stratei saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang.
Nama : Hendriani
Nim : 836990477
1.Dalam pengembangan perkembangan sosial emosional anak dikelas, diaman saat kita guru PAUD atau TK disaat bercerita menggunakan media buku itu kita sering kali menjumpai anak-anak yang tidak fokus mendengarkan cerita yang kita bacakan dimana anak-anak asik ngobrol sendiri, ada yang bermain sendiri,ada yang usil dengan temannya. Supaya anak dapat fokus untuk mendengarkan itu bisa mengajak anak bermain tepuk sejenak, bernyanyi, atau bersyair dan memberikan pujian Biar anak tidak merasa jenuh.